10 Tempat Wisata Semarang yang Cocok jadi Spot Liburan Kamu

Tempat Wisata Semarang (sumber: @mizabul_falah on Instagram)
Tempat Wisata Semarang (sumber: @mizabul_falah on Instagram)
Daftar isi

Selaku kota paling besar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang menjadi salah satu daerah yang kerap kali dikunjungi wisatawan. Lantas, destinasi menarik apa saja yang bisa dijumpai di kota ini? Berikut 10 tempat wisata Semarang yang cocok jadi spot liburan kamu versi Advontura!

10 Tempat Wisata Semarang yang Cocok Jadi Referensi Liburan

1. Kampung Batik

Kampung Batik Semarang (sumber: @aslisemarang on Instagram)
Kampung Batik Semarang (sumber: @aslisemarang on Instagram)

Sesuai dengan namanya, Kampung Batik di kawasan Jalan Batik merupakan tempat wisata Semarang yang menjadi pusat kerajinan batik asli Semarang. Sebagian besar penduduk yang tinggal kampung ini pun merupakan pengrajin batik.

Kamu dapat menyaksikan langsung proses pembuatan dan membeli batik-batik khas Semarang, bahkan belajar cara membatik di sini. Tidak sedikit pula wisatawan yang mampir sekadar untuk mengamati keunikan kampung yang pada temboknya banyak dihiasi dengan lukisan indah bertemakan batik.

Mengenai waktu operasional, Kampung Batik Semarang buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00. Harga tiket masuknya sendiri tidak dipungut biaya alias gratis. 

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti (sumber: @semarangexplore on Instagram)
Umbul Sidomukti (sumber: @semarangexplore on Instagram)

Tempat wisata Semarang dan sekitarnya yang dapat kamu kunjungi berikutnya adalah Umbul Sidomukti di Jimbaran, Kec. Bandungan, Kab. Semarang. Berbekal lahan seluas 72 hektare, Umbul Sidomukti mempunyai kolam renang epik dengan latar belakang perbukitan setinggi 1200 meter yang diapit oleh dua buah jurang.

Artikel Terkait

Tidak cuma kolam renang, ada juga sejumlah restoran dan cafe untuk bersantai, sekaligus penginapan yang bisa disewa. Kamu juga dapat menikmati beragam kegiatan outbound, misalnya flying fox, ATV, sepeda awan, paralayang, atau treking menuju Gunung Ungaran.

Dengan tiket masuk seharga Rp 5.000, kamu bisa datang ke sini setiap harinya dari pukul 09.00-18.00.

3. Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur (sumber: @maheswarieventsemarang on Instagram)
Lembah Kalipancur (sumber: @maheswarieventsemarang on Instagram)

Lembah Kalipancur di Kecamatan Ngaliyan merupakan salah satu tempat wisata Semarang yang unik dengan daya tarik bangkai pesawatnya. Bukan sembarangan, bangkai pesawat tersebut didatangkan langsung dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pihak pengelola sendiri menyulapnya menjadi restoran dengan desain interior mirip pesawat terbang sungguhan.

Selanjutnya, pengunjung dapat menikmati pesona Japanese Village ala pedesaan Negeri Sakura, berbelanja di pasar apung danau buatan, serta mengunjungi aneka kandang hewan di sana.

Beroperasi dari pukul 09.00-20.00 setiap harinya, pengunjung dapat datang kapan saja dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000/orang.

4. Eling Bening

Eling Bening (sumber: @suhasuharni on Instagram)
Eling Bening (sumber: @suhasuharni on Instagram)

Apabila kamu mencari tempat wisata Semarang dengan fasilitas lengkap, Eling Bening adalah jawabannya. Kawasan Eling Bening memang menawarkan pemandangan alam terbuka yang menakjubkan, bersatu padu dengan sejuknya udara khas dataran tinggi pegunungan.

Tidak sampai di situ, hamparan Danau Rawa Pening yang dibingkai oleh deretan bukit hijau dan dan perkebunan kopi pun dapat kamu saksikan. Panorama semacam ini akan semakin memanjakan mata apabila kamu datang pada sore hari sambil ditemani oleh Sang Surya yang mulai terbenam.

Tidak perlu khawatir kehabisan tiket, jam operasionalnya dimulai pukul 08.00-18.00 setiap hari. Adapun harga tiket masuknya sendiri sebesar Rp 25.000/orang.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (sumber: @syafaatululyaaa on Instagram)
Masjid Agung Jawa Tengah (sumber: @syafaatululyaaa on Instagram)

Beralih ke destinasi religi, Masjid Agung Jawa Tengah menjadi tempat wisata Semarang Jawa Tengah yang boleh kamu datangi selanjutnya. Ciri khas masjid ini tampak dari enam payung elektrik dalam serambi yang membuatnya sekilas terlihat serupa dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Terdapat pula 25 pilar dengan desain mirip dengan Colosseum Roma, Italia. Jumlah tersebut merupakan representasi dari jumlah nabi beserta rasul yang mesti diketahui dalam agama Islam.

Apabila mampir ke sini, kamu tidak boleh melewatkan Menara Asmaul Husna yang tingginya mencapai 99 meter. Pengunjung diizinkan untuk naik puncak menara dan mengamati langsung pesona Kota Semarang dari ketinggian, dengan catatan akan ada biaya tambahan yang dikenakan.

6. Lawang Sewu

Lawang Sewu (sumber: @alkarim on Instagram)
Lawang Sewu (sumber: @alkarim on Instagram)

Jika kamu baru pertama kali datang ke Semarang, berkunjung ke Lawang Sewu wajib hukumnya. Tempat wisata Semarang yang ikonik ini beralamat di Jalan Pemuda, tidak jauh dari Simpang Lima yang dianggap sebagai pusat kota.

Dulunya Lawang Sewu sempat digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta Hindia Belanda, kantor Djawatan Kereta Api RI, sampai kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Sekarang, tempat tersebut sudah dikonservasi menjadi museum yang sarat akan nilai sejarah.

Selain bernilai historis, bagi sebagian orang Lawang Sewu juga mempunyai kesan angker atau mistiknya. Namun, hal tersebut tidak lantas menyurutkan niat wisatawan untuk berkunjung.  

Landmark paling populer di Semarang ini terkenal akan jumlah pintunya yang banyak sampai masyarakat menyebutnya Lawang Sewu yang berarti Seribu Pintu. Konon, jumlah semua pintunya juga tidak sampai seribu, kok, yakni sebanyak 429 pintu.

Dengan tiket Rp 10.000-Rp 30.000 per orang, kamu sudah bisa menyambangi Lawang Sewu pada hari Senin-Jumat (08.00 – 17.00) dan Sabtu-Minggu (08.00-22.00).

7. Benteng Pendem

Benteng Pendem (sumber: @eninuraini70 on Instagram)
Benteng Pendem (sumber: @eninuraini70 on Instagram)

Masih soal destinasi sejarah, terdapat Benteng Pendem atau Benteng Willem I di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang yang tidak boleh dilewatkan. Berdiri sejak tahun 1834, benteng ini masih bertahan kokoh sampai sekarang.

Untuk berkunjung ke dalam benteng, pengunjung diharuskan untuk meminta izin terlebih dahulu. Sebab, lokasinya berada persis di dalam wilayah Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa.

Objek wisata Benteng Pendem beroperasi setiap hari dari pukul 08.00-18.00. Kamu pun cukup membayar uang tiket Rp 7.500 per orang saja jika ingin masuk.

8. Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening (sumber: @exploreyogyajateng on Instagram)
Bukit Cinta Rawa Pening (sumber: @exploreyogyajateng on Instagram)

Meskipun bukan tempat wisata Semarang yang baru, Bukit Cinta Rawa Pening masih tampil lebih menawan untuk menyambut para wisatawan dari berbagai daerah. Lokasinya tepat berada di Kebondowo, Kec. Banyubiru, Kab. Semarang.

Untuk masuk ke dalam, nantinya kamu mesti melewati pintu masuk unik berbentuk mulut naga raksasa yang yang tampak siap melahap siapa saja. Nuansa dan atmosfer teduh bercampur sejuk akan langsung kamu rasakan berkat jajaran pohon hijau yang memayungi kawasan Bukit Cinta Rawa Pening. 

Harga tiket masuknya pun tergolong sangat murah yakni Rp 10.000 per orang. Adapun jam operasional tempat wisata ini yakni pukul 08.00-16.00 setiap harinya.

9. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara (sumber: @lalaaa.hn on Instagram)
Pagoda Avalokitesvara (sumber: @lalaaa.hn on Instagram)

Tahukah kamu bahwa Pagoda Avalokitesvara adalah pagoda tertinggi di Indonesia yang mencapai 45 meter? Pagoda ini merupakan salah satu dari dua bangunan utama Vihara Buddhagaya Watugong di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kec. Banyumanik, Semarang.

Selain berstatus sebagai pagoda tertinggi di tanah air, pesona Pagoda Avalokitesvara pun sangat indah, sekalipun sewaktu malam. Tempat wisata Semarang ini beroperasi buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 Untuk tiket masuknya sendiri, pengunjung dapat memberikan donasi seikhlasnya.

10. Kota Tua

Kota Tua (sumber: @mihsannst on Instagram)
Kota Tua (sumber: @mihsannst on Instagram)

Persis seperti namanya, Kota Tua ialah sebuah area di Semarang dengan segudang bangunan megah kuno berarsitektur khas Eropa. Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang, kawasan tersebut dulunya dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan kota Semarang pada abad ke-19 dan 20.

Bertempat di Jalan Letjen Suprapto No.31, kamu dapat berkunjung untuk menikmati dan menelusuri langsung keindahannya. Tentunya sejumlah bangunan dengan arsitektur kuno yang ada dapat dijadikan latar belakang foto yang memukau. Catatan, tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi Kota Tua Semarang.

Demikianlah 10 tempat wisata Semarang yang cocok menjadi referensi liburanmu. Dengan segudang pilihan destinasi wisata, tidaklah heran jika ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini menjadi pilihan favorit untuk berlibur!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *