10 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Kamu Kunjungi

Daftar isi

Berlokasi di ujung barat di Pulau Jawa, Banten merupakan salah satu provinsi yang mempunyai perkembangan pesat, mengingat kawasannya sendiri adalah sentra industri di Jawa.

Tidak heran, Banten sering kali dikunjungi oleh wisatawan. Lantas, destinasi menarik apa saja yang bisa kamu jumpai di sini? Berikut 10 tempat wisata di Banten yang cocok jadi spot liburanmu versi Advontura!

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (Pegipegi)

Tempat wisata di Banten pertama berlokasi di ujung barat Pulau Jawa. Namanya Taman Nasional Ujung Kulon yang wilayahnya juga mencakup sejumlah pulau di sekitarnya.

Kegiatan utama yang dapat wisatawan lakukan di sini, yakni melihat kumpulan fauna di alam liar, berkemah, sampai tracking. Selain berstatus tempat wisata, Taman Nasional Ujung Kulon pun menjadi tempat konservasi badak bercula satu alias badak jawa.

2. Kampung Baduy

Kampung Baduy (@itshutricika on Instagram)

Suku Baduy adalah suku asli yang menempati kawasan Banten. Jika kamu tertarik untuk melihat langsung kehidupan masyarakatnya, datanglah ke Kampung Baduy  di Lebak Banten.

Artikel Terkait

Setidaknya, terdapat sekitar 8000 penduduk di desa yang terbagi menjadi dua, Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Luar lebih terbuka terhadap dunia luar, sedangkan Baduy Dalam cenderung tertutup.

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung (@shinta.yuanafitria on Instagram)

Tempat wisata di Banten Tanjung Lesung menawarkan kecantikan pantai yang mempesona sekaligus pasir pantainya yang putih memanjakan mata. Lokasinya sendiri berada di Kabupaten Pandeglang, lebih kurang 108 km dari Jakarta. 

Pengunjung dapat bermain pasir, memancing, menyelam, bermain olahraga air, serta menginap di villa yang tersedia. Sebagai catatan, apabila kamu datang saat musim hujan, berhati-hatilah sebab ombak di Tanjung Lesung terbilang cukup besar.

4. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten (@richankawaii on Instagram)

Jika berkunjung ke Banten, mampirlah ke Masjid Agung Banten, terutama buat kamu yang Muslim. Bangunan ini bergaya arsitektur Jawa, Cina, Eropa, dan Hindu ini telah berdiri sejak tahun 1569.

Tidak cuma masjid yang akan kamu jumpai di sini, terdapat beragam benda peninggalan dari kerajaan Islam yang pernah eksis di Banten. Lengkap pula dengan makam orang-orang yang berjasa dalam penyebaran dan perkembangan Islam di sana. Selain ramai oleh peziarah, Masjid Agung Banten pun kerap didatangi wisatawan yang tertarik dengan sejarah Islam.

5. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna (@sawarna on Instagram)

Berbicara soal wisata air, Banten mempunyai segudang tempat yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah Pantai Sawarna di Desa Sawarna, sekitar 150 km dari Rangkasbitung. Tempat wisata di Banten terbaru ini memang belum sepopuler pantai lainnya, tetapi pesonanya tidak boleh kamu lewatkan.

Wisatawan luar negeri yang datang biasanya akan mencoba sensasi berselancar mengingat pantai ini mempunyai ombak yang lumayan besar. Kini, sudah banyak pula penginapan sekitar yang pastinya akan memudahkan kamu selama berwisata di sana.

6. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau (@peppito_travel on Instagram)

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Krakatau? Gunung Krakatau mempunyai daya tarik tersendiri untuk dijajal, khususnya buat kamu yang senang berpetualang di alam.

Tempat wisata di Banten yang satu ini menyimpan kisah yang panjang, di mana pernah meletus sekaligus menimbulkan bencana dahsyat, bahkan hingga ke luar Indonesia. Apabila kamu berminat untuk mendakinya, sudah tersedia fasilitas dari agen tur dengan penawaran paket 1 hari sampai 4 hari.

7. Pulau Dua

Pulau Dua (Pesona Banten)

Tempat wisata di Banten selanjutnya adalah Pulau Dua alias Pulau Burung. Destinasi cagar alam seluas 30 hektare ini menjadi favorit wisatawan karena menjadi rumah bagi aneka jenis burung.

Pada bulan April sampai Agustus, burung-burung dari berbagai benua akan bermigrasi dan menempati Pulau Burung. Sesudah musim tersebut berlalu, sebagian besar burung akan kembali ke tempat asalnya.

8. Rawa Dano

Rawa Dano (@imat_inap on Instagram)

Berjarak sekitar 100 km dari Jakarta, tepatnya di Kabupaten Serang, ada sebuah danau yang seru untuk kamu kunjungi selanjutnya, yakni Rawa Dano. Menurut cerita setempat, Rawa Dano dulunya merupakan gunung berapi tidak aktif yang berubah menjadi sebuah danau berawa-rawa.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Banten ini mempunyai danau, hutan, serta rawa-rawa. Mempunyai area dengan luas lebih kurang 2.500 hektare, hidup berbagai jenis reptil, misalnya ular, kadal, dan kura-kura di sini.

9. Pantai Anyer

Pantai Anyer (@dewyqs on Instagram)

Sebagai tempat wisata di Banten paling favorit, pantai Anyer selalu ramai oleh wisatawan, baik lokal ataupun luar Banten. Terletak di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Pantai Anyer mempunyai pasir putih yang halus dan bersih. 

Wisatawan bisa melakukan aneka aktivitas di sini, mulai dari berenang, bermain pasir, berselancar, menyelam, menikmati keindahan pantai, sampai menyantap berbagai hidangan laut yang pastinya segar.

10. Pulau Umang

Pulau Umang (@pulauumangresort on Instagram)

Tempat wisata di Banten terakhir yakni Pulau Umang yang pantang untuk kamu lewatkan. Letaknya sendiri cukup dekat dengan Tanjung Lesung, atau sekitar 180 km dari Jakarta.

Pulau yang satu ini mempunyai luas 5 hektare dan memang dikhususkan menjadi destinasi wisata oleh pengelola swasta. Terdapat banyak di Pulau Umang, antara lain kolam renang, permainan air, sarana olahraga, ruang pertemuan, karaoke, dan sebagainya. Jika berminat mampir, pastikan untuk membawa sunscreen, ya.

Itulah 10 tempat wisata di Banten yang cocok menjadi referensi liburanmu. Dengan sederet opsi destinasi wisata, tidaklah mengherankan bila daerah ini menjadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluarga dan sahabat.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *