10 Rekomendasi Tempat Wisata Boyolali Paling Populer

Daftar isi

Mempunyai wilayah seluas 1.015 km persegi, Kabupaten Boyolali di Jawa Tengah sering mendapatkan julukan New Zealand van Java karena mempunyai sektor produksi susu sapi paling besar seantero Jawa.

Di samping itu, Boyolali sendiri juga menyimpan aneka destinasi wisata yang pastinya tidak kalah menarik dari pesona alam Selandia Baru. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

1. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu (@dolanboyolali on Instagram)

Meskipun terbilang sebagai objek wisata Boyolali terbaru, Lembah Gunung Madu sukses menarik perhatian banyak wisatawan. Bertempat di kawasan perbukitan Kecamatan Simo, panorama alam yang ditawarkannya sangat memanjakan mata.

Lembah Gunung Madu merupakan destinasi yang tepat bagi kamu yang senang berfoto mengingat banyaknya latar belakang dan spot dengan panorama yang apik. Kamu sebaiknya berkunjung pada sore hari supaya dapat menyaksikan momen matahari terbenam yang indah sambil mencicipi aneka masakan khas Boyolali di sini.

2. New Selo

New Selo (@kotasala on Instagram)

Destinasi wisata Boyolali ini menjadi landmark yang paling mencolok di Kecamatan Selo yang berada pada batas kawasan hutan dengan lahan masyarakat di atas ketinggian. Akses jalan menuju New Selo memang lumayan menantang karena berupa jalan beraspal halus dengan kemiringan yang cukup terjal sehingga diperlukan perjuangan ekstra untuk dapat menempuhnya.

Artikel Terkait

Kamu dapat bebas berfoto ria dengan latar belakang Gunung Merapi yang menakjubkan di Merapi View Point. Bergeser ke utara, kemegahan Gunung Merbabu akan langsung menghipnotis mata dengan kecantikannya. Di samping itu, pengunjung juga berkesempatan untuk mengikuti ritual Nyadran ketika datang pada bulan Ruwah penanggalan Jawa.

3. Candi Lawang

Candi Lawang (@kiwmono_ on Instagram)

Meskipun bernama Lawang, bukan berarti tempat wisata Boyolali ini berada di Lawang, Jawa Timur, melainkan di Kecamatan Cepogo. Candi Lawang sejatinya merupakan  peninggalan dari kerajaan bercorak Hindu yaitu Mataram Kuno di Pulau Jawa pada abad ke-9.

Kompleks candi terdiri atas satu bangunan induk dan lima bangunan yang mengapit di sisi kiri dan kanan yang menghadap ke bangunan induk. Uniknya, kamu tidak akan menjumpai relief ataupun arca di sekeliling candi. Cuma ada sejumlah batuan berornamen yang tersebar dan belum tersusun di sekitarnya, di mana pondasi kaki dan atap sudah tidak begitu terlihat lagi.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang (@dailyhijabtraveller on Instagram)

Hampir setiap daerah mempunyai objek wisata air terjun, tidak terkecuali Boyolali. Salah satu yang paling populer adalah Air Terjun Kedung Kayang yang berada di antara Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dan Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Terapit oleh dua gunung yakni Gunung Merapi dan Merbabu, tempat wisata Boyolali ini menawarkan eksotisme luar biasa yang tampak dari pemandangan sekitarnya yang masih terjaga dan sangat alami. Hanya dengan menyiapkan uang Rp4.000, kamu sudah bisa menikmati segala keindahan tersebut.

5. Brown Canyon

Brown Canyon (@brown__canyon on Instagram)

Walaupun tidak sepopuler destinasi lain, ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk mampir ke Brown Canyon di Kecamatan Mojosongo. Wisata Boyolali satu ini dulunya merupakan area penambangan batuan yang seiring berjalannya waktu bertransformasi menjadi tempat wisata yang sekilas mirip dengan Green Canyon di Amerika.

Sewaktu kemari, jangan lupa untuk menyiapkan kamera terbaik supaya kamu bisa puas berfoto ria dan menangkap keindahan ngarai coklat di Brown Canyon. Untuk dapat masuk ke dalam, pengunjung mesti membayar tiket sebesar Rp3.000.

6. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo (@kedung_ombo on Instgram)

Destinasi wisata Boyolali berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Kedung Ombo di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Selain berfungsi untuk pengairan sawah, waduk ini juga mempunyai daya tarik tersendiri sebagai objek wisata.

Sederet fasilitas yang bisa kamu jumpai di sini, antara lain hutan wisata, area perkemahan, kolam pemancingan, hingga rumah makan terapung. Pengunjung dapat bermain air sekaligus menikmati kuliner di sekitar waduk yang didominasi makanan berbahan dasar ikan segar yang pastinya sangat menggugah selera.

7. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih (@wisataboyolali on Instagram)

Buat kamu yang ingin mencari suasana tenang dan sejuk, mampirlah ke Bukit Kinasih di Kecamatan Selo. Lokasi wisata Boyolali ini berada tepat di lereng gunung yang dikelilingi oleh hamparan lahan sayuran beserta pepohonan hijau yang rindang.

Perjalanan menuju puncaknya memang akan menguras tenaga dengan trek naik turun sampai jalan setapak. Akan tetapi, semuanya akan terbayar tuntas saat kamu tiba di atas dan berhasil menyaksikan panorama alam yang memanjakan mata. Selain itu, terdapat sejumlah spot foto menarik, seperti kayu berbentuk love sekaligus rumah pohon. Hanya dengan tiket seharga Rp2.000, kamu sudah bisa menjajal keseluruhannya.

8. Umbul Pengging

Umbul Pengging (@umbulpengging on Instagram)

Advonturers, tahukah kamu bahwa tempat ini dulunya merupakan pemandian milik Kasunanan Surakarta Hadiningrat? Tidak jauh dari lokasi kolam (umbul), terdapat juga Pesanggrahan Ngeksipurna yang menurut warga setempat merupakan tempat peristirahatan para keluarga kerajaan.

Saking kentalnya unsur historis dalam kawasan ini, pemerintah setempat lantas mengubahnya menjadi sebuah destinasi wisata Boyolali. Banyak wisatawan yang datang untuk ‘membersihkan’ diri, terutama menjelang bulan. Konon katana, mata air di tempat ini lebih bersih daripada sumber lainnya, lho. 

9. Bukit Gancik

Bukit Gancik (@ayodolan on Instagram)

Berada di dekat lereng Gunung Merapi, persisnya di Kecamatan Selo, Bukit Gancik merupakan salah satu tempat wisata Boyolali yang menawarkan pemandangan alam dataran tinggi yang apik.

Tidak cuma sekadar memanjakan mata dan menghirup udara yang segar, kamu dapat berfoto dengan latar belakang lanskap cantik dengan warna hijau yang asri. Harga tiket masuknya pun terbilang murah yakni Rp5.000 per orang.

10. Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar (@umbultlatar on Instagram)

Wisata Boyolali terakhir berjarak 4 km dari pusat kota tepatnya di Dusun Kebonbimo, Kecamatan Boyolali. Taman Air Tlatar namanya, yang sangat cocok menjadi pilihan destinasi keluarga, apalagi bersama anak-anak.

Pengunjung bisa menikmati beragam hidangan kuliner yang lezat sembari bermain air di sini. Terdapat juga sejumlah fasilitas lainnya, seperti area pemancingan, lapangan woodball, kolam renang anak dan dewasa, sampai kolam terapi ikan. Cukup dengan membayar uang tiket sebesar Rp10.000, kamu sudah bisa merasakan semua keseruan itu.

Demikianlah 10 rekomendasi tempat wisata Boyolali terpopuler yang cocok menjadi referensi liburanmu. Dengan sederet opsi destinasi wisata, tidak mengherankan kalau kawasan kabupaten ini menjadi pilihan favorit untuk berekreasi!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *