8 Wisata Lombok Timur Paling Hits dan Keindahan Panorama Alamnya

Tanjung Bloam
Photo by @imam_yahya_ariansyah
Daftar isi

Bagi pecinta alam, wisata Lombok Timur adalah surga dari keindahan alam milik Indonesia. Berbagai destinasi wisata alam yang indah dan eksotis tersedia di pulau ini.

Spot – spot wisata alam seperti air terjun yang tinggi nan megah, pantai yang jernih, hingga keindahan alam pegunungan lengkap tersedia di Pulau Lombok. Lombok kini menjadi pilihan destinasi berlibur paling diminati oleh wisatawan selain Pulau Dewata Bali.

Pilihan destinasi wisata di Pulau Lombok, terutama keindahan wisata Lombok Timur cukup menyita perhatian masyarakat luas. Banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahan alam wisata Lombok Timur.

Pulau ini menawarkan berbagai keindahan alam yang bisa dinikmati sepuasnya oleh wisatawan. Dengan beragam objek wisata alam yang dimiliki, wisatawan dijamin tidak akan menyesal memilih menghabiskan waktu berliburnya di Pulau Lombok Timur.

Tanjung Bloam

Tanjung Bloam adalah salah tempat wisata Lombok Timur yang wajib dikunjungi saat berlibur di Lombok Timur. Pengunjung yang memiliki jiwa petualang dan menekuni hobi fotografi disarankan untuk mengunjungi objek wisata ini.

Artikel Terkait

Pantai Tanjung Bloam terletak di Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Sekaroh, Lombok Timur. Tempat wisata Lombok Timur ini menawarkan pesona air laut yang biru dan jernih, hamparan pasir pantai berwarna putih nan luas, dan juga tebing – tebing menjulang yang terbentuk dari batuan cadas.

Adanya dua buah tebing yang terbentuk dari batuan cadas memberikan kesan seolah sedang menghimpit kawasan Tanjung Bloam. Pantai indah ini dikenal sebagai kawasan konservasi penyu di Lombok Timur yang kealamiannya masih sangat terjaga.

Keberadaan tebing bebatuan yang menjorok kearah pantai membuat banyak penyu singgah di daerah ini

Panorama pantai milik destinasi wisata Lombok Timur ini sangat sayang bila dilewatkan tanpa diabadikan. Pecinta fotografi akan sangat puas mengabadikan keindahan ciptaan Tuhan ini dari balik lensa kamera.

Tidak perlu diragukan lagi, Pulau Tanjung Bloam memiliki banyak spot yang unik dan menarik dapat diambil sebagai objek foto. Biasanya wisatawan naik ke perbukitan yang ada di bagian barat pulau untuk menikmati keindahan pantai dengan lebih jelas.

Namun pengunjung harus berhati – hati karena ombak di Pantai ini cukup besar jika dibandingkan dengan pantai lain di Lombok Timur. Akses menuju Tanjung Bloam cukup sulit dijangkau dan rata – rata aksesnya berupa jalan berpasir ataupun berkerikil.

Walaupun aksesnya cukup sulit, Panti Tanjung Bloam dapat dijangkau oleh wisatawan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Tanjung Ringgit

Tempat wisata Lombok Timur yang penuh pesona selanjutnya adalah Tanjung Ringgit. Tanjung Ringgit terletak di bagian paling timur dari Pulau Lombok, tepatnya di Desa Pamongkong, Kec. Jerowaru, Lombok Timur.

Jika dibandingkan dengan objek wisata seperti Gili Trawangan, Gili Air, Pantai Senggigi, dan wisata terkenal lain, keberadaan Tanjung Ringgit masih jarang diketahui oleh masyarakat umum.

Akses yang terbatas menjadi salah satu alasan tempat ini belum banyak dikunjungi. Walaupun akses cukup terbatas, namun jalan menuju lokasi ini cukup layak dilewati serta dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Keindahan panorama dan birunya air laut merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengunjung dan langsung membuatnya jatuh cinta. Tebing curam yang menghadap langsung ke arah Samudera Hindia pada sisi selatan dan Pulau Sumbawa pada sisi timur membuat pemandangan Tanjung Ringgit indah penuh pesona.

Angin laut yang bertiup kencang juga langsung terasa sejak pertama kali menginjakkan kaki di kawasan ini. Tingginya tebing dan birunya laut menjadi perpaduan sempurna untuk diabadikan di balik lensa kamera.

Pecinta fotografi akan sangat puas mengambil foto sambil menjelajahi objek wisata ini. Banyak spot menarik yang dapat dijadikan objek foto. Melihat sunrise dan sunset di atas tebing adalah salah satu kegiatan favorit wisatawan di destinasi wisata Lombok Timur Tanjung Ringgit.

Pantai Kaliantan

Pulau Lombok memiliki banyak sekali pilihan wisata pantai yang wajib untuk dikunjungi. Namun setiap pantai pasti memiliki keunikan yang membedakannya dengan pantai lainnya.

Pantai Kaliantan adalah salah satu tempat wisata Lombok Timur yang keindahan lautnya tidak perlu diragukan lagi. Pantai Kaliantan memiliki karakteristik struktur pasir pantai yang kasar mirip dengan butiran merica.

Hamparan pasir putih yang luas ditambah jernihnya air laut membuat pantai ini layak dikunjungi. Suasana di Pantai Kaliantan masih sangat sunyi dan tenang karena belum banyak orang mengetahui keberadaannya. Hal tersebut menyebabkan pantai ini dikenal sebagai surga tersembunyi. 

Posisinya yang berada di bawah perbukitan serta dikelilingi oleh tebing karang dan bukit membuat Pantai Kaliantan semakin indah dan eksotis.

Kini, Pantai Kaliantan ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara pecinta kitesurfing. Bagi yang belum tahu, kitesurfing adalah olahraga yang memanfaatkan hembusan angin untuk menggerakkan papan selancar dan parasutnya.

Tempat wisata Lombok Timur ini dipilih untuk olahraga kitesurfing karena memiliki garis pantai yang luas dan panjang. Selain itu angin di kawasan Kaliantan dikenal lebih kencang dan memiliki periode yang lebih lama jika dibandingkan dengan pantai yang lain

Tetebatu Lombok

tete batu lombok
Wisata Tetebatu Lombok (Photo by gadizalombok.com)

Tetebatu merupakan tempat wisata Lombok timur yang dijadikan sebagai objek wisata alternatif bagi wisatawan yang bosan mengunjungi pantai.

Tetebatu menawarkan pesona keindahan hamparan sawah yang luas dengan Gunung Rinjani sebagai latar belakangnya. Tetebatu dikenal oleh masyarakat luas sebagai Ubudnya – Lombok karena pemandangan terasering yang dimilikinya.

Destinasi wisata Lombok Timur ini terletak di bagian tenggara kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Tetebatu, Kec. Singkur, Kab. Lombok Timur.

Pemandangan alam yang menyejukkan mata ditambah udara sejuk khas pedesaan membuat Tetebatu banyak dipilih oleh wisatawan yang ingin menenangkan pikiran dari padatnya kehidupan kota. Adat istiadat dan tradisi khas masyarakat sasak juga masih sangat dijaga oleh penduduk Desa Tetebatu.

Disini pengunjung dapat berkeliling di tepian terasering sambil mengambil foto dengan background hijaunya pemandangan alam. Selain itu Desa Tetebatu juga memiliki beberapa air terjun yang tertutup rimbunya hutan, kebun hortikultura dan kebun tembakau yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Tempat wisata Lombok Timur ini terletak cukup jauh dari kawasan perkotaan sehingga suasana asri sangat terasa. Disini juga telah disediakan penginapan yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin menghabiskan malam dengan suasana pedesaan yang tenang. Pengunjung Tetebatu Lombok lebih didominasi oleh wisatawan mancanegara. 

Air Terjun Mangku Sakti

Tidak hanya pantai, Lombok timur juga memiliki wisata alam air terjun yang tak kalah indahnya. Salah satu destinasi wisata Lombok Timur yang memiliki pesona alam yang indah adalah Air Terjun Mangku Sakti.

Wisata air terjun dengan tinggi kurang lebih 40 meter ini menawarkan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Bila air terjun pada umumnya memiliki air berwarna biru bening, Air yang ada di kawasan Air Terjun Mangku Sakti ini berwarna hijau toska karena kadar air telah bercampur dengan sulfur yang membuatnya sangat unik.

Air yang mengalir di Air Terjun Mangku sakti berasal dari Danau Segara Anak yang berada di Gunung Rinjani. Air Terjun ini terletak di kawasan Desa Sajang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur.

Lokasinya yang berada di kaki Gunung Rinjani menyebabkan akses menuju Air Terjun Mangku Sakti cukup sulit untuk dijangkau. Namun bagi wisatawan yang menyukai aktivitas adventure akan sangat menikmati perjalanan menuju lokasi air terjun.

Jalan setapak yang dikelilingi pohon besar di samping kanan dan kirinya, serta hamparan tumbuhan alang – alang akan menemani pengunjung selama perjalanan menuju kawasan Air Terjun Mangku Sakti.

Perjalanan tersebut akan terbayarkan saat melihat pesona keindahan dan kesegaran air di kawasan wisata alam ini. Destinasi wisata Lombok Timur ini juga sangat bagus bila dijadikan sebagai tempat berfoto. Berfoto dengan latar belakang air terjun yang eksotis dan unik membuat hasil fotonya jauh lebih indah.

Baca juga: Pulau Komodo hingga Taman Reptil di Hari Reptil Internasional

Pantai Tangsi

Indonesia memiliki beberapa pantai yang memiliki pasir berwarna pink. Pantai Tangsi adalah salah satunya. Pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini terkenal dengan keindahan pasir merah mudanya.

Warna merah muda ini tercipta dari perpaduan pasir putih dengan serpihan karang merah yang telah mati. Jika dilihat dari atas Pantai Tangsi memiliki gradasi yang sangat mempesona mulai dari warna putih yang berasal dari pasir pantai, kemudian warna merah mudah, menuju air laut yang berwarna biru toska, hingga warna gelap pada bagian air yang dalam. 

Karena lokasinya yang cukup terpencil, wisatawan rata – rata mengunjungi Pantai Tangsi dengan menyewa perahu. Jalur darat jarang ditempuh oleh pengunjung karena Jalan menuju lokasi pantai cukup sulit untuk diakses.

Terdapat bukit di sisi kiri pantai yang dapat dinaiki oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dari atas. Karena belum banyak orang yang berjualan di sekitar kawasan pantai, pengunjung disarankan untuk membawa bekal sendiri.

Aktivitas snorkeling sambil menikmati terumbu karang dan hewan laut dapat menjadi pilihan saat berkunjung di Pantai Tangsi. Ombaknya yang tenang sangat mendukung aktivitas snorkeling di destinasi wisata Lombok Timur ini.

Gili Kondo

Pantai Gili kondo Lombok timur
Pantai Gili kondo (Photo by wisatadilombok.com)

Gili Kondo adalah pulau eksotis yang secara keseluruhan terdiri dari pasir putih serta merupakan satu dari sekian gugusan pulau kecil yang terletak di Selat Alas.

Pulau kecil ini terletak diantara Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Gili Kondo berlokasi di Labuhan Pandan, Sambelia, Lombok Timur. Pulau pasir putih yang dikelilingi oleh birunya air laut membuatnya sangat indah terlebih jika diabadikan dari atas menggunakan drone.

Gili Kondo merupakan tempat wisata Lombok Timur berupa pulau kecil tak berpenghuni yang sangat alami. Pulau kecil ini banyak dijadikan habitat dari biota laut khas Kepulauan Indonesia Timur. Nama Kondo sendiri konon katanya berasal dari ditemukannya sarang besar habitat burung kondo di kawasan pulau. 

Pasir putih pesisir pantai yang terkena kilauan sinar matahari Pulau Lombok yang terik menambah kesan eksotis dari Gili Kondo. Keadaan dasar pantai dapat dilihat dari atas karena air lautnya sangat jernih berwarna bening transparan.

Pasir putih yang ada di Gili Kondo memiliki tekstur unik berbentuk bulat sempurna yang membuatnya terlihat seperti mutiara kecil. Karena keunikan tersebut masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan pasir merica.

Kegiatan seru yang dapat dilakukan di objek wisata Gili Kondo adalah snorkeling dan camping. Pengelola telah menyediakan fasilitas camping dan penyewaan peralatan alat snorkeling yang lengkap. Keindahan terumbu karang yang dikelola dan dirawat dengan sangat baik menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang sedang snorkeling. 

Gili Sulat dan Gili Lawang

Gili Sulat dan Gili Lawang merupakan tempat wisata Lombok Timur yang masih berada dalam kondisi alami. Gili Sulat adalah pulau yang memiliki panjang sekitar 5,2 kilometer dan masih berada dalam kondisi alam yang baik jauh dari polusi.

Gili Sulat memiliki hutan mangrove besar yang dapat melindungi area daratan dari abrasi. Destinasi wisata Lombok Timur ini terkenal memiliki spesies mangrove terlengkap di kawasan Asia Tenggara.  Gili Sulat memiliki kondisi perairan yang tenang dan jernih sehingga cocok untuk aktivitas snorkeling dan bermain kano. 

Dari Gili Sulat kini beralih ke Gili Lawang. Gili Lawang terletak bersebelahan dengan Gili Sulat dan hanya berjarak kurang lebih 500 meter. Gili Lawang merupakan destinasi wisata Lombok Timur yang kini mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Kedua gili ini terletak di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur dan berjarak sekitar 2.5 jam dari pusat Kota Mataram. Akses menuju lokasi dua Gili ini juga sudah sangat baik dan dapat ditempuh menggunakan mobil pribadi.

Itu tadi beberapa tempat wisata Lombok Timur yang bisa kalian jadikan referensi untuk liburan.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo: Jembatan Menuju Surga

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *