1. Gunung
  2. Wisata Air
  3. Wisata Alam
  4. Wisata Buatan

Wisata Cangar: Lokasi, Rute, Tiket Masuk & Spot Fotonya

Dikenal sebagai Kota Wisata, Batu Malang memanglah memiliki sederet objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Identik dengan udara dinginnya, kamu tetap bisa menemukan tempat menghangatkan diri di sana. Salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah wisata Cangar Malang. 

Objek wisata Cangar Batu Malang merupakan objek wisata berupa pemandian air panas yang sangat terkenal di Batu Malang. Tempat wisata yang satu ini bisa kamu singgahi untuk sejenak melepas penat sekaligus menghangatkan badanmu. Untuk kenal lebih jauh dengan objek wisata ini, yuk simak beberapa ulasan mengenai wisata Cangar Malang berikut ini!

Wisata Cangar, Tempat Wisata Super Indah Di Atas Ketinggian Kota Malang

Objek wisata Cangar Batu Malang merupakan tempat wisata berupa pemandian air panas yang cukup terkenal di sekitar Batu Malang. Terletak di ketinggian 1000 mdpl di kaki Gunung Welirang, objek wisata ini memiliki daya tarik yang tak diragukan. Meski berselimut udara dingin Kota Batu Malang, hangatnya air yang ada di wisata Cangar Malang ini tetap bisa kamu rasakan. 

Pemandian Air Panas Cangar (sumber: @votelnirmalamalang on Instagram)
Pemandian Air Panas Cangar (sumber: @votelnirmalamalang on Instagram)

Sambil menikmati air hangat yang membasahi tubuhmu, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar objek wisata ini. Hal ini dikarenakan tempat wisata Cangar Malang dikelilingi oleh hutan serta pepohonan yang rimbun dan asri. Selain itu, hewan-hewan liar yang berasal dari sekitar hutan seperti monyet, akan turut menyapamu di tempat wisata Cangar Malang ini.

Lokasi dan Rute Wisata Cangar

Terletak sekitar 20 km dari Kota Batu, tempat wisata Cangar Batu ini berlokasi di Desa Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur. Adapun rute perjalanan menuju tempat wisata yang satu ini dapat kamu tempuh dari Pusat Kota Batu, menuju Jurang Kuali. Sesampaimu di kawasan Jurang Kuali, kamu dapat melanjutkan perjalananmu menuju Sumber Brantas. Selanjutnya, menujulah ke kawasan Cangar, dan tak lama kemudian kamu akan sampai di objek wisata Cangar Batu Malang.

Tiket Masuk Tempat Wisata Cangar Malang

Berwisata ke Pemandian Air Panas Cangar Malang ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata asyik dengan low budget. Bagaimana tidak, kamu bisa berwisata di tempat ini hanya dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saat weekdays, dan Rp 15.000 saat weekend. Murah banget, kan? Selain membayar biaya tiket masuk, Advonturers yang membawa kendaraan sendiri wajib membayar biaya parkir. Adapun biaya parkir yang dimaksud adalah Rp 3.000 untuk kendaraan roda 2, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 4. 

Waktu Operasional Wisata Cangar

Pemandian Cangar Malang (sumber: @l161an_trip on Instagram)
Pemandian Cangar Malang (sumber: @l161an_trip on Instagram)

Sudah tak sabar untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini? Kamu dapat mengunjungi tempat wisata Cangar Malang pada pukul 08.00-15.00. Namun, tempat wisata Cangar tidak buka setiap hari, dikarenakan kolam-kolam di sini akan dikuras setiap hari Jumat, guys. Jadi bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, kamu dapat memilih hari selain hari Jumat, ya!

Objek Wisata Cangar Batu Malang Terfavorit

Spot Wisata Sekitar Wisata Cangar (sumber: marikemalang on Instagram)
Spot Wisata Sekitar Wisata Cangar (sumber: marikemalang on Instagram)

Tak sabar untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang satu ini? Yuk, kenalan dulu dengan tujuh spot wisata yang bisa kamu jelajahi di sekitar tempat wisata Cangar Batu!

1. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas merupakan spot yang wajib banget kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa berendam di air panas sudah diisikan ke beberapa kolam yang ada. Berendam air panas dapat membuat tubuhmu rileks, terlebih bagi kamu yang penat setelah bekerja sepanjang hari. Sembari menikmati air panas yang membasahi tubuhmu, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan asri lingkungan sekitar pemandian air panas ini. Dikelilingi oleh hutan dan pepohonan rimbun, keindahan alam sekitar pun terasa makin bertambah.

2. Puncak Brakseng

Puncak Brakseng merupakan spot wisata yang terletak di sekitar pemandian air panas Cangar Malang. Puncak Brakseng yang terletak di ketinggian 1700 mdpl ini memiliki keindahan yang tiada duanya. Kamu bisa menyaksikan asrinya pemandangan dari atas sini. Perbukitan hijau yang tampak elok akan memanjakan matamu. Kamu tak akan dikenai biaya tiket masuk saat berkunjung ke Puncak Brakseng. Maka dari itu, sempatkanlah dirimu untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini!

3. Wahana Permainan

Selain menikmati air hangat yang merendam tubuhmu, banyak wahana permainan seru yang bisa kamu nikmati di sini. Keberadaan banyak wahana permainan ini akan menambah keseruanmu saat berwisata ke pemandian air panas Cangar ini. 

4. Taman Hortensia

Taman Hortensia merupakan salah satu spot wisata di sekitar Cangar Malang yang wajib kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa menyaksikan hamparan Bunga Hortensia yang berwarna-warni dan memanjakan matamu. Selain itu, kamu juga bisa mengambil banyak foto instagrammable di sini. Berfoto ditemani oleh hamparan kebun bunga yang cantik akan memberikan pengalaman berbeda untukmu. 

5. Jalur Trekking 

Selagi menuju ke pemandian air panas Cangar, jalur trekking menuju ke sana pun turut menjadi spot wisata pilihan masyarakat. Bagaimana tidak, sambil melakukan trekking, kamu akan melihat indahnya pemandangan dari atas sini. Pemandangan yang indah ini akan membuat lelahmu saat trekking menjadi terbayar. Melakukan trekking sambil menikmati keindahan di sini akan mengurangi rasa lelahmu, guys.

6. Goa Jepang

Di sekitar hutan yang berada di tempat wisata Cangar Malang, terdapat beberapa saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia saat melawan penjajah Jepang dahulu kala, yakni Goa Jepang. Goa Jepang ini dibangun pada tahun 1942-1945 silam. Wisatawan bisa menemukan goa-goa ini di sekitar hutan dekat pemandian air panas Cangar. Namun, kamu tak perlu takut karena goa-goa ini sudah tak dipakai lagi. Goa Jepang ini hanya sebagai peninggalan sejarah yang harus dijaga kelestariannya.

Spot Foto Yang Wajib Kamu Coba di Tempat Wisata Cangar

Spot Foto di Sekitar Wisata Cangar (sumber: @ayodolan.jatim on Instagram)
Spot Foto di Sekitar Wisata Cangar (sumber: @ayodolan.jatim on Instagram)

Suka berswafoto? Simak beberapa rekomendasi spot foto yang bisa kamu jelajahi saat berkunjung ke wisata Cangar Batu!

1. Jembatan Cangar

Rekomendasi spot foto sekitar tempat wisata Cangar adalah Jembatan Cangar. Jembatan Cangar mampu membuatmu menghasilkan foto estetik dan instagrammable. Sembari melintasi jembatannya, tak ada salahnya bila kamu sejenak menyiapkan kamera dan berpose di sana. Jembatan Cangar menjadi salah satu spot foto yang selalu menjadi favorit wisatawan, lho. 

2. Area Pabrik Jamur Cangar

Area Pabrik Jamur Cangar dahulunya memanglah sebuah pabrik pembudidayaan jamur. Namun, pabrik ini berhenti beroperasi pada tahun 2010 dikarenakan memiliki masalah finansial. Meski begitu, bekas tempat pabrik jamur ini masih terlihat estetik, sehingga dijadikan spot foto oleh wisatawan. Selain itu, pemandangan di sekitar area pabrik jamur ini juga menambah nilai estetika dari area pabrik jamur itu sendiri.

3. Wilayah Perkebunan

Di sekitar objek wisata Cangar Malang, terdapat sebuah wilayah perkebunan yang tak kalah menarik untuk kamu jadikan spot foto. Dari wilayah perkebunan ini, spot foto yang paling terkenal adalah wilayah kebun sayur mayur milik wara yang estetik. Berswafoto ria ditemani hasil kebun warga yang sudah mulai bermunculan di tanah tentu akan menghasilkan sebuah foto yang sangat instagrammable bagimu. Kamu tak akan dikenai biaya tiket masuk saat berfoto di wilayah perkebunan ini, namun kamu akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 saja!

4. Kolam Air Hangat

Selagi menikmati hangatnya air yang perlahan membuat tubuhmu rileks, tak ada salahnya untuk mengabadikan beberapa momen wisatamu di sini. Terlebih, jika kamu mengunjungi objek wisata Cangar bersama orang-orang tersayang, mengabadikan foto beramai-ramai akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Berlatar belakang kolam air hangat beserta pemandangan alam yang ada, tentu kamu akan menghasilkan sebuah foto yang instagrammable banget, guys!

5. Padang Ilalang

Siapa sangka bahwa padang ilalang turut menjadi spot foto estetik yang digandrungi wisatawan. Padang ilalang ini justru diburu oleh wisatawan untuk dijadikan spot foto. Berlatar belakang rumput ilalang serta pemandangan alam yang ciamik akan membuatmu menghasilkan foto instagrammable yang estetik. Jika kamu akan berkunjung ke pemandian air panas Cangar, jangan lupa untuk sempatkan diri berfoto instagenic di kawasan padang ilalang ini, ya!

6. Jalan Menuju Wisata Cangar

Sepanjang jalan menuju tempat wisata Cangar merupakan spot foto yang instagrammable. Kamu akan disuguhi banyak pemandangan alam cantik yang sayang untuk kamu lewatkan. Sembari menuju ke pemandian air panas Cangar, kamu dapat sejenak mampir ke spot-spot foto yang terdapat di sepanjang jalan menuju pemandian air panas Cangar. 

7. Perbukitan di Sekitar Cangar

Perbukitan Gunung Welirang terdapat di sekitar pemandian air panas Cangar. Selagi berkunjung ke pemandian air panasnya, kamu juga wajib menyempatkan diri untuk berkunjung ke perbukitan yang ada di sekitar objek wisata Cangar Batu. Meskipun hanya sekedar menjadi spot foto, sejenak menghirup udara segar yang ada di kawasan perbukitan ini sangat worth it untuk melepas penatmu. 

Baca juga: Pemandian Air Panas Gunung Pancar – Tiket Masuk, Rute, & Fasilitas

Setelah membaca beberapa informasi mengenai objek wisata Cangar Batu Malang di atas, sudahkah kamu tertarik untuk berkunjung ke sini? Jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, jangan lupa untuk mengajak orang-orang tersayang supaya wisatamu di sini semakin seru. Selain itu, jangan lupa rekomendasikan tempat wisata ini ke teman-teman atau keluargamu yang lain, supaya semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Wisata Cangar: Lokasi, Rute, Tiket Masuk & Spot Fotonya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]