20 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambarawa Paling Hits dan Indah

Wisata Ambarawa (@tipsdekorasi on INstagram)
Daftar isi

Ambarawa merupakan kota kecamatan yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Semarang. Daerah ini sering kali dikunjungi wisatawan berbekal sederet objek wisatanya. Nah, berikut 20 rekomendasi tempat wisata Ambarawa yang cocok kamu datangi sewaktu liburan versi Advontura!

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambarawa Paling Hits yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Dusun Semilir

Dusun Semilir (@dusunsemilir on Instagram)

Destinasi wisata Ambarawa pertama yang wajib kamu datangi adalah Dusun Semilir. Alamatnya ada di Jalan Soekarno Hatta No.49, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Semarang.

Seperti namanya, wisatawan dapat merasakan suasana pedesaan asri di sini. Ditambah lagi, tempat ini mempunyai arsitektur menawan lengkap dengan perpaduan konsep seni modern.

Adapun bangunan utamanya mirip seperti Candi Borobudur dengan 7 buah stupa yang berdekatan. Sementara itu, lantai 1 menjadi pusat oleh-oleh dan kerajinan tangan dan lantai 2 menjadi restoran bertemakan fine dining.

2. Museum Kereta Api

Museum Kereta Api Ambarawa (@ambarawa_railways on Instagram)

Tempat wisata Ambarawa menarik lainnya adalah Museum Kereta Api di Jalan Stasiun No.1, Kecamatan Ambarawa yang merupakan peninggalan masa kolonial Belanda.

Artikel Terkait

Museum ini dulunya beroperasi sebagai stasiun untuk berbagai kereta uap yang mengangkut tentara Belanda ke Semarang. Di samping melihat koleksi lokomotif, pengunjung juga bisa ikut merasakan perjalanan menggunakan kereta diesel atau kereta uap kuno untuk berkeliling dengan rute Ambarawa – Bendono atau Ambarawa – Tuntang.

3. Rawa Pening

Rawa Pening (@semarangrunners on Instagram)

Tahukah kamu kalau Rawa Pening adalah sebuah danau luas yang terletak di antara empat kecamatan di Kabupaten Semarang, antara lain Bawen, Ambarawa, Banyubiru, dan Tuntang?

Wisatawan dapat menyaksikan langsung tanaman eceng gondok yang tumbuh subur di sekitar danau. Ada pula perahu yang boleh kamu sewa untuk menyusuri tengah danau sekaligus memperoleh objek foto pemandangan yang menarik.

4. Eling Bening

Eling Bening (@eling_bening on Instagram)

Wisata Ambarawa Eling Bening di Kecamatan Bawen merupakan resort mewah berkonsep wisata keluarga. Kawasannya menawarkan pesona alam terbuka yang menakjubkan dengan udara khas dataran tinggi yang sangat sejuk.

Selain berkulineran, pengunjung juga berkesempatan untuk mencoba aneka kegiatan, misalnya outbound, tracking, sampai berenang di kolam renang. 

Tidak perlu takut kehabisan tiket, Eling Bening beroperasi sejak pukul 08.00-18.00 setiap hari dengan harga tiket yakni Rp 25.000 per orang.

5. Penggaron

Penggaron (@kitasemarang on Instagram)

Hutan binaan warga ini kerap dijadikan tujuan wisata Ambarawa bagi wisatawan lokal maupun luar kota. Penggaron namanya, terletak di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan outdoor yang menantang, Penggaron adalah jawabannya. Selain itu, wisatawan pun dapat bertemu dengan 97 spesies fauna yang tinggal di sana. 

Dengan tiket Rp 6.000 per orang, kamu boleh menyambangi Hutan Penggaron setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00.

6. Bandungan

Bandungan (@devvy_ariyanti on Instagram)

Sejatinya nama Bandungan merupakan sebutan untuk kawasan dataran tinggi yang berada di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang menawarkan pemandangan luar biasa. 

Terdapat segudang tempat wisata yang dapat kamu sambangi, mulai dari taman bunga sampai Curug Bidadari. Tidak lupa, pengunjung pun bisa membeli beragam jenis bunga hias cantik di pasar wisatanya yang terkenal.

7. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang (@ridwan_bs on Instagram)

Apabila ingin berwisata alam dengan panorama yang masih asri, salah satu pilihan tempat wisata Ambarawa yang boleh kamu datangi yakni Air Terjun Semirang di Kecamatan Ungaran Barat.

Objek wisata air yang satu ini sangat indah, terutama saat musim hujan karena debit airnya lumayan banyak. Terdapat batu-batu dan hutan rimbun yang menjadi latar belakang, plus hawa sejuknya yang pastinya akan membuat pengunjung betah bermain air.

Wisata Ambarawa yang sudah buka dari pukul 08.00 – 17.00 ini mematok tiket masuk seharga Rp 9.000 per orang.

8. Taman Kelinci

Taman Kelinci (@tamankelinci_ on Instagram)

Sesuai dengan namanya, Taman Kelinci memberikan keseruan bagi pengunjung untuk dapat berinteraksi langsung dengan para kelinci. Alamatnya berada di Jalan Raya H. Toyib Soebadi, Kec. Tuntang, Kab. Semarang

Sebetulnya, tidak cuma kelinci saja yang akan kamu temukan, binatang lainnya seperti dari ikan, kerbau, serta sapi pun ada di sini. Tempat wisata Ambarawa Taman Kelinci sangatlah cocok untuk dinikmati apalagi bersama anak-anak supaya mereka bisa bermain sambil belajar.

Objek wisata ini beroperasi setiap hari dari pukul 08.00-17.00. Pengunjung cukup membayar uang tiket Rp 5.000 per orang apabila ingin masuk.

9. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti (@umbul.sidomukti on Instagram)

Berlokasi di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, kamu boleh menjadikan Umbul Sidomukti sebagai destinasi wisata Ambarawa selanjutnya. 

Tempat ini menyediakan kolam renang epik berlatar belakang perbukitan setinggi 1200 meter. Selanjutnya, ada pula restoran dan cafe untuk bersantai, plus penginapan yang dapat pengunjung sewa. Kamu juga bisa mencoba sejumlah kegiatan outbound, seperti flying fox, paralayang, ataupun ATV.

Cukup menyiapkan uang sebanyak Rp 5.000, kamu sudah bisa menikmati keseruannya setiap hari dari pukul 09.00-18.00.

10. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa (@kampoengrawa.ambarawa on Instagram)

Objek wisata Ambarawa berikutnya adalah Kampoeng Rawa di Jalan Khan Abdul Halim, Tambakboyo, Kec. Ambarawa, Kab. Semarang. Tempat ini berada di tengah-tengah rawa dengan konsep gazebo terapung.

Pengunjung bisa menikmati aneka kuliner di restoran terapung tersebut sekaligus berfoto ria berbekal pemandangan alamnya yang sangat asri. Di samping tempat makan, Kampoeng Rawa juga menyediakan fasilitas pemancingan yang dapat kamu coba, lho.

Untuk masuk ke sini, kamu cuma perlu membayar tiket seharga Rp. 2.000 (weekday) dan Rp. 3.000 (weekend dan hari besar).

11. Goa Rong View

Goa Rong View (@tlogoresort on Instagram)

Sebagaimana diketahui, Ambarawa merupakan daerah dataran tinggi yang mempunyai banyak perbukitan dengan panorama indah. Salah satu cara untuk menikmatinya adalah mendatangi Goa Rong View di Jalan Lerak Lopait, Delik, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

Tempat wisata Ambarawa ini berada tepat di puncak bukit. Pengunjung dapat mengamati pemandangan kota Ambarawa termasuk rimbunan hutan hijaunya dari atas sini. Tidak heran, lokasinya menjadi spot selfie yang paling favorit bagi kalangan muda.

12. Saloka Park

Saloka Park (@salokapark on Instagram)

Mengusung konsep taman bermain, destinasi wisata Ambarawa terbaru ini sayang untuk kamu lewatkan. Menariknya, tempat yang beralamat di Jalan Fatmawati Nomor 154, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang ini disebut sebagai taman bermain terbesar di Jawa Tengah, lho.

Terdapat 5 wahana yang dapat kamu coba di Saloka Theme Park, yaitu ararya, pesisir, kamayati, balalantar, serta segara prada. Pengunjung juga bisa membeli aneka oleh-oleh dan merchandise, misalnya gantungan kunci, kaos, hingga payung.

Seperti theme park lainnya, kamu mesti merogoh kocek cukup dalam untuk bisa masuk yakni seharga Rp 120.000/orang (weekdays) dan Rp 150.000/orang (weekend).

13. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa (@marselonda10 on Instagram)

Tempatini adalah saksi bersejarah untuk mengenang pertempuran Ambarawa yang terjadi pada 12–15 Desember 1945. Dengan bangunan berbentuk joglo sesuai arsitektur budaya Jawa, tempat wisata Ambarawa ini menjadi destinasi yang cocok untuk mempelajari sejarah.

Di sini, pengunjung dapat melihat aneka koleksi senjata, seragam tentara, kendaraan tempur, serta barang lainnya yang dipakai sewaktu Pertempuran Ambarawa. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menemukan pesawat Mustang Belanda yang sukses tertembak jatuh di kawasan Rawa Pening.

14. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo (@ferrychrl on Instagram)

Nama Gedong Songo berarti sembilan bangunan candi. Tempat wisata Ambarawa ini menjadi bukti warisan kerajaan Hindu yang eksis pada abad ke-9 yang berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Kab. Semarang. 

Kamu bisa menjelajahi candi mulai dari yang pertama sampai terakhir, di mana setiap candi akan menawarkan pesonanya masing-masing. Semakin tinggi posisinya, maka pemandangan pun semakin indah dengan kabut-kabut tipis yang menyelimuti.

Buat pengunjung yang tidak ingin berjalan kaki, terdapat sejumlah ekor kuda yang bisa disewa untuk berkeliling kawasan candi. Apabila ingin masuk, cukup menyiapkan uang Rp 10.000 untuk mengeksplor keseluruhan Candi Gedong Songo ini.

15. The Fountain Water Park

The Fountain Water Park (@wisatajateng on Instagram)

Fountain Water Park adalah tempat wisata Ambarawa yang cocok untuk seluruh kalangan yang ingin merasakan sensasi berenang dan bermain air. Alamatnya ada di Jalan Bima Sakti Raya, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang.

Pengunjung boleh mencoba sederet kolam renang sekaligus fasilitas lainnya di tempat ini. Sebut saja kolam renang ukuran anak-anak dan dewasa, papan seluncur, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuknya juga terbilang lumayan murah yakni Rp 20.000 (hari biasa) dan Rp 25.000 (akhir pekan dan hari besar). Adapun jam operasional tempat wisata ini dari pukul 07.00-17.00 setiap harinya.

16. Desa Bejalen

Desa Bejalen (@desa_wisata_bejalen on Instagram)

Destinasi wisata Ambarawa yang satu ini dapat dijadikan sebagai alternatif liburan khususnya buat kamu yang hobi berfoto ria. Desa Bejalen adalah desa wisata unik yang terletak persis di pinggir sungai.

Apabila dilihat sekilas, mungkin desa tersebut tampak selayaknya pemukiman penduduk biasa. Namun, sebagian besar rumah di sini semuanya sudah bercat warna-warni sehingga mirip seperti kampung pelangi. Bahkan dari atap hingga setiap dindingnya sudah penuh dengan aneka warna yang cantik. 

17. Kebun Tlogo

Kebun Tlogo (Republika)

Berlokasi di Desa Ndelik, Kecamatan Tuntang, tempat wisata Ambarawa yang lagi hits ini sayang untuk dilewatkan, terutama bagi para penggemar agrowisata. 

Kebun Tlogo merupakan destinasi asri dengan segudang koleksi tanaman yang beragam. Kalau kamu sedang mencari pemandangan hijau yang menyejukkan mata, tempat ini jelas dapat menghadirkannya untukmu. Selain itu, udara perkebunan yang sejuk juga bisa membuat pengunjung merasa rileks dan segar ketika datang ke sini.

18. Losari Coffee Plantation Resort

Losari Coffee Plantation Resort (@jogja_leisure on Instagram)

Kamu ingin nongkrong di tempat unik seperti rumah peninggalan Belanda? Mampirlah ke Losari Coffee Plantation Resort di Jalan Losari, Kec. Grabag, Kab. Magelang.

Terdapat kebun kopi sekaligus kafe yang dapat kamu jadikan sebagai tempat berkumpul. Berkonsep peninggalan Belanda, tempat wisata Ambarawa ini terasa kental seperti zaman dulu. Ditambah lagi dengan lokasinya yang jauh hiruk pikuk kota, membuat siapa saja akan betah berlama-lama.

19. Curug Lawe

Curug Lawe (@_petualangcantik on Instagram)

Objek wisata Ambarawa bertemakan air selanjutnya yakni Curug Lawe alias air terjun. Lokasinya berada di Jalan Limbangan, Gunungsari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang. 

Sewaktu berkunjung ke sini, kamu akan merasakan atmosfer khas pedesaan yang asri. Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti, ya. Soalnya, hampir semua orang akan tergoda untuk bermain air maupun berenang di bawah air terjun indah ini.

20. Kampung Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran (@indafatmasari on Instagram)

Buat kamu para pecinta kopi, jangan lewatkan destinasi yang satu ini. Kampoeng Kopi Banaran namanya, surga untuk menikmati berbagai macam kopi maupun kuliner khas Ambarawa lainnya.

Berlokasi di Jalan Raya Bawen, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kab.Semarang, konsep tempatnya terbilang menarik karena terdapat gugusan gunung indah di sekelilingnya. Pengunjung pun dapat merasakan langsung kenikmatan kopi sambil nongkrong dan dengan pemandangan yang sejuk.Beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00-21.00, Kampoeng Kopi Banaran mematok tiket masuk yang bersahabat sebesar Rp5.000 per orang.

Demikianlah 20 rekomendasi tempat wisata di Ambarawa paling hits yang wajib kunjungi sewaktu liburan. Dengan sederet alternatif destinasi wisata, wisatawan pun tidak perlu bingung lagi soal menemukan tempat yang cocok selama rekreasi di kota kecil ini.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *