1. Waduk

Waduk Gonggang, Pesona Waduk yang Belum Banyak Orang Ketahui 

Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan.

Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung ke sini? Simak informasi selengkapnya dalam artikel Advontura kali ini Waduk Gonggang!

Tentang Waduk Gonggang

Waduk Gonggang, yang dimulai pembangunannya pada tahun 2006, terletak di aliran Sungai Gonggang, anak Sungai Madiun. Dengan ketinggian 60 meter dan panjang sekitar 234 meter, bendungan ini mampu menampung hingga 22 juta meter kubik air.

Meskipun tujuannya utamanya adalah untuk mengurangi risiko banjir dan meningkatkan pasokan air selama musim kemarau, terutama di wilayah selatan Magetan seperti Kecamatan Poncol, Ngariboyo, Parang, hingga Lembeyan, Pemerintah Daerah sebaiknya lebih peka terhadap potensi yang lebih luas. 

Sumber: All about Magetan (Via X)

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah melibatkan masyarakat secara aktif dalam memanfaatkan keindahan alam sekitar. Dengan keterlibatan yang lebih besar, masyarakat dapat mengawasi pengunjung dan menjaga kebersihan area sekitar waduk. Selain itu, perbaikan dan pembangunan jalan juga harus menjadi prioritas utama.

Tidak hanya itu, keelokan Waduk Gonggang juga kurang mendapat perhatian dari dinas pariwisata setempat. Salah satu hambatannya adalah kondisi jalan yang sempit dan berlubang, dengan aspal yang mengelupas, serta tikungan tajam dan curam. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kecepatan kendaraan saat mengunjungi tempat wisata ini.

Rute Menuju Waduk Gonggang

Waduk Gonggang terletak di Dusun Ledok, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Bagi penduduk asli Magetan, tempat wisata ini sudah sangat akrab, bahkan menjadi tujuan sering dikunjungi. Bagi yang berasal dari luar kota, tetap bisa menikmati keindahan waduk ini dengan mengunjungi langsung lokasinya.

Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor, untuk mencapai tempat wisata tersebut. Untuk memudahkan navigasi, petunjuk arah bisa diperoleh dengan menggunakan layanan peta Google Maps di ponsel secara praktis dan efisien.

Sumber: Radar Madiun

Sebagai opsi alternatif, wisatawan juga bisa memilih transportasi umum seperti bus atau moda transportasi lain yang tersedia. Setelah itu, mereka bisa turun di terminal bus Desa Pocol dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Desa Janggan, lalu menuju lokasi Waduk Gonggang.

Harga Tiket Masuk Waduk Gonggang

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi Waduk Gonggang, penting untuk mengetahui informasi mengenai harga tiket masuknya terlebih dahulu. Biaya masuk untuk wisata ini adalah Rp3.000 per orang pada hari-hari biasa dan Rp5.000 per orang pada hari weekend. Waduk ini buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Daya Tarik Wisata Waduk Gonggang

Waduk Gonggang menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjungnya, terutama bagi mereka yang ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Berikut beberapa aktivitas menarik yang dapat dinikmati ketika mengunjungi Waduk Gonggang:

1. Menyaksikan Keindahan Alam Sekitar 

Kamu harus datang ke tempat wisata ini untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya. Dengan pemandangan yang menakjubkan, air yang bersih dan jernih, tempat ini memberikan kesan segar dan menenangkan bagi para pengunjungnya.

Pengunjung akan merasakan kenyamanan dan kesegaran udara saat berada di lokasi ini. Tidak heran jika tempat ini menjadi pilihan untuk melepas penat dengan panorama alam yang memukau. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi dan menghabiskan waktu yang berkualitas di sini.

2. Melihat Pemandangan Gunung

Waduk Gonggang memberikan kesempatan bagi kamu untuk menikmati keindahan alamnya yang dihiasi oleh pemandangan gunung. Selain menikmati panorama yang memukau dari waduk itu sendiri, para pengunjung juga dapat mengabadikan momen liburan mereka dengan latar belakang pegunungan yang mengelilinginya.

Di sisi barat, terdapat pemandangan indah dari Gunung Kukusan dan beberapa gunung lainnya, yang menambah daya tarik tersendiri. Keindahan alam yang memukau ini memberikan pengalaman relaksasi yang sempurna bagi pikiran para pengunjung yang mengunjungi destinasi wisata ini.

Sumber: Benteng Magetan

3. Memancing Ikan

Waduk Gonggang merupakan destinasi utama bagi pecinta memancing. Di sini, tersedia area pemancingan yang dapat dinikmati oleh warga lokal maupun pengunjung dari luar daerah yang memiliki hobi memancing. Ketersediaan ikan di waduk ini relatif mudah, berkat kebersihan air yang menciptakan lingkungan yang ideal bagi ikan.

Kualitas air yang bersih memainkan peran penting dalam mendukung populasi ikan di waduk ini. Oleh karena itu, manfaatkan kesempatan untuk menikmati waktu memancing di sekitar area waduk ini. Pengalaman memancing di tempat ini pasti akan memberikan sensasi yang berbeda dalam liburanmu.

4. Berfoto Ria di Spot-Spot Menarik

Saat berkunjung ke Waduk Gonggang, jangan lupa untuk menjelajahi berbagai spot foto menarik di sekitarnya. Para pengunjung dapat memanfaatkan spot-spot foto yang tersedia untuk mengabadikan momen dengan latar belakang yang memukau, sehingga membuat kunjungan mereka menjadi lebih berkesan.

Tidak hanya untuk mengambil foto, pengunjung juga dapat merekam momen tersebut dalam bentuk video. Ini memungkinkan mereka untuk lebih lama menikmati keindahan waduk. Foto dan video yang diambil dapat menjadi kenangan berharga selama berlibur di tempat ini. Oleh karena itu, pastikan ponsel kamu terisi penuh sebelum berangkat ke lokasi, ya!

5. Rehat Sejenak di Pinggir Waduk

Saat berkunjung ke Waduk Gonggang, kamu dapat beristirahat sejenak di area yang telah disediakan sambil berkumpul bersama teman atau keluarga. Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran, terutama dengan berbagai fasilitas lengkap yang telah tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

Dari area parkir yang memadai, fasilitas kamar mandi, hingga area memancing, semuanya telah disiapkan untuk membuat liburanmu semakin nyaman. Jika kamu merasa lelah setelah melakukan kegiatan memancing atau menjelajahi keindahan alam sekitarnya, kamu bisa menikmati waktu istirahat di sekitar waduk sambil menikmati ketenangan suasana di sekitarnya.

Baca Juga: Umbul Bening Waterpark: Lokasi, Harga Tiket, dan Daya Tarik

Sekian pembahasan Advontura kali ini tentang Waduk Gonggang. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu kamu ketika ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Waduk Gonggang, Pesona Waduk yang Belum Banyak Orang Ketahui 

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]