15 Tempat Wisata Majalengka Paling Hits dan Mempesona 2022

Daftar isi

Apabila dulu Majalengka hanya terkenal sebagai lumbung padi di wilayah Jawa Barat, sekarang daerah ini mulai populer sebagai destinasi wisata alam menarik untuk liburan. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

1. Situ Janawi Payung

Situ Janawi Payung (@situjanawi_ on Instagram)

Objek wisata Majalengka pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Situ Janawi di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Tempat ini merupakan danau yang mempunyai banyak tanaman teratai dan eceng gondok eksotis di sekitar kawasannya.

Meskipun begitu, daya tarik utama dari Situ Janawi adalah kolam mata air yang sangat jernih dan terbilang suci karena diyakini sudah ada sejak zaman Kerajaan Rajagaluh. Masyarakat setempat percaya bahwa dengan mandi di sini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Mengenai operasional wisatanya, Situ Janawi Payung buka setiap hari dari pukul 06.00 – 19.00. Untuk bisa masuk, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp10.000. Murah sekali, bukan?

2. Telaga Nila

Telaga Nila (@dionwiyoko on Instagram)

Mempunyai air berwarna biru kehijauan dan jernih, wisata Majalengka yang satu ini mendapat julukan Danau Tosca dan Blue Lagoon. Saking jernihnya, air Telaga Nila bahkan mampu memantulkan bayangan pepohonan yang mengelilinginya.

Artikel Terkait

Cara paling asyik untuk menikmati danau di kaki Gunung Ciremai ini yakni dengan berenang maupun snorkeling. Musim penghujan merupakan waktu terbaik untuk mampir ke sini karena volume air akan mengalami penyusutan saat musim kemarau.

Terkait jam operasionalnya,Telaga Nila buka setiap hari (08.00-17.00) dengan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang.

3. Telaga Herang

Telaga Herang (@exploremajalengka on Instagram)

Ingin merasakan suasana pedesaan asri dengan kolam air yang penuh dengan aneka jenis ikan? Datanglah ke Telaga Herang di Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi.

Untuk bisa sampai di tempat wisata Majalengka ini, pengunjung mesti melewati jalan dengan medan yang cukup menantang. Tenang saja, semua hal tersebut akan terbayar lunas sesampaimu di area danau yang sangat jernih menyegarkan mata dan pikiran. Kamu pun cuma perlu membayar uang tiket sebesar Rp 5.000 untuk menikmati segala keindahannya.

4. Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda (@exploremajalengka on Instagram)

Mempunyai ketinggian 20 meter dengan dua tingkatan air terjun, wisata Majalengka yang satu ini memang belum banyak dikenal. Pengunjung bahkan harus menyusuri jalan setapak atau pematang sawah agar bisa sampai ke lokasi.

Apabila ingin datang ke Curug Kapak Kuda di Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, alangkah baiknya kamu tidak datang sewaktu musim kemarau. Soalnya, air terjun ini bersifat non-permanen alias akan mulai kering saat musim panas.

5. Situ Cipanten

Situ Cipanten (@situcipanten_mjlk on Instagram)

Walaupun bukan destinasi utama di daerah Majalengka, Situ Cipanten rupanya tidak kalah menarik daripada objek wisata Majalengka lainnya, lho. Pemandangan di sini terkenal sangat indah berkat deretan pohon khas hutan yang semakin mempercantik keadaan danau.

Tempat wisata seluas 1 hektare ini sudah berdiri sejak tahun 1973 di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang. Tidak hanya berperan sebagai kawasan rekreasi, Situ Cipanten pun berfungsi untuk perikanan dan pengairan.

Dengan tiket masuk sekitar Rp 5.000 sampai Rp 10.000, kamu dapat datang ke sini setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.15.

6. Curug Sempong

Curug Sempong (@exploremajalengka on Instagram)

Nama “Sempong” pada tempat wisata Majalengka ini berasal dari Bahasa Sunda karena bentuknya yang lumayan masuk ke dalam tebing. Di samping itu, sungai yang mengalir di dekatnya juga bernama Cisempong.

Curug Sempong mempunyai ketinggian lebih kurang 10 meter dengan dua kolam di bawahnya. Kedalaman rata-rata kedua kolam yakni sekitar 6 meter sehingga tidak disarankan untuk berenang.

Adapun akses menuju air terjun masih terbilang sulit karena wisatawan mesti menuruni bukit curam yang cukup licin. Akan tetapi, kamu pastinya tidak akan menyesal dengan panorama alamnya yang memukau. Apalagi, adanya sisa aliran lava purba yang membatu di sekitarnya juga menjadi daya tarik tersendiri.

7. Terasering Panyaweuyan Argapura

Terasering Panyaweuyan Argapura (@wisatateraseringpanyaweuyan on Instagram)

Mungkin secara sekilas kamu akan mengira kalau destinasi ini berlokasi di Bali. Padahal, objek wisata bernama Terasering Panyaweuyan berada di Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.

Panyaweuyan sendiri menjadi tempat di mana kamu dapat menyaksikan langsung berbagai gunung sekitar Majalengka sekaligus hamparan sawah berundak-undak seperti Ubud.

Momen sunrise dan sunset merupakan daya tarik utama dari destinasi ini. Apabila mempunyai hobi fotografi, kamu dapat berkunjung ke sini untuk mengabadikan foto pemandangan hijau yang menakjubkan.

8. Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru (@gunungciwaru on Instagram)

Menyajikan pemandangan alam yang spektakuler, tempat wisata Majalengka Gunung Ciwaru pantang untuk kamu lewatkan. Lokasinya ada di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh.

Sebelum berkunjung, pastikan kamu sudah menyiapkan fisik yang prima mengingat kamu perlu menaiki anak tangga untuk sampai ke puncak. Namun, perjuangan tersebut nantinya akan terbayar lewat bentang alam Majalengka yang memanjakan mata.

Tidak hanya itu, Gunung Ciwaru juga menyediakan banyak spot foto. Salah satu yang paling menarik adalah spot berbentuk sarang burung, di mana wisatawan dapat berfoto dengan latar deretan pohon hijau.

Berbekal tiket Rp 15.000 per orang, kamu sudah dapat menyambangi gunung ini pada hari apapun dari pukul 06.00 – 20.00.

9. Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah (@febbycheryna on Instagram)

Mau melihat Telaga Bodas, Gunung Papandayan dan Galunggung, serta Bandara Internasional Jawa Barat terbaru sekaligus? Datanglah ke Puncak Sawiyah.

Setiba di puncak perbukitan, kamu dapat bebas berfoto ria. Terdapat instalasi sayap garuda dan rumah seperti setting film Up yang biasanya menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto. 

Jalur menuju wisata Majalengka ini juga menjadi salah satu rute paling favorit para pesepeda. Cocok sekali bagi kamu yang hobi gowes untuk sesekali menjelajahi jalur Puncak Sawiyah yang indah.

10. Ciboer Pass

Ciboer Pass (@ciboer_pass on INstagram)

Tempat wisata Majalengka paling hits berikutnya adalah Ciboer Pass di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi. Bisa dibilang, destinasi ini merupakan versi mini dari Terasering Panyaweuyan Argapura.

Mulanya Ciboer Pass hanya sebatas tempat nongkrong kekinian untuk berfoto. Akan tetapi karena semakin populer, mulai banyak fasilitas yang tersedia, seperti lahan parkir, tempat makan, hingga spot foto menarik.

Untuk pelipur lapar, pengunjung dapat mencicipi kelezatan nasi liwetnya. Kombinasi antara nasi, ayam atau ikan, tahu, tempe, serta sambalnya dijamin akan menggugah selera.

Harga tiket masuknya sendiri tergolong murah yakni Rp 5.000 per orang dan tambahan Rp 25.000 untuk satu paket nasi liwet. Adapun jam operasional Ciboer Pass dari pukul 09.00-18.00 setiap harinya.

11. Majalengka Campervan

Majalengka Campervan (Tribun Kaltim)

Mencoba sensasi keliling Majalengka dengan mobil campervan, kenapa tidak? Seakan ingin memanjakan para tamunya, Majalengka Campervan telah menyiapkan dua paket menarik, yaitu 2D1N (Rp1.600.000) maupun 3D2N (Rp3.200.000) yang pastinya akan sangat memuaskan.

Kamu dapat menjelajahi aneka destinasi wisata Majalengka, mulai dari sungai, gunung, danau, air terjun hingga area persawahan, kemudian menghabiskan malam dalam tenda atau campervan. Rasanya benar-benar seperti seorang petualang sejati.

Sebagai catatan, setiap paketnya sudah termasuk tiket wisata, supir, bensin, serta pemandu. Para tamu pun akan disuguhkan dengan makanan sehingga tidak perlu khawatir merasa lapar sewaktu berkeliling. Adapun mobil berkapasitas 4-6 orang jadi sangat pas untuk merasakan keseruan bersama teman dan keluarga.

12. River Tubing

River tubing (@cikadongdong_rivertubing on InstagraM)

Jika kamu menyukai wisata yang memacu adrenalin, cobalah mampir ke daerah Desa Payung untuk mencoba sensasi river tubing di Sungai Cikadongdong. Selama menyusuri jalur sepanjang 350 meter ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah di sisi kiri dan kanan sungai. 

Aneka bebatuan besar pun tidak ketinggalan untuk menyapa. Namun, jangan khawatir sebab sudah ada guide profesional yang akan menemanimu selama perjalanan.

Beroperasi dari pukul 10.00-16.30 (weekday) serta 09.00 – 16.30 (weekend), pihak pengelola menawarkan paket seharga Rp35.000 (Reguler) dan Rp90.000 (esktrem). Apabila berminat, kamu harus booking dari jauh-jauh hari, ya!

13. Paralayang Adventure Land

Paralayang Adventure Land (Mytrip123)

Di samping menawarkan kegiatan paralayang, wisata Majalengka yang satu ini juga menyediakan beragam fasilitas lain untuk memanjakan pengunjung. Mulai dari gantole, ATV, outbound, glamping sampai hotel berbentuk rumah adat Suku Sasak Lombok. 

Paraland alias Paralayang Adventure Land juga memiliki segudang spot foto yang tentunya instagramable. Keunggulan lainnya di sini yakni wisatawan dapat menyaksikan indahnya sunrise dan sunset di satu tempat. 

Di pagi hari, kamu akan dimanjakan dengan terbitnya sang fajar dari balik Gunung Ciremai, sedangkan di sore hari, pengunjung dapat melihat terbenamnya matahari di balik Gunung Tampomas.

Kawasan Paraland beroperasi dari pukul 10.00 – 20.00 (hari biasa) dan  09.00 – 21.00 (akhir pekan). Hanya dengan tiket masuk Rp 10.000 – Rp 15.000, kamu sudah dapat merasakan segala keseruan tersebut.

14. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipsaung (@syeirawzz on Instagram)

Keindahan alam wisata Majalengka memang tidak ada habisnya untuk ditelusuri dan dijelajahi. Sehabis berkeliling sawah, bukit, danau, serta air terjun, sekarang waktunya kamu untuk menikmati hamparan kebun teh yang asri.

Udara khas dataran tinggi akan langsung menyergap sesampaimu di Kebun Teh Cipasung. Selain berfoto-foto, kamu dapat menghangatkan diri dengan mencoba secangkir teh panas langsung dari kebunnya. Pasti rasanya bukan main nikmat!

15. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi (@curugibunpelangi on Instagram)

Berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, objek wisata Majalengka ini dulunya terkenal dengan nama wisata Goa Lalay karena letaknya yang dekat dari goa tersebut.

Dinamakan Ibun Pelangi alias ‘Embun Pelangi’ karena embun yang jatuh dari aliran sungai di curug ini akan menciptakan efek pelangi ketika terkena matahari. Jika ingin berlibur ke sini, kamu wajib meminta izin warga sekitar terlebih dahulu dan ditemani oleh pemandu. Adapun Curug Ibun Pelangi mematok harga tiket masuk lumayan terjangkau, yaitu Rp 15.000 per orang.

Demikianlah 15 tempat wisata Majalengka paling hits dan memesona yang wajib kamu kunjungi saat liburan. Dengan segudang opsi destinasi wisata, tidak mengherankan kalau kawasan ini menjadi pilihan menyenangkan untuk berekreasi!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *