Taman Mini Indonesia Indah: Tiket Masuk, Alamat, dan Sejarah

Taman mini Indonesia Indah
Photo by travel.kompas.com
Daftar isi

Sobat Advontura tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan salah satu wisata populer di Jakarta Timur yang selalu menarik minat wisatawan? Yup, apalagi kalau bukan Taman Mini Indonesia Indah alias TMII.

Tempat wisata yang hampir berusia setengah abad sejak pemerintahan presiden kedua Indonesia ini tetap menjadi destinasi liburan favorit di hati pengunjung. Tidak hanya untuk tempat berekreasi, taman berikut juga cocok dijadikan sebagai wisata edukasi untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada anak-anak. 

Penasaran seperti apa penampakan Taman Mini Indonesia Indah selengkapnya? Yuk baca artikel berikut sampai habis.

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah

Taman mini indonesia indah
Taman mini Indonesia indah (Photo by travel.kompas. com)

Tepat pada tanggal 13 Maret 1970, Ibu negara presiden kedua RI yakni Ibu Siti Hartinah yang biasa dikenal sebutan Ibu Tien Soeharto mencetuskan gagasan pembangunan miniatur Indonesia pada suatu pertemuan di Jalan Cendana No.8 Jakarta. 

Gagasan ide pembuatan miniatur Indonesia ini muncul setelah ibu negara mendampingi bapak Presiden Soeharto pidato mengenai keseimbangan pembangunan umum DPR GR untuk tahun 1971.

Artikel Terkait

Ibu Negara mendengarkan dan menghayati isi pidato tersebut sehingga muncul gagasan untuk membangun taman wisata yang menggambarkan akan keindahan dan keberagaman Indonesia.

Dengan dibangunya taman ini, beliau berharap dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Proyek perencanaan pembangunan taman ini disebut dengan proyek miniatur Indonesia indah. Pembangunan tersebut dimulai pada tahun 1972 dan diresmikan di tanggal 20 April 1975.

Sedangkan untuk maskot TMII sendiri baru diresmikan saat ulang tahun TMII yang ke 16 pada tahun 1991. Maskot tersebut bernama Anjani Putra yang juga dikenal dengan Nitra. Maskot ini memiliki bentuk seperti tokoh wayang Hanoman.

Wahana Taman Mini Indonesia Indah

Lokasi objek wisata buatan ini berdiri di area lahan seluas kurang lebih 150 hektar dan menyuguhkan keindahan serta keberagaman budaya Indonesia dari Sabang sampai merauke.

Bahkan kawasan lokasi TMII ini disebut-sebut sebagai rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi. Hal berikut diwujudkan dengan adanya berbagai miniatur rumah adat, tarian daerah, pakaian adat hingga rumah ibadah tiap agama.

Selain dapat menikmati indahnya kebudayaan setiap provinsi di Indonesia, pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana Taman mini Indonesia Indah, antara lain:

Anjungan Daerah

Hampir setiap suku di Indonesia memiliki bentuk dan corak rumah adat yang berbeda-beda, bahkan tidak jarang satu suku memiliki lebih dari satu jenis rumah adat. 

Di TMII bisa Anda temui area bernama Anjungan Daerah. Anjungan Daerah merupakan kumpulan rumah adat tradisional dari 34 provinsi di Indonesia. Rumah-rumah adat berikut mengelilingi sebuah danau Arsipel Indonesia, dimana pada tengah danau terdapat pulau-pulau mini yang menyerupai kepulauan Indonesia.

Arsitektur bangunan rumah adat di sini dibuat mirip aslinya, bahkan beberapa ada yang dibawa langsung dalam bentuk utuh dari daerah asalnya. Salah satunya yaitu rumah Aceh Cut Meutia.

Ruangan dalam setiap rumah adat dibuat sebagai pameran macam-macam pakaian adat, hasil kerajinan, peralatan seni, hasil budaya, hingga berbagai benda sejarah warisan setiap provinsi.

Bangunan Keagamaan

Di lokasi wisata ini juga terdapat rumah ibadah setiap agama yang resmi di Indonesia. Diantaranya adalah Masjid Pangeran Diponegoro, Gereja Katolik Santa Catharina, Gereja Protestan Haleluya, Pura Penataran Agung Kerta Bumi, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa, dan Kuil Konghucu Kong Miao

Adanya bangunan-bangunan tersebut seakan-akan menggambarkan sikap toleransi dan keselarasan antar agama di Indonesia.

Istana Anak-Anak Indonesia

Arsitektur bangunan yang menyerupai istana dalam cerita dongeng Eropa membuat area ini selalu berhasil dalam menarik minat pengunjung khususnya anak-anak. 

Di sini pengunjung akan dibuat terpukau dengan lengkapnya sarana belajar mulai dari peralatan music diatonik, alat peraga IPTEK, hinggga alat permainan yang menyenangkan nan mendidik.

Tidak hanya itu, saat berada di area berikut, anak-anak juga bisa menyimak bermacam-macam dongeng hingga cerita rakyat Indonesia. Terdapat pula wahana permainan seperti kereta api kelinci, kapal ayun, roller coaster, dan bumper car.

Untuk tiket masuk istana anak-anak Indonesia sendiri, pengunjung hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 15.000. Namun, jika  ingin menikmati wahana kereta api kelinci dan lain sebagainya, Anda akan dikenai biaya tambahan sekitar Rp 10.000 – Rp 25.000.

Kereta Gantung

Kereta gantung atau skylift merupakan wahana paling favorit yang tidak pernah sepi pengunjung. Dengan mengendarai skylift sobat Advontura dapat melihat secara jelas keindahan pulau-pulau mini Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang terhampar di bawahnya. Satu buah kereta gantung hanya dapat menampung maksimal 4 orang saja dengan tarif sebesar Rp 50.000.

SnowBay Water Park

Wisata air yang berdiri di atas lahan seluas tiga hektar ini memang dirancang khusus sebagai tempat rekreasi berkelas dunia. Terbukti dari adanya konsep pegunungan salju yang terlihat seperti nyata.

Di area ini terdapat banyak sekali wahana permainan air mulai dari The Cruise Pool, Snow Fun Party, Giant tube Race, Typhoon River, Cool Running, hingga Boombaster.

Tidak hanya itu, SnowBay Water Park juga menyediakan kolam dengan 7 jenis ombak yang memiliki ketinggian hampir 3 meter. Akan tetapi tak perlu khawatir apabila Anda ingin membawa anak-anak. Sebab, tersedia juga kolam permainan air tots pool, play pool serta kids pool yang ramah anak kecil.

Untuk memasuki wahana snowbay ini pengunjung bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 140.000 untuk weekday dan Rp 180.000 saat weekend dan hari libur nasional.

Sky World

TMII juga menyajikan area edukasi terkait pengetahuan dunia antariksa atau astronomi. Dimana terdapat fasilitas lengkap berupa planetarium, astronomy tours, 5D cinema, laser tag, children water plays, dan playground. Untuk bisa memasuki area wahana tersebut, pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 80.000.

Taman

Di area kawasan TMII terdapat sembilan macam taman yang dapat kunjungi.  Taman-taman ini terbagi atas empat kategori. Kategori pertama yaitu Taman Monumental yang terdiri dari Taman Prasasti Apec dan Monumen KTT Non Blok. Kategori kedua ialah Taman Flora tyang erdiri dari Taman Legenda Keong Mas, Taman Kaktus, Taman Melati dan Taman Apotik Hidup.

Untuk kategori ketiga Anda bisa melihat Taman Fauna yang berisikan Taman Kupu-kupu, Taman Reptilia, Taman dan dan Dunia Air Tawar. Sedangkan kategori terakhir ialah Taman Budaya yang disebut juga dengan Taman Budaya Tionghoa Indonesia.

Aneka Museum 

Kawasan wisata taman mini juga dilengkapi dengan aneka museum bertema pengetahuan, kehidupan, sosial masyarakat, budaya dan peradaban, teknologi dan lain-lain.

Kurang lebih terdapat 14 museum yang ada di area ini yaitu Museum Indonesia, Keprajuritan, Prangko Indonesia, Pusaka, Transportasi, Listrik dan Energi Baru, Telekomunikasi, Olahraga Nasional, Asmat, Timor-Timur, Pusat Peragaan IPTEK, Minyak dan Gas Bumi, Bayt Al-Qur’an dan Istiqlal, dan Museum Penerangan

Teater

Di wisata taman mini terdapat 3 teater yang bisa Anda kunjungi yaitu Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku dan Teater 4 Dimensi. Masing-masih dari teater ini memiliki tema dan keunikannya sendiri.

Perpustakaan

Tidak hanya menyediakan wahana teater,  taman mini juga menyediakan perpustakan dan ruang baca berisikan 40.000 koleksi buku dan 7.000 judul buku audio visual.

Baca Juga: The Lost World Castle Jogja – Sejarah, Tiket, dan Lokasi

Keong mas (Photo by rentcar.yasmincorp.com)

Jam Buka

Jam buka Taman Mini Indonesia Indah dimulai dari pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB setiap hari.

Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah

Harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah bisa dibilang cukup terjangkau. Pengunjung akan dikenai biaya tarif masuk sebesar Rp 20.000 per orang dimana anak-anak diatas usia 3 tahun sudah dikenai biaya tiket masuk.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan juga akan ditarik biaya parkir sebesar Rp 1.000/sepeda kayuh, Rp 15.000/sepeda motor, Rp 20.000/mobil dan Rp 40.000 untuk bus pariwisata. Tarif tiket masuk ini belum termasuk biaya wahana di dalamnya. 

Namun jika ingin lebih murah, Anda bisa mengambil pilihan paket wisata yang telah disediakan pengelola tempat wisata. Selain itu, terdapat diskon tersendiri bagi pengunjung yang mendaftar secara rombongan. Asyik, bukan? Yuk langsung saja datang ke TMII!

Lokasi Taman Mini Indonesia Indah

Alamat Taman Mini Indonesia Indah berada di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Lokasi taman ini berjarak kurang lebih 23 km dari Jakarta Pusat dan membutuhkan waktu tempuh selama 38 menit hingga 60 menit untuk sampai di titik lokasi wisata. Akan tetapi, situasi tersebut tergantung dari kondisi jalan dan rute yang Anda lewati, ya sobat Advontura.

Hotel Terdekat

Setelah menikmati pesona Taman Mini Indonesia, pengunjung juga bisa bermalam atau menginap di hotel ataupun penginapan yang letaknya tidak jauh dari kawasan wisata tersebut.

Banyak sekali pilihan hotel dan penginapan yang bisa Anda temukan di dekat kawasan wisata TMII ini dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas menarik. 

Beberapa hotel dekat Taman Mini Indonesia Indah yang dapat dijadikan pilihan untuk bermalam adalah Hotel Santika TMII, Desa Wisata, Graha Wisata Remaja, dan Srimanganti Guesthouse.

Demikian informasi mengenai wisata ataupun sejarah Taman Mini Indonesia Indah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda sebagai referensi untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Taman Bunga Begonia – Harga Tiket Masuk dan Lainnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *