Harga Tiket Masuk Wisata Alam Posong, Lokasi, & Rute

Daftar isi

Wisata Posong adalah salah satu destinasi liburan seru di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Wilayahnya yang berupa dataran tinggi menjadikan tempat ini sangatlah memukau. Buat kamu yang berencana menghabiskan waktu libur di sini, simak dulu ulasan selengkapnya sebagai bekal panduanmu!

Lokasi Wisata Posong

Secara administratif, wisata Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Daratannya sendiri mempunyai ketinggian 1.823 meter di atas permukaan laut.

Apabila ingin berkunjung, rute perjalanan yang paling mudah yakni dari Kledung, Temanggung. Kamu tinggal mengikuti jalan sepanjang 450 meter, kemudian belok kiri dan melanjutkan perjalanan sekitar 800 meter. 

Setelah itu, belok kiri lagi dan ikuti jalur lurus di sepanjang Jalan Ajibarang Secang. Nantinya, kamu akan melewati Jalan Campur Salam juga Jalan Raya Parakan-Wonosobo. Dari rute ini, lanjutkan perjalanan sejauh 3,4 km sampai menjumpai Wisata Alam Posong yang letaknya persis di sebelah kanan jalan. 

Objek Menarik Wisata Posong

1. Embung Kledung

Embung Kledung (@wisata_embung_kledung on Instagram)

Objek wisata Posong yang satu ini terletak tepat di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Alamatnya di Jalan Raya Parakan-Wonosobo KM. 12, Kec. Kledung, Kab. Temanggung.

Artikel Terkait

Daya tarik utama berupa panorama Gunung Sindoro beserta danau buatan yang besar menjadikan Embung Kledung ramai dikunjungi wisatawan. Danau tersebut menjadi habitat berbagai jenis ikan air tawar, di mana kamu boleh memberi makan ikan sambil menikmati keindahan alam di sana. 

Kawasan ini menyediakan area perkemahan yang luas dengan biaya pendaftaran seharga Rp 15.000 setiap orang. Adapun pihak pengelola pun juga menawarkan penyewaan kebutuhan camping berupa tenda dengan biaya Rp 40.000 – Rp 60.000 tergantung ukurannya.

Dengan membayar tiket seharga Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati segala pemandangan alam yang ada di Embung Kledung setiap harinya selama 24 jam.

2. Candi Pringapus

Candi Pringapus (Sikidang.com)

Walaupun letaknya tidak begitu dekat dengan Posong, Candi Pringapus merupakan destinasi budaya dan sejarah tidak boleh kamu lewatkan. Lokasinya ada di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, sekitar 17 km dari wisata Posong Temanggung.

Candi ini mempunyai bentuk yang menyerupai altar. Pada bagian kiri dan kanan pintu, terdapat relief utuh yang menggambarkan sepasang dewa-dewi dari kahyangan. Sembari mempelajari sejarah candi lebih dalam, wisatawan juga bisa berfoto pula di sekitar candi.

Beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-15.30, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang jika ingin mampir ke Candi Pringapus.

3. Botorono

Botorono (@wisatapuncakbothorono on Instagram)

Terletak persis di bawah kaki Gunung Sumbing, Botorono berjarak 8,1 km dari wisata Posong dengan waktu tempuh lebih kurang 30 menit. Destinasi ini menyajikan pesona kota Temanggung bersamaan dengan pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing dari puncaknya. 

Sejumlah lokasi foto juga sudah tersedia buat para wisatawan pecinta fotografi atau sekadar swafoto (selfie).  Mengenai jam operasionalnya, Botorono buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket masuk Rp 5.000/orang.

4. Embung Bansari

Embung Bansari (@embungbansari on Instagram)

Pernah mendengar istilah embung? Kata itu merupakan sebutan untuk tempat penampungan air, terutama ketika musim hujan tiba supaya bisa dimanfaatkan untuk musim kemarau. Sesuai namanya, Embung Bansari berlokasi di Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung.

Pengunjung bisa menyaksikan langsung penampakan sembilan gunung jika cuaca cerah. Kesembilan gunung tersebut, antara lain Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Prau, Andong, Ungaran, Muria, serta Telomoyo.

Adapun di malam hari, kamu juga berkesempatan untuk melihat gemerlap lampu-lampu kota dari ketinggian. Objek wisata ini beroperasi selama 24 jam setiap hari dan tidak mengenakan biaya masuk kepada wisatawan alias gratis.

Harga Tiket Masuk Wisata Posong beserta Jam Operasional

Wisata yang satu ini mempunyai jam operasional dari pukul 04.00 – 16.30 WIB setiap harinya. Adapun tiket masuk wisata Posong masih terbilang bersahabat, yakni Rp 20.000 per orangnya.

Itulah informasi lengkap mengenai wisata Posong di Temanggung yang cocok kamu datangi saat liburan. Jadi, kapan mau mampir, Advonturers?

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *