10 Destinasi Wisata Seru di Klaten bersama Keluarga

Daftar isi

Kabupaten Klaten menyimpan segudang objek wisata indah, baik yang bertemakan alam, bukit, air, sampai sejarah. Menjelajahi keindahan kota melalui tempat-tempat tersebut pasti akan sangat menyenangkan. Kali ini, Advontura sudah merangkum aneka destinasi wisata Klaten yang seru dan wajib kamu kunjungi sewaktu liburan.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan (@bionmotret on Instagram)

Siapa yang tidak kenal dengan Prambanan? Candi bercorak Hindu ini merupakan salah satu candi paling megah se-Asia Tenggara dan termasuk ke dalam kelompok situs warisan dunia UNESCO.

Lokasi kompleks wisata Klaten ini terbilang cukup unik karena secara administrasi, Candi Prambanan berada di wilayah Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, sedangkan pintu masuknya terletak di kawasan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Prambanan mempunyai arsitektur tingkat tinggi yang sampai sekarang tidak diketahui pasti bagaimana teknik pembangunannya. Kamu juga dapat menjumpai arca Roro Jonggrang yang melegenda di sini. Apabila ingin masuk, pengunjung mesti merogoh kocek sebesar Rp50.000 untuk tiket.

2. Gondola Girpasang

Gondola Girpasang (@rasikausa on Instagram)

Dibangun pada awal tahun 2021, wisata Klaten terbaru berupa gondola berkapasitas 4 orang ini tampil sebagai ikon menarik di Desa Tegalmulyo. Desain gondola juga terbilang unik seperti sangkar burung dengan kaca tembus pandang yang memungkinkan para wisatawan untuk mengamati pemandangan khas pegunungan secara leluasa. 

Artikel Terkait

Lintasan gondola sendiri berada 138 meter di atas dasar jurang. Soal sensasi, jangan diragukan. Walaupun terkesan kecil, tali untuk menopang gondola sangat kuat yang bisa menahan beban hingga 300 kg. Selain itu, terdapat pula Pendopo Kampung Girpasang di ujung pemberhentian gondola yang menjadi spot terfavorit wisatawan untuk beristirahat.

3. Mata Air Cokro

Mata Air Cokro (@zilfashobirani on Instagram)

Mengusung konsep wisata air, Objek Mata Air Cokro (OMAC) atau sebutan lainnya Umbul Cokro Tulung di Kecamatan Polanharjo pantang untuk kamu lewatkan. Kesegaran airnya yang sangat jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terdapat banyak wahana permainan ala waterboom yang memungkinkanmu untuk bermain air sepuasnya di wisata Klaten ini, termasuk kolam kolam renang yang airnya bersumber langsung dari mata air alami.

4. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok (@citer_es on Instagram)

Sesuai namanya, wisata Klaten terbaru satu ini berlokasi di Desa Ponggok yang mempunyai kolam dengan ukuran panjang 70 meter dan lebar 40 meter. Pada dasarnya, terdapat mata air alami yang terus menerus menghasilkan air sehingga Umbul Ponggok selalu jernih.

Pengunjung bisa mencoba aneka aktivitas, salah satunya berfoto di bawah air. Di dalamnya, telah tersedia sejumlah properti untuk berfoto. Selain itu, kamu juga boleh mencoba pengalaman diving dan snorkeling di sini. Jika ingin masuk, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp15.000 per orang.

5. Riverboarding Kali Pusur

Riverboarding Kali Pusur (@rivertubingpusuradventure on Instagram)

Ingin mencoba aktivitas wisata yang tidak biasa dan menantang adrenalin? Cobalah melakukan riverboarding alias olahraga arung jeram di Kali Pusur, Jalan Cokro–Delanggu, Kecamatan Polanharjo. 

Sungai ini mempunyai arus yang berbeda-beda, terkadang deras dan pelan. Selama bermain, kamu akan ditemani oleh dua orang operator sehingga terjamin aman. Jarak yang akan ditempuh yakni sekitar 10 km dengan melintasi tiga desa. Adapun untuk biayanya, kamu mesti membayar Rp150.000 per orang. Tertarik mencobanya?

6. Candi Plaosan

Candi Plaosan (@candiplaosan on Instagram)

Hanya berjarak beberapa kilometer dari Candi Prambanan, Candi Plaosan merupakan tempat wisata Klaten selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Situs bersejarah ini mempunyai corak Buddha yang terlihat dari bentuk puncaknya yang menyerupai stupa dan kehadiran sejumlah arca Buddha.

Wisatawan bisa datang ke sini pada pagi sampai sore hari. Apabila datang sebelum matahari terbit, kamu akan disuguhkan dengan panorama sunrise dengan latar belakang candi yang megah. Sebaliknya, saat sore hari, keindahan momen sunset menjadi suguhan utama bagi para pengunjung.

7. Lepen Kencono

Lepen Kencono (@jogjajateng on Instagram)

Tempat wisata Klaten berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan bersama keluarga adalah Lepen Kencono di Kecamatan Polanharjo. Airnya yang begitu jernih membuat destinasi ini banyak dikunjungi wisatawan untuk berenang dan bermain air di kolam renangnya.

Selain itu, kamu bisa mencoba wahana seluncuran dan jembatan goyang yang pastinya akan sangat menyenangkan. Pesona dan keasrian alam di sekitarnya juga dapat membuat lupa waktu. Apalagi, wisatawan tidak dikenakan biaya sama sekali apabila ingin bermain di sini.

8. Museum Gula Gondang Winangoen

Museum Gula Gondang Winangoen (@rifanthi on Instagram)

Buat kamu yang ingin berlibur sambil belajar mengenai sejarah, datanglah ke Museum Gula Winangoen yang berada di Jalan Raya Solo – Yogyakarta KM.25, Kecamatan Klaten Tengah. Pasalnya, tempat wisata Klaten yang sudah buka ini merupakan salah satu museum gula paling besar se-Asia Tenggara, lho.

Dulunya tempat ini adalah pabrik gula kolonial Belanda yang mempunyai luas hingga 100 hektare. Kamu dapat menemukan beragam replika alat pembuatan gula, foto bersejarah, diorama pabrik dan perkebunan, dan lokomotif kereta tebu. Terdapat juga sejumlah wahana permainan, mulai dari flying fox, outbound, hingga kereta uap yang berkeliling area wisata. Dengan tiket masuk seharga Rp5.000, kamu sudah bisa berekreasi sekaligus menambah pengetahuan di sini.

9. Umbul Manten

Umbul Manten (@umbul_manten on Instagram)

Selain Umbul Ponggok, kamu juga bisa mendatangi umbul lainnya di Jalan Janti Boto, Kecamatan Tulung. Umbul Manten namanya, yang kini mulai banyak dilirik oleh wisatawan lokal dan luar kota.

Kolam di wisata Klaten satu ini memang tidak begitu dalam dan besar seperti Umbul Ponggok. Akan tetapi, air kolamnya yang sangat jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang ingin berenang sekaligus berfoto underwater. Bagaimana, tertarik mengunjunginya?

10. Rowo Jombor

Rowo Jombor (@rowojombororiginal on Instagram)

Masih soal wisata Klaten bertemakan air, datanglah ke Rowo Jombor di Jalan Rw. Jombor, Kecamatan Bayat. Bukan sekadar waduk biasa, pengunjung dapat bebas melakukan berbagai aktivitas yang mengasyikkan, misalnya mendaki bukit Rowo Jombor, memancing, ataupun jogging mengitari waduk.

Di samping itu, kamu juga dapat menikmati langsung kuliner khas Jawa Tengah di warung apungnya sembari melihat pemandangan sekitar. Berbekal segala keindahannya, pikiran pun jadi lebih terasa lebih rileks selama menghabiskan waktu di sini. Harga tiket masuknya sendiri terbilang murah yakni hanya Rp5.000 per orang.

Itulah 10 destinasi wisata Klaten yang seru untuk kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga. Dengan sederet pilihan objek wisata, tidaklah heran jika Klaten menjadi salah satu tempat terfavorit untuk menghabiskan waktu liburan.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *