Advontura – Platform Informasi Tempat Wisata Seru untuk Traveller

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

30 Tempat Wisata Magelang: Surga yang Tersembunyi

30 Tempat Wisata Magelang

Wisata Magelang memiliki pesona yang luar biasa. Memang tidak banyak orang yang mengetahui bahwa destinasi yang dimiliki wilayah ini sungguh indah dan menarik. Kali ini, advontura akan membawa kalian ke 30 tempat wisata di Magelang yang dijamin mempesona.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Wisata magelang yang pertama ialah air terjun Grenjengan Kembar. Tempat wisata di Magelang yang satu ini terletak di hutan lereng Gunung Merbabu tepatnya di kawasan Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis.

Kalian membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menuju tempat ini dari pusat Kota Magelang. Grenjengan Kembar terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Hal ini yang membuat suhu dari tempat ini sejuk

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dua aliran kembar yang memiliki pesona menakjubkan. Apabila ingin mengunjungi area wisata Magelang berikut, kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 10000.

Karena murahnya harga tiket, air terjun Grenjengan Kembar termasuk kategori salah satu kawasan wisata Magelang yang sering dikunjungi oleh masyarakat luas.

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun ini terletak di Ngagrong, Wonolelo, Sawangan. Kedung Kayang menjadi objek wisata di Magelang yang menawarkan keindahan alam seperti surga.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 4000 / orang. Kawasan wisata Magelang ini dibagi menjadi dua bagian yaitu area bawah (air terjun) dan area atas (gardu pohon).

Pada area atas air terjun terdapat gardu pohon yang menjadi spot favorit. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen kunjungan di area ini dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merbabu serta air terjun. Kalian harus membayar biaya tambahan Rp. 10000 untuk berfoto di area gardu.

Sementara itu, area bawah juga tidak kalah indahnya. Kalian dapat secara langsung melihat bebatuan dan bermain air. Air terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Selain itu, fasilitas dari tempat wisata di Magelang ini tergolong cukup lengkap.

Air Terjun Kedung Sembrani

Air Terjun Kedung Sembrani berada di Desa Muneng Warangan, Pakis. Area wisata Magelang ini memiliki ketinggian 4 meter dan dikelilingi oleh hutan pinus.

Kedung Sembrani menjadi pilihan yang tepat bagi para petualang dan pecinta alam. Dengan ketenangan dan kedamaian yang ditawarkan tentu akan membuat pikiran tentang masalah hilang. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000. Fasilitas yang tersedia masih terbatas.

Air Terjun Sekar Langit

Biaya tiket masuk kawasan wisata Magelang ini adalah Rp. 3000 / orang. Air Terjun Sekar Langit terletak di Dusun Tlogorejo, Grabag. Air terjun ini memiliki tinggi 25 meter. Kondisi di sekitar air terjun ini terbilang hijau, sejuk dan asri. Pengunjung dapat merasakan sensasi kedamaian.

Konon, air terjun ini merupakan tempat Jaka Tarub mengambil selendang bidadari bernama Nawang Wulan. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini?

Air Terjun Sigetik

Curug Sigetik terletak di Kopeng Wetan, Sutopati, Kajoran. Tempat wisata Magelang ini tergolong masih belum diketahui oleh banyak orang. Air terjun ini tergolong tidak terlalu tinggi, namun masih memiliki pesona yang indah.

Untuk masuk ke area wisata ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 5000. Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah kamar mandi umum. 

Air Terjun Silawe

30 Tempat Wisata Magelang

Air Terjun Silawe berada di kawasan Sutopati, Kajoran dan termasuk ke dalam salah satu destinasi wisata Magelang. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sumbing (ketinggian 5000 meter diatas permukaan laut) membuat curug ini memiliki udara segar dan sejuk. Terdapat jembatan kecil terbentuk dari batu yang menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Air Terjun Watu Ploso

Air Terjun Watu Ploso atau yang sering disebut Curug Watuploso terletak di kawasan perbukitan dekat dengan Candi Borobudur. Tepatnya, tempat wisata ini terletak di Dusun Miriombo Kulon, Desa Giripurno, Kecamatan Borobudur. Terdapat 3 air terjun di kawasan Watuploso ini.

Ketiga air terjun ini dikelilingi oleh banyak bebatuan. Maka dari itu, kalian harus memastikan untuk menggunakan sepatu khusus agar tidak mudah terpeleset. Untuk memasuki kawasan wisata Magelang ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 3000 / orang.

Bukit Grenden

Kalian membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Candi Borobudur untuk menuju tempat wisata di Magelang ini. Sebenarnya, Bukit Grenden ini merupakan salah satu jalur pendakian Gunung Merbabu.

Namun karena terdapat banyak titik foto instagrammable, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Untuk masuk ke area ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp. 15000 / orang.

Candi Asu

Candi ini terletak di Desa Sengi, Kecamatan Dukun. Kalian dapat mengunjungi tempat wisata di Magelang ini setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00. Hanya dengan membayar Rp. 3000, kalian dapat menikmati eksotisme candi. Candi Asu memiliki panjang 7.5 meter dengan lebar 8 meter.

Selain pesona yang indah, candi ini juga menyimpan misteri. Terdapat patung lembu Nandhi yang mirip anjing. Konon, ini juga menggambarkan kisah seorang putri yang di kutuk.

Candi Borobudur

Candi yang terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur ini merupakan Candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur adalah tempat wisata di Magelang paling populer.

Candi ini dibangun oleh Dinasti Syailendra pada kisaran 780-840 M. Namun, tempat ini sempat terbengkalai dan tertutupi oleh semak belukar yang tinggi. Pada tahun 1814, candi ini ditemukan oleh pasukan dari Sir Thomas Stamford Raffles dan berhasil dibersihkan pada 1835.

Candi ini terbagi menjadi tiga zona. Zona 1 merupakan bagian Kamadathu yang memiliki 160 relief (menjelaskan tentang sifat dan nafsu manusia serta hukum sebab akibat).

Zona 2 (Rupadhatu) berisi 328 patung Buddha dan 1300 relief. Sementara itu, zona 3 (Arupadhatu) memiliki 72 stupa yang berisi patung Buddha. Stupa yang terbesar berada di titik tengah.

Kalian ingin mengunjungi wisata Magelang satu ini? Jangan khawatir. Harga tempat wisata ini masih tergolong ramah di kantong.  Tiket masuk tersedia dengan kisaran harga Rp. 50000 (Dewasa) dan Rp. 25000 (anak-anak). Fasilitas kawasan wisata ini sangat lengkap mulai dari pasar wisata, toilet, kamar mandi, taman dan mushola.

Candi Mendut

Candi Mendut ini merupakan candi Buddha yang terletak di Jl. Mayor Kusen, Desa Mendut. Tiket masuk tempat ini sangat terjangkau yakni Rp. 5000 / orang. Tiket ini sudah termasuk akses masuk ke kawasan Candi Pawon. Candi

Mendut merupakan destinasi wisata Magelang yang juga menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak setiap tahunnya.

Candi ini dibangun pada 824 masehi oleh Raja Indra (Dinasti Syailendra). Terdapat juga berbagai macam relief di candi ini yang menjelaskan nilai-nilai kehidupan Buddha. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi sentra pernak-pernik dan oleh-oleh yang ada di dekat tempat wisata Candi Mendut.

Candi Pawon

Candi ini terletak di Brojonalan, Wanurejo. Candi Pawon dapat dikatakan berada dekat dengan kawasan Candi Mendut. Tiket masuk ke kawasan wisata Magelang ini adalah Rp. 5000 (sudah termasuk akses menuju Candi Mendut).Candi ini termasuk agak sedikit tersembunyi karena lokasinya ada di antara rumah penduduk.

Candi Pendem

Candi Pendem berjarak 150 meter dari Candi Asu. Arsitektur candi ini terbilang cukup unik karena terdapat lubang kotak di bagian tengah. Selain itu, destinasi wisata Magelang tersebut akan memanjakan kalian dengan pemandangan sawah dan perkebunan di sekeliling candi ini. Menarik bukan?

Candi Selogriyo

30 Tempat Wisata Magelang

Candi Selogriyo adalah wisata Magelang yang merupakan peninggalan kejayaan Hindu pada abad 8 Masehi. Candi ini terletak di Candisari, Windusari, Kabupaten Magelang. Kalian membutuhkan waktu sekitar 12 menit untuk menuju tempat ini dari pusat kota Magelang. Candi Selogriyo ditemukan pertama kali pada tahun 1835.

Candi ini terletak di lereng perbukitan (ketinggian 740 meter diatas permukaan laut). Di objek wisata Magelang ini sering diadakan pementasan kebudayaan pada bulan Suro. Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung harus membayar Rp. 5000 / orang. Selain pesona candi, kalian juga dapat melihat keindahan alam perbukitan.

Candi Umbul

Candi Umbul merupakan salah satu situs wisata Magelang kuno yang wajib untuk dikunjungi. Candi ini dulunya terpendam dan ditemukan oleh warga. Terdapat juga kolam pemandian air panas. Konon, tempat ini dulunya digunakan sebagai tempat pemandian para putri raja.

Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 5000 untuk masuk ke kawasan ini. Terdapat kepercayaan bahwa apabila mandi di kolam Candi Umbul akan mengobati penyakit. Tertarik untuk mencoba?

Desa Banyuroto

Desa ini merupakan kawasan wisata Magelang yang menawarkan konsep agrowisata. Suhu kawasan ini termasuk sejuk karena terletak di lereng Gunung Merbabu. Terdapat wisata petik buah stroberi yang menjadi idola para wisatawan. Kalian juga dapat membeli buah-buah segar dengan harga terjangkau dari para penjual sekitar.

Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur (Silancur Highland) merupakan tempat wisata kekinian. Tempat wisata Magelang ini terletak di Dusun Dadapan, Kecamatan Kaliangkrik. Pengunjung dapat melihat panorama keindahan Magelang dari dataran tinggi hanya dengan membayar Rp. 10000.

Tempat ini menjadi pilihan favorit bagi para remaja hingga orang tua. Terdapat kebun bunga, rumah hobbit tiruan, camping ground, ayunan dan berbagai macam spot foto lainnya. Dengan latar belakang Gunung Merapi dan Merabu, tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

Gereja Ayam Bukit Rhema

Siapa yang tidak mengetahui tempat ini? Gereja Ayam salah satu destinasi wisata Magelang ini sempat populer ketika menjadi lokasi film Ada Apa Dengan Cinta 2. Gereja ini dibangun pada tahun 1992. Terdapat sunrise spot dan kedai bukit rhema yang dapat menjadi tempat untuk melihat pemandangan pepohonan dan gunung sekitar.

Kalian dapat mengunjungi tempat ini dengan membayar Rp. 20000 / orang. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 06.00 hingga 16.30.

Baca juga:  30 Pantai di Malang: Surga Indah Tersembunyi

Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan ini merupakan objek foto yang hits dan instagrammable. Dulunya, jembatan ini diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017.

Jembatan ini sering menjadi objek pilihan karena juga terdapat sungai Senowo yang tersusun dengan rapi dan indah. Penasaran? Kalian tidak perlu membayar tiket masuk tempat wisata Magelangini.

Ladon Little Island

Ladon Little Island merupakan taman bermain yang tergolong baru menjadi tempat wisata di Magelang. Kawasan tersebut tepatnya terletak di pinggiran sungai Progo. Menariknya, pasir pinggir sungai ini berwarna putih mirip pantai. Kalian hanya perlu membayar Rp. 2000 untuk masuk ke tempat ini.

Mangli Sky View

Mangli Sky View juga tidak kalah indahnya! Tempat wisata di Magelang yang berada di ketinggian 1520 meter diatas permukaan laut ini menawarkan keindahan pemandangan langit dan pegunungan. Untuk masuk ke lokasi, kalian hanya perlu membayar Rp. 5000.

Kalian juga dapat berkemah di Mangli Sky View. Tersedia tempat persewaan peralatan camping dengan kisaran harga Rp. 8000 – Rp. 50000.

OHD Museum

Jangan salah. Museum juga menjadi wisata Magelang yang populer, lho. Museum OHD (Oei Hong Djien) adalah museum seni yang menyimpan koleksi lukisan Oei Hong Djien. Museum ini terletak di Jl. Jenggolo 14, Magelang.

Selain lukisan, terdapat juga karya seni dalam bentuk patung, objek instagrammable. Harga tiket masuk ke dalam salah satu tempat wisata di Magelang berikut ini adalah Rp. 50000 (umum) dan Rp. 25000 (pelajar).

Punthuk Kendil

Punthuk Kendil menjadi objek wisata dataran tinggi lain yang populer dan indah. Kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000 / orang untuk masuk ke tempat wisata di Magelang ini. Terdapat berbagai macam spot foto seperti Punthuk Kendil Magelang, Punthuk Kendil Gupakan dan Punthuk Kendil Borobudur.

Punthuk Mongkrong

Tempat wisata di Magelang yang selanjutnya adalah Punthuk Mongkrong. Kawasan ini terletak di Desa Giritengah, Giripurno.

Sama seperti Punthuk Kendil, tempat ini juga tidak kalah indahnya. Kalian dapat mengunjungi tempat ini baik pagi, siang maupun malam hari (buka selama 24 jam). Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp. 3000 saja.

Terdapat juga berbagai penjual makanan di area wisata Magelang berikut. Tentunya jangan lupa untuk mengambil foto di area jembatan bambu dengan latar belakang Gunung Merbabu, Merapi dan Menoreh.

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Tempat ini dibuka dengan jam operasi Senin – Jumat (04.00 – 17.00) dan Sabtu – Minggu (24 jam). Tempat wisata Magelang ini berada di kawasan Candi Borobudur. Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp. 15000 / orang.

Svarga Bumi

Svarga Bumi terletak di dekat Candi Borobudur. Tempat wisata Magelang ini memiliki konsep yang kekinian dan instagramable. Tempat wisata ini dibuka pada (Senin, Selasa, Rabu, Jumat – 08.00 – 17.00) dan (Sabtu – Minggu – 06.30 -18.00).

Tempat ini menawarkan berbagai macam objek foto dengan latar belakang persawahan hijau yang indah. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 25000 (dewasa) dan Rp. 15000 (anak-anak) untuk masuk ke tempat ini.

Sungai Elo

Arung Jeram Sungai Elo juga menjadi pilihan wisata Magelang yang tepat bagi kalian pecinta alam. Tempat wisata ini terletak di Jl. Sendangsono, Kanden. Terdapat berbagai macam paket bersama mulai dari harga Rp. 700000 hingga Rp. 1500000.

Taman Dewari

Wisata Magelang yang berupa taman unik ini berada di Kradenan, Baturono. Mengangkat konsep taman bunga matahari dan kincir warna-warni, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

Wisatawan hanya perlu membayar sebesar Rp. 10000 untuk bisa menikmati keindahan taman buatan ini. Terdapat banyak titik foto yang dijamin ciamik dan menakjubkan.

Taman Ramadanu

Taman Ramadanu sering dianggap sebagai miniatur negara Belanda.Taman bunga ini memiliki konsep yang indah dan rapi. Banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk melihat pesona dari area wisata Magelang ini. Kalian hanya perlu membeli tiket dengan harga Rp. 5000 / orang. Sangat terjangkau bukan?

Telaga Bleder

Telaga Bleder merupakan danau yang terletak di Desa Ngasinan, Grabag, Magelang dan termasuk ke kawasan wisata Magelang paling indah. Danau ini terlihat asri karena hamparan pepohonan sekitar yang mengelilingi.

Untuk masuk ke tempat ini, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 5500. Terdapat berbagai macam fasilitas yang terawat dan memadai. Selain itu, wahana air (sampan, sepeda air, becak air serta speed boat) juga wajib untuk dicoba.

Itulah rekomendasi 30 tempat wisata Magelang yang wajib untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk masukan daftar berikut ke list bucket Anda, ya!

Baca juga: 40 Tempat Wisata di Bogor yang Hits dan Fenomenal

+1

Artikel Terkait