Objek Wisata Guci Tegal, Wisata Keluarga dengan Banyak Spot

Wahana di Wisata Guci Tegal (sumber: @wisataguci_tegal on Instagram)
Wahana di Wisata Guci Tegal (sumber: @wisataguci_tegal on Instagram)
Daftar isi

Siapa bilang kota-kota kecil di Jawa Tengah tak memiliki potensi dalam bidang pariwisatanya? Jawa Tengah justru terkenal memiliki banyak objek wisata yang menjadi favorit masyarakat. Di Kabupaten Tegal, terdapat sebuah objek wisata keluarga yang memiliki banyak spot menarik. Objek wisata tersebut adalah wisata Guci, yang memadukan banyak spot wisata dalam satu tempat, seperti pemandian air panas, air terjun, hingga hotel.

Terletak di kaki Gunung Slamet dengan suhu mencapai -20 derajat celcius, objek wisata ini sangat terkenal akan pemandian air panasnya yang mampu memberikan banyak khasiat bagi tubuh. Sudah tahukah kamu mengenai objek wisata Guci? Tempat wisata yang satu ini wajib masuk dalam daftar destinasi wisata pilihan kamu. Yuk, cari dulu info tiket masuk, lokasi, dan spot wisata serunya di sini!

Objek Wisata Guci, Wisata Keluarga dengan Banyak Spot Asyik

Objek wisata Guci merupakan tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di ketinggian sekitar 1050 mdpl. Karena terletak di dataran tinggi, daerah sekitar objek wisata ini memiliki udara yang sangat dingin. Tempat wisata ini merupakan taman wisata keluarga yang memadukan banyak spot wisata dalam satu tempat. Wisata Guci sangat terkenal akan pemandian air panasnya, dan bahkan sudah dikenal oleh masyarakat di wilayah Jawa Tengah. 

Ayunan di Wisata Guci (sumber: @finaaviani on Instagram)
Ayunan di Wisata Guci (sumber: @finaaviani on Instagram)

Karena memiliki banyak spot menarik, tak heran bila objek wisata Guci begitu digandrungi masyarakat. Tak hanya pemandian air panas, objek wisata yang satu ini juga memiliki spot wisata lain, seperti air terjun, jembatan kaca, bahkan sungai air panas yang unik dan alami. Bagi kamu yang suka berswafoto, objek wisata yang satu ini memiliki spot bernama The Geong, yang memungkinkan kamu untuk berburu foto-foto keren dengan banyak spot instagramable di dalamnya.

Artikel Terkait

Rute dan Lokasi Wisata Guci Tegal

Sudah tahukah Advonturers tentang dimanakah lokasi wisata Guci Tegal? Lokasi wisata Guci Tegal sendiri berada di Desa Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Untuk menuju ke objek wisata yang satu ini, kamu dapat menempuh rute perjalanan yang berangkat dari pusat Kota Tegal. Berikut ini Advontura sajikan rekomendasi rute perjalanan menuju objek wisata Guci Tegal untukmu!

Berangkat dari pusat Kota Tegal, berjalanlah lurus menuju arah kawasan Slawi. Dari sini, menujulah ke arah selatan, tepatnya menuju kawasan Lebaksiu, kemudian Pertigaan Yomani. Dari Pertigaan Yomani ini, beloklah ke kiri menuju kawasan Bojong, kemudian ikutilah petunjuk arah hingga sampai di kawasan Guci. karena beberapa medan jalan berkelok-kelok, sebaiknya kamu tetap berhati-hati saat mengemudi, ya!

Spot Wisata Menarik di Guci Tegal

Advonturers pasti sudah sangat penasaran dengan objek wisata yang satu ini. Berikut ini rekomendasi spot wisata menarik yang wajib banget kamu kunjungi di sini!

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian air panas Guci merupakan spot wisata yang paling terkenal di sini. Hal ini tak lain tak bukan karena suhu sekitar objek wisata ini yang sangat dingin, membuat pemandian air panas Guci menjadi lebih diminati masyarakat. Suhu air di pemandian air panas Guci ini mencapai 41 derajat celcius, sangat menyenangkan bila menikmati hangatnya air di pemandian ini di tengah dinginnya udara sekitar kaki Gunung Slamet.

Kolam Renang Air Panas Guci (sumber: @andrianidian789 on Instagram)
Kolam Renang Air Panas Guci (sumber: @andrianidian789 on Instagram)

Pemandian air panas Guci ini pun juga memiliki banyak spot, salah satunya berupa kolam renang dan sungai air panas. Bila Advonturers membawa anak-anak, kamu bisa berkunjung ke waterboom air panas Guciku, karena waterboom tersebut memiliki banyak wahana permainan air seperti seluncuran, yang sangat disukai oleh anak-anak. So, anak-anak pasti tak akan rewel bila kamu ajak berlibur ke objek wisata Guci Tegal!

2. Hotel Wisata Guci

Saat kamu merasa masih ingin berlama-lama di sini, sementara jam operasional sudah mendekati waktu tutup, bermalam dapat menjadi solusi terbaik bagimu. Di sekitar objek wisata Guci Tegal, kamu dapat menemukan banyak penginapan berupa villa atau hotel wisata Guci. Hampir semua hotel wisata Guci yang ada memiliki spot menarik berupa kolam renang air panas. Salah satu penginapan yang terkenal di sana adalah Robbins Villa.

Kolam Renang Air Panasi di Robbins Villa (sumber: @robbins.villa on Instagram)
Kolam Renang Air Panas di Robbins Villa (sumber: @robbins.villa on Instagram)

Jika Advonturers ingin bermalam dengan lebih murah, kamu bisa menyewa area camping yang ada di taman wisata Guci Tegal. Dengan berkemah, kamu bisa lebih menyatu dengan alam, dan merasakan sejuknya udara khas pegunungan. Namun, terlepas dari dimanapun kamu menginap, bermalam di taman wisata Guci tetaplah menjadi solusi terbaik bagi kamu!

3. Pancuran Pengasih

Pancuran Pengasih merupakan salah satu spot favorit yang sering dikunjungi wisatawan, terutama mereka yang belum menikah. Konon katanya, jika wisatawan mengunjungi Pancuran Pengasih, mereka akan diberi kemudahan dalam mencari jodoh.

Pancuran Air Panas Guci (sumber: @jihan_zeoirawan on Instagram)
Pancuran Air Panas Guci (sumber: @jihan_zeoirawan on Instagram)

Meski begitu, hal ini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun, jika Advonturers penasaran, kamu bisa langsung coba untuk berkunjung ke Pancuran Pengasih yang ada di kawasan wisata Guci Tegal ini.

4. Sungai Air Panas

Tak hanya berupa pemandian, di kawasan wisata Guci terdapat sungai air panas yang mengalir secara alami. Air yang mengalir di sungai air panas ini disebut-sebut berasal dari gunung berapi secara langsung. Sungai air panas ini memiliki air yang sama dengan yang ada di kolam pemandian air panas, sebab mereka berasal dari sumber air yang sama. 

Sungai Air Panas Guci (sumber: @okvita.ok on Instagram)
Sungai Air Panas Guci (sumber: @okvita.ok on Instagram)

Ketika pertama kali menyentuh air panas yang ada di sungai ini, mungkin kamu akan kaget. Namun, lambat laun kulitmu akan beradaptasi sehingga berendam di sungai air panas ini akan menjadi aktivitas wisata yang menyenangkan bagimu. Berendam di sungai air panas ini sangat cocok dilakukan untuk Advonturers yang ingin merasa rileks saat liburan. 

5. Air Terjun di Sekitar Objek Wisata Guci Tegal

Tak hanya pemandian air panas, Taman Guci memiliki spot wisata berupa air terjun eksotis yang mampu memanjakan mata. Selain karena air terjunnya yang eksotis, pemandangan alam sekitar air terjun ini juga sangat memukau, sehingga air terjun beserta pemandangan alam sekitarnya seolah berpadu untuk menciptakan spot wisata yang sangat apik untuk dikunjungi.

Air Terjun Wisata Guci (sumber: @fenthy90 on Instagram)
Air Terjun Wisata Guci (sumber: @fenthy90 on Instagram)

Selain itu, terdapat area berkemah di sekitar air terjun ini. Bagi Advonturers yang ingin bermalam dengan camping, maka berkemah di sekitaran air terjun ini sangat cocok bagimu. Bayangkan saja bagaimana serunya tidur ditemani oleh gemericik air terjun yang memanjangan telinga, pasti seru banget, deh.

6. Jembatan Kaca Baron Hill

Jembatan kaca Baron Hill merupakan salah satu spot wisata terbaru yang ada di objek wisata Guci Tegal. Jembatan kaca ini seringkali dijadikan sebagai spot foto bagi wisatawan karena menyajikan latar belakang berupa jembatan kaca serta pemandangan yang instagramable. Dari atas jembatan ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah alam sekitar. Sayangnya tak banyak wisatawan yang berani naik ke jembatan ini.

Jembatan Kaca Baron Hill (sumber: @wisataguci_tegal on Instagram)
Jembatan Kaca Baron Hill (sumber: @wisataguci_tegal on Instagram)

Hal ini karena pijakan kaki di jembatan kaca sangat transparan, sehingga cukup menguji adrenalin wisatawan. Dari ketinggian, kamu dapat menyaksikan pemandangan dari bawah kakimu. Namun sayang, untuk masuk ke jembatan kaca ini, tak semua orang bisa, lho. Ini dikarenakan pihak pengelola objek wisata melakukan pembatasan terhadap wisatawan yang masuk ke jembatan kaca, demi untuk menjaga kenyamanan serta keamanan dari wisatawan itu sendiri. 

7. The Geong

The Geong merupakan salah satu spot wisata yang ada di Taman Air Panas Guci Tegal. The Geong memiliki banyak wahana seru yang selalu menarik wisatawan. Salah satu wahana yang paling digemari wisatawan adalah menaiki sepeda gantung. Wahana ini memungkinkan wisatawan untuk mengendarai sepeda di atas seutas tali.

Sepeda Gantung The Geong (sumber: @naylafa_21 on Instagram)
Sepeda Gantung The Geong (sumber: @naylafa_21 on Instagram)

Selain itu, bagi kamu yang suka berswafoto, The Geong memiliki banyak spot foto instagramable yang sayang untuk kamu lewatkan. Banyak spot foto yang memungkinkan kamu untuk berfoto dari ketinggian. Bagi kamu yang tak cukup berani untuk mencobanya, kamu tak perlu khawatir karena setiap wisatawan akan dibekali oleh pengaman, sehingga kamu bisa menikmati wisatamu dengan aman dan nyaman di The Geong.

Fasilitas di Taman Air Panas Guci Tegal

Untuk membuat wisatawan semakin nyaman untuk berwisata di sini, objek wisata Guci memiliki sederet fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Adapun fasilitas yang dapat kamu nikmati antara lain: lapangan tenis, lapangan sepak bola, hotel, dan area berkemah. Selain itu, pihak pengelola objek wisata ini juga menyediakan loker untuk menjaga barang-barang wisatawan, dan spot kuliner untuk melepas lapar dan dahaga.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Wisata Guci

Semakin tak sabar untuk berkunjung ke objek wisata Guci Tegal? Kamu dapat mengunjunginya pada pukul 08.00-16.00. Jam operasional ini tentu sangat cukup bagi Advonturers yang ingin menghabiskan waktu liburan di sini. Bila dirasa masih ingin berlama-lama, kamu dapat menyewa penginapan yang ada di sekitar objek wisata ini, dan kamu dapat bermalam di penginapan tersebut.

Harga tiket masuk wisata Guci pun sangat terjangkau, sehingga berwisata ke tempat ini sangat cocok bagi Advonturers yang tak ingin merogoh kocek terlalu dalam. Bagaimana tidak, harga tiket masuk wisata Guci hanyalah Rp 11.800. Namun, kamu akan dikenai biaya tambahan jika ingin menikmati berbagai wahana, atau masuk ke dalam spot wisata lainnya yang ada di sini. Namun kamu tak perlu khawatir, karena semua harga tiket masuknya terjangkau.

Baca juga: Kopeng Treetop Adventure Park: Info Tiket & Aktivitas Wisata

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai objek wisata Guci Tegal, manakah spot wisata yang menjadi favoritmu? Saat berkunjung ke sini, setiap spot wisata yang ada wajib banget kamu kunjungi semuanya. Selain karena memiliki banyak spot wisata menarik, objek wisata Guci Tegal memiliki harga tiket masuk yang sangat murah, sehingga siapapun pasti akan tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *