Wisata Tangkuban Perahu Bandung | Sejarah, Lokasi & Tiket Masuk

Tangkuban perahu
Photo by id.wikipedia.org
Daftar isi

Jika sobat Advontura merencanakan liburan natal 2021 dan tahun baru 2022 ke daerah Bandung, maka tak lengkap rasanya jika Anda tidak mendatangi destinasi wisata bernama Tangkuban Perahu.

Tempat liburan populer satu ini menawarkan pesona alam eksotis yang mampu membuat pengunjungnya terkagum-kagum. Dijamin para pelancong pun akan enggan beranjak pergi dari sini. Nah, penasaran seperti apa penampakan wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung selengkapnya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Sejarah Tangkuban Perahu Bandung

Cerita legenda Tangkuban Perahu Bandung mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Gunung api aktif ini sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya yakni Dayang Sumbi atau Rarasati. 

Dayang Sumbi mengajukan persyaratan kepada Sangkuriang untuk membuat telaga dan perahu dalam satu malam. Syarat ini diajukan oleh Dayang Sumbi dengan maksud untuk menggagalkan niat sang anak yang ingin menikahinya.

Saat usaha yang dilakukan Sangkuriang gagal, dia pun marah dan menendang perahu tersebut hingga mendarat dengan keadaan terbalik menyerupai Gunung. Perahu terbalik inilah yang dipercaya membentuk Gunung Tangkuban tersebut.

Artikel Terkait

Terlepas dari cerita rakyat yang telah diwariskan secara turun temurun, gunung berikut rupanya sudah terbentuk di Kaldera Sunda sekitar 90 ribu tahun lalu. Menurut beberapa penelitian, gunung ini terbentuk akibat dari Gunung Sunda Purba yang pernah meletus hebat sekitar 50 ribu tahun silam 

Sepanjang status aktifnya, gunung api Tangkuban Perahu telah menyebabkan terbentuknya 13 area kawah, dimana tiga diantaranya menjadi kawah populer yang juga digunakan sebagai destinasi wisata, yakni Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Bodas.

Wisata Tangkuban Perahu Bandung

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung favorit di Lembang, Kabupaten Bandung. Gunung dengan tinggi sekitar 2.084 meter ini merupakan gunung api aktif berjenis Stratovolcano . Dimana letusan gunung Tankguban biasanya mengandung lava, sulfur, belerang, dan uap belerang yang bergerak dari Timur ke Barat.

Namun, saat tidak aktif, gunung Tangkuban akan mengeluarkan uap belerang saja. Pengunjung pun tidak perlu khawatir ketika datang ke sini, sebab tempat liburan tersebut dikelola oleh Perum Perhutani yang akan menjamin keamanan serta kenyamanan Anda selama berada di lokasi.

Area Tangkuban pun akan merasakan dinginnya hawa pegunungan dengan suhu rata-rata saat siang hari sekitar 17 derajat celcius dan saat malam hari suhu di kawasan tersebut bisa mencapai hingga 2 derajat celcius. Pastikan Anda tidak lupa membawa jaket saat berlibur ke lokasi wisata tersebut.

Tidak sama seperti gunung berapi lainnya, puncak gunung ini apabila dilihat dari kejauhan bentuknya memanjang dan mirip seperti sebuah perahu yang terbalik.

Akibat dari letusan gunung yang sudah terjadi beberapa kali menyebabkan munculnya kawah-kawah baru di sekitar gunung tersebut. Dimana 3 diantara 13 kawah Tangkuban Perahu menjadi destinasi paling populer bagi wisatawan yang datang, yakni:

Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dan paling populer dibandingkan kawah-kawah lainya. Kawah dengan luas sekitar 8.000 hektar ini menyuguhkan pemandangan kawah seperti mangkok raksasa yang begitu dalam dan menakjubkan.

Wisatawan dapat melihat pemandangan tersebut dari daratan yang lebih tinggi dari kawah dilengkapi dengan pagar yang terbuat dari kayu sebagai pembatas untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Lekukan dinding-dinding kawah dengan dasar kawah putih dilengkapi batuan berwarna kuning akibat kandungan belerang disertai asap yang mengepul dari kawah menambah begitu indahnya pemandangan kawah tersebut. Area ini cocok untuk dijadikan spot foto instagramable Anda.

Di sekitar Area wisata Kawah Ratu ada juga toko-toko kecil yang menjual souvenir hingga warung makan yang menjual mie rebus dan makanan khas Lembang Bandung. 

Tangkuban perahu
Tangkuban Perahu (Photo by unsplash.com)

Kawah Upas

Kawah Upas lokasinya berada tidak jauh dari Kawah Ratu namun butuh sedikit perjuangan untuk mencapai lokasi tersebut, sebab pengunjung perlu melalui jalan terjal dan berpasir. Namun perjuangan tersebut terbayar dengan pemandangan lembah dan kayu-kayu mati yang terlihat begitu eksotis.

Kawah Domas

Meski tidak seramai Kawah Ratu namun di lokasi Kawah Domas pengunjung bisa melihat area kawah secara lebih dekat, selain itu ada juga sumber air panas yang konon katanya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Pengunjung juga bisa mencoba pengalaman baru yakni merebus telur langsung di dalam kawah.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits 2021 yang Instagramable

Lokasi Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Jika Anda tertarik untuk berlibur ke lokasi wisata ini, Anda bisa pergi ke alamat Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Cikahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Destinasi wisata yang satu ini berjarak 14,2 km dari Alun-alun Lembang dan membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 33 menit untuk sampai di titik lokasi.

Sedangkan apabila anda dari arah Bandung lokasi wisata ini ini berjarak 31,2 km dari Alun-alun Kota Bandung serta membutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 1 jam 7 menit untuk sampai di lokasi wisata.

Jam Buka Tangkuban Perahu Bandung

Jam buka destinasi wisata Bandung ini dimulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Wisatawan lokal maupun mancanegara dapat mengunjungi lokasi wisata ini setiap hari.

Harga Tiket Tangkuban Perahu Bandung

Tempat Wisata Tangkuban perahu
Wisata Tangkuban perahu (Photo by wisatabagus.com)

Saat hari kerja atau weekday, harga tiket masuk Tangkuban Perahu dibandrol seharga Rp 22.000 per orang bagi wisatawan lokal. Namun untuk wisatawan asing, biaya yang dibayarkan berbeda yakni sekitar $14,4 atau Rp 201.000. 

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 13.000/motor, Rp 26.000/ mobil pribadi, dan Rp 111.000/ bus pariwisata.

Apabila Anda datang berlibur ke lokasi wisata ini saat weekend dan hari libur nasional, tarif tiket masuk Tangkuban Perahu akan berbeda yakni sebesar Rp 31.000 bagi wisatawan domestik dan Rp 301.000 bagi wisatawan mancanegara.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 18.000/motor, Rp 36.000/ mobil pribadi, dan Rp 151.000/ bus pariwisata, apabila Anda menggunakan sepeda kayuh tarif parkir sebesar Rp 11.000.

Fasilitas

pengelolah objek wisata ini  juga menyediakan fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh pengunjung dengan tujuan semakin memberikan kenyaman bagi wisatawan. fasilitas yang bisa dinikmati mulai dari Mushola, Akses jalan yang mudah, Toko souvenir, Toilet, Area Parkir yang Luas, Tempat Istirahat dan Warung atau tempat kuliner.

Hotel Terdekat

Setelah Anda puas menikmati pesona panorama alam Tangkuban Perahu Bandung, pengunjung bisa beristirahat di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata tersebut.

Beberapa penginapan dan hotel di Tangkuban Perahu Bandung dengan harga dan fasilitas menarik bisa Anda dijadikan pilihan untuk bermalam adalah Cikole Jayagiri Resort, Nirwana Lembang, Sari Ater Hotel & Resort, Hotel Pesona Bamboe Lembang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Semoga informasi wisata di atas berguna sebagai referensi Anda dan keluarga untuk menghabiskan liburan natal 2021 dan tahun baru 2022. Sampai jumpa di pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Keindahan Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *