20 Rekomendasi Wisata Dieng Wonosobo, Asyik Buat Liburanmu!

Tempat Wisata Dieng Wonosobo (sumber: @staycationjogja on Instagram)
Tempat Wisata Dieng Wonosobo (sumber: @staycationjogja on Instagram)
Daftar isi

Dieng merupakan sebuah dataran tinggi di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kondisi geografisnya yang dikelilingi bukit dan pegunungan dan bukit membuat Dieng memiliki sejuta tempat wisata yang memesona. Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

20 Tempat Wisata Dieng Wonosobo yang Wajib Kamu Kunjungi 2022

1. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka (sumber: @xspheriksx on Instagram)
Kawah Candradimuka (sumber: @xspheriksx on Instagram)

Berbicara tentang destinasi wisata Dieng Wonosobo, yang wajib kamu datangi pertama jelas Kawah Candradimuka. Kenampakan alam ini terbentuk akibat timbulnya solfatara dari rekahan tanah di dataran tinggi Dieng. 

Sampai sekarang, terdapat dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan solfatara dengan gas-gas oksida belerang. Gas tersebut dikeluarkan secara berselang, dan ada juga yang terus menerus. Bebatuan dan pepohonan rindang yang mengelilinginya membuat pemandangan Kawah Candradimuka sangatlah apik. 

Mengenai operasional wisatanya, Kawah Candradimuka buka setiap hari selama 24 jam. Untuk bisa masuk ke dalam, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000. Murah sekali, bukan?

2. Telaga Warna

Telaga Warna (sumber: @nisameirinda on Instagram)
Telaga Warna (sumber: @nisameirinda on Instagram)

Walaupun letaknya cukup tersembunyi di balik jajaran perbukitan, Telaga Warna tidak pernah sepi pengunjung. Tempat wisata Dieng Wonosobo ini menyajikan uniknya warna air telaga yang dapat berubah-ubah. Kadangkala berwarna hijau, ungu, kuning, atau bahkan perpaduan sehingga tampak seperti pelangi.

Artikel Terkait

Fenomena tersebut terjadi akibat tingginya kandungan belerang dalam perairan telaga. Oleh sebab itu, danau akan memantulkan warna yang bervariasi ketika sinar matahari mengenai air. 

Perpaduan udara sejuk membuat dan suara kicauan burung liar juga membuat suaaana Telaga Warna Dieng sangat menenangkan.

Terkait jam operasionalnya,Telaga Warna buka setiap hari (08.00-16.00) dengan tiket masuk yang dipatok sebesar Rp 15.000/orang.

3. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng (sumber: @pendakiwonosobo on Instagram)
Gardu Pandang Tieng (sumber: @pendakiwonosobo on Instagram)

Apabila kamu mencari tempat wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah, tidak afdol rasanya kalau belum berkunjung ke Gardu Pandang Tieng. Sesuai namanya, gardu ini berada di Desa Tieng Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo. 

Dengan ketinggian 1.800 mdpl, kamu akan disuguhkan panorama keindahan Desa Tieng sekaligus perkebunan sayur yang berundak-undak yang memanjakan mata. Karena cuacanya lumayan dingin dan sering berkabut, penting bagimu untuk menyiapkan jaket sebelum datang ke sini.

Dengan tiket masuk seharga Rp 10.000, kamu bisa datang ke sini setiap harinya mulai pukul 05.00 – 21.00.

4. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir (sumber: @halodieng on Instagram)
Bukit Sikunir (sumber: @halodieng on Instagram)

Kalau mau berburu panorama matahari terbit, Bukit Sikunir di Desa Sembungan bisa menjadi salah satu tempat wisata Dieng Wonosobo yang tepat buatmu. Pemandangan semacam ini memang dikenal menjadi tujuan wisatawan maupun pegiat fotografi untuk mengabadikan momen apik tersebut. 

Untuk dapat menikmatinya, kamu mesti mendaki bukit saat dini hari dan berhadapan dengan cuaca dingin akibat hembusan angin. Meskipun begitu, tentunya perjuangan ini akan terbayar tuntas sewaktu kamu menyaksikan langsung matahari terbit yang legendaris di Bukit Sikunir.

Beroperasi selama 24 jam setiap harinya, pengunjung dapat datang kapan saja dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang.

5. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang (sumber: @wisatadieng_id on Instagram)
Kawah Sikidang (sumber: @wisatadieng_id on Instagram)

Tidak jauh dari Bukit Sikunir, cobalah mengunjungi Kawah Sikidang, tempat wisata Dieng Wonosobo dengan eksotisme kawah belerang. Lokasi tepatnya berada di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Wonosobo.

Kawah Sikidang terletak di tanah datar yang mempunyai area seluas 200 m2 sehingga pengunjung bisa mengamati kepulan asap yang terus keluar dari kawah. Di satu sisi, kamu harus berhati-hati dengan tetap memakai masker sewaktu berkunjung, mengingat kadar belerang yang tinggi.

Tidak perlu khawatir kehabisan tiket, jam operasionalnya dimulai pukul 07.00-17.00 setiap hari. Adapun harga tiket masuknya sebesar Rp.15.000/orang.

6. Gunung Prau

Gunung Prau (Sumber: @risarossita15 on Instagram)
Gunung Prau (Sumber: @risarossita15 on Instagram)

Gunung Prau adalah tempat wisata Dieng Wonosobo yang dikhususkan bagi kamu yang gemar mendaki gunung atau mempunyai jiwa petualang. Walaupun tidak setenar gunung-gunung lain di sekitarnya, seperti Merapi, Sindoro, dan Sumbing, Prau mempunyai keistimewaan tersendiri dengan pemandangannya yang indah.

Dengan puncak setinggi 2.565 mdpl, Gunung Prau tidak hanya menawarkan udara segar khas pegunungan, melainkan juga keindahan panorama alam dari ketinggian. Lebih dari itu, kamu pun dapat menyaksikan momen matahari terbit dan terbenam langsung dari puncaknya.

7. Telaga Merdada

Telaga Merdada (sumber: @musickshot on Instagram)
Telaga Merdada (sumber: @musickshot on Instagram)

Membentang di antara Bukit Sumurup dan Bukit Pangonan, tempat wisata Dieng Wonosobo ini disebut sebagai telaga paling luas di Dieng. Telaga Merdada namanya, mempunyai area mencapai 21 hektare. 

Di sekeliling telaga, terdapat ladang pertanian seperti terasering yang berbentuk undakan. Pikiran dan mata pun akan langsung segar melihat eksotisme pesona alam di objek wisata Dieng Wonosobo ini.

Objek wisata Telaga Merdada beroperasi setiap hari dari pukul 07.00-17.00. Kamu pun cukup membayar uang retribusi Rp 5.000 saja jika ingin masuk.

8. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim (sumber: @ottyzaed on Instagram)
Air Terjun Sikarim (sumber: @ottyzaed on Instagram)

Destinasi wisata Dieng Wonosobo selanjutnya yaitu air terjun atau curug Sikarim. Lokasinya berada di Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

Perbukitan berselimutkan pohon hijau nan rindang di sekitar air terjun membuat lingkungannya terasa sangat asri. Ditambah pula aliran air terus yang jernih, semakin menambah atmosfer kesegaran dari objek wisata ini.

Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah yakni Rp 5.000 per orang. Adapun jam operasional Air Terjun Sikarim dari pukul 07.00-17.00 setiap harinya.

9. Museum Kailasa

Museum Kailasa (sumber: @banjarnegaraterkini on Instagram)
Museum Kailasa (sumber: @banjarnegaraterkini on Instagram)

Kalau kamu ingin mempelajari sejarah di dataran tinggi Dieng, destinasi wisata Dieng Wonosobo ini cocok buatmu. Kamu dapat mengunjungi Museum Kailasa di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. 

Aneka koleksi benda bernilai historis dari candi-candi kuno di sekitar kawasan Dieng dapat kamu jumpai di sini. Mulai dari artefak, arca, lingga dan yoni, kemuncak, dan sejumlah macam patung bersejarah lainnya.

Lebih lanjut, Museum Kailasa juga menyimpan kumpulan informasi mengenai sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng sekaligus seni dan budaya yang hingga kini masih dilestarikan masyarakat setempat.

Dengan tiket Rp 5.000 per orang, kamu sudah bisa menyambangi museum ini pada hari apapun dari pukul 07.00 – 16.00.

10. Petak 9

Wana Wisata Petak 9 (sumber: @dianascr1996 on Instagram)
Wana Wisata Petak 9 (sumber: @dianascr1996 on Instagram)

Petak 9 merupakan nama pemetaan yang diberikan pada Bukit Sidengkeng, tempat wisata Dieng Wonosobo lainnya yang bertemakan alam. 

Tidak berbeda jauh dengan Bukit Sikunir, kamu dapat memanjakan diri lewat pemandangan Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian Petak 9. Di samping itu, keindahan Telaga Warna pun terlihat dari sini.

Petak 9 beroperasi nonstop alias selama 24 jam setiap hari. Untuk tiket masuknya sendiri cuma seharga Rp 5.000 per orang. 

11. Candi Arjuna

Candi Arjuna (sumber: @sandyzio on Instagram)
Candi Arjuna (sumber: @sandyzio on Instagram)

Masih seputar sejarah, terdapat wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi kalau bukan Candi Arjuna di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

Candi ini disebut sebagai peninggalan kuno dari Kerajaan Mataram Hindu yang mulanya dimanfaatkan untuk penyembahan Dewa Siwa. Dalam kompleks Candi Arjuna, kamu dapat menemui lima buah candi yang di sekelilingnya terdapat taman dan rerumputan yang asri.

Kawasan wisata candi buka setiap hari sejak pukul 07.00 – 17.00 dengan harga tiket masuk Rp 15.000 per orang.

12. Dieng Plateau Theater

Dieng Plateau Theater (sumber: @hnrtourtravel on Instagram)
Dieng Plateau Theater (sumber: @hnrtourtravel on Instagram)

Apabila kamu tertarik untuk mempelajari lebih dalam mengenai proses terbentuknya dataran tinggi Dieng, datanglah ke Dieng Plateau Theatre (DPT). Tempat wisata ini didirikan atas usulan Gubernur Jawa Tengah saat itu, Mardiyanto pada tahun 2006.

Dilengkapi peralatan visual dan audio yang mumpuni, DPT akan menampilkan film dokumenter yang menjelaskan serangkaian proses pembentukan dataran tinggi Dieng, aktivitas vulkanik Gunung Dieng, hingga kehidupan sosial budaya penduduk lokal.

Dieng Plateau Theater beroperasi dari pukul 07.00 hingga 18.00 setiap harinya. Dengan tiket masuk Rp 10.000, kamu sudah bisa merasakan segala keseruan tersebut.

13. Telaga Cebong

Telaga Cebong (sumber: @pesona_dieng.id on Instagram)
Telaga Cebong (sumber: @pesona_dieng.id on Instagram)

Alternatif tempat wisata Dieng Wonosobo berikutnya merupakan sebuah telaga di Desa Sembungan yang dikenal dengan nama Telaga Cebong. Terletak di atas ketinggian 2.300 mdpl, telaga ini sering dijuluki sebagai Telaga di Atas Awan.

Keindahan alamnya pun didukung dengan hamparan perkebunan warga di sekitar telaga yang semakin memperkaya eksotisme Telaga Cebong. Untuk dapat masuk, kamu akan dikenai tiket seharga Rp.10.000, di mana sudah termasuk tiket masuk ke Air Terjun Sikarim.

14. Lubang Sewu

Lubang Sewu (sumber: @ilmaaziza_ on Instagram)
Lubang Sewu (sumber: @ilmaaziza_ on Instagram)

Tercipta akibat susunan bebatuan putih yang mempunyai teksur berlubang, objek wisata Dieng Wonosobo satu ini tidak jarang disebut sebagai mini Grand Canyon di Wonosobo. Seperti yang diketahui, Grand Canyon merupakan ngarai tebing besar yang berwarna merah di Amerika Serikat.

Sewaktu musim hujan tiba, bebatuan tersebut akan terendam oleh air dari Bendungan Wadaslintang, sedangkan saat air sudah surut, barulah kamu dapat merasakan keindahan hamparan batu yang dijamin sangat fotogenik.

15. Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe (sumber: @varidavalva on Instagram)
Air Terjun Sirawe (sumber: @varidavalva on Instagram)

Berbicara soal wisata air, Dieng Wonosobo masih mempunyai destinasi yang tidak kalah menarik. Air Terjun Sirawe sebutannya, yang mengalir deras dari ketinggian 80 mdpl.

Dengan tebing terjal dan rindangnya pepohonan hijau di sisinya, wisata Dieng Wonosobo ini sangat menakjubkan bila dipandang. Perpaduan aliran air dingin dan air panas yang terjadi secara alami juga menjadi hal unik lainnya yang disuguhkan Air Terjun Sirawe.

Tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, kamu bisa merasakan kenikmatan tersebut setiap harinya selama 24 jam.

16. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon (sumber: @rachelia_rizky on Instagram)
Telaga Pengilon (sumber: @rachelia_rizky on Instagram)

Telaga Pengilon termasuk satu dari sekian banyak tempat wisata Dieng Wonosobo dan masih berada dalam kawasan yang sama dengan Telaga Warna. 

Warna hijau kekuningan lengkap dengan pohon rimbun mendominasi suasana alam di sekitarnya. Banyak pula ikan yang hidup dalam telaga sehingga memungkinkan pengunjung untuk duduk di tepi sambil memancing.

Menariknya, Telaga Pengilon umumnya dijadikan tempat melepas penat, terutama bagi mereka yang baru mendaki dari Gunung Prau maupun Sikunir.

17. Candi Gatotkaca

Candi Gatotkaca (sumber: @enrisuwardi on Instagram)
Candi Gatotkaca (sumber: @enrisuwardi on Instagram)

Masih soal candi, Candi Gatotkaca merupakan objek wisata Dieng Wonosobo yang diperkirakan telah berdiri sejak masa pemerintahan Ratu Sima dari Kerajaan Kalingga. 

Sebagai salah satu bangunan bersejarah, candi ini merupakan bagian dari cagar budaya pemerintah provinsi Jawa Tengah. Masih berada di sekitar Kompleks Percandian Arjuna, kamu dapat menjumpai sejumlah candi kuno lainnya yang tidak kalah menakjubkan pula.

Kamu boleh berkunjung kapan saja dari jam 08.00-17.00. Nantinya, akan dikenakan biaya tiket Rp 10.000/orang.

18. Goa Semar

Goa Semar (sumber: @donira_ajianto on Instagram)
Goa Semar (sumber: @donira_ajianto on Instagram)

Tempat wisata Dieng Wonosobo yang bisa kamu temukan berikutnya yakni Goa Semar yang konon dipercaya sebagai tempat pertapaan para penguasa Jawa di masa lampau.  

Destinasi yang dikeramatkan ini berada di kawasan perbukitan antara Telaga Pengilon dan Telaga Warna, Kabupaten Wonosobo. Selain menyimpan kisah mistis yang kental, pemandangan alam indah nan misterius dijamin akan siapa saja menjadi penasaran untuk menelusurinya lebih lanjut.

Goa Semar buka selama 24 jam setiap hari dengan harga tiket masuk sangat terjangkau, yaitu Rp 3.000 per orang.

19. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda (sumber: @travelspromo on Instagram)
Sumur Jalatunda (sumber: @travelspromo on Instagram)

Terletak di antara wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, persisnya di Desa Pekasiran Batur, Sumur Jalatunda merupakan objek wisata Dieng Wonosobo yang terbilang eksotis.

Sumur Jalatunda terbentuk dari ceruk rekahan kawah yang lama-kelamaan digenangi air. Berbeda dari sumur pada umumnya, sumur ini mempunyai diameter besar hampir 90 meter dengan kedalaman hingga 200 meter. Mirip dengan danau, ya?

Jika ingin menikmati keindahannya, syarat wajib yang harus kamu persiapkan adalah fisik dan stamina yang kuat. Sebab, terdapat 257 anak tangga untuk dinaiki sebelum bisa menapakkan kaki di sana.

Beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00-17.00, Sumur Jalatunda mematok tiket masuk yang bersahabat, yakni Rp5.000/orang.

20. Air Terjun Winong

Curug Winong (sumber: @raras2505 on Instagram)
Curug Winong (sumber: @raras2505 on Instagram)

Selain Air Terjun Sirawe dan Sikarim, destinasi wisata Dieng Wonosobo lainnya adalah Curug Winong yang berlokasi di Desa Temanggung. Air terjun ini mengalir deras dari ketinggian 70 meter kemudian menyusuri tebing yang mempunyai kemiringan sekitar 70 derajat.

Kamu bisa menyegarkan diri sambil mandi dan bermain air di sini. Ditambah lagi, banyak pula spot foto natural yang dapat dijadikan latar belakang gambar, membuat objek wisata ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk berlibur.

Buat kamu yang ingin merasakan keseruannya, Air Terjun Winong buka setiap hari (07.00 – 16.00) dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Tawangmangu Terbaru, Untuk Liburan Keluarga

Itulah 20 tempat wisata Dieng Wonosobo yang cocok dikunjungi sewaktu liburan. Dengan segudang pilihan destinasi wisata, tidaklah heran bila daerah dataran tinggi ini menjadi pilihan favorit untuk traveling!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *