20 Referensi Tempat Wisata Pasuruan, Banyak Wisata Alamnya

Daftar isi

Kabupaten Pasuruan di Jawa Timur menyimpan segudang tempat wisata alam yang tidak kalah memesona dari daerah lain. Penasaran apa saja? Simak informasi selengkapnya, ya, Advonturers!

20 Rekomendasi Tempat Wisata Pasuruan

1. Bhakti Alam

Tempat wisata Bhakti Alam (sumber: @agrowisatabhaktialam on Instagram)

Objek wisata Pasuruan pertama yang wajib kamu datangi adalah Bhakti Alam. Alamatnya berada di Jalan Bhakti Alam, Kemang, Ngembal, Tutur, Pasuruan.

Kamu dapat menjumpai sekitar 15 macam buah-buahan yang tumbuh subur di sini. Mulai dari durian, mangga, melon, jeruk, semangka, buah naga, dan masih banyak lagi. Petugas juga sudah siap mendampingi apabila ingin memetik buah sekaligus mengajarkan pengunjung cara menanam dan merawat tanaman buah.

Beroperasi dari pukul 07.00 – 18.00 setiap harinya, pengunjung dapat datang kapan saja dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.

2. Candi Gunung Gangsir

Candi Gunung Gangsir (@pasuruanapik_ on Istagram)

Liburan ke tempat bersejarah tentu tidak kalah seru dari pantai ataupun gunung. Candi Gunung Gangsir di Kecamatan Gununggangsir merupakan destinasi yang sayang kamu lewatkan.

Artikel Terkait

Tempat wisata Pasuruan ini juga disebut sebagai Candi Kebon yang dalam bahasa Jawa berarti menggali. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, cikal bakal Candi Gunung Gangsir bermula dari seseorang yang menggali gunung untuk mengambil sejumlah benda berharga dari dalam candi itu.

3. Finna Golf & Club Resort


Finna Golf & Club Resort (@finnagolf on Instagram)

Ingin berwisata sambil berolahraga? Tenang, ada Finna Golf & Club Resort di Jalan Raya Barsari, Prigen yang boleh kamu sambangi. Lokasinya yang cukup luas (6.345 meter) menjadikannya sebagai tempat wisata Pasuruan yang kerap dikunjungi wisatawan.

Teletak di daerah yang sejuk karena dekat dengan pegunungan Welirang, ditambahl lagi pemandangan yang memukau, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sana. Ada pula fasilitas bermain anak dan jogging track yang boleh kamu gunakan.

4. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno (@dailyhijabjourney on Instagram)

Wisata alam Pasuruan memang masih menjadi primadona bagi wisatawan. Apabila kamu adalah salah satunya, datanglah ke Air Terjun Putuk Truno yang lumayan dekat dengan Air Terjun Kakek Bodo di Kecamatan Prigen.

Konon, nama Putuk Truno diambil dari seseorang yang bernama Joko Truno. Ia sering bersemedi di sekitar lokasi air terjun sampai akhirnya menjelma menjadi ular atau (Putuk dalam bahasa Jawa). 

Kamu akan dimanjakan dengan pesonanya yang cantik dengan ketinggian air sekitar 45 meter sekaligus pemandangan alam di sekitarnya yang identik dengan view pegunungan.

5. Perkebunan Apel Khrisna


Perkebunan Apel Khrisna (@rakaprabutransindo on Instagram)

Mempunyai wilaya bertanah subur, Pasuruan populer akan segudang perkebunannya yang mengandung berbagai macam tanaman. Banyak pula yang dijadikan destinasi wisata seperti Perkebunan Apel Khrisna di Kecamatan Tutur.

Di sini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan kebun apel yang asri dan subur di atas lahan seluas 1100 hektare. Selain itu, pengunjung juga boleh memetik buahnya secara langsung, lho.

Dengan tiket Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa menyambangi kebun apel ini pada hari apapun dari pukul 09.00 – 18.00.

6. Taman Safari Prigen 


Taman Safari Prigen (@baobab.safariprigen on Instagram)

Tempat wisata Pasuruan ini adalah jawaban bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga, termasuk anak-anak. Alamatnya ada di Desa Jatiarjo RT.12/RW.06, Prigen, Pasuruan.

Mengusung konsep yang sama dengan Taman Safari Indonesia, kamu dapat mengelilingi kawasannya dengan mobil pribadi atau bus wisata, serta mengamati langsung binatang-binatang yang dilepas bebas.

Taman Safari Prigen beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 – 19.00 Untuk tiket masuknya sendiri yakni seharga Rp 70.000 (hari biasa) dan Rp 85.000 (akhir pekan). 

7. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati (@danauranugrati on INstagram)

Berbekal kontur geografisnya, Pasuruan menyimpan segudang objek wisata alam yang menarik, salah satunya Danau Ranu Grati. Danau seluas 107 hektare ini mempunyai latar pegunungan yang indah di belakangnya.

Selain menikmati atmosfer segar anda dapat memancing, kamu pun bisa menaiki perahu atau sepeda air untuk menyusuri danau maupun camping di pinggirannya. Untuk menuju Ranu Grati, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Waktu perjalanan akan memakan kurang lebih 30 menit dari pusat Kabupaten Pasuruan. 

8. Wisata Tretes

Wisata Tretes (@exploretretes on INstagram)

Berlokasi di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuna, tepatnya di Kecamatan Prigen, wisata Pasuruan Tretes merupakan destinasi alam yang tidak jarang dikunjungi wisatawan dalam negeri ataupun internasional.

Kawasan Tretes mempunyai udara yang sejuk, didukung dengan panorama yang begitu elok sebagai daya tarik utamanya. Tidak heran, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung, khususnya saat hari libur dan akhir pekan.

9. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul (@penunggulmangrovepark on INstagram)

Sesuai namanya, wisata Pasuruan yang satu ini berada di Desa Penunggul, persisnya di perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Pantai Penunggul terkenal akan eksotisme hutan bakaunya, juga dengan hamparan pasir putih dari ujung ke ujung. Kalau air laut sedang surut, pesona batuan karang juga bisa kamu saksikan bersamaan dengan pesona matahari terbenam. Kamu juga boleh menaiki perahu wisata untuk berjelajah di pinggiran pantai.

10. Jendela Langit

Jendela Langit (@pesonajendelalangit on INstagram)

Salah satu wisata Pasuruan bertemakan alam terbaru yang direkomendasikan adalah Jendela Langit di Kecamatan Prigen. Nama yang unik ini memang sebanding dengan pesona alam menakjubkan dapat kamu lihat dari atasnya.

Di sini, kamu dapat menikmati sejumlah spot foto terbaik untuk kegiatan photoshoot maupun swafoto. Apabila ingin mengadakan camping, tidak perlu risau sebab Jendela Langit sudah menyediakan area khusus untuk membuka tenda.

11. Saygon Waterpark

Saygon Waterpark (@saygon_waterpark on Instagram)

Kamu suka bermain air dan merasakan beragam wahana? Datanglah ke Saygon Waterpark di Desa Sengon, Karanggondang, Pucangsari, Purwosari. Wisata Pasuruan yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Mempunyai wilayah yang lumayan luas, tidak heran kalau ada banyak sekali pilihan wahana untuk segala jenjang usia. Di antaranya, kolam ombak, waterpark anak, seluncuran, kolam arus, twister, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang ingin merasakan keseruannya, Saygon Waterpark buka setiap hari (09.00 – 18.00) dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000 (weekdays) dan Rp 30.000 (weekend).

12. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi (@wisatakebunrayapurwodadi on Instagram)

Wisata Pasuruan Jawa Timur selanjutnya adalah Kebun Raya Purwodadi di Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Capang, Purwodadi, Sembung Lor, Parerejo. Masih berkonsep alam, tempat ini aslinya merupakan observasi pertanian LIPI yang dibangun pada tahun 1941.

Apabila kamu suka bermain-main di alam, kebun ini cocok buatmu. Kamu akan menemui lebih dari 10.000 koleksi jenis tumbuhan, misalnya bambu, anggrek, palem, polong-polongan, hingga paku. 

Kebun Raya Purwodadi beroperasi dari pukul 07.00 hingga 20.00 setiap harinya. Bermodalkan Rp 10.000, kamu sudah bisa merasakan segala keseruan tersebut.

13. Condido Agro Herbal

Condido Agro Herbal (@rakaprabutransindo on INstagram)

Pasuruan memang terkenal akan objek wisata alamnya yang menarik. Misalnya, taman berisikan kumpulan bunga cantik berwarna-warni bernama Condido Agro Herbal. Alamatnya ada di Jalan Nongkojajar Km No.3, Teratai, Karang Sentul, Gondang Wetan.

Sudah eksis sejak tahun 1997, destinasi wisata Pasuruan ini juga dikenal dengan nama Nongkojajar. Berbagai bunga yang populer di sini, antara lain bunga krisnan, gerbera, anggrek, Calla gerbera, Anthurium andreanum, sampai leather leaf.

Cukup mengeluarkan uang Rp 2.000/orang, kamu sudah bisa merasakan kenikmatan tersebut setiap harinya dari pukul 08.00 – 17.00.

14. Air Terjun Tundo Pitu

Air Terjun Tundo Pitu (@_danielsimamora_ on Instagram)

Berada di Kecamatan Losari, Air Terjun Tundo Pitu merupakan salah satu tempat wisata Pasuruan yang sayang dilewatkan. Nama Tundo Pitu sendiri diambil dari karakteristiknya yang berlekuk-lekuk hingga tujuh tingkat. 

Selain panorama yang menawan, kamu akan disuguhi deretan pepohonan hijau dalam hutan di sekelilingnya. Biasanya, banyak pula burung-burung liar yang berterbangan ke sana kemari.

15. Air Terjun Coban Baung

Air Terjun Coban Baung (@pasuruanapik_ on Instagram)

Masih soal wisata air, Air Terjun Coban Baung di area Taman Wisata Alam Gunung Baung bisa kamu jadikan destinasi berikutnya. Air terjun dengan tinggi 100 meter ini terbilang unik karena lahir dari pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Welang dan Sungai Beji. 

Kamu tidak hanya akan menjumpai satu air terjun saja di sini. Pada bagian timur, terdapat empat air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 10-20 meter yang boleh kamu manfaatkan untuk bermain air dan berfoto ria.

16. Saygon Night Park

Saygon Night Park (@pasuruanapik_ on Instagram)

Tempat wisata Pasuruan Jawa Timur yang murah dan menarik berikutnya adalah Saygon Night Park. Lokasinya berada di Sengon, Pucanganom, Pucangsari, Purwosari, Pasuruan.

Objek wisata malam ini menghadirkan aneka wahana dan atraksi yang dapat kamu coba. Sebut saja, roller coaster, bianglala, bumper car, flying fox, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin merasakan keseruannya, Saygon Night Park buka hari Senin – Rabu (16.00 – 22.00) dan hari Jumat – Minggu (15.00 – 22.00) dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000 (weekdays) dan Rp 15.000 (weekend)

17. Candi Jawi

Candi Jawi (@arekpasuruann on Instagram)

Tidak hanya Gunung Gangsir, Pasuruan juga mempunyai candi lainnya yakni Candi Jawi. Candi yang terletak di Kecamatan Prigen diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-13, persisnya ketika masa pemerintahan Kertanegara alias raja terakhir Kerajaan Singasari.

Di sani, kamu akan menyaksikan langsung candi dengan arsitektur corak Hindu-Buddha yang sangat megah. Adapun puncak bangunan candi berupa stupa yang berbahan dasar batu andesit.

Kamu boleh berkunjung kapan saja dari jam 08.00-17.00. Nantinya, akan dikenakan biaya tiket Rp 2.000/orang.

18. Bukit Flora

Bukti Flora (@marketing_bukitflora_pasuruan on Instagram)

Ingin merasakan liburan tidak terlupakan bersama anak-anak? Kunjungi Bukit Flora di Jalan Raya Tutur, Krajan Satu, Tutur, Nongkojajar, Pasuruan.

Bukit Flora setinggi 700 mdpl mempunyai suasana yang sejuk sehingga pas bagi kamu yang mau melepas penat dan refreshing. Aneka jenis bunga dengan warna yang cantik juga siap menemanimu di sana. Kamu juga berkesempatan melakukan kegiatan outbound yang seru terlebih jika beramai-ramai bersama teman ataupun keluarga.

Tempat wisata Pasuruan ini buka setiap hari dengan harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000 per orang.

19. Kebun Pak Budi

Kebun Pak Budi (@wisata.kebunpakbudi on Instagram)

Destinasi wisata Pasuruan berkonsep unik dan Instagramable yang satu ini sangat cocok untuk didatangi bersama keluarga. Meskipun masih terbilang baru, nama Kebun Pak Budi sudah mulai dikenal wisatawan dalam maupun luar kota.

Berlokasi di Kecamatan Purwosari, Kebun Pak Budi cocok menawarkan edukasi seputar pertanian, perkebunan, peternakan, serta perikanan. Ditambah lagi, kamu juga bisa merasakan fasilitas lainnya, seperti outbound, green house hidroponik, kolam pemancingan, dan sebagainya.

Beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-20.00, tempat wisata ini mematok tiket masuk sebesar Rp 35.000 (hari biasa) dan Rp 50.000 (akhir pekan).

20. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar (@anita.kamal.988 on Instagram)

Masih ada segudang tempat wisata Pasuruan yang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satunya, Air Terjun Gumandar di Jalan Raya Ledug, Prigen, Pasuruan.

Obyek wisata alam ini mempunyai daya tarik tersendiri lewat aliran airnya langsung jatuh ke tanah, bukan kolam maupun sungai. Selanjutnya, air yang diserap akan muncul lagi dari aliran baru di sekitar pemukiman warga.

Apabila ingin berfoto di dekat air terjun, kamu harus berhati-hati mengingat debit airnya yang lumayan besar. Selain itu, akses ke sana juga mudah dilalui, di mana kamu akan melihat pemandangan hutan dan hamparan sawah yang indah sepanjang perjalanan.

Itulah 20 rekomendasi tempat wisata Pasuruan yang cocok dikunjungi sewaktu liburan. Dengan berbagai pilihan wisata alam, tidaklah heran bila daerah yang satu ini menjadi pilihan favorit untuk traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *