1. Rekomendasi Wisata

5 Wisata di Songgoriti yang Harus Kamu Kunjungi Ketika Libur

Songgoriti adalah salah satu kawasan di Jawa Timur yang terkenal sebagai destinasi wisata. Banyak orang sengaja datang ke kawasan ini untuk merilekskan sejenak pikiran dari segala kesibukan. Lokasinnya yang berada tidak jauh dari Kota Batu membuat kawasan ini semakin ramai pengunjung.

Seperti apa kira-kira wisata di tempat ini? Untuk informasi selengkapnya, Advontura akan memberikanmu 5 rekomendasi wisata di Songgoriti yang harus kamu kunjungi ketika liburan.

Daftar Isi

1. Candi Songgoriti

Candi Songgoriti merupakan candi tertua di wilayah Jawa Timur, dan hingga saat ini, tanggal pasti pembangunannya masih belum diketahui dengan pasti. Berdasarkan temuan prasasti Sangguran yang ditemukan tidak jauh dari lokasi candi, informasi dari situs Kebudayaan Kemendikbud RI menyebutkan bahwa Candi Songgoriti berdiri pada masa pemerintahan Mpu Sindok. Nama “Songgoriti” berasal dari bahasa Jawa Kuno yang mengandung arti timbunan logam.

Sumber: Wikipedia

Penggunaan nama ini terkait erat dengan desa Songgokerto yang memiliki makna sebagai timbunan kemakmuran. Candi ini secara fisik memiliki bentuk persegi dengan ukuran 14,36 x 10 meter, dan sayangnya, bagian kaki, badan, dan atapnya telah mengalami kerusakan. Penemuan Candi Songgoriti dilakukan oleh Van Ijsseldijk pada tahun 1799. Lokasinya berada di Jalan Raya Songgoriti, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, dan tempat wisata ini buka setiap hari sepanjang waktu.

2. Tirta Nirwana Songgoriti 

Tirta Nirwana Songgoriti merupakan suatu taman rekreasi alami yang menawarkan pemandangan indah pegunungan. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas wisata seperti berenang, outbound, sepeda air, merendam di air panas, dan bahkan mengikuti wisata edukasi tentang pembesaran ikan nila merah, semuanya dalam suasana sejuk yang khas pegunungan. Tirta Nirwana Songgoriti berlokasi di Jalan Arumdalu nomor 1, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, dan mengoperasikan layanannya dari pukul 07.30 hingga 17.00 WIB.

Daya tarik utama dari destinasi wisata ini adalah keindahan pemandangan pegunungan serta udara yang begitu sejuk. Namun, tidak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas unggulan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dengan melakukan reservasi sebelumnya.

Sumber: Tirta Nirwana

Di sini, terdapat beragam wahana outbound yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Bukan hanya itu, untuk menarik minat para pengunjung, pengelola juga menyiapkan arena flying fox yang dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau.

Di tengah hamparan pepohonan cemara yang indah, ternyata Tirta Nirwana Songgoriti memiliki berbagai patung replika menarik dan lucu. Biasanya, patung yang ada di sini dibuat bermain oleh anak-anak.

3. Gunung Banyak 

Gunung Banyak menyajikan beberapa destinasi wisata menarik yang patut untuk dikunjungi, antara lain Omah Kayu, Tandem Paralayang, Taman Langit Gunung Banyak, dan Romantic Camp. Berada di kawasan pegunungan, pengunjung dapat menikmati udara sejuk alam pegunungan selama berkunjung ke sini. 

Omah Kayu, sebagai tempat penginapan, dikelilingi oleh hutan pinus yang rimbun. Sementara itu, Tandem Paralayang, sesuai namanya, menyuguhkan aktivitas paralayang yang memacu adrenalin bagi para pengunjung.

Sumber: Flickr

Taman Langit Gunung Banyak adalah area taman dan spot foto. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Batu dan melihat kegiatan paralayang. Di sisi lain, Romantic Camp menyediakan fasilitas berkemah dengan suasana alam yang masih alami. Kawasan wisata Gunung Banyak berlokasi di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji.

4. Coban Rondo 

Coban Rondo merupakan destinasi wisata air terjun yang menawarkan lebih dari sekadar keindahan air terjun saja. Selain menyuguhkan pesona air terjun, tempat ini juga menawarkan berbagai wahana menarik yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati aktivitas di alam. Selain itu, area ini cocok untuk kegiatan piknik. 

Sumber: Wikipedia

Selain sebagai destinasi air terjun, Coban Rondo juga menyediakan tempat berkemah yang sesuai untuk keluarga atau kelompok. Selain itu, tersedia juga resort Coban Rondo dengan berbagai kegiatan menarik seperti outbound. Letaknya berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon. Jam operasional Coban Rondo adalah Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dan Sabtu hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

5. The Onsen Hot Spring Resort 

The Onsen Hot Spring Resort merupakan sebuah resor yang mengusung konsep tradisional Jepang dengan menampilkan otentisitas budaya tradisional negara tersebut. Menurut Septian Reca, Manajer Hubungan Masyarakat The Onsen Hot Spring Resort, resor ini merupakan satu-satunya resort berkonsep tradisional Jepang di wilayah Jawa Timur, bahkan mungkin di seluruh Indonesia.

Sumber: Booking

Konsep yang pengelola usung adalah tema tradisional Jepang yang mirip dengan yang ada di Kyoto. Jadi, pengunjung bisa mengatakan bahwa tempat ini adalah Little Kyoto. Secara tampilan, baik bangunan cottage maupun ryokan di tempat ini sama persis dengan yang ada di Jepang, baik dari segi interior maupun eksterior.

Para wisatawan memiliki kesempatan untuk menginap dan menikmati berbagai kegiatan wisata di resor ini. Aktivitas wisata yang kamu dapatkan sangat beragam, mulai dari berfoto hingga merasakan pengalaman berendam di onsen tradisional Jepang. The Onsen Hot Spring Resort berlokasi di Jalan Arumdalu nomor 98, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur, dan buka untuk wisatawan mulai pukul 10.00 hingga 21.00.

Baca Juga: Kawah Wurung: Harga Tiket, Lokasi, dan Kegiatan Menarik

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai 5 rekomendasi wisata di Songgoriti yang harus kamu kunjungi ketika liburan. Rekomendasi yang kami berikan memang beragam supaya dapat memberimu banyak referensi. Semoga penjelasan kali ini membantu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Wisata di Songgoriti yang Harus Kamu Kunjungi Ketika Libur

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]