Wisata Bromo – Tempat Idaman Menikmati Sunrise

Bromo
Photo by travel.detik.com
Daftar isi

Bagi para pecinta gunung atau para pendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Bromo. Wisata Bromo merupakan salah satu pilihan wisata yang digemari dan menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Wisata Bromo memang sangat terkenal bahkan hingga mancanegara, keelokan dan keunikan Gunung Bromo berhasil menarik perhatian dan minat wisatawan untuk mengunjungi Bromo. Wisata yang berada di Jawa Timur ini selalu ramai pengunjung setiap harinya.

Bagi kalian yang belum pernah pergi ke Bromo, kalian bisa datang langsung bersama keluarga atau teman-teman untuk menikmati keindahan tiada tara di gunung ini. Kali ini advontura akan mengulas mengenai tempat wisata bromo yang menyimpan sejuta keindahan yang mempesona.

Wisata Bromo

Wisata Bromo merupakan sebuah wisata gunung yang masih aktif yang dijadikan pemerintah sekitar sebagai tempat wisata yang dapat dinikmati oleh semua orang. Selain keindahannya yang begitu mempesona gunung ini juga banyak dijadikan para pendaki sebagai spot pendakian. Maka tak heran Gunung Bromo dijuluki juga sebagai surganya para pendaki.

Secara administrasi Gunung Bromo terletak diantara Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan juga Kabupaten Probolinggo. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS dengan luas 50.276,3 hektar ini telah resmi ditetapkan pada tahun 1982 tahun silam.

Artikel Terkait

Wisata Bromo membentang sangat luas dari barat hingga timur sekitar 20 hingga 30 km dan juga membentang luas di bagian utara hingga selatan sekitar 40 km.  Bisa dibayangkan bukan betapa luasnya daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang masuk pada jajaran pegunungan tengger.

Komplek pegunungan tengger ini sendiri memiliki hamparan laut pasir atau yang sering disebut laut pasir dengan keberadaan beberapa gunung di tengahnya seperti: Gunung Batok,Gunung Widodaren,Gunung Bromo,Gunung Watangan dan juga Gunung Kursi.

Selain itu di sekitar kawasan kaldera tengger ini juga terdapat beberapa keberadaan gunung. Banyak wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara yang datang ke tempat Wisata bromo untuk menikmati keindahan alamnya yang sangat luar biasa.

Gunung Bromo juga dikatakan menjadi wisata yang memiliki pemandangan paling indah yang ada di Jawa Timur, hal ini bisa dilihat dari kemegahan pemandangan Gunung Semeru, Gunung Batok dan juga Gunung Tengger yang begitu mempesona yang bisa dilihat dan dinikmati para pengunjung dalam satu kawasan.

Wisata Bromo ini juga dikenal akan hamparan pasir yang begitu luas dengan dikelilingi perbukitan hijau serta pepohonan hijau yang berada di sekeliling kawasan wisata.

Gunung Bromo memiliki tinggi sekitar 2.392 diatas permukaan laut ini menjadikan kawasan wisata bromo ini memiliki suhu yang dingin dan sejuk. Suhu di kawasan wisata ini bisa mencapai suhu hingga 3 – 5 derajat celcius.

Untuk itu para wisatawan diimbau untuk mempersiapkan segala hal sebelum berwisata di kawasan wisata bromo ini. Para pengunjung juga diharapkan memakai baju yang tebal serta memakai sarung tangan sebagai alat penghangat  tubuh.

Hawa sekitar kawasan ini juga dingin dan sejuk, namun hal ini tidak menjadi penghambat para wisatawan untuk menikmati keindahan bromo yang tiada tara. Banyak wisatawan yang datang untuk mencari spot terindah untuk melihat sunrise, bromo dikenal memiliki spot sunrise terindah.

Untuk para wisatawan yang berminat dan tertarik menyaksikan langsung sunrise dapat melakukan perjalanan menuju bromo di malam hari. Banyak juga dari wisatawan yang melakukan perjalanan pada malam hari agar dapat sampai di kawasan gunung bromo sebelum pukul 4 pagi.

Hal ini dikarenakan sunrise akan terlihat begitu sempurna sebelum jam 5 pagi, jadi wisatawan berbondong-bondong datang ke spot-spot sunrise sebelum matahari terbit. Menurut wisatawan, melihat sunrise di bromo merupakan suatu hal yang indah dan menjadikan pengalaman yang mengesankan.

Tempat Wisata Bromo

Selain menikmati keindahan Gunung Bromo, wisatawan juga bisa menikmati beberapa tempat wisata Bromo yang tak kalah indah dan menarik diantaranya:

Pananjakan 1 Gunung Bromo

Pananjakan 1 merupakan sebuah tempat strategis untuk melihat sunrise , untuk dapat menuju ke lokasi ini para wisatawan diharapkan untuk berhati-hati karena terdapat jurang yang mengerikan di dekat kawasan ini. Selain itu rutenya juga sangat menanjak dan jalannya berliku.

Wisatawan dapat menyewa jeep untuk bisa sampai ke tempat ini. Pananjakan 1 berada diatas ketinggian 2770 diatas permukaan laut.

Spot ini banyak dijadikan sebagai spot untuk melihat sunrise terindah di bromo, selain itu banyak juga pengunjung yang berfoto atau berselfie dengan latar belakang pegunungan yang begitu cantik.

Pananjakan 1 juga masuk kedalam 3 kategori internasional destinasi dunia yang menyajikan tempat untuk melihat sunrise terindah, sangat menyenangkan sekaligus membanggakan bukan. 

Bagi kalian yang penasaran seindah apa spot sunset ini, kalian bisa datang langsung dan menyaksikan sendiri indahnya sunset di tempat wisata bromo ini.

Kawah Gunung Bromo

Kawah gunung bromo merupakan salah satu daya tarik yang membuat wisata ini selalu ramai dikunjungi. Tak lengkap rasanya apabila ke bromo namun tidak melihat secara langsung kawah gunungnya.

Kawah gunung ini juga masih aktif, namun untuk melihat kawah ini pengunjung juga dihimbau untuk tidak melewati batas aman yang telah ditentukan.

Kawah ini juga memiliki bau belerang yang sangat kuat, untuk itu bagi wisatawan bisa memakai masker untuk menghindari bau belerang yang sangat pekat.

Bukit Cinta

Love Hill merupakan tempat wisata yang baru di kawasan bromo. Bukit cinta juga dijuluki sebagai view point golden sunrise bromo yang juga tidak kalah seru dan menarik dari spot berburu sunrise lainnya.

Di tempat ini kalian juga bisa berfoto dan mengabadikan momen sunrise yang tak kalah indah dengan latar belakang gagahnya 3 gunung yang berjejer yaitu gunung batok,gunung bromo dan juga gunung semeru. 

Bukit Teletubies

Wisata Bromo yang satu ini juga dapat kalian jumpai saat berada di bromo yaitu bukit teletubies. Pemandangan indah bukit serta hamparan savana yang ada dikaki bukit membuat bukit ini seperti bukit indah yang ada dalam film teletubies di televisi.

Bukit ini juga dijadikan banyak fotografer sebagai spot foto yang indah, bukit ini juga menjadi salah satu tempat wisata bromo yang banyak digemari para wisatawan.

Bukit ini juga dijadikan spot prewedding para calon pengantin dikarenakan bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik dengan pemandangan bukit hijau,pepohonan dan hamparan savana yang sangat luas.

Pasir Berbisik

Hamparan lautan pasir yang luas yang ada di kawasan TNBTS ini dikenal dengan pasir berbisik bromo. Mengapa dijuluki dengan nama tersebut?

Hal ini dikarenakan kawasan pasir berbisik ini  anginnya berhembus dengan cukup kencang yang membuat pasir-pasir di kawasan ini berterbangan.  Gesekan pasir-pasir yang tertiup angin tersebut menimbulkan suara desisan seperti suara bisikan.

Lautan pasir ini terbentuk karena adanya letusan kecil dari 2 gunung yang letaknya saling berhimpitan,hal ini membuat material vulkanik terlempar keluar dan membentuk sebuah lembah dengan ukuran yang cukup besar dan juga kaldera.

Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten merupakan tempat persembahyangan masyarakat tengger yang beragama hindu.Masyoritas masyarakat suku tengger masih menjunjung tinggi budaya dan sangat menjaga adat istiadat serta kesucian kawasan bromo.

Pura ini dibangun pada tahun 2000 dan memiliki 3 bagian di dalamnya yaitu tempat pelaksanaan sembahyang (Mandala utama),tempat pemujaan (padma),tempat persiapan untuk upacara sembahyang (mandala madya tengah) dan juga tempat peralihan luar menuju bagian dalam pura (Mandala Nista depan). Arsitektur bangunan pura ini juga masih sangat kental dengan nuansa hindu.     

Bromo Milky Way

Bromo milky way merupakan tempat yang cocok bagi kalian yang suka melihat pemandangan yang berhubungan dengan astronomi.

Tempat ini cocok dikunjungi pada malam hari, karena di malam hari kalian akan melihat indahnya bintang-bintang. Di malam hari pemandangan ini begitu memukau mata, keindahan alam ini sangat istimewa untuk kalian coba. 

Padang Savana

Selain padang pasir yang cukup luas, padang savana juga menarik perhatian para wisatawan. Kalian akan disuguhkan dengan hamparan rumput yang sangat luas.

Kalian pasti akan merasa betah untuk berlama-lama di padang savana ini, terlebih dengan memandang hamparan savana berwarna hijau yang ada di depan mata.

Baca juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

Harga Paket Wisata Bromo

Wisata di Bromo
Wisata di Bromo (Photo by bisnis.tempo.co)

Bagi para wisatawan yang ingin pergi ke bromo ada banyak harga paket wisata bromo yang ditawarkan. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan budget yang kalian miliki.

Untuk harga paket wisata bromo dari malang dengan trip bromo sunrise 2 orang dipatok dengan harga sekitar Rp 595.000 dan untuk 1 orang sebesar Rp 297.500.Harga paket open trip bromo sunrise dari surabaya wisatawan harus membayar Rp 505.000/orang.

Ada juga harga paket wisata bromo premium penjemputan malang/surabaya paket 4 orang dengan harga Rp 695.000/orang ,paket 3 orang seharga Rp 895.000/orang dan juga paket 2 orang seharga Rp 1.270.000/orang.

Mengapa harga setiap paket wisata berbeda beda karena itu semua juga termasuk akan fasilitas apa saja yang akan kalian terima serta objek wisata mana saja yang akan dituju selama di bromo.

Baca juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *