40 Tempat Wisata di Bogor Hits Cocok Untuk Liburan Keluarga

curug bidadari
Daftar isi

Tempat wisata di Bogor rupanya tersebar luas di beberapa kawasan mulai dari Timur ke Barat sampai Selatan ke Utara.

Destinasi wisata yang dimiliki oleh kota Bogor atau yang sering disebut dengan julukan Kota Hujan sangtlah indah dan menarik. Terdapat 40 rekomendasi dari Advontura terkait dengan tempat wisata di Bogor mulai dari curug hingga tempat camping. Kalian penasaran? Yuk langsung cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Bukit Alesano

Bukit bernama Alesano berikut ini terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Salah satu tempat wisata di Bogor ini memberikan suguhan berupa pesona dan gemerlap kota Bogor dari dataran tinggi. 

Kalian juga dapat melihat pemandangan Gunung Gede Pangrango yang menakjubkan. Dengan view 360 derajat, tempat ini menawarkan kesan yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Terdapat juga objek foto instagramable yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen berharga. 

Untuk masuk ke area bukit ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 15000 per orang. Apabila menggunakan kendaraan pribadi (mobil, motor), biaya parkir berada di kisaran Rp. 5000 – Rp. 10000.

Artikel Terkait

Bukit Alesano Juga menjadi tempat camping di Bogor favorit mulai dari masyarakat lokal sampai wisatawan daerah lain. Fasilitas yang sudah memadai (toilet, mushola, warung makan) menjadi kelebihan bukit indah tersebut.

Camp Hulu Cai

Camp Hulu Cai merupakan resort dan outbound center yang terletak di Jl. Veteran III, Cibedug, Ciawi. Tempat ini memiliki nuansa alam yang indah dan sejuk. 

Di Camp Hulu Cai, kalian dapat menyewa villa atau camping ground. Terdapat 12 titik lokasi perkemahan (Mahoni, Kiray, Maja, Salam, Palem, Caringin atas dan bawah, Sawo, Sedap Malam, Kolecer, Jati serta Kalapa).

Camp Hulu Cai menjadi tempat wisata di Bogor yang populer. Objek ini sering menjadi tempat untuk outbound dan gathering yang menyenangkan. Terdapat banyak wahana seperti flying fox, wall climbing, cargo net, dan rappelling.

Curug Bidadari

Salah satu curug di Bogor ini terletak di daerah Bojong Koneng, Babakan Madang. Air terjun dengan lebar 7 meter dan tinggi sekitar 40-75 meter ini menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. 

Tempat wisata di Bogor ini buka setiap hari pukul 08.0017.00. Pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga Rp. 30000 (weekday), Rp. 40000 (weekend), Rp. 50000 (musim liburan).

Curug Cipamingkis

Curug Cipamingkis adalah salah satu curug di Bogor yang harus dikunjungi. Curug ini berasal dari gabungan aliran dua muara yakni sungai Cipamingkis dan Cisarua. 

Curug berikut memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut membuat suhu di sana termasuk dingin yakni berkisar antara 18-20 derajat Celcius. Kalian dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp. 35000 (weekday) dan Rp. 40000 (weekend)

Harga tersebut sudah termasuk menikmati wahana menarik dan instagramable dari objek wisata ini yaitu kolam terapi ikan, taman Baratayudha, jembatan gantung dan rumah pohon.

Terdapat juga villa yang dapat disewa dengan kisaran harga Rp. 500000 – Rp. 3000000. Apabila ingin merasakan sensasi alam, kalian dapat menyewa camping ground dengan harga Rp. 30000 / orang.

Curug Nangka

curug nangka wisata di bogor
Curug Nangka (Photo by La Ode Alfian)

Curug Nangka adalah salah satu objek wisata curug di Bogor yang menarik. Tempat wisata ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun. 

Kalian dapat merasakan sensasi wisata alam yang kuat karena tempat ini dikelilingi oleh hutan pinus. Suhu dari tempat ini berkisar antara 20 hingga 22 derajat celcius.

Untuk masuk ke tempat wisata curug nangka ini, pengunjung harus membayar Rp. 15000/orang (weekday) dan Rp. 17000/orang (weekend).

Curug Leuwi Cibaliung

Curug Leuwi Cibaliung berada di Karang Tengah. Curug di Bogor ini biasanya menjadi destinasi wisata favorit dari warga Jakarta dan Jawa Barat untuk melepas penat. Air yang jernih dan tempat alami yang terawat mampu menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.

Untuk masuk ke area wisata ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp. 20000 / orang. Terdapat beberapa fasilitas seperti toilet, kamar mandi dan beberapa warung makanan kecil. 

Dengan pesona tempat yang luar biasa, harga tersebut ramah bagi kantong pengunjung. Namun, pengunjung harus hati-hati karena curug ini tergolong dalam.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo merupakan tempat wisata di Bogor yang tidak bisa diabaikan. Leuwi Hejo memiliki arti kolam hijau. Curug ini memiliki kolam air hijau yang bersih dan jernih.

Lokasinya terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang. Kalian membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit dari pusat kota Bogor untuk mencapai tempat ini.

Curug di Bogor bernama Leuwi Hejo berikut sering menjadi langganan objek foto berharga. Untuk masuk ke area ini, pengunjung diwajibkan membayar Rp. 15000 pada pos pertama dan Rp. 5000 pada pos retribusi kedua. Jam operasional dari tempat ini adalah pukul 07.00 hingga 17.00.

Curug Leuwi Lieuk

Apabila ingin menuju tempat ini, kalian dapat berjalan kaki sekitar 20 menit dari Curug Leuwi Hejo. Tepatnya, Curug Leuwi Lieuk terletak di Kampung Cibereum, Cibadak, Sukamakmur. 

Tempat wisata di Bogor yang satu ini tidak kalah indahnya dari curug lainnya. Banyak orang menyebut bahwa lokasi ini mirip dengan Green Canyon Pangandaran. 

Harga tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau yaitu Rp. 10000. Jika Anda pergi ke curug di Bogor yang satu ini, Anda akan menemui tebing bebatuan berwarna hitam kehijauan dengan tinggi 3-7 meter.

Dimana batu kokok tersebut mengapit aliran air yang jernih. Ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang suka cliff jumping. Selain itu, pengunjung harus berhati-hati saat bermain air karena memiliki kedalaman 4 meter. 

Baca Juga : Curug Leuwi Lieuk Bogor – Lokasi, Rute dan Harga Tiket

Danau Situ Gede

Danau ini terletak di Desa Cikarang, Kecamatan Dramaga. Danau Situ Gede memiliki luas 6 hektar dengan kedalaman mencapai 6 meter. 

Terdapat pulau kecil seluas 1 hektar di tengah danau. Di pulau tersebut terletak makam Eyang Prabudilaya (tokoh Islam yang disegani masyarakat).

Biaya masuk ke tempat ini adalah Rp. 4000 untuk dewasa dan Rp. 2000 untuk anak-anak. 

Danau ini menjadi tempat wisata di Bogor favorit wisatawan karena udaranya yang sejuk dan situasi yang asri. Danau Situ Gede ini juga dikelilingi oleh hutan rimbun yang dikelola secara langsung oleh Badan Litbang Kehutanan.

Gunung Batu Jonggol

Gunung Baru Jonggol, yang merupakan salah satu dari banyaknya tempat wisata di Bogor, terletak di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur.

Untuk mendaki gunung ini, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 15000. Apabila ingin mendaki sampai puncak, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5000. Untuk menyewa camping ground, terdapat biaya sebesar Rp. 5000.

Di tempat wisata ini, seringkali ditemui kera hitam ekor panjang. Maka dari itu, kalian harus hati-hati dalam membawa barang-barang pribadi.

Gunung Kapur Klapanunggal

Kalian tidak perlu membayar biaya tiket masuk karena memang kawasan ini belum dikelola secara resmi sebagai tempat wisata di Bogor. 

Dulunya, tempat ini merupakan bekas tempat tambang kapur. Terdapat air terjun kecil yang mengalir dari bebatuan kapur. Selain itu, terdapat cekungan yang membentuk gua antar bebatuan kapur. 

Gunung Pancar

Lokasi Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Kawasan ini berada pada ketinggian 400 – 800 meter di atas permukaan laut. 

Suhu tempat wisata di Bogor ini berkisar antara 24 hingga 33 derajat celcius. Walaupun terkadang panas, namun pemandangan alam yang hijau dan asri membuat tempat ini nyaman untuk dikunjungi.

Terdapat banyak pepohonan rindang seperti pohon pinus, puspa, rasamala hingga rotan. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 – Rp. 5000 per orang.

Gua Agung Garunggang

Gua Agung Garunggang terletak di kawasan Babakan Madang, Sentul. Jangan bilang kalian pecinta alam kalau belum pernah mengunjungi tempat wisata di Bogor ini. 

Untuk menuju tempat ini, wisatawan harus berjalan melewati bukit dengan hamparan sawah. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, advontura sarankan untuk menyewa pemandu dari warga sekitar untuk menemani.

Gua ini dapat dibilang sebagai surga tersembunyi. Belum banyak masyarakat yang mengetahui Gua Agung Garunggang. 

Terdapat air terjun kecil dan tebing bebatuan yang indah. Walaupun rute yang ditempuh membutuhkan waktu dan usaha lebih, pesona dari tempat wisata ini akan membuat perjuangan kalian terbayar.

Istana Batu Tulis

Istana Batu Tulis merupakan situs sejarah legendaris di Bogor. Situs ini terletak di Jl. Batutulis 54, Bogor Selatan. Terdapat prasasti batu tulis yang memiliki nilai historis yang tinggi. Tempat ini juga dikatakan sebagai wujud rasa hormat Prabu Surawisesa kepada Prabu Siliwangi. 

Wisatawan yang datang biasanya ingin secara langsung belajar mengenai sejarah tentang prasasti-prasasti yang ada. Tempat ini buka pada hari Senin – Sabtu pukul 08.00 – 17.00.

Istana Bogor

Istana dengan gaya bangunan Eropa ini sering digunakan untuk pertemuan dan acara penting negara. Namun, masyarakat luas juga dapat menikmati pesona tempat ini secara gratis. Terdapat juga banyak hewan dan tumbuhan yang dirawat dan dijaga.

Apabila ingin mengunjungi dan masuk ke tempat wisata di Bogor yang satu ini, jangan lupa untuk memperhatikan waktu open house.

Kampoeng Air Katulampa

Lokasi dari tempat wisata di Bogor ini berada di Jl. Bendungan Katulampa. Terdapat banyak wahana seperti air soft gun, arung jeram, pemancingan, camping ground dan outbound

Untuk masuk ke tempat ini, kalian tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, terdapat biaya retribusi yang harus dibayar apabila mencoba wahana atau memancing. 

Harga wahana berkisar antara Rp. 15000 hingga Rp 30000. Untuk wahana memancing, biaya bergantung dengan jenis ikan hasil tangkapan.

Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor salah satu wisata di bogor
Kebun Raya Bogor

Lokasi Kebun Raya Bogor berada di dekat Istana Bogor. Tempat wisata di Bogor ini juga berfungsi sebagai lembaga konservasi. Dimana terdapat berbagai jenis taman (Teijsmann, Soedjana Kassan, Meksiko dan Akuatik) di dalamnya. 

Selain itu, terdapat juga Pemakaman Kuno Belanda, Monumen Reinwardt, dan Jembatan Gantung. Kebun ini juga menyimpan berbagai macam koleksi tanaman.

Untuk masuk ke Kebun Raya Bogor, kalian harus membayar sebesar Rp. 15000 / orang. Apabila ingin mengelilingi kebun ini dengan menggunakan mobil pribadi, terdapat biaya tambahan sebesar Rp. 30000. Tempat wisata ini dibuka pada pukul 08.00 – 16.00.

Lawang Salapan

Lawang Salapan merupakan landmark dari Bogor yang sering menjadi objek foto para wisatawan. Lawang Salapan memiliki arti teras sembilan pintu. 

Tempat wisata di Bogor ini juga memiliki sebutan lain yaitu Tepas Salapan Mlawang Dasakreta. Terdapat 10 pilar yang menopang tulisan “Di Nu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga”. 

10 tiang ini melambangkan Dasakreta (konsep dalam naskah Pakuan Padjadjaran). Tempat ini terbuka untuk umum dan gratis.

Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah. Untuk mengunjungi museum ini, kalian harus mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Museum Kepresidenan RI. 

Surat tersebut dapat dikirim secara langsung atau melalui email. Terdapat ketentuan yakni calon pengunjung harus mengirim surat maksimal 7 hari sebelum berkunjung. Jam layanan dari tempat wisata di Bogor tersebut adalah Selasa – Jumat (09.00 – 15.00) dan Sabtu – Minggu (09.00 – 13.00). 

Bagi kamu yang tidak memiliki rombongan atau tidak bisa datang secara langsung, terdapat layanan virtual tour dari website resmi Museum Kepresidenan.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain) berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor Tengah. 

Tempat ini beroperasi pada Senin – Jumat (08.00 – 15.30) dan Sabtu – Minggu (09.00 – 14.00). Museum ini secara langsung dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5000 / orang. Kalian dapat belajar tentang sejarah perkembangan ilmu pengetahuan hayati di Indonesia, serta keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya.

Museum Perjuangan Bogor

Terdapat berbagai macam koleksi benda bersejarah seperti senapan hingga pakaian asli para pejuang. Bangunan museum ini dibangun pada tahun 1879. Untuk masuk ke tempat ini, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000. 

Sementara itu, bangunan ini baru secara resmi digunakan sebagai museum pada 10 November 1957. Pemangku Militer Daerah Res. Inf 8 Suryakencana Mayor Ishak Djuarsa secara langsung meresmikan museum ini.

Museum PETA

Museum Pembela Tanah Air (PETA) merupakan bentuk rasa hormat untuk mengenang perjuangan Kyodo Bo-ei Giyugun (tentara pribumi yang dibentuk oleh Jepang). 

Walaupun tentara ini berada di bawah kendali Jepang, para pejuang PETA sering juga melakukan perlawanan untuk membela Indonesia.

Di bagian depan museum, pengunjung akan melihat patung Jenderal Sudirman dan sebuah tank. Di bagian dalam, terdapat banyak relief, diorama serta monumen yang menceritakan perjuangan tokoh PETA.

Museum Tanah dan Pertanian

Museum ini terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah. Museum ini dikelola oleh Balai Penelitian Tanah. Museum ini didirikan pada tahun 1988. 

Terdapat banyak koleksi sampel tanah dari seluruh wilayah di Indonesia. Pengunjung juga dapat melihat koleksi bebatuan yang menarik di tempat ini. 

Kalian tidak perlu membayar untuk masuk ke tempat ini. Akan lebih baik apabila melakukan reservasi terlebih dahulu melalui laman resmi sebelum berkunjung karena terdapat batas kuota selama pandemi.

Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak di area Kebun Raya Bogor. Tiket museum ini secara langsung sudah termasuk dalam biaya masuk Kebun Raya Bogor yakni Rp. 15000 / orang. 

Di dalam museum ini, terdapat koleksi fauna yang beragam. Terdapat kerangka dan binatang yang sudah diawetkan seperti burung, serangga, kepiting hingga paus biru.

Paragliding Bogor

Ingin mencoba sensasi wisata ekstrem? Fly Indonesia Paragliding dapat menjadi pilihan wisata yang menyenangkan. Objek wisata di Bogor ini terletak di kawasan Bukit Gantole, Agrowisata Gunung Mas. 

Untuk masuk ke area wisata ini, kalian harus membayar Rp. 13000 / orang. Apabila ingin mencoba sensasi paralayang, pengunjung harus membayar Rp. 350000.

Pondok Rasamala

Pondok Rasamala merupakan sebuah resort sekaligus tempat wisata di Bogor yang memiliki nuansa pedesaan. Terdapat berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, kolam pemancingan, dan taman bermain.

Kalian dapat menyewa pondok penginapan atau camping ground kapasitas besar dengan kisaran harga Rp. 900000 – Rp. 3000000.

Pemandian Tirta Sanita Ciseeng

Pemandian Tirta Sanita Ciseeng merupakan tempat pemandian air hangat. Tempat yang berada di Bojong Indah, Ciseeng, Parung ini menyediakan pemandangan bekas letusan gunung berapi. Terdapat sumber air panas dengan senyawa belerang yang dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. 

Untuk masuk ke tempat ini, pengunjung harus membayar Rp. 15000 (weekday) dan Rp. 17000 (weekend). Terdapat juga wahana outbound dan danau buatan.

Pemandian Gunung Peyek

Tempat wisata di Bogor ini berada tidak jauh dari Pemandian Tirta Sanita Ciseeng. Objek ini menawarkan konsep unik berendam di jacuzzi alami. 

Jam buka dari tempat ini adalah pukul 08.00 – 17.00. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 10000 (weekday) dan Rp. 15000 (weekend).

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu

Tempat ini secara langsung dikelola oleh Perhutani. Terletak di Buanajaya Tanjungsari, tempat ini dapat menjadi wisata edukasi pilihan. 

Terdapat berbagai macam jenis rusa seperti rusa totol, rusa timor dan rusa bawean. Kalian juga dapat secara langsung berinteraksi dengan rusa di area taman terbuka. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp. 10000 per orang. Terjangkau bukan?

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura ini terletak di Kecamatan Tamansari. Tempat wisata di Bogor ini menjadi salah satu rekomendasi yang harus dikunjungi. Pura Parahyangan berada di tanah dengan luas sekitar 2,5 hektar di lereng Gunung Salak. 

Pura terbesar kedua setelah Pura Besakih Bali ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Terdapat tata tertib yang harus ditaati wisatawan pada saat mengunjungi tempat ini.

Harga tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp. 5000 / orang. Akan lebih menyenangkan apabila membawa kamera atau gawai pribadi dengan resolusi yang tinggi pada saat berkunjung. Tempat ini menawarkan keindahan yang menakjubkan.

Sindang Barang

Sindang Barang merupakan sebuah kampung budaya yang menawarkan kombinasi nilai sejarah Pasundan dengan keindahan alam. 

Tempat wisata di Bogor ini terletak di Jl. Endang Sumawijaya, Sindang Barang. Kalian hanya perlu membayar Rp. 25000 (weekday) dan Rp. 35000 (weekend).

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti belajar sejarah, rafting hingga tracking. Terdapat berbagai macam fasilitas seperti penginapan, sentra jual beli oleh-oleh dan penjual makanan dengan harga yang terjangkau.

Suaka Elang Loji

Bumi Perkemahan Suaka Elang terletak di Ciburayut, Cigombong. Tempat camping di Bogor ini menyuguhkan panorama alam yang indah dan instagramable

Selain menyediakan camping ground, terdapat juga kandang penangkaran burung-burung termasuk Elang Jawa. Tempat ini seringkali digunakan sebagai objek foto oleh para wisatawan. Terdapat berbagai spot menarik seperti hutan pinus dan jembatan gantung. Pengunjung hanya perlu membayar Rp. 20000 / orang.

Taman Kaulinan Bogor

Taman Kaulinan Bogor merupakan tempat wisata di Bogor yang menawarkan konsep bermain dan belajar. Tiket masuk tempat ini gratis. 

Pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan pribadi dengan kisaran harga Rp. 2000 – Rp. 5000. Dengan konsep open space, terdapat banyak permainan seperti ular tangga, ayunan serta objek foto menarik.

Taman Buah Mekarsari

Siapa yang tidak mengenal taman ini? Taman dengan konsep pemasaran The Largest Fruit Garden in the World ini memiliki berbagai macam wahana edukatif dan menarik. 

Tiket masuk taman ini berkisar antara Rp. 30000 – Rp. 90000 per orang bergantung kepada paket wahana yang ingin diambil.

Taman Safari Indonesia  Bogor

Taman wisata di Bogor ini merupakan sarana edukasi serta konservasi satwa di Indonesia. Walaupun tiket masuk terbilang agak mahal yakni Rp. 185000, sensasi berkeliling dan bertemu satwa secara langsung akan menjadi pengalaman menyenangkan yang tidak bisa dilupakan.

Taman Wisata Matahari

Terdapat berbagai macam pepohonan rindang yang sejuk dengan panorama pegunungan. Terdapat sekitar 40 wahana permainan yang asyik. Taman wisata di Bogor ini sangat cocok untuk kegiatan gathering atau outbound. Tiket masuk dapat dibeli dengan harga Rp. 25000 / orang.

The Highland Park Resort

The Highland Park Resort berada di Jl. Curug Nangka Sinarwangi. Kalian dapat merasakan sensasi menginap sekaligus berwisata yang menyenangkan. 

Terdapat berbagai macam area rekreasi dan bermain seperti waterboom, lapangan golf mini hingga rumah pohon. Tarif kamar tempat ini memiliki kisaran mulai dari Rp. 1000000 hingga Rp. 2000000.

The Illusion Bogor

Tempat wisata ini masih terletak di kawasan The Jungle Mall tepatnya di Jl. Tirta Nirwana Raya 118. Tempat wisata ini terbilang hits di kalangan kaum muda karena menawarkan konsep studio foto kekinian dan instagramable yang memanjakan mata. 

Untuk masuk ke tempat ini, per pengunjung harus membayar Rp. 60000 (weekday) dan Rp. 70000 (weekend).

The Jungle Fest

The Jungle Fest berada di Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded, Mulyaharja, Bogor Selatan. Tempat ini merupakan salah satu theme park di Bogor yang memiliki berbagai macam wahana menarik. 

Tempat wisata di Bogor ini buka dari pukul 12.00 – 21.00 pada hari Sabtu – Minggu. Tiket masuk dari tempat ini yaitu Rp. 15000 dan Rp. 75000 (all rides).

Warso Farm

Warso Farm merupakan Kebun Durian sekaligus tempat wisata di Bogor yang tidak boleh dilewatkan.Tempat ini merupakan agrowisata buah Durian. 

Mengunjungi tempat ini adalah sebuah kewajiban untuk kalian pecinta durian. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ke tempat ini. 

Terdapat bagian tersendiri apabila pengunjung ingin membeli atau menikmati buah durian maupun olahan dengan harga terjangkau.

Itulah 40 tempat wisata di Bogor yang menarik rekomendasi dari Advontura. Kalian tertarik untuk mengunjungi? Segera ambil waktu untuk melepas penat. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan pada saat berkunjung.

Baca juga: Taman Safari Bogor – Wahana dan Harga Tiket Masuk

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *