30 Tempat Wisata Jogja Paling Hits dan Populer Sudah Dibuka

tempat wisata jogja
Photo by njogja.co.id
Daftar isi

Tempat wisata jogja? Sudahkah Anda mengunjungi salah satunya?

“Jogjakarta Berhati Nyaman” atau Jogjakarta Bersih, Sehat, Asri dan Nyaman merupakan semboyan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tentunya salah satu provinsi di Indonesia ini sudah terkenal di kalangan masyarakat Indonesia bahkan wisatawan mancanegara.

Budaya dan nilai kehidupan Jawa yang kental dan dilestarikan oleh penduduk lokal menjadi ciri khas menarik yang mampu mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata Jogja.

Dalam artikel ini, advontura akan membawa kalian secara virtual untuk mengunjungi 30 wisata Jogja terhits! Penasaran untuk mengetahui tempat wisata Jogja terbaru? Mari simak informasinya lebih lanjut.

Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi berada di Jl. Kaliurang, Sawangan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman. Tempat wisata ini buka setiap Selasa – Minggu (08.30 – 17.00). Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung harus membeli tiket dengan harga Rp. 25000 / orang.

Di tempat wisata Jogja terhits ini, terdapat berbagai aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Kalian dapat secara langsung berinteraksi dengan hewan budidaya yang ada di agrowisata ini.

Kambing Etawa yang lucu sering menjadi primadona untuk diajak bermain oleh para wisatawan. Wisatawan juga dapat berfoto dengan latar belakang spot menarik yang tersedia.

Artikel Terkait

Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang terletak di Nglanggeran Kulon, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul. Tiket masuk tempat wisata Jogja ini tergolong terjangkau yakni Rp. 7000 / orang. Tempat wisata Jogja terhits ini buka selama 24 jam. Pengunjung juga dapat menyewa camping ground di area dekat air terjun.

Air terjun ini memiliki pesona yang indah dan menarik. Terdapat 3 aliran air dan 6 tingkatan air yang tersusun dari bebatuan. Kalian dapat berfoto di bagian bawah air terjun dengan latar belakang susunan bebatuan alami.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Pengunjung dapat masuk ke area wisata ini hanya dengan membayar Rp. 5000 / orang. Tempat wisata Jogja terhits ini dibuka pukul 07.00 – 17.00. Fasilitas yang tersedia di tempat ini adalah mushola, gazebo, warung dan wahana flying fox.

Air Terjun Kedung Pedut memiliki pemandangan yang eksotis. Area air terjun ini dikelilingi oleh hutan alami. Terdapat juga kolam renang yang terbentuk secara alami dari aliran air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Kawasan air terjun ini dikelola oleh pemerintah desa setempat. Untuk masuk ke tempat wisata Jogja ini, pengunjung harus membayar Rp. 15000. Jam operasional tempat wisata ini adalah setiap hari pukul 08.00 – 16.00.

Tempat wisata ini sering menjadi pilihan para pengunjung karena panorama yang terasa asli dan alami. Pengunjung juga dapat berenang dengan air yang bersih bebas dari sampah. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini termasuk lengkap (musala, warung, penyewaan rakit dan pelampung, tempat penitipan barang).

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung Wisata di Jogja
Bukit Panguk Kediwung (Photo by hargatiket.net)

Bukit Panguk Kediwung memiliki pesona bagaikan taman diatas awan. Tempat wisata Jogja ini terletak di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk masuk ke area wisata ini. Jam operasional dari bukit ini adalah pukul 05.00 – 18.00.

Terdapat berbagai macam spot foto instagramable. Kalian dapat mengambil foto di spot kapal pinisi, kereta kuda, gardu pandang dan sebagainya. Latar belakang perbukitan dan awan membuat kalian merasa seperti di surga.

Candi Prambanan

Candi Prambanan
Candi Prambanan (Photo by en.wikipedia.org)

Candi Prambanan berada di Jl. Raya Solo-Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Tempat ini buka pada pukul 08.00 – 16.00. Pengunjung dapat masuk ke area ini hanya dengan membayar Rp. 25000 (anak-anak) dan Rp. 50000 (dewasa).

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Terdapat 240 candi besar di kompleks Prambanan. Terdapat berbagai macam wahana (ayunan langit de geyong, berkuda, taman) yang dapat menjadi pilihan wisatawan.

Curug Luweng Sampang

Curug Luweng Sampang berada di Mongkrong, Sampang, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat wisata Jogja terhits ini memiliki pesona seperti Grand Canyon USA. Kalian tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati keindahan tempat ini. Pesona bebatuan alam sekeliling menjadi daya magis dari curug ini.

Walaupun fasilitas tempat ini belum terlalu lengkap, banyak masyarakat yang masih tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Curug Pulosari

Curug Pulosari berada di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kecamatan Bantul. Air terjun ini memiliki ketinggian 5 – 7 meter. Kalian hanya perlu membayar Rp. 2000 untuk masuk ke area wisata. Curug ini memiliki pesona alam yang menakjubkan karena terletak di tengah hutan.

Tempat wisata Jogja terhits ini juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai. Terdapat mushola, kamar ganti, kamar mandi dan warung makanan.

Dolan Deso Boro

Objek wisata ini terletak di Depok, Banjarsari, Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Tempat ini buka setiap hari pukul 06.00 – 17.00. Dolan Deso Boro menawarkan paket wisata komplit mulai dari bumi perkemahan, outbound, wisata air, wisata pelestarian alam dan penginapan.

Tempat wisata Jogja terhits ini terbilang cukup unik. Untuk masuk ke area desa ini, kalian tidak dikenakan biaya. Mari segera berkunjung!

Goa Cerme

Goa ini terletak di Jl. Srunggo, Selopamioro, Kecamatan Imogiri. Goa Cerme merupakan salah satu tempat wisata Jogja terhits yang tidak boleh untuk dilewatkan. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00 – 18.00. Untuk masuk ke area ini, pengunjung dikenakan biaya Rp. 3000 / orang.

Di dalam goa, terdapat kolam air dangkal yang sering menjadi tempat pengunjung bermain. Goa ini juga masih sering digunakan untuk penyelenggaraan ritual adat daerah setempat.

Goa Pindul

Goa Pindul terletak di Jogja. Spesifiknya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 07.00 – 16.30. Terdapat 3 zona menarik di goa ini yakni zona terang, remang dan gelap. Tempat ini termasuk eksotis karena memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah.

Terdapat berbagai macam aktivitas yang dapat menjadi pilihan pengunjung seperti cave tubing (menelusuri goa), river tubing (menelusuri sungai sekitar gua). Tersedia beberapa paket wisata di tempat ini dengan kisaran Rp. 10000 (tiket masuk), Rp. 40000 (cave tubing), Rp. 60000 (river tubing).

HeHa Sky View

HeHa Sky View merupakan tempat wisata terhits di Jogja yang masih tergolong baru. Tempat wisata ini terletak di Jl. Dlingo-Patuk 2, Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini buka setiap hari pukul 11.00 – 21.00. Tempat ini menawarkan bermacam-macam spot foto indah sekaligus wisata kuliner.

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp. 10000 (Senin – Jumat; 11.00 – 16.00), Rp. 15.000 (Senin – Kamis; 16.00 – 21.00) (Sabtu – Minggu; 11.00 – 16.00) dan Rp. 20000 (Jumat – Minggu; 16.00 – 21.00).

History of Java Museum

History of Java Museum berada di Jl. Parangtritis Km 5.5. Tarudan, Sewon, Kabupaten Bantul. Museum ini terbilang sangat unik karena memiliki konsep yang rapi dan penuh sejarah. Untuk masuk ke tempat ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 40000 / orang.

Tempat wisata Jogja terhits ini menyimpan banyak koleksi yang menceritakan sejarah kerajaan di Jawa hingga perkembangan budaya Jawa dari masa ke masa.

Kalinampu Pundong

Kalinampu Pundong termasuk tempat wisata Jogja terbaru yang wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata ini terletak di Kalinampu, Seloharjo, Kecamatan Pundong tepatnya di tepian sungai Opak. Terdapat spot foto menarik dengan latar belakang bunga eceng gondok serta hiasan khas negeri sakura.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk dengan kisaran harga Rp. 5000 hingga Rp. 10.000.

Lava Bantal

Lava Bantal juga merupakan tempat wisata Jogja terhits lainnya yang dapat menjadi referensi wisata. Tempat ini memiliki keunikan yakni bebatuan alami di sekitar sungai Opak yang terbentuk oleh lava gunung Merapi yang beku. Terdapat jembatan biru yang instagramable dan sering menjadi objek foto para wisatawan,

Tempat ini terletak di Sumber Kidul, Kalitirto, Kecamatan Berbah. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk karena tempat ini sifatnya adalah public space. Namun apabila ingin mencoba wahana (arung jeram, trekking), kalian dapat membayar dengan kisaran harga Rp. 50000 – Rp. 100000 / orang.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen memiliki gaya arsitektur yang khas dan unik. Museum ini menyimpan koleksi yang menggambarkan sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia (sejak masa Kerajaan Mataram). Museum ini bahkan pernah menerima anugerah sebagai museum terbaik di Indonesia oleh National Geographic.

Untuk masuk ke Museum Ullen Sentalu, pengunjung harus membayar Rp. 20000 (anak-anak) dan Rp. 40000 (dewasa). Kalian bisa menuju ke Jl. Boyong KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kabupaten Sleman. Jam operasional dari tempat ini adalah Selasa – Jumat (08.30 – 16.00) dan Sabtu – Minggu (08.30 –  17.00).

Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe merupakan tempat wisata Jogja terhits yang mungkin jarang diketahui para wisatawan. Tempat ini berada di kawasan Ngepung, Kemadang, Kabupaten Gunung Kidul. Pesona pasir putih yang indah menjadi daya tarik utama para wisatawan termasuk para pasangan untuk melakukan prewedding session.

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 10000 / orang. Fasilitas yang tersedia termasuk lengkap (mushola, kamar mandi, warung makan, gazebo).

Pantai Sinden

Pantai Sinden ini letaknya ada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Kalian dapat mengunjungi tempat wisata Jogja ini setiap hari pada jam operasional 06.00 – 17.00.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung harus membayar Rp. 10000. Terdapat juga wahana jembatan gantung (Rp. 25000) dan camping ground atau memancing (Rp. 50000).

Pantai Sinden terhubung ke Pulau Kalong dengan jembatan gantung. Pengunjung juga dapat melihat pesona keindahan pantai dari pulau ini. Terdapat banyak spot foto yang mampu membuat laman instagram kalian jadi terlihat mempesona.

Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung adalah salah satu tempat wisata Jogja terhits yang juga tidak bisa untuk dilewatkan. Terdapat bebatuan karang yang memiliki bentuk unik dan sering menjadi objek foto instagramable. Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung dikenakan biaya Rp. 5000 / orang.

Baca juga: 30 Pantai di Malang: Surga Indah Tersembunyi

Pantai Wedi Ombo

pantai wediombo
Wedi ombo (Photo by ksmtour.com)

Terdapat cukup banyak gugusan karang raksasa di tepian pantai Wedi Ombo. Hal ini membuat tempat wisata Jogja terhits ini aman untuk menjadi objek wisata renang. Air biru yang jernih serta hamparan pasir putih yang luas selalu menghipnotis para pengunjung.

Tempat wisata ini terletak di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 10000 (tiket masuk) dan Rp. 25000 (apabila ingin berkemah).

Puncak Sosok

Puncak sosok wisata di jogja
Puncak sosok (Photo by superadventure.co.id)

Sesuai dengan namanya, Puncak Sosok berada di dataran tinggi tepatnya di kawasan Jambon, Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul. Terdapat berbagai macam spot foto menarik, live music performance serta warung makan. Tempat ini buka setiap hari yaitu pukul 15.00 – 00.00 (weekday) dan 05.00 – 00.00 (weekend).

Untuk masuk ke area ini, pengunjung dikenakan biaya sukarela. Kalian juga dapat menyewa tikar untuk duduk selama menonton pertunjukan musik dengan membayar Rp. 5000.

Romantic Garden Bantul

Kalian hanya perlu membayar Rp. 8000 untuk masuk tempat wisata yang terletak di Jl. Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul ini. Tempat wisata di Jogja ini memiliki konsep taman bunga dengan berbagai hiasan buatan (rumah hobbit, lorong dan sebagainya) yang membuat pesonanya semakin indah.

Selopamioro Adventure Park

Selopamioro Adventure Park berada di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Kalian dapat menikmati pesona tepian sungai yang didesain kekinian dan instagramable. Terdapat juga berbagai macam wahana air (sepeda air, rafting, perahu) yang dapat menjadi pilihan berwisata.

Kalian dapat membayar secara sukarela untuk masuk ke tempat wisata ini. Apabila ingin mencoba wahana air, pengunjung harus membayar dengan kisaran harga Rp. 10000 – Rp. 30000.

Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata Jogja terhits ini terletak di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Tempat ini buka setiap hari pukul 06.00 – 17.00. Terdapat beragam spot foto buatan yang unik termasuk patung dan pondok yang terbuat dari ranting pohon. Kalian hanya perlu membayar Rp. 2000 / orang untuk masuk ke tempat ini.

Studio Alam Glampong

Studio ini sebetulnya digunakan untuk set film Sultan Agung dan Bumi Manusia. Namun, kini tempat ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Kalian akan merasakan sensasi masuk ke Indonesia di zaman lampau hanya dengan membayar Rp. 20000 (termasuk biaya kamera).

Taman Nasional Kalibiru

Taman Nasional Kalibiru terletak di Jl. Waduk Sermo, Kulon Progo. Terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox, panjat tebing dan jembatan gantung. Spot foto menarik seperti gardu pandang, jembatan kayu dengan latar belakang danau juga menjadi favorit para pengunjung.

Untuk masuk ke area wisata ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 10000. Untuk bisa menaiki wahana, tiket yang harus dibeli berada di kisaran harga Rp. 10000 – Rp. 40000.

Taman Sari

Siapa yang tidak mengetahui tempat wisata ini. Taman Sari merupakan salah satu tempat bersejarah yang harus dikunjungi. Dulunya, tempat ini merupakan tempat pemandian para putri keraton.

Apabila berkunjung, jangan lupa untuk berfoto di bagian masjid bawah tanah yang unik. Untuk masuk ke tempat wisata Jogja terhits ini, kalian hanya perlu membayar Rp. 5000 / orang.

Taman Tempuran Cikal

Taman Tempuran Cikal berada di Kec. Piyungan, Bantul. Tempat ini dikenal sebagai amazon milik Jogja. Kalian dapat menyusuri sungai yang masih asri dan alami. Terdapat juga berbagai macam fasilitas seperti perahu, ATV, Kano dengan kisaran harga sewa Rp. 10000 – Rp. 15000 / orang. Tiket masuk tempat wisata Jogja ini dapat dibeli dengan harga Rp. 10000 / orang.

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur
Tebing Watu Mabur (Photo jadwaltravel.com)

Tebing Watu Mabur juga merupakan taman wisata awan yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Tebing ini terletak di Dlingo, Bantul. Terdapat berbagai macam titik foto instagramable dengan latar belakang perbukitan hijau dan langit. Kalian hanya perlu membayar Rp. 7000 untuk menikmati pesona yang berharga dari tempat ini.

The Lost World Castle

The Lost World Castle merupakan tempat wisata yang letaknya di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Sesuai namanya, tempat wisata Jogja dengan konsep kastil ini menyajikan panorama indah dan luar biasa. Terdapat berbagai macam spot foto yang membuat kalian serasa mengelilingi dunia.

Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00 – 18.00. Advontura menyarankan untuk berkunjung pada sore hari untuk menikmati pesona sunset. Kalian hanya perlu membayar Rp. 30000 untuk masuk ke area wisata ini.

Itulah 30 rekomendasi tempat wisata Jogja terhits. Jangan bingung untuk memilih karena seluruh tempat wisata tersebut dijamin kekinian dan instagramable.

Baca juga: 40 Tempat Wisata di Bogor yang Hits dan Fenomenal

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *