Merasakan Sensasi Wisata Bawah Air Kekinian di Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten
Umbul Ponggok Klaten (Sumber: umbulponggok.co.id/)
Daftar isi

Umbul Ponggok merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan bawah air menarik di dalamnya. Di sini, kamu dapat merasakan sensasi berenang bersama aneka ikan lucu sekaligus berfoto dalam air yang sangat jernih. Penasaran? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya!

Sejarah Umbul Ponggok

Jauh sebelum menjadi sebuah objek wisata, tempat ini merupakan salah satu sumber mata air paling tua yang berada di daerah Klaten. Bahkan, dulunya pernah berdiri sebuah pabrik gula pada era 1920-an.

Saat itu, Umbul Ponggok berfungsi sebagai water reservoir alias tempat penampungan air untuk memenuhi kebutuhan operasional untuk pabrik. Air yang tidak kering dan terus mengalir sekalipun musim kemarau membuat industri gula selalu aman dari masalah suplai air. Meskipun begitu, pabrik tersebut akhirnya harus tutup akibat timbulnya krisis ekonomi.

Warga setempat pun lantas memanfaatkan umbul sebagai sarana irigasi untuk area persawahan dan perkebunan sekitar. Baru setelah beberapa waktu, kawasan ini bertransformasi menjadi salah satu destinasi wisata air yang bisa wisatawan nikmati seperti sekarang.

Aktivitas Wisata di Umbul Ponggok

umbul ponggok
Sensasi wisata bawah laut di Umbul Ponggok (Sumber: umbulponggok.co.id/)

Daya tarik utama wisata ini adalah spot underwater selfie atau foto bawah airnya. Berbekal aneka macam properti dan hiasan yang tersedia, seperti vespa, motor, tenda, sampai becak, pengunjung boleh berpose lucu sambil mengabadikan momen di sini. Selain dengan properti, kamu pun berkesempatan untuk berfoto dengan ribuan ikan hias air tawar yang akan mengelilingi.

Artikel Terkait

Apabila ingin hasil foto yang lebih ciamik, sudah ada jasa fotografer profesional yang dapat kamu sewa untuk membantumu sewaktu berfoto dalam air. Pengunjung tidak perlu risau kalau lupa atau tidak membawa kamera, soalnya ada banyak kamera yang bisa kamu sewa untuk berselfie.

Tidak sampai di situ, kamu juga bisa berenang, snorkeling, ataupun diving di sini. Tentunya akan sangat menyenangkan ketika dapat menikmati kejernihan air dan melihat dasar kolam yang masih alami bersama ribuan ekor ikan cantik yang siap menemani.

Tiket Masuk Umbul Ponggok Klaten

Untuk dapat masuk ke dalam area, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp10.000 (Senin – Jumat) dan Rp15.000 (Sabtu – Minggu). Dengan harga yang murah, kamu pun sudah bisa menikmati segala keindahan bawah air yang sangat eksotis di sana.

Jam Buka Umbul Ponggok

Beroperasi setiap hari dari Senin sampai Minggu, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata air ini mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Adapun bagi pengunjung yang ingin lebih berlama bermain air, disarankan untuk datang sejak pagi hari.

Lokasi Umbul Ponggok Klaten

Destinasi wisata satu ini beralamat di Jalan Raya Ponggok-Delanggu, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Sesudah mengetahui berbagai informasi mengenai Umbul Ponggok, apakah Advonturers tertarik untuk mampir kemari? Tempat ini sangatlah layak untuk kamu masukkan ke dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Klaten.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *