20 Tempat Wisata di Bali yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Bali yang keren dan instagramable
Photo by water-sport-bali.com
Daftar isi

Tempat wisata di bali memang menjadi destinasi wisata yang banyak digemari pengunjung lokal maupun mancanegara. Keeksotisan pulau Bali dan keindahannya memang tidak perlu diragukan lagi.

Pulau Bali juga sudah menjadi primadona wisata Indonesia yang sangat terkenal hingga seluruh dunia. Banyak sekali destinasi wisata Bali yang harus kalian kunjungi saat berada di Bali.

Tak hanya keindahan pantainya saja yang menjadi tujuan banyak wisatawan, namun Bali juga dikenal dengan budaya dan keseniannya yang unik serta menarik untuk dipelajari.

Pulau Dewata Bali memang istimewa, pulau ini penuh dengan keindahan surga dunia, berlama-lama di Pulau Bali akan semakin menyenangkan dengan berwisata ke beberapa objek wisata yang memiliki view yang luar biasa indahnya. Berikut advontura akan berikan informasi terkait tempat wisata di bali yang sayang untuk dilewatkan:

Pantai Kuta

Siapa yang tidak mengenal pantai yang satu ini? Pantai ini sudah sangat populer hingga ke seluruh dunia. Pantai dengan pasir putih yang indah serta ombak lautnya yang cukup bersahabat membuat pantai ini menjadi objek wisata yang banyak digemari wisatawan.

Artikel Terkait

Pantai Kuta ini juga menjadi ikon wisata Pulau Dewata Bali,pesona keindahannya benar-benar tidak bisa diragukan lagi. Setiap harinya bahkan saat hari libur tiba kawasan ini selalu ramai wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.

Disini kalian bisa melakukan beragam aktivitas seperti voli pantai,berselancar,berjemur,bahkan berfoto pada spot-spot foto yang instagramable. Selain itu kalian juga bisa menikmati sunset yang begitu indah di pantai ini.

Untuk masuk ke Pantai Kuta  ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk dan pantai ini terbuka untuk umum.

GWK (Garuda Wisnu Kencana)

GWK (Garuda Wisnu Kencana)
Garuda Wisnu Kencana (Photo by balipedia.id)

GWK merupakan tempat wisata di Bali yang juga sangat populer. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah taman wisata budaya yang letaknya berada di bagian Bali Selatan.Pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana saat ini telah selesai.

Para pengunjung dapat menikmati dan melihat secara langsung kemegahan patung hasil karya I Nyoman Nuarta. Garuda Wisnu Kencana ini juga semakin terlihat menakjubkan dengan adanya bukit-bukit kapur yang berada disekitar kawasan tersebut. Terdapat pertunjukan teater seni dan berbagai kesenian dan tarian bali yang bisa kalian nikmati saat berada di GWK.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa ini berlokasi di Desa Kutuh,Kecamatan Kuta Selatan,kabupaten Badung, pantai ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yakni garis pantai yang landai serta bibir pantai yang begitu luas.

Tempat wisata di bali yang satu ini indah sekali, kalian bisa bermain kano,berenang,berselancar,bermain pasir,berjemur bahkan bermain voli pantai bersama teman-teman. Wisata ini sangat ramai pada akhir pekan, karena banyak sekali pengunjung yang menghabiskan weekend di pantai mempesona ini.

Waterbom Bali

Wisata air ini telah mendapatkan predikat sebagai waterpark terbaik di Asia dan nomor dua terbaik di dunia,hebat sekali bukan. Wahana air di tempat ini sudah tidak bisa diragukan lagi,seru dan mengasyikkan pastinya.

Disini kalian bisa mencoba aneka wahana yang seru dan menguji adrenalin seperti jungle rides,ace track,super bowl,boomerang dan banyak lagi lainnya.

Selain wahananya yang menarik untuk dicoba pemandangan sekitar Waterboom Bali ini juga begitu indah untuk dinikmati. Waterbom Bali ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WITA.saat berkunjung ke Bali jangan sampai melewatkan tempat wisata di Bali yang satu ini ya.

Pura Besakih

Pura Besakih salah satu tempat wisata di bali
Pura Besakih (Photo by wallpapernusantara.)blogspot.com

Pura Besakih berlokasi di Desa Besakih,Kecamatan Rendang,Kabupaten Karangasem. Pura ini berada di bawah kaki Gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Dewata Bali.

Pura yang merupakan pura terbesar umat hindu berikut, pada bagian kompleks pura terdapat 1 pura Basukian dan juga 17 pura-pura lainnya. Pura Besakih juga dijadikan sebagai tempat pusat kegiatan seluruh pura yang berada di bali.

Pura megah tersebut semakin indah dengan latar belakang gunung agung yang begitu gagah menjulang. Pura Besakih dibangun pada 1007 Masehi dan pura ini masuk sebagai salah satu warisan dunia,mengagumkan sekali bukan.

Pura ini juga masih sangat kental dengan nuansa religiusnya,saat berada di pura ini para pengunjung diharapkan memakai pakaian yang sopan dan untuk para pengunjung wanita yang sedang haid tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan pura ini.

Bali Safari and Marine Park

Tempat wisata di bali yang satu ini merupakan Taman Safari 3, objek wisata ini bisa menjadi salah satu tujuan berlibur kalian saat berada di Bali.

Bali Safari and Marine Park ini  juga menjadi tempat penangkaran hewan yang hampir punah. Disini kalian bisa berwisata sembari berwisata edukasi, karena di tempat ini kalian bisa menikmati nuansa Bali modern,nuansa bali kuno serta sejarah dan filosofi mengenai kehidupan liar hewan yang ada di tempat wisata ini.

Terdapat kurang lebih 400 satwa yang ada di wisata ini antara lain harimau sumatera,beruang madu,macan tutul,jalak putih dan masih banyak lainnya.

Monkey Forest Ubud

Monkey Forest Ubud merupakan objek wisata bali yang juga menjadi wisata andalan yang bisa kalian coba saat di Bali. yang menjadikan tempat ini ramai pengunjung yakni kalian dapat melihat secara langsung dan berinteraksi dengan kera berekor panjang yang menghuni kawasan hutan ini.

Kera-kera di kawasan ini hidup dengan bebas selain itu warga sekitar menganggap bahwa kera-kera tersebut merupakan hewan keramat yang harus dijaga dan tidak boleh diganggu. Saat berada di Monkey Forest Ubud ini kalian akan merasakan sensasi seperti menyatu dengan alam.

Karena banyaknya kera yang berada di kawasan ini, diharapkan para pengunjung tidak membawa barang yang mencolok untuk menghindari kera yang tiba-tiba akan mengambil barang anda.

Bagi wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 untuk dapat memasuki tempat wisata ini. Monkey Forest Ubud buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga pukul 18.00 WITA.

Danau Batur

Danau Batur terletak di daerah Kintamani, Bali. Mengapa disebut dengan nama danau batur? Hal ini dikarenakan danau batur terletak tak jauh dari Gunung Batur oleh sebab itulah danau ini disebut dengan batur.

Danau ini letaknya berada di lereng Gunung BAtur dengan ketinggian sekitar 1.050 mdpl. Dengan ketinggian tersebut membuat kawasan di sekitar Danau batur sangat sejuk dan segar.

Danau ini sangat indah terlebih lagi warna air nya yang berwarna hijau kebiruan membuat semua mata yang memandang danau ini akan merasa kagum dan takjub. Pemandangan sekitar danau juga sangat indah, inilah yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan keindahan danau batur.

Selain menikmati keindahan danau kalian juga bisa mencoba untuk memancing ataupun berlayar ke tengah danau. Tetapi ingat tetap memperhatikan keamanan dan peraturan yang berlaku disana.

Gunung Batur

Tempat wisata di bali yang satu ini merupakan tempat istimewa untuk mencari spot sunrise terbaik di Bali. dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk dapat mencapai puncak Gunung Batur Bali.

Jalur medan tracking menuju gunung ini sangatlah indah. Untuk dapat melihat sunrise di atas gunung batur kalian hanya perlu membayar 10.000/orang untuk masuk kawasan gunung ini. Selain itu para pengunjung juga diharapkan tetap menjaga kebersihan dan peraturan yang ada di gunung batur.

Tanah Lot

Tanah Lot Bali salah satu tempat wisata di bali
Tanah Lot (Photo by rentalmobilbali.net)

Wisata Pura Tanah Lot juga sangat populer,wisata yang satu ini terkenal akan keindahan pemandangannya.Wisata ini juga menjadi spot berburu sunset para pengunjung.

Keunikan dan ciri khas wisata ini yaitu adanya sebuah pura yang berada di sebuah batu karang besar di bagian pinggir lautnya. Para wisatawan tidak diperkenankan mendekati pura saat air laut tengah pasang hal ini dikarenakan wilayah batu karang akan tergenang oleh air laut.

Dan saat airnya telah surut para pengunjung dapat melihat adanya ular-ular laut yang jinak di sekitar batu karang. Para masyarakat mempercayai bahwa ular-ular tersebut  dianggap suci dan diyakini merupakan ular penjaga Pura Tanah Lot. 

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul disebut juga dengan Kebun Raya Bali. Kebun Raya ini merupakan tempat wisata di Bali yang menyajikan wisata edukasi yang banyak dikunjungi pengunjung setiap harinya.

Tempat wisata ini menyimpan banyak sekali koleksi-koleksi kekayaan alam yang unik dan menarik. Selain berlibur disini kita juga akan mendapatkan banyak informasi dan wawasan mengenai botani, seru bukan.

Saat berkunjung di Bali jangan lupa untuk mengunjungi Kebun Raya Bedugul sebagai salah satu destinasi yang wajib kalian kunjungi.

Nusa Penida

Tempat wisata di bali terbaru yang satu ini memang sedang booming di kalangan masyarakat. Salah satu wisata tersembunyi yang menyajikan keindahan sebuah pulau yang masih jarang dikunjungi.

Nusa Penida disebut juga sebagai surga tersembunyi. Keindahan dan kebersihan pantai di sini masih sangat terjaga. Pasir putihnya serta birunya air laut membuat mata tidak ingin berpaling dari tempat ini.

Bagi para pengunjung yang ingin berwisata ke pantai ini diharap untuk tetap menjaga kebersihan dan keasrian pantai ini agar tetap terjaga keindahannya.

Pura Lempuyang

Pura Lempuyang merupakan salah satu pura yang terkenal di Bali. Banyak wisatawan yang mengunjungi pura ini untuk berwisata sekaligus berwisata religi.

Pura ini memiliki keunikan tersendiri yaitu gerbang dengan pemandangan lepas, gerbang pura ini juga menjadi spot foto para wisatawan yang datang. Tak jarang kaum milenial juga berpose dengan latar belakang view yang unik.

Foto dengan spot ini akan membuat hasil foto menjadi instagramable dan kekinian. Bagaimana, tertarik berfoto disini?

Goa Gajah

Goa Gajah
Goa Gajah (Photo by raftingbali.net)

Tempat wisata di bali yang satu ini merupakan salah satu situs kuno yang juga digunakan sebagai tempat peribadahan yang digunakan oleh penduduk sekitar hingga saat ini.

Di Gua ini kalian akan menyaksikan secara langsung bukti bersejarah mengenai peradaban yang ada di bali pada zaman dahulu. Gua Gajah ini masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. Gua Gajah ini juga sebagai bukti bersejarah mengenai peradaban pada zaman dahulu. 

Baca juga: Desa Penglipuran Bali yang Terkenal Hingga Mancanegara

Bukit Campuhan

Wisata ini merupakan objek wisata alam yang sedang viral akhir-akhir ini. Bukit Campuhan menyajikan keindahan pemandangan alam yang begitu indah, adanya perbukitan hijau dengan pohon-pohon tropis berpadu indah dengan lembah dan persawahan yang begitu luas.

Bukit ini juga dijuluki masyarakat sebagai Bukit Cinta Campuhan karena suasana bukit yang eksotis dan romantis. Namun lokasi bukit ini cukup tersembunyi ini lah yang menyebabkan para pengunjung yang belum mengetahui tempat indah ini.

Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan di bukit ini yakni tracking,jogging ataupun berfoto-foto dengan latar belakang alam yang memukau.

Pantai Seminyak Bali

Pantai indah ini berlokasi di Desa Seminyak,kecamatan Kuta,Kabupaten Badung,Bali. Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal, wisatawan asing bahkan artis dan tokoh-tokoh besar lainnya untuk menikmati pasir putihnya yang lembut serta pemandangannya yang indah.

Bagi kalian yang suka melihat sunset,pantai ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset. Selain itu bagi kalian pecinta kuliner, kalian  bisa mencoba makanan dengan cita rasa luar biasa di pantai ini.

Makanan disini terkenal enak dan lezat ditambah lagi menikmati hidangan tersebut dengan view pantai yang indah pula. Wisata ini juga harus menjadi list tempat wisata di bali untuk destinasi liburan kalian.

Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit berada di Desa Gunung Luwih Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Lokasi tempatnya sangat mudah karena telah tersedia jalan raya yang dapat menghubungkan daerah Denpasar, Bedugul, dan juga Singaraja.

Hal unik dari air terjun ini ialah ketinggiannya yang mencapai tinggi sekitar 35 meter. Selain itu air terjun ini juga memiliki kisah sejarah yang sangat terkenal.

Kawasan air terjun ini sangat asri dan sejuk, airnya yang dingin serta pohon-pohon yang ada disekitarnya membuat tempat ini nyaman dan merilekskan pikiran.

Bukit Batu Kursi Pemuteran

Bukit Batu Kursi
Bukit Batu Kursi (Photo by matakota.id)

Bukit Batu Kursi Pemuteran adalah tempat wisata di Bali yang berlokasi di Jl.Raya Pemuteran, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Pemandangan bukit ini sangat mengagumkan dengan barisan bukit yang menghijau dengan bebatuan membuat bukit ini semakin menyegarkan mata.

Untuk dapat berada di puncak bukit para pengunjung harus melewati banyaknya anak tangga hingga mencapai puncak bukit. Di bukit ini juga terdapat sebuah pura yang disucikan oleh warga setempat yaitu Pura Batu Kursi.

Pemandian Air Panas

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati wisata yang berbeda kalian bisa mencoba pemandian air panas di bali tabanan. Wisata ini menjadi tempat wisata di bali yang menjadi favorit para pengunjung.

Kalian bisa menikmati sensasi berendam pada air panas sembari merilekskan tubuh dan pikiran. Selain itu tak jauh dari kawasan ini juga terdapat tempat wisata yang menarik yang bisa kalian coba.

Tempat wisata di bali yang satu ini jangan sampai anda lewatkan,karena wisata yang satu ini menawarkan sensasi yang berbeda dengan wisata lainnya. 

Bali Shell Museum (Museum Kerang)

Tempat wisata di bali yang harus kalian kunjungi adalah Museum Kerang Bali. Museum Kerang Bali merupakan salah satu museum yang menjadi tempat favorit bagi para pengunjung.

Museum ini berlokasi di Jl. Sunset Boulevard, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, di tempat ini kalian bisa melihat aneka macam kerang yang ada di Indonesia.

Dan museum ini merupakan satu-satunya museum yang terdiri dari 3 lantai. Bahkan di museum ini kalian dapat menyaksikan fosil Orthoceras yang usianya lebih dari 395 juta tahun yang tersimpan dengan baik di museum ini.

Demikian informasi mengenai Tempat Wisata di Bali yang bisa menjadi referensi tempat berlibur bagi kalian. Semoga informasi diatas berguna dan bermanfaat bagi sahabat advontura. Sampai jumpa kembali di pembahasan destinasi wisata selanjutnya.

Baca juga: 30 Pantai di Malang: Surga Indah Tersembunyi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *