The Lost World Castle Jogja – Lokasi dan Harga Tiket Terbaru

The lost world castle
Photo by blog.jadipergi.com
Daftar isi

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota yang yang memiliki ragam pesona alam, budaya ataupun tempat wisata, yang selalu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan. Salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke Yogyakarta yakni wisata The Lost World Castle Jogja.

Di tempat wisata ini Anda akan melihat bangunan unik yang menciptakan nuansa seakan-akan berada di Benteng Takeshi. Penasaran seperti apa penampakannya? Yuk simak ulasan lengkap di bawah ini.

Sejarah Singkat Castle Yogyakarta

The Lost World Castle Jogja merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Meskipun berada di kawasan rawan bencana Gunung Merapi, tempat wisata ini tetap populer dan banyak menarik minat pelancong untuk datang.

Nama The Lost World Castle memang terkesan misterius. Ternyata pemberian nama ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan dahsyatnya peristiwa letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 yang menyapu bersih kawasan Desa Kepuharjo dan sekitarnya. The Lost World dalam Bahasa Indonesia berarti dunia yang hilang.

Peristiwa kelam tersebut menyebabkan perekonomian masyarakat desa terpuruk. Sehingga masyarakat bersama  pengusaha lokal berusaha untuk membangkitkan kembali perekonomian dengan membuat desa wisata yang objek utamanya adalah kastil berikut.

Artikel Terkait

Akhirnya, pada tahun 2016, objek wisata kastil berikut dibangun tepat di atas lokasi Desa Kuharjo yang hilang. Masyarakat memanfaatkan batu dari sisa erupsi Gunung Merapi sebagai bahan bakunya. Bangunan tersebut memiliki luas tanah sekitar 1,3 hektar. 

Daya Tarik Wisata the Lost World Castle Jogja

Objek wisata ini memiliki daya tarik yang jarang Anda temui tempat wisata lainnya. Antara lain sebagai berikut :

Bangunan Unik

Sesuai dengan namanya, wisata ini memiliki arsitektur unik serupa kastil. Sehingga banyak orang yang mengira kastil ini merupakan kembaran dari Benteng Takeshi yang ada di reality show Jepang.

Namun, tak sedikit pula yang menyebut bahwa kastil tersebut mirip dengan The Great Wall (Tembok besar di Cina) karena memiliki tembok berwarna kelabu yang tinggi disertai dengan pos-pos penjagaan setiap beberapa meter.

Spot Foto yang Menarik

Di tempat ini ada banyak sekali spot foto menarik untuk Anda coba. Salah satunya yaitu spot foto negeri di atas awan. Di sini terdapat dua objek foto yang selalu ramai antrian, yakni objek sayap dan objek paradise gate. Dimana terdapat tangga menjulang ke atas langit, seolah-olah jalan menuju surga.

Tidak hanya itu, terdapat juga spot foto dengan objek pohon-pohon sakura Jepang, perkampungan Suku Indian, hingga kapal Black Pearl yang lengkap berisi peralatan bajak laut dan dikelilingi harta karun.

Untuk menambah keseruannya, pengunjung bisa menyewa beberapa properti khas Indian yang telah disediakan oleh pihak pengelola castle. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp10.000 saja. Bagaimana? Tertarik untuk berfoto di sini?

Pemandangan dari Ketinggian 

The Lost World Castle Jogjakarta
The Lost World Castle (Photo by jogjaasik.com)

Selain berfoto, keseruan lain yang bisa dilakukan yakni menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Saat senja, Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di ufuk barat yang tentunya menyajikan panorama alam sangat luar biasa.

Lukisan 3D

Di tempat wisata berikut, terdapat beberapa lukisan 3D yang dapat dijadikan sebagai spot foto instagramable antara lain lukisan air terjun disertai jembatan kayu, lukisan permadani terbang, dan lukisan kolam hiu yang menyeramkan. Lukisan 3D tadi dijamin akan membuat hasil foto Anda terasa begitu nyata.

Baca Juga: Kebun Buah Mangunan Jogja – Tiket Masuk & Jam Buka

Harga Tiket Masuk The Lost World Castle Jogja

Harga tiket masuk The Lost World Castle Jogja dikenakan biaya sebesar Rp25.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir.

Pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda 4, dan Rp2.000 untuk kendaraan roda 2.

Rute

Lokasi The Lost World Castle berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. 

Tempat rekreasi ini berjarak 29,3 km dari pusat Kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 60 menit untuk sampai di titik lokasi.

Meskipun jalan menuju lokasi terbilang jauh, namun rupanya rute perjalanannya cukup sederhana. Anda hanya perlu mengikuti jalan kaliurang, kemudian terus berjalan ke arah utara menuju Kaliadem.

Selanjutnya, pilih Jalan Bedeng-Dusun Petung yang akan mengantar Anda sampai ke Kopi Merapi. Setelah melewati area tersebut, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur. Tidak lama kemudian bangunan castle akan terlihat dari kejauhan.

Jam Buka

The lost world castle
Lost World Castle (Photo by jamelatour.co.id

Tempat wisata ini buka setiap hari. Jam operasionalnya dimulai pukul 07.00 – 18.00 pada hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan minggu, destinasi liburan berikut dibuka mulai pukul 06.00-18.00.

Demikian informasi mengenai wisata The Lost World Castle Jogja yang wajib Anda ketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat khususnya bagi sobat Advontura yang tengah merencanakan liburan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan tempat hiburan seru lainnya!

Baca Juga: Heha Sky View Jogja: Surga Para Pecinta Langit

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *