Waduk Sermo – Tiket Masuk, Lokasi & Kegiatan Menarik 2021

Tiket masuk waduk sermo
Daftar isi

Daerah Istimewa Yogyakarta selain dikenal sebagai kota Pelajar. Kota Jogja ini juga kerap kali diincar oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karena menghadirkan lokasi wisata yang menakjubkan. Salah satunya yang bisa Anda coba yakni Waduk Sermo Yogyakarta.

Waduk yang berada di area Kabupaten Kulon Progo ini merupakan satu-satunya waduk yang ada di Provinsi Yogyakarta. Bagi para pengunjung pecinta alam, Anda pasti takjub akan panorama alam yang disajikan di waduk ini. 

Semua akan semakin sempurna apabila Anda berkunjung ke destinasi wisata ini untuk merayakan pergantian tahun baru bersama rekan, keluarga atau pasangan Anda.Penasaran seperti apa penampakan wisata Waduk Sermo Kulon Progo selengkapnya? Yuk baca artikel ini sampai habis.

Wisata Waduk Sermo Kulon Progo

Waduk Sermo merupakan waduk yang memiliki luas 157 hektar ini, mulai dibangun sejak tahun 1994. Waduk ini dibangun dengan membendung Sungai Ngrancah ini, akhirnya mulai beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Soeharto di tanggal 20 November 1966.

Waduk yang dapat menampung sekitar 179,50 meter kubik air ini, memiliki berbagai fungsi mulai dari penyedia air bersih bagi industri dan PDAM, irigasi sawah, arena lomba dayung, pelatihan Akademi Angkatan Udara, hingga sampai saat ini digunakan sebagai salah satu lokasi wisata di Jogja.

Artikel Terkait

Memang tidak salah area waduk ini dijadikan tempat wisata. Sebab perpaduan antara jernihnya air danau yang berwarna kehijauan, rimbunya pepohonan disekitar dan pantulan sinar matahari di permukaan air, membuat panorama alam Waduk Sermo tampak begitu Indah.

Ditambah lagi latar belakang waduk yang dikelilingi oleh perbukitan dan gagahnya pegunungan Menoreh, pastinya semakin membuat Anda terkagum-kagum ketika berada disini. 

Selain menikmati pesona alam yang disajikan, pengunjung bisa mencoba beberapa kegiatan menarik lainnya, antara lain sebagai berikut:

Spot Foto Instagramable

Selain keindahan pemandangan waduk sermo yang patut Anda abadikan. Disini juga terdapat berbagai spot foto instagenic yang bisa Anda coba mulai dari Akar Liar, Taman Bambu Air, Bukit Pethu, Taman Munggur, Taman Pring Kuning, Gumuk Sri Tinon, Pulau Terapung, Gardu Pandang hingga Jangkang Hill.

Lebih sempurna lagi apabila Anda melakukan pengambilan foto saat sore. Dengan latar belakang spot menarik ditambah dengan keindahan waduk yang dilengkapi sinar matahari terbenam. Pasti akan membuat hasil fotomu tampak begitu menakjubkan.

Saat ingin mengunjungi spot-spot foto di atas, pastikan Anda membawa uang lebih. Sebab beberapa diantara spot tersebut pengunjung akan dikenai biaya tambahan mulai dari 5 ribu hingga 10 ribu rupiah.

Wisata di Waduk sermo
Waduk sermo (Photo by Ig @fadliadisadli_

Mengelilingi Waduk

Apabila Anda bosan hanya dengan berswafoto saja, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya yaitu mengelilingi kawasan waduk dengan menggunakan Perahu Getek. Dengan mengayuh perahu tersebut sambil mengelilingi waduk dan merasakan semilir angin, akan membuat hari liburan Anda semakin menyenangkan.

Namun apabila malas untuk mengayuh perahu, Anda bisa mencoba alternatif lain yakni menyewa perahu motor. Pengunjung tidak perlu capek-capek lagi mendayung perahu untuk mengelilingi waduk.

Bersantai di Gazebo 

Singgah sejenak untuk bersantai di gazebo Rumah Jamur atau Rumah Panggung sambil bercengkrama dengan keluarga, sahabat atau pasangan, hal yang pas untuk membuat lelah dan penat Anda terasa hilang. 

Memancing

Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, maka wisata Sermo merupakan pilihan yang tepat. Disini pengunjung dapat menemukan berbagai jenis ikan air tawar, namun yang menjadi primadona di kalangan pemancing di waduk ini yaitu ikan Red Devil Cichlid.

Camping di Waduk Sermo

Bagi pengunjung yang tidak puas hanya melihat keindahan waduk ini dalam sehari. Anda juga bisa mencoba kegiatan camping di area camping ground di area sekitar waduk yang telah disediakan. 

Karena letaknya yang sangat strategis Anda bisa menikmati keindahan sunset di waduk ini dengan lebih sempurna. Begitu bangun Anda dapat juga dapat merasakan kesegaran dan kesejukan udara dilengkapi dengan pesona matahari pagi yang muncul di balik pegunungan Menoreh. 

Pasti menjadi hari yang tak terlupakan dan semakin pas lagi apabila melakukan camping di malam pergantian tahun bersama teman-teman Anda. Pasti akan seru.

Baca Juga: Waduk Jatiluhur – Sejarah, Lokasi hingga Penginapan

Jam Buka

Pengunjung dapat mengunjungi lokasi wisata waduk Kulon Progo ini setiap hari. Dengan jam buka mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Namun untuk area camping ground sendiri dibuka selama 24 jam. Anda bisa dengan puas bermalam dan menikmati keindahan panorama alam di area wisata ini.

Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Harga tiket masuk Waduk Sermo bisa dibilang sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000/orang, sedang untuk anak-anak hanya membayar Rp 2.000 saja.

Namun bagi para pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda 2, Rp 3.000 bagi kendaraan roda 4 dan Rp 5.000 untuk bus pariwisata. 

Lokasi Waduk Sermo Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin mengunjungi destinasi wisata satu ini, lokasi Waduk Sermo berada di Jl. Lkr. Sermo, Sremo Lor, Kelurahan Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

Destinasi wisata waduk ini berjarak kurang lebih 34 km hingga 37 km dari pusat Kota Daerah Istimewa Yogyakarta dan membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 60 untuk sampai di titik lokasi wisata waduk.

Jalan Menuju Waduk Sermo Jogja

Camping di waduk sermo
Camping di waduk sermo (Photo by Google Maps – Tsalits Nugroho )

Rute jalan menuju Waduk Sermo bisa dikatakan sangat mudah dijangkau baik Anda menggunakan motor ataupun mobil. 

Apabila Anda ingin ke lokasi ini menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa memilih bus trans Jogja yang telah tersedia. Begitu tiba di terminal Anda bisa menggunakan ojek atau kendaraan lokal lainnya untuk sampai di titik lokasi waduk.

Namun apabila menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat kota jogja Anda bisa mengarah ke jalan wates, kemudian jalan terus beberapa kilometer hingga nantinya Anda menemukan patung kuda putih barat alun-alun. 

Dari sana Anda bisa mengikuti plang petunjuk arah yang telah tersedia untuk sampai di titik lokasi wisata Kulon Progo ini. 

Fasilitas Waduk Sermo Kulon Progo

Di kawasan wisata ini, juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas Waduk Sermo Jogja ini dibuat untuk memberikan rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang datang. 

Adapun fasilitas yang disediakan mulai dari mushola, area parkir, tempat sampah, toilet umum, tempat duduk, penyewaan perahu dan alat pancing, gazebo hingga warung yang menjual berbagai menu makanan bisa Anda temukan di area wisata ini.

Demikian informasi mengenai wisata Waduk Sermo Yogyakarta. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi destinasi wisata untuk menghabiskan hari libur pergantian tahun. Sampai jumpa di pembahasan destinasi wisata seru lainnya.

Baca Juga: Waduk Bajulmati Situbondo – Lokasi dan Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *