1. Rekomendasi Wisata
  2. Uncategorized

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Binjai, Cocok untuk Liburan

Binjai merupakan kota yang terletak di Sumatera Utara, berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Langkat. Meskipun nama kota ini tidak begitu terkenal, banyak tempat wisata di Binjai yang menarik untuk kamu kunjungi. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan selengkapnya dalam artikel kali ini!

1. Kampung Kuliner Binjai

Kota Binjai memiliki destinasi kuliner yang sedang populer di kalangan penduduk setempat dan sekitarnya, yang bernama Kampung Kuliner. Lokasi tempat ini mudah dijangkau, hanya berjarak sekitar 50 meter dari pusat perbelanjaan Binjai Supermall. Alamatnya terletak di Jl. Medan-Banda Aceh, Tanah Tinggi, Kec. Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara. Biaya tiket masuk ke Kampung Kuliner Binjai ini hanya sebesar Rp10.000. 

Sumber:
Balitteknologikaret

Konsep campuran antara area terbuka dan tertutup digunakan di tempat ini. Salah satu hal menarik dari Kampung Kuliner adalah adanya zona khusus yang disebut meja jomblo, yang terletak di luar ruangan untuk para pengunjung.

2. Pasar Kaget Binjai

Pasar Kaget Binjai berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani No.172, Pekan Binjai, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai. Jika kamu tengah mencari pengalaman kuliner malam di Binjai, maka Pasar Kaget Binjai merupakan pilihan yang tepat. Pasar ini buka mulai pukul 18.00 hingga 04.00 dan menawarkan berbagai macam hidangan dengan harga yang ramah di kantong.

Sumber: Wisato

Kamu akan menemukan beragam variasi makanan, mulai dari yang umum hingga yang eksotis. Hidangan umum yang bisa dinikmati mencakup mie medan,  nasi lemang, soto medan, roti canai, dan lain sebagainya. Semua menu dijual dengan harga yang terjangkau, sehingga kamu tidak perlu membayar mahal untuk menikmati beragam cita rasa baru yang mungkin belum pernah kamu coba.

3. Taman Merdeka Binjai

Tempat wisata satu ini menjadi tujuan malam yang bagi penduduk setempat. Taman dengan nama lain Tanah Lapang Merdeka ini adalah salah satu destinasi wisata di Binjai yang memiliki keindahan alam dan suasana yang membuat pengunjung duduk berlama-lama.

Sumber: Wisato


Taman wisata ini, yang menjadi titik pertemuan favorit warga Binjai, memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan terletak di tengah pusat kota Binjai. Kemudahan aksesnya membuat Taman Merdeka menjadi tujuan yang mudah dijangkau oleh para pengunjung. Selain itu, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat berlangsungnya berbagai jenis acara, baik skala lokal maupun internasional.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Lampung yang Menarik dan Asyik

Fasilitas yang tersedia di taman ini juga terbilang lengkap dan terjaga dengan baik, mulai dari tempat duduk yang nyaman hingga fasilitas wahana panjat tebing. Di sekitar area taman, tersedia berbagai pilihan kuliner yang dapat kamu coba, cocok bagi kamu-kamu yang ingin menikmati hidangan khas Binjai dan berwisata kuliner.

4. Kolam Abadi Langkat

Kolam ini mengalir dari air terjun Teroh-teroh dan terisi oleh air sungai yang jernih dan bening yang membuat dasar kolam terlihat dengan jelas. Kamu tidak perlu khawatir karena kedalamannya tidak terlalu dalam sehingga aman untuk berenang, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Jika kamu tidak pandai berenang, tersedia layanan penyewaan jaket pelampung yang membuat kamu tetap dapat bermain dan berenang tanpa takut tenggelam.

Sumber: Suara Sumut

Para pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini tidak hanya dapat bermain air, tetapi juga dapat menikmati aktivitas menarik lainnya seperti menjelajahi hutan sampai hunting foto dengan latar belakang alam. Selain itu, kamu juga dapat memotret kolamnya yang jernih. Untuk masuk ke area wisata ini, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp45.000.

5. Taman Balita Kota Binjai

Jika kamu ingin melakukan kegiatan wisata sembari dengan memberi edukasi bagi anak-anak, Taman Balita Kota Binjai adalah pilihan yang tepat untuk kamu kunjungi. Taman ini adalah destinasi yang sempurna untuk mengajak keluarga untuk berlibur, terutama anak-anak. Di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai macam wahana yang unik dan menarik bagi perhatian anak-anak.

Sumber: TopiJelajah

Selain menikmati berbagai wahana yang edukatif dan ramah anak, kamu dapat mengajak anak-anak untuk berfoto di tempat-tempat yang menarik sebagai latar belakang. Di samping itu, taman ini juga menyimpan berbagai jenis burung yang beragam, memberikan peluang bagi kamu untuk memberikan edukasi tentang dunia hewan kepada anak-anak. Oleh karena itu, Taman Balita Kota Binjai adalah tempat yang cocok untuk mengajak anak-anak bermain sambil belajar.

6. Namu Sira-Sira

Namu Sira-sira adalah sebuah bendungan yang berfungsi sebagai sumber tenaga listrik PLTA dan juga untuk irigasi lahan pertanian di daerah sekitar Binjai. Selain perannya tersebut, bendungan ini turut menjadi daya tarik wisata di Binjai. Sungai yang mengalir dan bermuara di bendungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi.

Sumber: Pariwisata Sumut

Anak-anak memiliki kesempatan untuk menikmati berendam dan bermain di aliran sungai yang memiliki kedalaman yang aman. Bagi yang mencari tantangan lebih, ada opsi untuk mencoba arung jeram. Keunikan aliran sungainya terletak pada tepian berpasir yang menyerupai pantai, sehingga penduduk sekitar sering menyebut pantai ini sebagai Pantai Pangkal.

7. Taman Edukasi Binjai

Taman Edukasi yang terletak di Tanah Seribu adalah salah satu destinasi wisata yang relatif baru. Tersedia bagi masyarakat lokal dan para pengunjung, taman ini menyediakan tempat yang nyaman untuk bersantai, dan yang terbaik adalah tiket masuknya gratis. Taman Edukasi ini termasuk dalam daftar tempat wisata di Binjai yang sangat bersahabat bagi anak-anak.

Sumber: Andalas Tourism

Seperti tempat-tempat rekreasi lainnya di Binjai, harga tiket masuk ke Taman Edukasi juga sangat terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000 per orang untuk dapat masuk ke Taman Edukasi. Selain tiket masuk reguler, tersedia pilihan paket khusus dengan harga Rp150.000 per orang untuk acara seperti gathering atau kegiatan bersama rombongan.

 

8. Ovany Water Park

terdapat destinasi khusus untuk anak-anak yang ingin bermain air di Binjai, yaitu Ovany Water Park. Ukuran water slide yang ada di tempat ini menunjukkan bahwa ini adalah taman air yang dirancang khusus untuk anak-anak. Oleh karena itu, bagi anak-anak yang gemar bermain air, Ovany Water Park adalah tempat yang sangat sesuai.

Sumber: Pariwisata Sumut

Fasilitas yang disediakan di sana juga cukup lengkap, termasuk aula, kamar mandi, area untuk beribadah, dan food court. Dengan berbagai fasilitas tersebut, kamu tidak perlu merasa khawatir saat ingin melakukan berbagai kegiatan, karena semuanya telah tersedia di lokasi ini.

9. Taman Selfie Binjai 

Taman Selfie Binjai menjadi tujuan wisata yang sempurna bagi kamu yang suka berswafoto ria. Tempat ini menawarkan konsep yang unik berupa kafe yang berbentuk rumah pohon, dikelilingi oleh taman yang menciptakan beragam spot menarik untuk swafoto. Tidak hanya terkenal sebagai tempat yang cocok untuk berfoto, Taman Selfie Binjai juga berfungsi sebagai kafe yang menyediakan pilihan makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Sumber: Travelspromo

Kafe ini memiliki konsep ruang terbuka yang hijau dan pemandangan yang menyegarkan. Dengan suasana seperti itu, kamu bisa menikmati waktu santai sambil menikmati hidangan dan minuman, serta mengambil swafoto dengan latar belakang pemandangan sekitar. Jangan khawatir, tempat ini tidak memungut tiket masuk sepeserpun.

10. Hitz Park Binjai 

Hitz Park Binjai adalah destinasi wisata di Binjai yang sangat menarik dan cocok untuk berfoto-foto yang instagramable. Ketika kamu mengunjungi tempat ini, pastikan kamera kamu siap mengabadikan momen karena banyak sekali sudut-sudut menarik untuk diambil gambar. Konsep Hitz Park Binjai didesain dengan latar belakang yang modern dan kekinian. 

Sumber: Jurnal Aceh

Berbeda dengan berbagai wisata sebelumnya, Hitz Park Binjai memiliki lebih banyak variasi wahana yang lebih modern dan menarik. Tentu saja, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya tiket masuk, cukup membayar Rp25.000 saja untuk dapat masuk dan menikmati area Hitz Park Binjai. 

Baca Juga: Pantai Pacar, Pantai yang Cocok Dikunjungi Bersama Pasangan

Jadi bagaimana rekomendasi Advontura kali ini? Semoga rekomendasi 10 tempat wisata di Binjai ini dapat membantu kamu jika berkunjung ke Kota Binjai.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Binjai, Cocok untuk Liburan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]