10 Objek Wisata Brastagi Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Brastagi (sumber - @elviandriani_12 on Instagram)
Tempat Wisata Brastagi (sumber - @elviandriani_12 on Instagram)
Coba jalan-jalan ke 10 tempat wisata Brastagi Medan ini, dijamin bagus dan kekinian. Yuk, simak selengkapnya hanya di Advontura!
Daftar isi

Brastagi namanya, daerah dari Kabupaten Karo yang berjarak sekitar 66 kilometer dari kota Medan yang dikenal sebagai “Puncak” versi orang Medan. Bagi Advonturers yang tinggal di Medan dan sekitarnya, pasti sudah familiar dengan kota ini, bukan? Penasaran apa saja tempat wisata Brastagi apa saja yang harus dikunjungi? Simak artikel berikut ini ya!

1. Wisata Religi di Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini (Sumber: @hannyyfh_ on Instagram)
Taman Alam Lumbini (Sumber: @hannyyfh_ on Instagram)

Wisata Brastagi Taman Alam Lumbini bisa dijumpai di Desa Tongkoh, Dolat Rayat, Brastagi. Begitu kalian menginjakkan kaki di sini, sebuah pagoda emas yang tinggi langsung mencuri perhatian. Ternyata, pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedagon yang ada di Myanmar, loh. Memiliki tinggi sekitar 46 meter, membuatnya tercatat sebagai stupa tertinggi di Indonesia dan nomor dua di Asia Tenggara.

Seperti Advonturers tahu, pagoda ini merupakan tempat ibadah umat Budha. Ketika sedang tidak dipakai beribadah, kamu boleh masuk ke dalam bangunan untuk mengamati lebih dekat detail arsitekturnya sambil menikmati keindahan taman yang tertata apik.

2. Mencoba Berbagai Wahana di Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday (Sumber: @geheraida on Instagram)
Funland Mikie Holiday (Sumber: @geheraida on Instagram)

Wisata Brastagi berupa taman hiburan satu ini merupakan salah satu theme park yang megah dan sangat hits di Sumatera Utara, tidak hanya di kalangan warga sekitar Berastagi saja. Ada banyak wahana seru yang bisa Advonturers nikmati disini.

Kalian bisa mencoba wahana yang terkenal seperti Bon Voyage, Butterfly, Dino Tracker, Flying Fish, Fly Up, dan masih banyak lagi. Jadi, tempat wisata di Brastagi Medan satu ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat liburan keluarga.

Artikel Terkait

3. Piknik di Hotel Bukit Kubu

Bukit Kubu (Sumber: @buna_keekan on Instagram)
Bukit Kubu (Sumber: @buna_keekan on Instagram)

Kalau Advonturers mencari tempat wisata Brastagi yang asri, kamu bisa coba ke Bukit Kubu. Di sini, terbentang bukit landai yang ditumbuhi rumput hijau seluas 5 hektar. Dijamin, bikin segar dan bisa healing! Kamu bisa bermain bersama keluarga sepuasnya sambil duduk di hamparan rumput bukit yang indah ini.

Advonturers juga bisa naik kuda berkeliling tempat wisata, loh. Mengingat ada di dataran tinggi, banyak juga wisatawan yang bermain layangan. Bukit Kubu yang indah ini pasti memanjakan mata, jadi tepat untuk destinasi piknik keluarga. 

4. Minum Susu Sapi Segar di Gundaling Farm Brastagi

Gundaling Farm Brastagi (Sumber: @heru_cok on Instagram)
Gundaling Farm Brastagi (Sumber: @heru_cok on Instagram)

Kalau Puncak punya Cimory, wisata Brastagi juga punya Gundaling Farm, dong. Ya, jika Advonturers penyuka susu sapi segar bisa mampir ke tempat wisata satu ini. Gundaling Farm Brastagi menawarkan wisata peternakan sapi perah, kalian bisa melihat bagaimana proses pemerahan susu sapi, pengemasan, hingga menikmati segarnya susu segar.

Gundaling Farm adalah satu-satunya usaha peternakan sapi modern yang di Sumatera Utara. Dikelola oleh PT Putra Indo Mandiri Sejahtera, spesies sapi perah di sini diimpor langsung dari Australia, sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Nggak hanya susu segar, tersedia juga olahan susu lain seperti es krim dan yogurt aneka rasa yang tanpa bahan pengawet. Cocok nih untuk bekal di perjalanan dan oleh-oleh keluarga Advonturers!

5. Indahnya Pemandangan Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap (Sumber: @aprizalp on Instagram)
Air Terjun Sikulikap (Sumber: @aprizalp on Instagram)

Satu lagi destinasi wisata Brastagi yang bisa kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Sikulikap. Untuk menuju ke lokasi, Advonturers perlu untuk melakukan trekking selama 15 menit dari pintu masuk. Tenang saja, jalurnya sudah dibangun rapi jadi kamu bisa berjalan dengan nyaman.

Sesampai di lokasi air terjun ini, Advonturers bisa menikmati indahnya air terjun Sikulikap yang dijamin eksotis. Banyak spot foto yang instagramable, juga loh! Selain itu, kalian juga bisa melakukan olahraga panjat tebing dan camping di sekitar air terjun. Seru, bukan?

6. Menikmati Sunset di Bukit Gundaling

Bukit Gundaling (Sumber: @robin_vins96 on Instagram)
Bukit Gundaling (Sumber: @robin_vins96 on Instagram)

Ingin foto berlatar pemandangan wisata Brastagi dari atas bukit? Nah, Bukit Gundaling bisa jadi pilihan yang tepat, Advonturers! Pemandangan yang asri dan udara yang sejuk bikin pikiran kalian jadi lebih segar.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa menyewa kuda yang ada untuk berkeliling bukit. Kalau ingin mendapatkan foto terbaik, kamu bisa datang saat sunrise atau sunset. Yakin deh, fotomu akan jadi makin kece! Biar nggak ketinggalan momennya, Advonturers juga bisa staycation di dekat Bukit Gundaling.

7. Shopping Sepuasnya di Pasar Buah Brastagi

Pasar Buah Brastagi (Sumber: @iqbalsiahaan on Instagram)
Pasar Buah Brastagi (Sumber: @iqbalsiahaan on Instagram)

Advonturers sebetulnya bisa menjumpai pedagang buah lokal hampir di seluruh tempat wisata. Tetapi, kalian akan merasakan sensasi berbeda ketika mampir ke pasar buah yang satu ini. Lokasi pasar buah juga dekat dan searah dengan Bukit Gundaling. 

Sesuai namanya, Advonturers akan disambut deretan pedagang yang menjajakan buah fresh. Nggak cuma itu, harga buah dan sayur di pasar ini juga ramah di kantong karena pedagang mengambil langsung petani lokal. Jadi wajar saja kalau harganya lebih murah daripada beli di kota Medan. Oiya, selain buah-buahan, kamu juga bisa bawa pulang sayur mayur, bibit bunga, aksesoris, dan camilan khas daerah.

8. Mengagumi Pesona Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar (Sumber: @dcky_dmra on Instagram)
Danau Lau Kawar (Sumber: @dcky_dmra on Instagram)

Danau Lau Kawar adalah danau eksotis yang ada di kaki Gunung Sinabung, tepatnya di Desa Kuta Gugung, Naman Teran. Advonturers butuh waktu sekitar 50 menit perjalanan dari pusat kota untuk tiba. Sesampainya di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru misalnya berenang, berkemah, memancing, fotografi, atau sekadar bermain air di tepi danau.

Danau Lau Kawar memang nggak seluas Danau Toba dan namanya kurang akrab di telinga Advonturers, bukan? Apalagi jika kamu berasal dari luar Sumatera Utara. Padahal, kamu bisa menemukan keunikan dan keasrian yang di danau ini. Adanya pepohonan rimbun yang mengelilingi danau membuat Danau Lau Kawar punya pesona tersendiri.

9. Berendam Pemandian Air Panas Pariban Raja Berneh

Pemandian Air Panas Pariban (Sumber: @vannyagusrian on Instagram)
Pemandian Air Panas Pariban (Sumber: @vannyagusrian on Instagram)

Wisata Brastagi selanjutnya ada di daerah Raja Berneh, yang banyak wisata pemandian air panasnya. Lokasi pemandian air panas di kaki Gunung Sibayak sehingga Advonturers bisa berendam sambil memandang pemandangan gunung yang sangat indah. 

Nah, salah satu area pemandian yang terkenal adalah Pemandian Air Panas Pariban. Di sini, kamu bisa memilih kolam dengan variasi suhu air belerang yang berbeda-beda. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari penginapan hingga kafe yang membuat tempat ini jadi destinasi wisata komplit.

10. Kebun Madu Efi yang Instagramable

Kebun Madu Efi (Sumber: @melli_handiyani on Instagram)
Kebun Madu Efi (Sumber: @melli_handiyani on Instagram)

Kebun madu satu ini adalah salah satu wisata Brastagi edukasi tentang budidaya madu, tanaman, dan peternakan. Di sini terdapat banyak sekali jenis tanaman, terutama bunga warna-warni yang bermekaran ketika musimnya.

Panorama kebun yang dimiliki memang sangat indah, didukung dengan properti yang instagramable, sehingga tempat ini semakin favorit untuk berfoto dan selfie. Tempat wisata ini juga menyediakan area camping dan peternakan kuda. Kebun Madu Efi sangat direkomendasikan sebagai tempat liburan yang dijamin cantik.

Baca juga: Wisata Asyik dengan Menikmati Eksotisme Air Terjun Sikulikap

Gimana, seru juga kan jalan-jalan ke wisata Brastagi? Jangan lupa bawa pakaian hangat ya Advonturers, supaya kamu nggak kedinginan selama berpetualang di sana. Ayo, ajak teman dan keluarga liburan ke wisata Brastagi sekarang juga!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *