10 Tempat Wisata di Solo Paling Hits, Dekat dengan Stasiun Balapan

Wisata Kota Solo
Photo by yukpigi.com
Daftar isi

Solo merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Tengah yang masih sangat menjaga tradisi budaya serta adat istiadat peninggalan leluhur. Kota Solo menyimpan banyak peninggalan sejarah dan budaya yang masih sangat terjaga baik hingga saat ini. Ini dia beberapa lokasi pilihana sebagai tempat wisata di Solo.

Keraton Solo merupakan salah satu bukti nyata peninggalan sejarah yang ada di Kota Solo. Kekayaan budaya dan sejarah inilah yang membuat Solo ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan cerita sejarah peninggalan leluhur Jawa.

Namun tidak hanya wisata sejarah dan budaya Kota Solo juga memiliki berbagai macam pilihan destinasi berlibur yang tak kalah seru. Banyak sekali tempat wisata di Solo yang dapat di explore oleh wisatawan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Solo oleh Advontura :

Grojogan Sewu Tawangmangu

Destinasi wisata Solo pertama adalah Grojogan Sewu Tawangmangu yang terkenal dengan keindahan alamnya. Air terjun tinggi dengan air jernih serta udara sejuk adalah hal pertama yang dapat dirasakan oleh wisatawan saat mengunjungi tempat wisata di Solo satu ini.

Grojogan Sewu Tawangmangu terletak di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Berada kurang lebih 37 kilometer dari pusat kota Solo.

Artikel Terkait

Akses menuju lokasi Grojogan Sewu cukup baik dan dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Dikelilingi oleh tebing hijau yang tinggi membuat suasana alam di destinasi wisata Solo ini sangat terasa.

Suara gemericik air terjun ditemani udara yang dingin membuat Grojogan Sewu cocok dipilih oleh wisatawan yang ingin sejenak menenangkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari – hari.

Untuk tiket masuk, pengunjung cukup membayarkan tiket masuk sebesar Rp. 18.000 untuk menikmati wisata alam Grojogan Sewu Tawangmangu  

Keraton Surakarta

Berlibur ke Kota Solo tak akan lengkap rasanya apabila tidak singgah di Keraton Surakarta. Tempat wisata di Solo ini menawarkan wisata budaya dan juga sejarah. Bangunan keraton telah didirikan sejak tahun 1774 oleh Susuhunan Pakubuwana II.

Tujuan awal didirikannya Keraton Surakarta adalah sebagai pengganti Keraton Kartasura yang telah hancur pada tahun 1743 akibat peristiwa Geger Pecinan.

Walaupun telah menjadi salah satu destinasi wisata Solo yang paling banyak dikunjungi, sampai sekarang keraton Surakarta masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan. 

Kawasan Keraton Surakarta terbagi menjadi berapa kompleks yaitu Sasana Sumewa, Alun – Alun Lor, Alun – Alun Kidul,Kemandungan Lor dan Kidul, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor dan Kidul, Kamagangan, dan juga Kedaton.

Setiap kompleks memiliki fungsinya masing – masing. Keraton Surakarta juga menyimpan benda peninggalan sejarah kasunanan seperti replika pusaka keraton, gamelan, serta benda peninggalan lainnya. 

The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace Solo merupakan salah satu pilihan tempat wisata di Solo yang menawarkan konsep Eropa di tengah kentalnya tradisi Jawa yang ada di Kota Solo.

The Heritage termasuk kedalam salah satu destinasi wisata solo terbaru karena mulai dibuka untuk umum pada pertengahan tahun 2018.

Awalnya The Heritage adalah sebuah pabrik gula peninggalan tahun 1982, namun karena sudah tak berfungsi lagi akhirnya tempat ini diubah menjadi tempat wisata keluarga dengan konsep yang unik dan berbeda.

Destinasi wisata Solo The Heritage Palace berlokasi di Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 malam. 

Bagi pengunjung pecinta selfie pasti akan merasa sangat puas saat berkunjung di destinasi wisata Solini. The Heritage menawarkan beragam spot foto menarik di setiap sudutnya.

Nuansa khas Eropa klasik yang sangat kental membuat The Heritage semakin instagramable. Dinding bangunan utama destinasi wisata Solo ini memiliki konsep seperti bangunan kastil yang ada di series Game of Thrones.

Terdapat wahana Omah Kwalik, Museum 3D Trick Art, Museum Industri, Garden Retro Paradise, Kids Town dan juga Museum Transportasi di dalamnya yang membuat The Heritage menjadi pilihan destinasi wisata yang lengkap.

Tidak hanya itu, terdapat juga Food Street dibuat khusus untuk pengunjung yang ingin mengisi perut setelah puas berkeliling. 

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari
Photo by indonesiakaya.com

Taman Sriwedari adalah pilihan tempat wisata di Solo yang menawarkan wisata bersejarah. Taman Sriwedari pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON pada tahun 1948.

Destinasi wisata Solo ini berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah dan sudah berdiri sejak zaman kepemimpinan Pakubuwana X. Taman Sriwedari rutin dijadikan tempat untuk menyelenggarakan tradisi hiburan Malam Selikuran.

Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan wayang orang yang diselenggarakan di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO). Dinding atas gedung memiliki lukisan besar yang bercerita tentang epos Mahabharata dengan tajuk “Kresno Duto” pada bagian kanan dan kiri bangunan.

Objek wisata seni budaya Taman Sriwedari dibuka untuk umum mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam dengan harga tiket yang sangat murah yaitu Rp 3.000 per orangnya. 

Baca Juga : 20 Tempat Wisata Kulon Progo Yang Lagi Hits & Viral 2021

Tugu Lilin

Tugu lilin adalah bangunan bersejarah yang didirikan dalam rangka memperingati 25 tahun lahirnya kebangkitan Nasional dihitung sejak berdirinya perkumpulan Budi Utomo pada tahun 1908.

Tugu Lilin cocok dijadikan sebagai pilihan tempat wisata di Solo untuk bersantai menghabiskan waktu terutama di sore hari. Bentuk lilin yang menyala dipilih sebagai gambaran dari semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Tugu bersejarah ini terletak di Jl. Dr. Wahidin, Kel. Penumping, Kec. Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Pada sekitar kawasan Tugu Lilin terdapat pepohonan yang membuat udaranya cukup segar. Selain itu terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan lezat di sekitar lokasi tugu.

Air Terjun Jumog Karanganyar

Terletak diantara rimbunya pepohonan hijau dan semak belukar membuat tempat wisata di Solo ini terkenal dengan julukan “surga yang hilang”. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Keindahan Air Terjun Jumog tidak terlihat.

Air Terjun Jumog berlokasi di lereng Gunung Lawu tepatnya di Jl. Plesung, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Solo, Jawa Tengah.

Air terjun setinggi 30 meter ini menawarkan keindahan alam nan asri, aliran air yang bersih, dan juga udara sejuk khas pegunungan yang dapat membuat setiap orang yang mengunjunginya merasa tenang.

Pengunjung dapat menikmati kesegaran dan bermain air di sungai yang mengalir di bawah air terjun. Pengunjung juga dapat membawa makanan dan piknik di tepian sungai. Air Terjun Jumog memiliki pesona tersendiri sehingga terlihat sangat indah saat diabaikan menggunakan kamera.

Pengunjung dapat berfoto diatas jembatan atau berdiri diatas bebatuan dengan background air terjun agar hasil fotonya lebih maksimal.

Taman Balekambang Surakarta

Jika mencari suasana alam yang asri dengan suasana sejuk sebagai destinasi wisata, Taman Balekambang adalah pilihan destinasi wisata Solo yang tepat untuk dikunjungi.

Menurut cerita, Taman Balekambang telah dibangun sejak tahun 1912 oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara VII dan dibuat khusus sebagai hadiah untuk kedua putrinya yang bernama GRAy Partinah Sukanta dan GRAy Partini Husein Djayaningrat.

Taman dengan luas 10 hektar ini terbagi menjadi dua kompleks yang namanya diambil dari nama kedua anak KGPAA Mangkunegara VII. Partinah Bosch adalah nama dari kompleks pertama yang berisikan berbagai jenis tanaman langka Indonesia seperti beringin putih, serat apel coklat, dan tanaman langka lain.

Sedangkan Partini Tuin atau Taman Air Partini adalah nama dari kompleks kedua yang berisikan kolam lengkap dengan perahu hias di dalamnya yang dapat dinaiki oleh wisatawan.

Tempat wisata di Solo ini beralamat di Jl. Balekambang, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Setelah mengalami proses revitalisasi, Taman Balekambang sudah dibuka kembali untuk umum pada tahun 2008. 

Taman Satwa Taru Jurug

Keberadaan tempat wisata di Solo ini cukup jarang diketahui oleh wisatawan. Taman Satwa Taru Jurug berada di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret atau UNS tepatnya di Jl. Ir. Sutami No. 109, Kecamatan Jebres, Surakarta, Jawa Tengah.

Taman Satwa Taru Jurug didirikan oleh Sultan Hamengkubuwono X sejak tahun 1870 sebagai tempat untuk konservasi flora dan fauna.

Koleksi fauna yang dimiliki Kebun Binatang Taru Jurug cukup lengkap dan beragam termasuk satwa langka seperti harimau sumatera, merak hijau, komodo, iguana, serta satwa langka lainnya.

Pengunjung dapat menaiki gajah, kuda, ataupun untuk mengelilingi taman satwa hanya dengan membayar Rp. 10.000 saja. Selain itu pengunjung juga dapat mengambil foto bersama burung kakak tua yang lucu dan pastinya sudah jinak.

Tidak hanya melihat aneka macam satwa, Taman Satwa Taru Jurug juga menyediakan beberapa permainan seperti ayunan, jungkat – jungkit, dan juga kora – kora mini.

Destinasi wisata Solo ini juga seringkali mengadakan event ataupun pertunjukan seru lainnya, salah satu event yang paling terkenal adalah grebeg syawal yang diadakan setelah perayaan hari raya idul adha. Pengunjung Taman Satwa Taru Jurug didominasi oleh keluarga yang memiliki anak kecil.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo
Photo by batikbumi.net

Kampung Batik Kauman adalah pusat batik tertua yang ada di kota Solo dan kini telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi.

Menurut cerita sejarah, Kampung Batik Kauman dahulunya merupakan tempat pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan yang menjaga tradisi membatik. Batik Kauman memiliki motif yang klasik sesuai dengan standar yang ada pada Keraton.

Motif Batik ini sangat merepresentasikan motif yang digunakan oleh keluarga Keraton Kasunanan. Kampung Batik Kauman memiliki 3 jenis motif batik andalan yaitu motif batik tulis pakem, batik cap, dan yang terakhir batik dengan kombinasi teknik cap dan tulis.

Selain 3 jenis motif andalan, batik kauman juga didominasi oleh motif batik modern dengan warna – warna gelap. Banyak wisatawan mengunjungi Kampung Batik Kauman untuk membeli batik sebagai oleh – oleh saat berkunjung di Kota Solo.

Harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari kisaran ratusan ribu hingga yang paling mahal dapat mencapai jutaan rupiah. 

Pura Mangkunegaran Surakarta

Puro Mangkunegaran
Photo by pariwisatasolo.surakarta.go.id

Pura yang terletak di Jl. Ronggowarsito No. 88, Keprabon, Kec. Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah ini adalah destinasi wisata Solo yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Pura Mangkunegaran dapat dijadikan pilihan wisata bersejarah selain Keraton Kasunanan.

Pura Mangkunegaran memiliki bangunan yang sangat megah dan difungsikan sebagai tempat kediaman resmi dari pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Pura yang menyimpan koleksi berbagai benda peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit dan Mataram ini sekarang telah dijadikan sebagai pusat seni dan budaya Kota Solo.

Setiap hari rabu, Pura Mangkunegaran penyelenggaraan pagelaran gamelan secara rutin. Di dalam Pura juga terdapat sanggar tari tradisional dan modern yang mengadakan latihan setiap harinya pada pukul 3 sore.

Bangunan Pura memiliki desain khas arsitektur Eropa dengan halaman yang luas. Bagian dalamnya terdapat pendopo dengan gaya perpaduan Jawa-Eropa dengan dilengkapi seperangkat gamelan. Untuk tiket masuk pengunjung akan membayar tiket sebesar Rp. 10.000 untuk setiap orangnya.

Pura Mangkunegaran menyediakan fasilitas Royal Dinner yang dapat dipilih oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi makan malam dengan suasana dan menu khas Keraton Jawa.

Di atas adalah beberapa pilihan tempat wisata di Solo khusu untuk Anda. Selamat berliburan!

Baca Juga : 17 Tempat Wisata Purwokerto Terhits & Wajib Dikunjungi 2022

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *