Telaga Warna Puncak Bogor – Lokasi & Harga Tiket

Telaga warna
bisniswisata.co.id
Daftar isi

Bogor merupakan kota yang selalu menjadi destinasi wisata andalan saat hari libur datang. Berbagai pilihan objek wisata mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi semua lengkap tersedia di kota ini. Salah satu objek wisata milik kota Bogor yang keindahannya tak lekang oleh waktu adalah Telaga Warna Puncak.

Telaga Warna Puncak merupakan objek wisata alam primadona Bogor yang terkenal dengan pesona keindahan alam yang dimilikinya. Objek wisata alam ini dikelilingi oleh perkebunan teh yang luas serta memiliki udara sejuk dan dingin karena letaknya berada dataran tinggi.

Kawasan wisata alam ini berada di lokasi dengan luas area keseluruhan sebesar 5 hektar, sedangkan untuk telaga yang ada di dalam kawasan tersebut memiliki luas kurang lebih 1.5 hektar. 

Pesona keindahan alam yang ada di kawasan Telaga Warna memang tidak perlu diragukan lagi. Walaupun telah bermunculan berbagai objek wisata baru, namun objek wisata ini tetap menjadi salah satu destinasi wisata andalan wisatawan.

Telaga yang berada di dataran tinggi Bogor ini menawarkan perpaduan pesona keindahan alam puncak dengan indahnya telaga yang airnya dapat berubah warna.

Artikel Terkait

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi destinasi wisata ini pasti akan membuat pengunjung betah karena bukan hanya pemandangannya saja yang indah, namun suasana yang tenang dan juga udara sejuk dapat memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung. 

Sejak tahun 1972 telaga alam milik Bogor ini telah diresmikan sebagai kawasan cagar alam hutan Gunung Hambalang dan hutan Mega Mendung. Berbagai macam spesies flora dan fauna dapat dengan mudah ditemui di sekitar kawasan ini.

Wisatawan dapat melakukan interaksi langsung dengan beberapa jenis fauna jinak seperti kera dan lutung. Daya tarik utama yang dimiliki objek wisata primadona Bogor ini terletak pada warna airnya yang dapat berubah warna.

Warna dari air yang ada di telaga dapat berubah menjadi beberapa macam gradasi indah yang memanjakan mata. Gradasi warna air tercipta dari pepohonan yang ada di sekeliling telaga dan juga bebatuan yang terdapat dalam telaga. 

Sejarah Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warnan Puncak
Telaga Warna (Photo by liburanih.com)

Sejarah mengenai awal munculnya telaga ini telah melegenda di kalangan masyarakat. Cerita sejarah ini bermula dari raja Prabu Surnalay dan sang istri Ratu Purbamanah yang tinggal di kawasan sekitar telaga warna.

Keduanya tidak kunjung mendapatkan keturunan padahal telah menempuh bahtera rumah tangga dalam kurun waktu yang lama.

Karena keinginan untuk memiliki anak sangat besar, raja Prabu Surnalay memutuskan untuk pergi bertapa ke tengah hutan dan bersujud kepada yang kuasa agar segera memiliki keturunan. Tidak lama setelah itu, doa raja untuk segera memiliki keturunan dikabulkan.

Sang istri ratu Purbamanah akhirnya hamil dan kemudian melahirkan seorang putri yang cantik jelita. Saat menginjak masa remaja, perangai sang putri sangat bertolak belakang dengan paras cantik yang dimilikinya.

Sang putri tumbuh menjadi anak yang tidak patuh dan selalu melawan perintah kedua orang tuanya. Puncak terjadi saat ratu bersedih karena hadiah yang akan diberikan kepada sang putri tidak diterima dengan baik.

Karena perilaku putrinya tersebut, Ratu Purbamanah merasa sangat sedih dan tak bisa menahan cucuran air mata hingga menangis sejadi – jadinya.

Konon air mata tersebut tumpah ruah hingga menenggelamkan seluruh kawasan kerajaan hingga membentuk sebuah telaga yang kini dikenal dengan nama Telaga Warna Bogor. 

Baca juga: Danau Kerinci – Letak, Rute, dan Asal Usul

Lokasi Telaga Warna Puncak Bogor

Lokasi Telaga Warna Puncak berada di Kabupaten Bogor, lengkapnya pada Jl. Raya Puncak – Cianjur, Kec. Cisarua,Tugu Utara, Kab. Bogor, Jawa Barat. Lokasi Telaga Warna Puncak Bogor berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Bogor dan akan memakan waktu tempuh sekitar 16 menit jika lalu lintas lancar.

Lokasi Telaga Warna Puncak Bogor dapat ditempuh melalui rute yang mengarah dari tol Ciawi – Puncak, melewati hamparan perkebunan teh sampai melewati masjid Atta’awun. Sekitar 2 kilometer dari lokasi masjid, pengunjung akan menemukan papan petunjuk jalan yang akan mengarahkan menuju lokasi telaga berada. 

Harga Tiket Masuk Telaga Warna Puncak Bogor

Telaga Warna Bogor
Telaga Warna Bogor ( travelspromo.com)

Pengelola membandrol harga tiket masuk Telaga Warna Puncak Bogor dengan harga yang sangat murah serta ramah di kantong. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung adalah sebesar Rp 5.000 untuk hari biasa, dan Rp 7.500 untuk weekend dan hari libur.

Harga tiket masuk Telaga Warna Puncak Bogor akan berbeda untuk wisatawan mancanegara. Wisatawan mancanegara yang berkunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 100.000 untuk hari biasa, dan Rp 150.000 untuk hari libur.

Pengunjung yang membawa kamera profesional atau kamera DSLR akan dikenai tarif biaya sebesar Rp 250.000. Lokasi objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan foto prewedding maupun shooting untuk keperluan video komersial.

Untuk pengunjung yang ingin mengabadikan foto prewedding di kawasan telaga akan ditarik biaya sebesar Rp 250.000 untuk satu paketnya. Sedangkan untuk shooting video komersial diharuskan membayar biaya sebesar Rp 10.000.000.

Perlu diperhatikan bahwa harga tiket masuk Telaga Warna Bogor dapat berubah sesuai dengan peraturan pihak pengelola. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung, wisata telaga alam ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Jika ingin menikmati keindahan telaga dengan tenang, pengunjung disarankan untuk berkunjung di hari biasa karena pada weekend maupun hari libur sekolah dan nasional objek wisata ini akan ramai oleh wisatawan.

Fasilitas Menarik

Fasilitas umum yang ada di lokasi Telaga Warna Puncak Bogor cukup lengkap dan memadai. Fasilitas umum yang ada antara lain area parkir kendaraan, toilet umum, ruang meeting atau ruang serbaguna untuk melakukan pertemuan, dan menara pandang.

Selain itu di kawasan wisata ini juga terdapat walking track dan area outbound dan untuk pengunjung yang ingin bermain. Area outbound dilengkapi dengan beberapa permainan seru dan menarik salah satunya adalah flying fox.

Untuk pengunjung yang ingin bermain outbound akan dikenai biaya tambahan. Tidak hanya itu pengunjung juga dapat mengelilingi danau sambil menikmati pemandangan dan juga udaranya yang segar menggunakan perahu rakit.

Pengelola kawasan wisata telah menyediakan beberapa pondok penginapan sederhana di tepian area telaga. Biaya yang perlu dikeluarkan apabila ingin menginap cukup terjangkau, hanya Rp 100.000 per malamnya.

Jika ingin menginap di tempat yang lebih berkelas, pengunjung dapat mencari hotel yang berada di sekitar kawasan Jl. Cisarua Bogor. 

Baca juga: Keindahan alam serta tempat Wisata Tanjung Pinang

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *