10 Tempat Wisata Labuan Bajo, Jembatan Menuju Surga Dunia

wisata labuan bajo
Photo by Nyimas Wulandari
Daftar isi

Labuan Bajo bukan hanya menjadi idola bagi para wisatawan lokal. Tidak dapat dipungkiri, pesona keindahan dari tempat ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari seluruh penjuru dunia apabila berkunjung ke Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (2018), pengunjung tempat wisata Labuan Bajo mencapai 67.852 orang. 

Jumlah wisatawan pada tahun 2018 tersebut secara tidak langsung menjadi dasar bahwa tempat wisata ini memiliki pesona alami dan luar biasa. Kali ini, Advontura akan membahas lebih lanjut terkait dengan wisata Labuan Bajo.

Apa itu Labuan Bajo?

Tempat ini merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Siapa sangka jika desa ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang memiliki pemandangan surga. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui destinasi wisata yang tersedia di wisata Labuan Bajo.

Artis dan tokoh luar negeri ternama seperti Gwyneth Paltrow hingga Valentino Rossi pernah singgah ke wisata Labuan Bajo. Bagaimana? Apakah kalian masih meragukan untuk berkunjung ke tempat ini?

Ada apa di wisata Labuan Bajo?

Pertanyaan ini mungkin sering kalian tanyakan. Kalian mencoba untuk mencari informasi namun belum menemukan yang lengkap? Tenang! Advontura telah merangkum berbagai destinasi menarik di wisata Labuan Bajo.

Artikel Terkait

Pulau Padar

Pulau ini menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Labuan. Bahkan hampir dari semua agen wisata ternama tidak pernah lupa untuk mencantumkan destinasi ini sebagai tujuan. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Situasi tempat ini sangat sejuk dan tenang. Pengunjung dapat menikmati dan mengamati hamparan laut luas dari perbukitan hijau yang ada. Untuk menuju ke pulau ini, kalian harus menyewa kapal/speedboat dari wisata Labuan Bajo. Terdapat berbagai macam spot foto yang instagrammable.

Tiket masuk salah satu tempat wisata Labuan Bajo ini dapat dibeli dengan harga Rp. 50.000 / orang. Kalian juga dapat secara langsung didampingi oleh pemandu wisata dengan biaya tambahan sebesar Rp. 80.000.

Danau Kelimutu

Danau tiga warna ini juga tidak boleh untuk dilewatkan. Tempat wisata ini masih berada di dekat area Labuan. Danau ini akan menjadi favorit bagi para pecinta sunrise dan sunset. Tentu tempat ini juga menjadi latar belakang yang indah di foto kalian. Terdapat tiga warna yakni merah, putih dan biru. 

Tiga danau ini merupakan kawah dari Gunung Kelimutu (status gunung berapi aktif). Mengunjungi tempat ini akan membuat kalian melihat secara langsung salah satu keajaiban yang nyata. Warna dari masing-masing kawah senantiasa berubah. Namun tidak ada ukuran waktu pasti. Hal ini masih menjadi misteri di kalangan masyarakat.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 – Rp. 7.500 / orang. 

Baca juga: Danau Kelimutu : Pesona Danau Tiga Warna Flores

Wae Rebo

Wae Rebo merupakan sebuah desa wisata yang berada di sekitar kawasan Labuan. Desa ini dinobatkan sebagai situs warisan dunia pada 2012 oleh UNESCO. Terdapat rumah adat Mbaru Niang yang memiliki arsitektur yang unik. Total terdapat 7 rumah adat di desa ini dan telah berdiri selama 19 generasi.

Di daerah wisata ini kalian dapat secara langsung melihat pemandangan indah serta mengamati secara langsung kehidupan dari para penduduk yang ada. Terdapat kebun kopi khas Flores  yang dikelola masyarakat setempat. Terdapat juga para pengrajin tenun di desa ini.

Untuk menuju desa ini, kalian akan merasakan sensasi berpetualang yang sesungguhnya. Kalian harus melewati hutan belantara dan bukit. Akan lebih baik apabila menggunakan jasa pemandu wisata dengan harga Rp.250.000 – Rp. 300.000 / 15 orang.

Untuk masuk ke Desa Wae Rebo, kalian harus membayar Rp. 250.000 (tanpa menginap) atau Rp. 350.000 (dengan menginap). Seluruh paket harga sudah termasuk makan dan minum.

Pulau Kelor

Pulau Kelor juga harus masuk ke rencana perjalanan kalian apabila suatu saat berkunjung ke  wisata Labuan Bajo. Pulau ini memiliki bukit yang hijau serta pantai dengan pasir putih. Para wisatawan yang berkunjung dapat melakukan aktivitas snorkeling karena air laut yang tenang.

Untuk menuju pulau ini, kalian membutuhkan waktu sekitar 1 jam (dengan kapal) dari Labuan Bajo. Kalian tidak perlu membayar tiket masuk tempat ini. Namun, tentu terdapat biaya untuk sewa kapal dan snorkeling (apabila anda ingin mencoba). Advontura sarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata pada saat berkunjung.

Pantai Pink

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna pink. Hal ini dikarenakan ombak laut yang membawa pigmen merah dari koral. Pengunjung tentu dapat menghasilkan foto instagrammable tanpa harus menggunakan aplikasi editing. Tertarik untuk berkunjung?

Terdapat berbagai macam jenis ikan serta biota laut yang indah. Oleh karena itu, terdapat titik untuk diving dan snorkeling di tempat ini. Pantai Pink layak untuk disebut surga para pecinta biota laut.

Gili Lawa Darat

Gili Lawa Darat atau Gili Laba merupakan sebuah pulau kecil yang berada di kawasan wisata Labuan Bajo. Pulau ini memiliki bentuk perbukitan yang indah. Dai bukit inilah kalian dapat menikmati hamparan langit biru hingga sunrise maupun sunset. Pesona tempat ini bahkan mampu menarik Valentino Rossi untuk berkunjung.

Sawah Lodok

Pernah melihat hamparan sawah dengan bentuk mirip seperti jaring laba-laba? Kalian dapat melihat konsep unik ini secara langsung di Sawah Lodok. Sawah ini merupakan bukti dan bentuk nyata dari tradisi dan adat istiadat masyarakat yang sampai saat ini masih dilestarikan.

Sawah Lodok atau juga kerap disebut Sawah Lingko merupakan tanah yang ditujukan untuk kepentingan bersama. Kepemilikan tanah ini dibagi secara langsung dibagi oleh ketua adat. Secara total, terdapat 11 hamparan lingko yang ada di kawasan Sawah Lodok. 

Goa Batu Cermin

Siapa yang tidak mengetahui tempat yang satu ini? Goa batu cermin memiliki dinding yang berkilau bagaikan cermin. Di tempat ini kalian akan merasakan sensasi wisata yang berbeda. Untuk akses menuju tempat ini terbilang mudah. Fasilitas dan kondisi tempat wisata ini juga dijamin bersih dan terawat dengan baik.

Pulau Rinca

Pulau Rinca juga merupakan habitat dari binatang purba Komodo. Kalian dapat melihat secara langsung binatang yang satu ini. Tempat ini juga dirawat dan dijaga secara ketat oleh pihak Taman Nasional Komodo.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang memiliki pesona yang tiada duanya! Air terjun ini diapit oleh tebing bebatuan alami yang indah. Air jernih kolam yang dimiliki juga menjadi sasaran pengunjung untuk bermain serta mandi. Untuk masuk ke area wisata ini, kalian harus membayar dengan kisaran harga Rp. 30.000 – Rp. 50.000.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat yang dijuluki sebagai jembatan menuju surga ini? Yuk segera jadwalkan untuk mengunjungi wisata Labuan Bajo! Akan lebih baik apabila kalian mencari agen wisata resmi yang menawarkan paket wisata Labuan Bajo dengan harga ramah di kantong untuk berkunjung kesini.

Baca juga: 30 Pantai di Malang: Surga Indah Tersembunyi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *