Wisata Alam Kalibiru, Destinasi Hits dan Memukau di Jogja

Wisata Alam Kalibiru (sumber: @wonderful.kulonprogo on Instagram)
Wisata Alam Kalibiru (sumber: @wonderful.kulonprogo on Instagram)
Daftar isi

Jika Advonturers sedang berkunjung dan berlibur ke area Jawa Tengah, tidak ada salahnya mengunjungi Wisata Alam Kalibiru di Yogyakarta yang punya pemandangan eksotis. Yuk, langsung aja kepoin serba-serbi wisatanya di artikel berikut ini!

Pesona Wisata Alam Kalibiru

Menikmati Indahnya Pemandangan Kalibiru (Sumber: @annarumia on Instagram)
Menikmati Indahnya Pemandangan Kalibiru (Sumber: @annarumia on Instagram)

Emang nggak perlu diragukan lagi deh, kawasan wisata alam Kalibiru ini punya panorama alam yang bakal memanjakan mata Advonturers. Pasalnya, tempat wisata hits ini menawarkan pemandangan sungai biru serta view pegunungan hijau yang kece. Oleh sebab itu, nggak sedikit wisatawan yang datang jauh-jauh hanya untuk bersantai dan menikmati pemandangan alamnya yang memesona.

Lokasi & Rute Wisata Alam Kalibiru

Terus di mana letak wisata alam Kalibiru? Nah, tempat wisata ini cukup strategis dan gampang dijangkau kok Advonturers. Lokasinya ada di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Hargowilis, Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya juga nggak terlalu jauh dari pusat kota, sekitar 34,5 km dan waktu tempuhnya sekitar 1 jam saja.

Perjalanan menuju tempat wisata alam eksotis ini ada yang melalui jalanan yang menanjak dan berliku. Maka dari itu, Advonturers dianjurkan menggunakan kendaraan yang cukup kuat, agar perjalananmu tidak terkendala. Lalu untuk sampai ke tempat wisata alam Kalibiru, ada beberapa alternatif rute perjalanan yang bisa kamu pilih, seperti:

1. Rute Sermo

Rute yang banyak dipilih karena saat perjalanan, Advonturers bakal menjumpai pemandangan Waduk Sermo yang sangat indah. Untuk menuju ke Kalibiru dengan rute ini, Advonturers bisa melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih dan lanjut ke arah alun-alun Wates sampai ke Sermo dan akhirnya menuju Kalibiru.

Artikel Terkait

2. Rute Clereng

Waktu tempuh rute ini lebih cepat daripada rute Sermo, karena tidak ada tanjakan dan jalan berliku ekstrem. Kalau Advonturers memilih rute ini, kamu bisa menuju Sentolo lalu Pengasih. Setelah sampai di perempatan Pengasih, belok ke kanan menuju Clereng. Selanjutnya ikuti saja petunjuk jalan yang ada hingga sampai ke Kalibiru. 

3. Rute Kota

Rute ini paling jarang digunakan, karena jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Tetapi kalau Advonturers sedang berada di Malioboro dan ingin ke Kulon Progo, kamu bisa ambil jalur Purworejo. Cukup ikuti jalan saja sampai di terminal Wates. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan sampai ke Waduk Sermo dan ikuti jalannya hingga Kalibiru.

Jam Operasional & Harga Tiket Wisata Alam Kalibiru

Skema Objek Wisata Alam Kalibiru (Sumber: Iwan Wibowo on Google Maps)
Skema Objek Wisata Alam Kalibiru (Sumber: Iwan Wibowo on Google Maps)

Untuk dapat masuk ke kawasan wisata alam Kalibiru, Advonturers hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 saja bagi wisatawan domestik dan Rp20.000 bagi wisatawan mancanegara. Jangan lupa siapkan juga untuk biaya tiket parkir, mulai dari Rp2.000 – Rp15.000 tergantung moda transportasi yang kamu gunakan. Sedangkan untuk jam operasionalnya, buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Walaupun harga tiketnya tergolong cukup murah, tetapi siapkan uang juga ya untuk membayar di spot foto yang ada di Kalibiru. Harganya berkisar antara Rp10.000 – Rp35.000 per spot, jadi lumayan mahal juga kalau kamu ingin berpose di semua spot foto yang ada.

Ragam Aktivitas Seru di Wisata Alam Kalibiru

1. Menikmati Pemandangan Alam Spektakuler

Salah satu aktivitas yang mampu menentramkan pikiran adalah menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Biasanya, wisatawan menikmati pesona alam sungai berwarna kebiruan dan pegunungan hijau sambil bersantai di gardu pandang, bisa jadi pilihan healing low budget untuk liburanmu ke depan.

2. Berburu Foto Keren di Spot Hits

Berpose di Spot Oval Kalibiru (Sumber: @wisatakalibiru on Instagram)
Berpose di Spot Oval Kalibiru (Sumber: @wisatakalibiru on Instagram)

Di kawasan wisata hits satu ini, ada banyak sekali spot foto instagramable yang sayang untuk Advonturers lewatkan. Ada spot oval, kursi, langit, love, pohon, dan masih banyak lagi. Seperti namanya, spot foto ini memang didesain khusus sesuai dengan namanya. Advonturers nggak perlu bingung lagi untuk pilih spot foto mana yang menarik, karena dijamin kece semua.

3. Mencoba Wahana Pemacu Adrenalin

Berpose di Wahana Gantole Kalibiru (Sumber: @wisatakalibiru on Instagram)
Berpose di Wahana Gantole Kalibiru (Sumber: @wisatakalibiru on Instagram)

Bagi Advonturers yang suka tantangan, wahana gantole dan high rope games adalah hal yang patut dicoba. Tidak perlu khawatir, kalau kamu ingin mencoba kedua wahana pemacu adrenalin ini, sudah dilengkapi dengan sistem keamanan khusus kok! Jadi kamu tidak perlu takut.

4. Trekking

Kawasan wisata alam Kalibiru pada dasarnya ada di dataran tinggi, sehingga Advonturers juga bisa trekking dan berjalan naik melalui jalur pejalan kaki dari lokasi pintu utama. Untuk jalurnya sendiri cukup mudah dan aman, karena ada tangga buatan yang disediakan oleh pengelola wisata. Jalur yang sudah disediakan sangat cocok untuk trekking sederhana sambil menikmati pemandangan alam yang indah dan suasananya yang sejuk. 

5. Jeep Wisata

Berwisata Menggunakan Jeep (Sumber: @jeep_kalibiru on Instagram)
Berwisata Menggunakan Jeep (Sumber: @jeep_kalibiru on Instagram)

Aktivitas wisata lain yang patut dicoba adalah wahana Jeep Wisata. Pengelola wisata alam Kalibiru menyediakan wahana ini agar pengunjung bisa berkeliling ke ragam spot wisata menarik, seperti Pule Payung dan Waduk Sermo.Untuk dapat mencoba wahana, Advonturers membayar biaya tambahan sebesar Rp145.000 dan sudah termasuk fasilitas lengkap lainnya.

6. Menyantap Hidangan Kuliner

Setelah puas menjelajahi area taman wisata alam Kalibaru, Advonturers bisa beristirahat sejenak sambil menyantap ragam hidangan yang ada di kedai makanan. Ada banyak sekali makanan ringan hingga berat dan bermacam-macam minuman segar. Selain itu, di kedai makanan ini juga terdapat meja dan kursi yang berhadapan dengan pemandangan alam sungai dan pegunungan secara langsung.

Demikian artikel wisata alam Kalibiru, Kabupaten Kulon progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dapat Advontura sampaikan. Semoga artikel kali ini menjadi referensi liburan Advonturers dan happy holiday!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *