20 Tempat Wisata Batu Malang Terhits, Jam Buka, & HTM [UPDATE 2021]

Flora Wisata San Terra (sumber: @iva_amora on Instagram)
Flora Wisata San Terra (sumber: @iva_amora on Instagram)
Daftar isi

Berdampingan dengan Kota Malang, Batu menjadi salah satu kota wisata favorit masyarakat Indonesia. Kota Batu Malang yang terkenal dengan apelnya ini memiliki banyak spot wisata menarik. Ragam fasilitas wisata yang dimiliki oleh Kota Batu membuatnya dijuluki sebagai Kota Wisata Batu. 

Suhu Kota Batu yang terkenal dingin pun terasa tak menghalangi siapapun untuk berwisata di sana. Sudah kenalkah kamu dengan Kota Wisata Batu Malang ini? Jika belum, kamu perlu menambahkan wisata Kota Batu sebagai wishlist liburan kamu. Supaya kamu semakin tertarik untuk berwisata ke sana, yuk simak 20 rekomendasi tempat wisata Batu Malang berikut ini!

Sekilas tentang Kota Batu Malang, Kawasan Agrowisata Terluas Indonesia

Kota Batu merupakan sebuah daerah di Provinsi Jawa Timur, yang memiliki luas sekitar 199,1 km. Terletak 15 km sebelah barat laut Kota Malang, dan berada di ketinggian 935 m, membuat Kota Batu memiliki udara yang sangat sejuk. Dahulunya, Kota Batu dikenal sebagai pusat wisata orang-orang Belanda pada abad ke-19. Saat itu, Kota Batu dikenal dengan sebutan “De Klein Switzerland”, yang berarti “Swiss Kecil di Pulau Jawa”. Maka tak heran bila Kota Batu dijuluki sebagai Kota Wisata. 

Selain itu, Kota Apel merupakan sebuah julukan yang juga melekat pada Kota Batu Malang. Hal ini tentu dikarenakan Kota Wisata Batu Malang merupakan salah satu produsen buah apel terbesar di Indonesia. Bahkan, petik buah apel pun menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan bagi keluarga. Tak heran bila Kota Batu disebut-sebut sebagai kawasan agrowisata terluas di Indonesia.

Artikel Terkait

Rute Menuju Kota Wisata Batu

Mengunjungi banyak tempat wisata Batu Malang menjadi opsi yang bagus untukmu saat liburan nanti. Sebelum kamu benar-benar mengunjungi Kota Wisata Batu Malang, sudahkah kamu tahu rute perjalanan menuju ke sana? Jangan khawatir! Berikut ini Advontura beri tahu rute perjalanan yang recommended untukmu. Simak baik-baik, ya!

1. Rute ke Kota Wisata Batu dari Surabaya

Bagi Advonturers yang berangkat dari Kota Surabaya, kamu dapat mengawali perjalananmu dengan melewati Tol Surabaya-Gempol. Lanjutkan perjalananmu melewati Tol Gempol-Pandaan, kemudian masuk ke daerah Singosari. Kemudian, bergeraklah menuju Malang, dan setelah itu kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju kota batu. Bila sudah sampai di Kota Batu, akses menuju tempat wisata Batu Malang akan semakin mudah!

2. Rute ke Kota Wisata Batu dari Jakarta

Bila berangkat dari Jakarta, kamu dapat mengawali perjalananmu melalui Tol Jakarta-Cikampek, kemudian Tol Cikopo-Palimanan. Lanjutkan perjalananmu hingga sampai di Tol Kanci-Pejagan, kemudian exit Brebes Timur. Kemudian lewatilah Solo dan Sragen, hingga kamu memasuki wilayah Jawa Timur, yakni Ngawi. Dari Ngawi, kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju Batu. Sesampaimu di Batu, akses menuju tempat wisata Batu Malang akan semakin mudah.

3. Rute ke Kota Wisata Batu dari Luar Jawa

Bagi kamu yang berasal dari Luar Jawa, kamu dapat menggunakan pesawat terbang. Semisal kamu dari Bali, kamu dapat berangkat dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Abdul Rahman Saleh Malang. Sesampaimu di Malang, kamu dapat menaiki taksi atau angkutan umum lainnya untuk sampai di Batu. Sesampaimu di Batu, kamu dapat menggunakan angkutan kota untuk berkeliling mencari tempat wisata Batu Malang yang ingin kamu kunjungi.

Jumlah Dana yang Harus Disiapkan untuk Berwisata ke Kota Batu Malang

Saat berwisata, tentu memerlukan dana yang memadai untuk menunjang kegiatan berwisata kita. Sebelum berangkat menuju tempat wisata, alangkah baiknya jika kamu lakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu, guys. Lalu, dana apa saja dan berapa nominal dana yang kita butuhkan untuk berlibur ke sejumlah tempat wisata Batu Malang? Berikut ini gambaran mengenai dana yang perlu kamu siapkan.

1. Dana Penginapan

Saat liburan, tentu kamu memerlukan tempat istirahat yang nyaman untukmu. Advonturers dapat menemukan banyak hotel berbintang dengan harga mulai dari Rp 300.000 saja di sekitar Kota Batu Malang. Jika kamu ingin lebih hemat, kamu juga bisa menemukan banyak penginapan ala backpacker dengan harga mulai dari Rp 100.000 an saja! Murah banget, kan? Yang terpenting, utamakan kenyamanan beristirahat di tengah kegiatan wisatamu, ya!

2. Dana Konsumsi

Di Kota Batu, kamu bisa menemukan banyak spot kuliner menarik. Banyak restoran yang menjajakan makanan enak di sini. Namun, tak ada salahnya untuk lebih hemat, kan? Kamu bisa coba kulineran di warung-warung pinggir jalan sekitar Kota Batu. Biasanya, warung-warung di pinggiran sini menyediakan aneka makanan dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 15.000 saja. 

3. Dana Transportasi

Dana transportasi sangatlah penting, karena sepertinya tak mungkin jika kamu menuju ke tempat wisata dengan berjalan kaki saja. Kecuali jika rumahmu benar-benar dekat, sih, hehe. Nominal dari dana transportasi sendiri sebenarnya tergantung dari mana kamu memulai perjalanan. Semisal kamu berasal dari Jakarta, maka besarnya dana transportasimu tentu berbeda dengan wisatawan yang berasal dari Surabaya. Namun, jika kamu menuju Kota Batu dengan kendaraan umum, maka kamu bisa carter mobil untuk bekeliling ke tempat wisata Batu Malang. Biaya carter mobil di sekitar Kota Batu pun cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 300.000 saja!

4. Dana Wisata

Tujuanmu ke Kota Batu adalah untuk berwisata. Maka, tak mungkin bila kamu tak mengunjungi sejumlah tempat wisata Kota Batu. Harga tiket masuk di tempat wisata Batu Malang pun bervariasi, mulai dari yang gratis, hingga cukup mahal. Contohnya, jika kamu ingin berkunjung ke Batu Secret Zoo, maka harga tiket yang perlu kamu bayar adalah sekitar Rp 110.000. Jika kamu ingin ke tempat wisata yang gratis untuk sekadar melepas penat, kamu bisa main-main santai di Alun-Alun Kota Batu, guys.

20 Tempat Wisata Batu Malang Terbaik, Jam Buka, dan Harga Tiket [UPDATE 2021]

Apa saja, sih, tempat wisata Batu Malang? Supaya kamu makin penasaran, scroll sampai habis!

1. Jatim Park 1

Jatim Park 1 (sumber: @aynikesasmita on Instagram)
Jatim Park 1 (sumber: @aynikesasmita on Instagram)

Jatim Park 1 merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang yang terdengar tak asing bagi kita. Tempat wisata yang sudah lama berada di Kota Wisata Batu ini pun masih eksis hingga kini. Aneka wahana permainan dan wisata edukatif dapat kamu nikmati di sini. Bagi Advonturers yang tertarik, kamu bisa mengunjungi Jatim Park 1 ini di Jl. Dewi Sartika Atas, Kota Batu, pada jam 08.30-16.30. Harga tiket masuk tempat wisata Kota Batu yang satu ini pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 80.000 saja!

2. Batu Secret Zoo 

Batu Secret Zoo (sumber: @hendrygunawanwijaya on Instagram)
Batu Secret Zoo (sumber: @hendrygunawanwijaya on Instagram)

Tempat wisata Batu Malang yang satu ini juga akrab disebut sebagai Jatim Park 2. Kamu bisa menemukan banyak spesies hewan di sini, sehingga Batu Secret Zoo mampu menjadi sarana wisata edukatif yang menyenangkan untuk dikunjungi. Kamu dapat mengunjungi objek wisata Kota Batu yang satu ini di Jl. Jatim Park II, Temas, Kota Batu, pada pukul 08.30-16.30. Harga tiket masuk Batu Secret Zoo sendiri adalah sekitar Rp 110.000 saja, guys.

3. Dino Land Jatim Park 3

Dino Land Jatim Park 3 (sumber: @anggraininurinaparamita on Instagram)
Dino Land Jatim Park 3 (sumber: @anggraininurinaparamita on Instagram)

Dino Land Jatim Park 3 merupakan salah satu tempat wisata Batu terbaru. Jatim Park 3 mengusung tema Dinosaurus, yang bisa menjadi wisata edukatif menyenangkan bagi keluarga. Kamu akan mengetahui banyak informasi mengenai spesies Dinosaurus di sini. Seru banget, kan? Maka dari itu, segeralah kunjungi tempat wisata Batu Malang yang satu ini di Jl. Ir. Soekarno no. 144, Batu, pada pukul 11.00-20.00. Harga tiket masuk Dino Land Jatim Park 3 sendiri ialah sebesar Rp 75.000 saja!

4. Coban Rondo

Coban Rondo (sumber: @_nggun_anggun on Instagram)
Coban Rondo (sumber: @_nggun_anggun on Instagram)

Coban Rondo merupakan salah satu objek wisata Batu Malang berupa air terjun yang sangat terkenal. Selain menawarkan eksotisme air terjun, aneka wahana outbound juga dapat kamu nikmati di sini, guys. Tempat wisata Kota Batu satu ini tentu memiliki udara yang sejuk, seperti cuaca Kota Batu biasanya. Kamu dapat mengunjungi Coban Rondo ini di kawasan Pujon, Kota Batu, pada pukul 07.30-17.00. Adapun harga tiket masuk yang dipatok di Coban Rondo, ialah sebesar Rp 35.000 saja.

5. Taman Selecta

Taman Selecta (sumber: @vinkhaaa on Instagram)
Taman Selecta (sumber: @vinkhaaa on Instagram)

Taman Selecta merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang yang sangat terkenal. Bagaimana tidak, tempat wisata berupa taman bunga yang cantik ini disebut-sebut telah ada sejak zaman Belanda. Selain menawarkan keindahan taman bunga yang cantik, wahana seru seperti flying fox dan kereta gantung pun bisa kamu nikmati. Untuk bisa berkunjung ke Taman Selecta, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 40.000. Taman Selecta ini dapat kamu kunjungi di Jl. Raya Selecta no. 1, Batu, pada pukul 08.00-16.00.

6. Coban Rais

Coban Rais (sumber: @shintatheresiaf on Instagram)
Coban Rais (sumber: @shintatheresiaf on Instagram)

Coban Rais merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang murah, yang cocok untuk kamu para pecinta alam dan ingin berwisata dengan budget terbatas. Hal ini dikarenakan harga tiket masuk Coban Rais sangatlah murah, yakni Rp 10.000 saja. Objek wisata berupa air terjun ini merupakan salah satu wisata Batu Malang yang terkenal. Air terjun setinggi 20 meter ini memikat siapapun yang berkunjung ke sana. Selain air terjun, kamu dapat menemukan banyak spot foto instagrammable di sini. Kamu pun dapat mengunjungi Coban Rais di kawasan Oro Oro Ombo, Batu, pada pukul 07.00-15.00.

7. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu (sumber: @visiteastjava on Instagram)
Alun-Alun Kota Batu (sumber: @visiteastjava on Instagram)

Satu lagi tempat wisata Batu Malang murah meriah, yakni Alun-Alun Kota Batu. Berkunjung ke Alun-Alun Kota Batu sangat cocok bagi kamu yang sekadar ingin melepas penat. Banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi di sini. Selain tak ada harga tiket alias gratis, tak ada ketentuan waktu untuk mengunjungi Alun-Alun Kota Batu ini.

8. Museum Angkut

Museum Angkut (sumber: @ikafitrianasari on Instagram)
Museum Angkut (sumber: @ikafitrianasari on Instagram)

Museum Angkut merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang paling keren di Indonesia. Di sini, kamu bisa melihat berbagai koleksi kendaraan klasik yang ada. Berkunjung ke Museum Angkut sangat cocok bila bersama keluarga, khususnya anak-anak. Adapun harga tiket masuk tempat wisata yang satu ini, yaitu Rp 80.000 saja. Advonturers dapat mengunjungi Museum Angkut yang berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung no. 2, Batu, pada pukul 11.00-19.00.

9. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular (sumber: @infomalangraya on Instagram
Batu Night Spectacular (sumber: @infomalangraya on Instagram

BNS sendiri menawarkan konsep berwisata menyenangkan di malam hari. Sambil menikmati sejuknya udara Kota Batu di malam hari, bermain aneka wahana di BNS merupakan sesuatu yang sayang untuk dilakukan. Harga tiket masuknya pun tak mahal, hanya sekitar Rp 35.000 saja, guys. Bagi kamu yang tertarik, kamu bisa segera kunjungi BNS di Jl. Hayam Wuruk no. 1, Batu, pada pukul 15.00-21.00.

10. Goa Pinus 

Goa Pinus (sumber: @syaiful_riezal on Instagram)
Goa Pinus (sumber: @syaiful_riezal on Instagram)

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, Goa Pinus bisa menjadi salah satu referensi wisata Batu Malang untukmu. Memasuki kawasan ini, kamu akan disambut dengan plang kayu. Begitupun saat menyusuri jalanannya, sepanjang jalanmu akan ditemani oleh jajaran pohon pinus yang asri. Liburanmu di sini tentu worth it dibanding harga tiket masuknya yang hanya Rp 10.000. Spot foto menarik pun akan banyak kamu temukan di sini. Kamu bisa berkunjung ke Goa Pinus pada pukul 07.00-17.30 di kawasan Gunungsari, Bumiaji, Batu.

11. Paralayang

Bukit Paralayang (sumber: @ftocta on Instagram)
Bukit Paralayang (sumber: @ftocta on Instagram)

Bukit Paralayang merupakan objek wisata Kota Batu yang memungkinkan kamu merasakan sensasi terbang menggunakan paralayang. Bagi pemula, tak perlu khawatir karena kamu akan ditemani oleh seorang instruktur yang sudah ahli terbang menggunakan paralayang. Terdengar sangat seru, kan? Harga tiket masuk Bukit Paralayang pun sangatlah murah, yakni Rp 5.000 saja! Kamu bisa mengunjungi Bukit Paralayang ini di Jl. Gn. Banyak, Batu, pada pukul 08.30-19.00.

12. Eco Green Park 

Eco Green Park (sumber: @sri_hartati_sri_hartati on Instagram)
Eco Green Park (sumber: @sri_hartati_sri_hartati on Instagram)

Mencari objek wisata Batu Malang edukatif? Eco Green Park jawabannya! Eco Green Park merupakan tempat wisata keluarga yang menawarkan banyak aktivitas edukatif. Salah satu aktivitas wisata yang terkenal ialah memerah susu sapi di Zona Animal Farm, yang pasti menyenangkan untuk anak-anak. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, yakni Rp 50.000 saja. Kamu bisa mengunjungi Eco Green Park ini di Jl. Oro Oro Ombo no. 9A, Batu, pada pukul 08.30-16.30.

13. Wisata Petik Apel Bumiaji

Wisata Petik Apel Bumiaji (sumber: @yfendar on Instagram)
Wisata Petik Apel Bumiaji (sumber: @yfendar on Instagram)

Wisata Petik Apel Bumiaji merupakan objek wisata Kota Batu yang wajib banget kamu kunjungi. Kamu bisa merasakan serunya memetik apel langsung dari kebunnya. Bahkan, kamu juga bisa membawa pulang hasil panenmu sendiri. Seru banget, kan? Maka dari itu, segeralah kunjungi Wisata Petik Apel Bumiaji di kawasan Bulukerto, Bumiaji, Batu, pada pukul 08.00-16.45. Harga tiket masuk ke wisata Batu Malang yang satu ini Rp 25.000 saja.

14. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata (sumber: @malangkotawisata on Instagram)
Kusuma Agrowisata (sumber: @malangkotawisata on Instagram)

Selain Bumiaji, Kusuma Agrowisata merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang yang juga menawarkan sensasi wisata petik apel. Bahkan tak hanya buah apel, buah-buah lain seperti jeruk dan stroberi pun dapat kamu petik juga di sini. Dengan membayar biaya yang telah ditentukan, kamu bisa membawa pulang buah-buahan hasil petikanmu. Jangan khawatir, harga tiket masuk Kusuma Agrowisata pun sangat murah, yakni Rp 20.000 saja. Kamu dapat mengunjungi objek agrowisata ini pada pukul 08.00-16.00 setiap harinya, di Jl. Abdul Gani Atas, Batu.

15. Pemandian Cangar Batu

Pemandian Cangar Batu (sumber: @aku.ranu on Instagram)
Pemandian Cangar Batu (sumber: @aku.ranu on Instagram)

Di balik suhu Kota Batu yang cukup dingin, siapa sangka Kota Batu juga memiliki pemandian air panas. Pemandian Cangar Batu merupakan wisata Kota Batu berupa pemandian air panas yang berlokasi sekitar 20 km dari pusat Kota Batu. Bagi Advonturers yang sejenak ingin relaksasi badan, kamu bisa berendam air panas di Pemandian Cangar Batu ini. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yakni Rp 12.000 saja. Kamu dapat mengunjungi objek wisata Batu Malang yang satu ini di kawasan Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, pada pukul 08.00-15.00.

16. Flora Wisata San Terra

Flora Wisata San Terra (sumber: @iva_amora on Instagram)
Flora Wisata San Terra (sumber: @iva_amora on Instagram)

Flora wisata San Terra merupakan salah satu wisata Batu terbaru. Di tempat wisata ini, kamu bisa menemukan banyak koleksi bunga-bunga cantik. Selain itu, Flora Wisata San Terra memiliki bangunan dengan nuansa Belanda dan Korea, yang umumnya menjadi spot foto pilihan wisatawan. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi Flora Wisata San Terra di Jl. Truno Joyo, Pujon, Batu, pada pukul 08.00-17.00. Adapun harga tiket masuk yang dipatok adalah Rp 25.000 saja.

17. Pura Giri Arjuno

Pura Giri Arjuno (sumber: @ardy_arfian on Instagram)
Pura Giri Arjuno (sumber: @ardy_arfian on Instagram)

Pura Giri Arjuno merupakan salah satu Pura yang ada di Batu. Pura Giri Arjuno yang berlatarbelakang kawasan pegunungan dan view alam yang indah, mampu menghipnotis siapapun dengan keindahannya. Kamu akan merasa sedang liburan ke Bali kala berkunjung ke Pura Giri Arjuno ini. Kamu bebas kapan saja untuk mengunjunginya, dan tentu saja tidak ada harga tiket masuk!

18. Coban Putri

Pesona Air Terjun Coban Putri (sumber: @_bramasta_ on Instagram)
Pesona Air Terjun Coban Putri (sumber: @_bramasta_ on Instagram)

Selain Coban Rondo dan Coban Rais, Coban Putri merupakan wisata Batu Malang yang menawarkan eksotisme air terjun. Konon katanya, Coban Putri merupakan tempat mandinya seorang putri, yang ditengarai sebagai Ken Dedes. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga kamu akan betah berlama-lama di sini. Kamu bisa mengunjungi Coban Putri di kawasan Junrejo, Kota Batu, pada pukul 09.00-17.00. Coban Putri merupakan salah satu wisata Batu Malang murah meriah, karena harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 saja!

19. Rafting Kaliwatu

Rafting Kaliwatu (sumber: @raftingkaliwatu on Instagram)
Rafting Kaliwatu (sumber: @raftingkaliwatu on Instagram)

Rafting Kaliwatu merupakan spot wisata Kota Batu yang cocok bagi kamu, si pemacu adrenalin. Rafting di sungai ini benar-benar menantang karena arusnya yang cukup deras. Namun, kamu tak perlu khawatir, karena kamu juga akan dibekali pelampung untuk menjaga keselamatanmu selama kegiatan rafting. Jika tertarik, kamu dapat mengunjungi spot rafting ini di Jl. Bung Tomo no. 19, Bumiaji, Batu, pada pukul 08.00-17.00.

20. Songgoriti

Candi Songgoriti (sumber: @yoopomalang on Instagram)
Candi Songgoriti (sumber: @yoopomalang on Instagram)

Tak hanya wisata alam atau edukatif, Kota Batu Malang juga memiliki tempat wisata bernilai sejarah. Salah satunya ialah Candi Songgoriti, yang diyakini merupakan peninggalan dari Mpu Sindok. Kondisi Candi Songgoriti sendiri cukup terjaga, karena candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Medang pada masa lampau. Kamu dapat mengunjungi objek wisata bersejarah ini dengan biaya Rp 15.000 saja. Adapun lokasi dari Candi Songgoriti, adalah di Jl. Raya Songgoriti, Songgokerto, Batu.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Surabaya Terkeren & Sudah Dibuka 2021

Setelah membaca beberapa informasi dan rekomendasi tempat wisata Batu Malang di atas, manakah yang menarik hatimu? Jika kamu sudah ingin segera liburan namun tak tahu akan kemana, Kota Batu Malang menjadi opsimu saat liburan nanti. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan budget memadai, dan pastikan kondisi tubuhmu fit supaya liburanmu di Kota Wisata Batu makin menyenangkan!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *