10 Tempat Wisata di Padang Paling Populer 2022

Daftar isi

Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat yang menyimpan segudang destinasi wisata, mulai dari pantai indah, bentang alam, air terjun, sampai pulau di sekitarnya.

Wilayah kota ini berbatasan langsung dengan laut sehingga tidak heran ada banyak sekali objek wisata di Padang bertemakan air yang dapat kamu datangi. Simak ulasan selengkapnya, ya, Advonturers!

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis (@ewink_chk on Instagram)

Tempat wisata di Padang yang pertama adalah Pantai Air Manis. Di sini, terdapat sebuah batu ikonik yang dikaitkan dengan kisah Malin Kundang karena bentuknya yang menyerupai manusia dalam posisi bersujud.

Objek lain yang tidak kalah menarik yakni adanya bebatuan dengan bentuk tali tambang sekaligus kayu yang mirip seperti pecahan kapal. Masyarakat setempat sendiri meyakini kalau kemunculan batu tersebut adalah bukti nyata dari cerita Malin Kundang.

2. Pantai Padang

Pantai Padang (@pantaipadang on Instagram)

Berikutnya, kamu bisa mendatangi objek wisata di Padang kedua yaitu Pantai Padang. Destinasi yang satu ini menjadi favorit banyak wisatawan, terlebih setelah pemerintah setempat mulai mengoptimalkan potensinya ditunjang dengan aneka fasilitas.

Artikel Terkait

Ketika cuaca sedang cerah, Pantai Padang merupakan tempat yang ideal jika kamu ingin menyaksikan langsung keindahan matahari terbit maupun terbenam.

3. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam (@sumbartravel on Instagram)

Selain pantai, Kota Padang juga menyimpan objek wisata berupa air terjun yakni Air Terjun Lubuk Hitam yang terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. 

Wisata di Padang ini terdiri atas tiga tingkatan yang indah. Masing-masing tingkatan mempunyai ketinggiannya tersendiri, mulai dari 2 meter, 10 meter, sampai 20 meter.

4. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan (@pasumpahanisland on Instagram)

Tidak ada salahnya untuk mampir ke beberapa pulau di sekitar Padang, salah satunya Pulau Pasumpahan. Lokasinya persis berada di sisi barat garis pantai ibu kota Provinsi Sumatera Barat tersebut. 

Dengan luas sekitar 5 hektare, wisata di Padang ini menawarkan pantai pasir putih yang berpadu dengan air laut biru yang sangat jernih. Apabila dilihat dari bibir pantai, permukaan lautnya pun seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi antara hijau, biru, dan bening.

5. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai (@syahrul_art on Instagram)

Objek wisata di Padang selanjutnya yakni Pulau Sikuai yang masih terletak di sebelah barat Pulau Sumatera. Secara administrasi, Sikuai merupakan bagian wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Pulau Sikuai memiliki iklim tropis sepanjang tahun dengan pantai yang berpasir putih. Adapun sekitar 2,4 hektare dari areanya telah disulap menjadi kawasan resort, sedangkan sisanya masih menjadi kawasan pantai dan hutan. 

6. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana (@basliyuzar60 on Instagram)

Tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur, terdapat satu tempat wisata di Padang yang boleh kamu datangi. Pantai Nirwana namanya, berjarak sekitar 14 km dari pusat kota.

Di sini, kamu dapat menyaksikan berbagai kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan. Ketika air surut, korak dan batu karang yang bertebaran pun akan terlihat di sepanjang garis pantai. Apalagi, kehadiran pohon-pohon kelapa juga semakin memperkuat nuansa tropis di tempat ini.

7. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak (@rezajayyy on Instagram)

Berada sekitar 17 km dari ibu kota Provinsi Sumatera Barat, Pantai Pasir Jambak Pantai merupakan destinasi wisata di Padang yang pantang kamu lewatkan.

Pantai ini mempunyai kawasan datar yang luas sehingga cocok menjadi rute bersepeda buat para pengunjung. Kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik lainnya, seperti bermain air dan pasir, berenang, berjemur, sampai menyewa perahu.

8. Pantai Carolina

Pantai Carolina (@ulinyusron on Instagram)

Objek wisata di Padang berikutnya berlokasi di daerah Bungus Selatan lebih kurang 20 km dari pusat kota Padang. Namanya adalah Pantai Carolina atau Pantai Bungus.

Dengan hamparan pasir putih yang halus nan bersih, pantai ini juga mempunyai pepohonan rindang di sekitarnya yang menciptakan suasana sejuk dan teduh bagi wisatawan.

9. Pantai Sako

Pantai Sako (@unink_rima on Instagram)

Masih soal objek wisata di Padang bertemakan air, ada Pantai Sako di Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Pantai ini mungkin tidak sepopuler tempat wisata Padang lainnya. 

Walaupun begitu, keindahannya tidak usah kamu ragukan. Luas pantai saja cuma 6000 m2 dengan keadaan yang landai dan mempunyai pasir yang sedikit coklat serta ombak yang tenang.

10. Pulau Sirandah

Pulau Sirandah (@ikhwan_nasution on Instagram)

Tempat wisata di Padang terakhir adalah Pulau Sirandah di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Nama Sirandah sendiri berasal dari bahasa Minang yang artinya rendah.

Pulau yang satu ini mempunyai dataran berbukit dengan hamparan pantai berpasir putih lengkap dengan sejumlah jenis pohon tinggi. Sebut saja, kelapa, bakau, sampai semak.

Demikianlah 10 tempat wisata di Padang paling populer yang cocok kamu datangi ketika liburan. Dengan sederet opsi wisata, tidak mengherankan kalau ibu kota Provinsi Sumatera Barat ini menjadi pilihan favorit untuk berekreasi!

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *