1. Tips Wisata

5 Tips Liburan Hemat Biar Liburanmu Ga Bikin Kantong Kering

Pasti kamu pernah kan, sekilas berpikir ingin pergi berlibur sejenak untuk melepaskan penat dari hiruk-pikuk kehidupan, tapi masih dilema karena masalah biaya. Padahal, banyak banget lho tips liburan yang dapat kamu terapkan, supaya kamu bisa berlibur dan tidak pusing mengenai biayanya.

Pada kesempatan kali ini, Advontura akan memberimu beberapa tips liburan hemat yang tentunya akan membantumu meminimalisir pengeluaran dan masih bersenang-senang. Seperti apa informasinya? Yuk simak selengkapnya dalam artikel Advontura kali ini.

 

Cari Diskon atau Promo

Tips liburan hemat pertama adalah selalu cari diskon atau promo. Tidak dipungkiri, hadirnya promo di berbagai platform sangat membantu kita para on-budget traveler. 

Biasanya menjelang liburan akhir tahun atau liburan sekolah diskon-diskon banyak beredar dari penyedia akomodasi seperti hotel hingga sewa kendaraan. Begitu juga dengan penginapan seperti hotel atau guest house. Diskon bisa kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran liburan.

Sumber: Unsplash

Supaya kamu bisa mendapat promo atau harga yang lebih miring, kamu bisa memesan akomodasi tersebut satu bulan sebelum keberangkatan atau sebelum tanggal libur. Sebab jika terlalu mepet, kamu akan mendapat harga peak season yang pastinya jauh lebih mahal.

Fungsi Nomor Satu, Gengsi Nanti Dulu

Tips liburan hemat kedua adalah mengedepankan fungsi daripada gengsi. Bagi sebagian dari kita, liburan adalah menikmati pengalaman terbaik melalui fasilitas terbaik. Oleh karena itu, biasanya kita memilih akomodasi dengan harga yang terbilang mahal. Jangn lupa bersikap realistis terhadap anggaran. Kamu harus menyesuaikan dengan kemampuan pribadi agar kondisi keuanganmu tetap sehat. 

Sumber: Unsplash

Kamu bisa menyewa akomodasi penginapan yang murah dan nyaman, tidak perlu yang terlalu mewah dan lengkap dengan berbagai fasilitas. 

Jika menggunakan kendaraan umum, beli tiket kelas ekonomi. Ingat, fokus pada kesehatan finansialmu, karena tujuan utamamu adalah sampai ke tempat tujuan wisata dan bersenang-senang.

Kunjungi Tempat Wisata Yang Sudah Familiar

Tips liburan hemat yang ketiga adalah mengunjungi lokasi yang sudah familiar. Emang kenapa kita harus familiar dengan tempat yang kita kunjungi?

Jadi begini, ketika berlibur, kita cenderung kalap atau bahasa kerennya impulsif. Secara tidak sadar, kita akan membeli atau mengonsumsi sesuatu secara tiba-tiba dan tanpa rencana atas dasar “kalo ga sekarang, kapan lagi?”. 

Kita secara rela mengeluarkan uang dalam skala yang besar. Padahal jika kamu pikir kembali, apa yang kamu beli atau konsumsi mungkin tidak begitu penting-penting amat dan bahkan tidak worth-the-price.

Bentuk pembelian impulsif ini bisa hadir karena ketidak-familiaran kita pada lokasi yang kita kunjungi, apa yang ditawarkan, dan standar harga di situ. Karena tidak familiar, maka kita akan rela-rela saja mengeluarkan uang dalam jumlah besar tanpa berpikir panjang. 

Sebagai contoh, kamu mungkin menemukan cinderamata yang biasanya dijual sekitar Rp15.000 di toko-toko lainnya, tetapi di toko souvenir yang kamu kunjungi, mereka membandrolnya dengan harga Rp50.000 atau lebih. Karena kamu belum melakukan familiar dengan harga di toko lain, maka kamu akan memilih untuk membeli cinderamata seharga Rp50.000 itu.

Sumber: Unsplash

Untuk menghindari praktik pembelian impulsif ini, langkah yang tepat adalah dengan mengunjungi tempat-tempat yang kamu sudah familiar. Tempat familiar yang kami maksud di sini dapat berupa lokasi-lokasi wisata yang sudah kamu kunjungi sebelumnya, setidaknya pernah kamu kunjungi sekali. 

Karena kita sudah tau standar harga dan apa saja yang ditawarkan sebelumnya, kita dapat menimbang-nimbang keputusan, sebelum akhirnya melakukan transaksi.

Menghindari Berbelanja di Spot Turis

Saat berkeliling di suatu tempat wisata, kebanyakan wisatawan biasanya akan digiring untuk memasuki toko souvenir yang menawarkan produk-produk dengan harga premium. Sebaiknya, kamu menghindari toko souvenir tipe satu ini, dan menuju toko-toko lainnya yang menawarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber: Unsplash

Praktik seperti ini dapat dikategorikan sebagai jebakan turis. Biasanya, para pedagang souvenir mengambil kesempatan dari ketidaktahuan wisatawan untuk meraup untung sebesar-besarnya. Di sini, para pedagang akan sedikit memaksa wisatawan membeli, mematok harga yang tinggi, dan menjual produk berkualitas rendah.

Tentu ini tidak sesuai dengan liburan hemat yang ingin kamu lakukan. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati bahkan menghindari untuk berbelanja di spot-spot turis. Praktik ini juga berlaku pada perbedaan harga, di mana wisatawan lokal seringkali mendapatkan harga lebih terjangkau, sementara wisatawan asing mungkin dikenai harga yang lebih tinggi.

Membawa Bekal Sendiri dari Rumah

Last but not least, tips liburan hemat versi Advontura selanjutnya adalah membawa bekal makanan dan minuman. Memang, berwisata kuliner termasuk ke dalam to-do-list dari kegiatan liburan. Tapi, terkadang, harga makanan dan minuman di tempat wisata bisa terbilang tidak masuk akal dan tidak ramah bagi kantong.

Sumber: Unsplash

Maka dari itu, kamu bisa menyiapkan botol khusus untuk minuman dan tempat/kantong khusus untuk makanan dan cemilan. Bekal yang kamu sudah siapkan dapat kamu makan/minum selama perjalanan. Jadi, selama di perjalanan, kamu bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli air dan makanan.

Selain karena lebih hemat, membawa bekal sendiri juga sangat membantu kamu yang mempunyai penyakit bawaan yang mengharuskan kamu untuk melakukan diet tertentu. Salah satu contohnya adalah asam lambung. 

Tentu akan sangat merepotkan jika harus mencari jenis-jenis makanan yang ramah bagi pengidap asam lambung. Sebagai referensi, kamu dapat menggunakan resep lauk untuk penderita asam lambung ini. Dengan membawa bekal sendiri, kamu juga dapat menjamin kehigienisan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Baca Juga: 10 Wisata Alam Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Sekian pembahasan mengenai 5 tips liburan hemat yang tidak bikin kantongmu kering dan menangis. Secara singkat, Advontura menyarankan supaya kamu berlibur sesuai kemampuanmu. Meski liburan memiliki tujuan untuk bersenang-senang, jangan sampai pengeluaran yang terlalu besar merusak momen bersenang-senang.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Tips Liburan Hemat Biar Liburanmu Ga Bikin Kantong Kering

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pantai Ngebum adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan para pengunjung untuk bermain air dan berenang dengan aman. Di pantai wisata ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan kapal-kapal besar yang keluar masuk dari Pelabuhan Tanjung Emas, serta perahu-perahu nelayan yang sibuk mencari ikan. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini! […]
    Pantai Akkarena terletak di Jalan Tanjung Bunga, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini tidak hanya akan memanjakan mata dengan keindahan pantainya, tetapi juga menyajikan beragam wahana rekreasi dan pilihan kuliner yang lezat.  Pantai wisata satu ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menghabiskan liburan bersama keluarga di kota Makassar. Seperti apa kira-kira pantai satu ini? […]

    Trending

    Semua orang Indonesia tahu jika Pulau Bali adalah pulau yang terkenal dengan keindahannya. Sudah sekian lama  Pulau Bali menjadi destinasi wisata andalan bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Tak heran, jika jumlah pengunjung di Pulau Dewata meningkat setiap tahunnya sehingga obyek wisata di Bali pun akan mengalami peningkatan dari segi pelayanan dan pariwisata. Oleh karena itu, […]
    Kota Palu terkenal akan sebutan kota lima dimensi. Dengan kata lain, kota yang mempunyai lanskap alam yang menakjubkan antara lain seperti sungai, lautan, pegunungan, teluk dan lembah. Dari kelima lanskap tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan berupa lautan yang indah dari Pantai Talise. Menjadi salah satu wisata bahari di Palu, banyak pengunjung dan pendatang yang familiar […]
    Saatnya travelling ke Maluku! Jika di pembahasan sebelumnya kita bersenang-senang di Indonesia bagian barat. Kali ini kita akan mengintip keindahan pantai yang ada di Ternate, Provinsi Maluku. Yap, Pantai Sulamadaha yang begitu eksotis membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.  Biar makin penasaran, yuk simak perjalanan wisata di Pantai Sulamadaha berikut ini! Daya Tarik Pantai […]