Waduk Bajulmati Situbondo – Lokasi dan Tiket Masuk

Tiket Masuk Waduk Bajulmati
Photo by Ig @edi_pocet
Daftar isi

Sobat Advontura ingin merasakan wisata akhir tahun dengan nuansa ala Raja Ampat, tapi enggan pergi jauh-jauh ke Papua? Anda bisa mencoba destinasi wisata yang satu ini, yup apalagi kalau bukan Waduk Bajulmati Situbondo.

Wisata Waduk Bajulmati merupakan destinasi wisata unik yang menghadirkan panorama alam memukau menyerupai keindahan Raja Ampat versi mini. Lokasi ini sangat pas untuk Anda jadikan sebagai tujuan wisata selama liburan pergantian akhir tahun bersama keluarga dan pasangan Anda.

Penasaran seperti apa penampakan Waduk Bajulmati Situbondo selengkapnya? Yuk simak ulasan lengkap artikel dibawah ini.

Wisata Waduk Bajulmati Situbondo

Waduk yang terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi ini merupakan waduk yang membendung Sungai Bajulmati yang mana sumber airnya berasal dari pegunungan Ijen. 

Waduk seluas sekitar 91 hektar ini dapat menampung kurang lebih sekitar 10 juta meter kubik air. Waduk ini dimanfaatkan sebagai irigasi persawahan, konservasi air, perikanan keramba, pembangkit listrik tenaga mikrohidro hingga digunakan sebagai objek wisata unik

Artikel Terkait

Berbeda dari waduk pada umumnya. Waduk Bajulmati memiliki keindahan panorama alam yang begitu mempesona. Dilengkapi dengan perbukitan kecil di sekeliling waduk membuat lokasi wisata ini mendapat julukan sebagai miniatur Raja Ampat atau Raja Ampat van Java.

Bukit-bukit kecil dan air waduk yang berwarna kehijauan disertai dengan semilir angin sejuk di atas puncak bukit, dijamin akan membuat Anda merasa rileks dan enggan untuk beranjak pergi dari destinasi wisata yang satu ini.

Perbukitan inilah yang menjadi daya tarik utama dari wisata Waduk Mati Situbondo. Dengan latar belakang Gunung ijen dan kawasan hutan Baluran di sekitar lokasi wisata membuat area wisata waduk tampak begitu eksotis. Lokasi ini bisa digunakan wisatawan sebagai spot foto yang instagenic.

Selain itu, lokasi yang bisa Anda jadikan spot foto selanjutnya yakni jalan panjang sekitar 100 meter yang mengarah ke waduk. Dilengkapi dengan pagar pembatas dan tebing batu besar yang identik. Seakan pengunjung merasakan berada di wisata Pantai Pandawa Bali.

Waduk Bajulmati selain dikenal sebagai destinasi wisata ala Raja Ampatnya, ternyata lokasi wisata ini juga digunakan sebagai tujuan wisata memancing bagi masyarakat sekitar maupun pengunjung dari luar kota. 

Namun bagi pengunjung yang ingin memancing, untuk sementara tidak diperbolehkan untuk memancing di sekitar waduk dan pintu air. Pengunjung harus berputar terlebih dahulu mengelilingi waduk dan hanya diperkenankan untuk memancing di sisi selatan saja.

Mungkin pengunjung akan merasa kelaparan setelah berkeliling menikmati panorama alam Waduk Bajulmati. Tidak perlu khawatir sebab tersedia beberapa cafe, warung dan restoran yang menyajikan berbagai menu makan seperti Sego Cawuk, Rujak-Soto, Pecel-Rawon hingga Nasi Tempong.

Wisata Waduk Bujulmati situbondo
Waduk Bajulmati Situbondo (Photo by Ig @iwanperdana_24)

Baca Juga: Wisata Pantai Pandawa Bali – Sejarah, Lokasi, & Tiket

Tiket Masuk Waduk Bajulmati Situbondo

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke lokasi wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket yang akan membuat kantong kering. Sebab tiket masuk Waduk Bajulmati hanya dibandrol seharga Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa menikmati destinasi wisata ala Raja Ampat ini.

Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan, Anda akan tetap dikenai biaya parkir sebesar Rp 10.000 bagi kendaraan roda 2 dan Rp 25.000 untuk kendaraan roda 4.

Jam Buka

Jam buka Waduk Bajulmati Situbundo dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Jika Anda ingin mengunjungi lokasi wisata ini lebih baik datanglah saat pagi atau sore hari.

Sebab di jam-jam itu terik matahari tidak terlalu menyengat dan Anda tetap bisa nyaman menjelajahi objek wisata waduk ini.

Lokasi

Lokasi Waduk Bajulmati berada di perbatasan antara 2 wilayah yaitu wilayah Desa Wonorejo, Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan wilayah Desa Watukebo, Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Area waduk ini berjarak kurang lebih 37,9 Km dari pusat Kota Situbondo dengan jarak tempuh selama 49 menit. Jika dari Taman Nasional Baluran hanya membutuhkan waktu sekitar 19 menit saja untuk sampai di titik lokasi wisata.

Apabila pengunjung dari arah Pusat Kota Banyuwangi dibutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 60 menit dengan jarak sekitar 41,8 Km dari titik lokasi destinasi wisata Waduk Bajulmati.

Fasilitas

Menikmati Waduk Bujulmati
Waduk Bajulmati (Photo by Ig @hendrik.wahyu.wibowo)

Beberapa fasilitas Waduk Bajulmati yang bisa Anda nikmati saat berlibur ke lokasi wisata ini, antara lain yaitu tempat penyewaan ATV, penyewaan speed boat yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling waduk, permainan outbound, rest area, toilet umum dan mushola untuk beribadah. 

Kabarnya pemerintah daerah Situbondo dan Banyuwangi akan terus berusaha dan bekerja sama untuk membangun beberapa fasilitas tambahan agar semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata Waduk Bajulmati Situbondo. Semoga informasi wisata di atas berguna sebagai referensi Anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan selama pergantian tahun. Sampai jumpa di pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Kawah Ijen Banyuwangi – Bluefire yang Menakjubkan

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *