Keindahan Taman Bunga Indonesia Yang Wajib Dikunjungi

Taman Bunga
Photo by seringjalan.com
Daftar isi

Bagi sebagian orang pergi berlibur hanya dengan mengunjungi wisata alam seperti pantai dan gunung tidaklah cukup. Beberapa orang lebih memilih menghabiskan waktu liburannya di destinasi wisata seperti taman bermain, kebun binatang, atau destinasi wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata yang dapat dijadikan pilihan saat berlibur adalah taman bunga di Indonesia.

Banyak yang tidak tahu, sebenarnya taman bunga di Indonesia banyak yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Taman Bunga di Indonesia mulai dikelola dan dijaga dengan baik sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan bunga sekaligus berwisata edukasi.

Tidak hanya menikmati keindahannya saja, dengan mengunjungi taman bunga juga dapat meningkatkan pengetahuan pengunjung tentang aneka jenis bunga baik yang jenisnya asli dari Indonesia maupun jenis bunga yang berasal dari luar negeri.

Mengunjungi taman bunga pasti akan menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik terutama untuk pengunjung perempuan. Taman bunga di Indonesia memiliki berbagai jenis bunga yang ditata dengan penataan khusus sehingga pemandangan yang tersaji tampak begitu sempurna dan memanjakan mata.

Mengunjungi taman bunga di Indonesia akan kurang rasanya jika tidak mengabadikan momen melalui kamera. Foto bersama atau selfie adalah kegiatan paling wajib saat berkunjung ke taman. Mengambil foto dengan latar belakang taman bunga membuat hasil fotonya menjadi lebih indah. Berikut beberapa rekomendasi taman bunga di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi.

Artikel Terkait

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga nusantara
Taman Nusantara (Photo by alinea.mmtc.ac.id)

Taman Bunga Nusantara merupakan taman bunga di Indonesia yang menyimpan berjuta keindahan di dalamnya. Taman Bunga Nusantara berada di atas lahan seluas kurang lebih 35 hektar dan telah ditetapkan sebagai taman bunga terbesar di provinsi Jawa Barat. Area taman dibagi menjadi beberapa bagian dengan tema yang berbeda pada setiap bagian.

Taman bunga dengan berbagai tema ini memakan lahan sebanyak 23 hektar. Di dalam kawasan Taman Bunga Nusantara terdapat taman bermain anak yang bernama alam imajinasi. Taman bermain anak tersebut memakan lahan taman seluas 7 hektar.

Taman bermain ini diperuntukan untuk wisatawan yang datang membawa anak kecil. Alam imajinasi yang berada di salah satu kawasan taman bunga di Indonesia ini memiliki banyak permainan anak yang seru seperti berbagai wahana permainan anak, ATV, dan permainan seru lainnya. 

Taman Bunga Nusantara berlokasi di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Kurang lebih 21.7 kilometer dari pusat kota Cianjur.

Walaupun sering disebut sebagai Taman Bunga Bogor, namun secara geografis Taman Bunga Nusantara berlokasi di Kabupaten Cianjur. Letaknya yang berada dekat dengan kawasan Gunung Gede membuat udara di taman ini sangat sejuk.

Menikmati keindahan beraneka jenis bunga ditemani dengan udara yang sejuk membuat pengunjung betah berada di destinasi wisata ini. Di dalam lokasi taman terdapat banyak pilihan spot foto yang sangat instagramable dan cocok untuk para pengunjung yang hobi selfie. 

Beberapa tema taman yang ada di kawasan Taman Bunga Nusantara

Taman Mawar

Taman mawar merupakan surga bagi para pecinta bunga mawar. Di taman ini pengunjung akan menemui bermacam jenis mawar dengan berbagai warna ditata dengan rapi dan indah.

Mawar yang ditanam dan ditata dengan teknik khusus membuat keindahan salah satu taman yang ada di lokasi Taman Bunga Nusantara ini terlihat begitu sempurna. Mawar yang ada di taman ini dirawat dengan teknik khusus, mulai dari cara penyiraman bunga, pupuk yang digunakan, hingga jenis tanah yang digunakan sebagai media tanamnya.

Taman Labirin

Taman Labirin dibuat dengan tanaman rambat yang dirancang membentuk sebuah labirin berukuran raksasa. Dengan membayar tiket sebesar Rp 1000 pengunjung dapat bermain mengasah kemampuan di taman labirin.

Bermain di taman labirin akan terasa lebih menyenangkan jika bersama dengan teman ataupun keluarga. Tersedia peta dengan rute keluar taman labirin untuk pengunjung yang takut tersesat di dalam labirin. Peta tersebut dijual terpisah dengan harga Rp 2000.

Taman Air

Taman Air merupakan taman yang didalamnya berisi berbagai tumbuhan air yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia. Tanaman air yang berada disini memiliki warna dan bentuk yang bervariasi. Di dekat kawasan tersebut terdapat patung dinosaurus besar yang dibentuk dari kawat yang dipenuhi dengan susunan bunga.

Rumah Kaca

Rumah kaca yang berada di kawasan Taman Bunga Nusantara ini dibuat dengan luas sekitar 2000 meter persegi. Faktor cahaya, suhu udara, hingga kelembapan dalam rumah kaca diatur dengan baik agar tanaman yang ada di dalamnya dapat berkembang dengan baik. Di dalam rumah kaca terdapat berbagai jenis bunga yang didatangkan khusus dari berbagai negara di dunia. 

Taman Perancis

Taman Perancis dibuat dengan gaya khas perancis yang begitu kental. Penataan dan jenis bunga yang dipilih membuat taman dengan tema Perancis yang ada di Taman Bunga Nusantara ini terkesan nyata seperti taman bunga yang ada di Perancis. Kebersihan dan kerapihan dijaga dengan sangat baik di lingkungan ini. 

Taman Jepang

Tema yang ada di Taman Bunga Nusantara selanjutnya adalah Taman Jepang. Dapat dilihat dari namanya, taman ini benar – benar membuat pengunjung seperti berada di Jepang.

Taman ini menghadirkan suasana jepang yang sederhana namun tetap asri. Kawasan dengan tema Jepang dibuat dengan menghadirkan unsur kayu dan bebatuan yang dominan dilengkapi juga dengan jembatan dan kolam sehingga suasana Jepang disini begitu dominan

Taman Bali

Sesuai dengan nama dan tema yang digunakan, Taman Bali ini dibangun khusus dengan suasana khas Bali yang begitu kental terasa. Suasana Bali semakin terasa karena bagian pintu masuk dibentuk seperti gapura pintu masuk yang ada di Bali. Tumbuhan tropis seperti bunga sepatu, kamboja, dan berbagai jenis heliconia menambah kesan Bali-nya semakin terasa.

Menara Pandang

Menara Pandang merupakan salah satu icon yang ada di Taman Bunga Nusantara. Menara Pandang terdiri dari 4 lantai dan dikelilingi oleh kebun bunga yang asri. Pengunjung yang menaiki menara pandang ini dapat melihat keindahan taman dengan berbagai jenis bunga yang bervariasi ditemani dengan udara sejuk khas dataran tinggi.

Tiket Masuk Kawasan Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu taman bunga di Indonesia yang cukup melegenda. Taman ini juga merupakan taman bunga tertua yang ada di Indonesia. Keberadaan Taman Bunga Nusantara ini juga telah diketahui oleh masyarakat luas. Koleksi bunganya yang lengkap juga menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata taman bunga di Indonesia ini.

Taman Bunga Nusantara selalu dipenuhi oleh wisatawan setiap akhir pekan ataupun hari libur sekolah. Bagi wisatawan yang mengunjungi Taman Bunga Nusantara akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 40.000. Untuk biaya parkir dikenai tarif yang berbeda dengan kisaran harga Rp 10.000 – 25.000 tergantung jenis kendaraannya.

Untuk wisatawan yang ingin berkeliling kawasan taman tapi malas berjalan kaki dapat memilih menaiki Dotto Trains atau Garden Tram yang telah disediakan oleh pengelola Taman Bunga Nusantara dengan membayar tiket sebesar Rp 50.000. Pengunjung dapat memilih menggunakan Dotto Trains atau Garden Tram untuk mengelilingi kawasan taman yang luas tanpa takut kelelahan.

Taman Bunga Celosia

Taman bunga celosia
Taman bunga celosia (Photo by makassar.terkini.id)

Taman bunga di Indonesia yang wajib dimasukkan dalam daftar objek wisata liburan selanjutnya adalah Taman Bunga Celosia. Taman Bunga Celosari merupakan objek wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Tidak hanya taman bunga saja, objek wisata ini memiliki segudang pilihan spot foto yang instagramable. Kawasan Taman Bunga Celosia terbagi menjadi tiga zona, setiap zona memiliki konsep dan daya tariknya masing – masing.

Zona pertama adalah Taman Bunga Celosia. Hamparan bunga celosia yang dibuat dengan tatanan khusus membuat zona ini benar – benar terlihat begitu indah.

Zona kedua bernama Celosia Happy and Fun, sedangkan untuk zona ketiga atau terakhir dikenal dengan nama Museum Selfie Celosia. Taman Bunga Celosia mengusung konsep wisata yang memadukan keindahan pemandangan alam dengan berbagai spot foto yang modern.

Taman Bunga Celosia adalah salah satu taman bunga di Indonesia yang terletak di kaki Gunung Ungaran sehingga kawasannya dikelilingi oleh pemandangan alam yang memanjakan mata. Hal tersebut menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Udara sejuk pegunungan terasa cukup mendominasi objek wisata ini.

Taman Bunga Celosia memiliki banyak jenis bunga mulai dari bunga celosia, lavender, dianthus, gerbera, hebras, krisan, dan jenis bunga hias lainnya. Bunga yang ada di Taman Bunga Celosia diatur dan ditata dengan sangat maksimal.

Ada bunga yang berada di dalam pot, digantung, beberapa bunga juga ditata dengan tambahan ornamen – ornamen unik sehingga dapat dijadikan objek foto oleh para pengunjung. Pengelola merawat dan menjaga kebersihan kawasan Taman Bunga Celosia dengan sangat baik sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan nyaman. 

Spot Foto Instagramable khas Taman Bunga Celosia

Salah satu taman bunga di Indonesia yang berada di Jl. Gedongsongo KM 05, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini sangat layak disebut sebagai surganya selfie. Banyak sekali miniatur – miniatur unik yang dapat dijadikan objek foto pada kawasan taman bunga di Indonesia ini.

Taman Bunga Celosia memiliki miniatur landmark yang khas dari beberapa negara. Wisatawan yang memiliki hobi foto ataupun selfie akan merasa puas mengunjungi objek wisata ini. Berikut beberapa spot foto menarik yang ada di Taman Bunga Celosia :

Piramida

Piramida merupakan spot foto baru yang berada di Celosis 2. Bangunan berbentuk piramida dengan dinding transparan ini cukup menarik perhatian pengunjung. Bangunan Piramida juga dikelilingi oleh berbagai jenis bunga yang tumbuh di sekitarnya.

Hasil foto yang diambil di depan piramida ini selalu terlihat indah. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, wisatawan dapat berfoto di depan piramida pada sore hari saat matahari akan tenggelam

Miniatur Landmark

Spot ini merupakan spot foto andalan dan spot foto yang paling banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Taman Bunga Celosia. Disini pengunjung dapat melihat beberapa miniatur landmark dari berbagai negara di dunia seperti kincir angin milik Belanda, Menara Eiffel milik Paris, Patung SInga Merlion milik SIngapura, dan miniatur lainnya.

Tidak lupa, di sekitar kawasan miniatur landmark  juga dilengkapi dengan dekorasi bunga – bunga indah yang menjadi ciri khas dari Taman Bunga Celosia. 

Little Amsterdam

Sesuai dengan nama, tempat ini memiliki konsep dan atmosfer yang membuat wisatawan seperti sedang ada di Amsterdam. Adanya Kincir angin dan bunga – bunga cantik khas negeri Amsterdam membuat kesan Amsterdam di tempat ini terasa lebih nyata.

Taman Lampion

Keindahan Taman Bunga Celosia tidak hanya dinikmati pada siang hari saja. Taman Lampion ada salah satu objek yang ada di kawasan Taman Celosia yang dapat dinikmati pada malam hari.

Lampion dengan berbagai bentuk ini berada diatas danau buatan dan akan menampilkan lampu warna – warni yang indah saat malam tiba. Lampion yang penuh dengan warna dan berbagai bentuk ini membuat pengunjung seperti berada di istana lampion

Tiket Masuk dan Jam Operasional Taman Bunga Celosia

Bagi wisatawan yang tertarik untuk berlibur ke destinasi wisata Taman Bunga Celosia disarankan untuk datang lebih pagi. Hal tersebut disarankan untuk mengurangi kemungkinan terjebak macet dalam perjalanan terutama saat weekend maupun hari libur sekolah. Berkunjung saat pagi juga terasa lebih nikmat karena udara sejuk khas pegunungan masih terasa.

Taman Bunga Celosia dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.30 pagi hingga pukul 17.00 sore. Untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 20.000 saat weekdays (senin – jumat), dan Rp 25.000 saat hari libur dan weekend.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi telah disediakan lahan parkir yang luas dan dijamin keamanannya. Untuk kendaraan roda empat terkena tarif parkir sebesar Rp 5000, sedangkan sepeda motor hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 3000

 Taman Bunga Matahari

Taman Bunga Matahari adalah taman bunga di Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Indonesia memiliki banyak Taman Bunga Matahari yang tersebar di beberapa kota. Berikut beberapa Taman Bunga Matahari yang ada di Indonesia :

Taman Bunga Matahari Malang

Keindahan objek wisata alam yang ada di Malang memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu objek wisata di Malang yang menarik perhatian wisatawan adalah Taman Bunga Matahari Megastar Malang.

Kebun bunga matahari ini berada di kawasan wisata Peternakan Megastar Batu, tepatnya di Jl. Jalibar, Oro – Oro Ombo, Batu, Malang. Pengunjung yang berwisata di Kebun bunga matahari ini akan dikenai tarif biaya masuk Rp 25.000 per orang nya.

Tidak hanya menikmati keindahan kebun bunga matahari, pengunjung juga dapat menikmati atraksi yang ada di Peternakan Megastar.

Baca juga: Jatim Park 2 Malang: Harga Tiket, Wahana, dan Jam Buka

Taman Bunga Matahari Salam, Magelang

Taman Bunga Matahari Salam terletak di Desa Baturono, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Tidak hanya menikmati keindahan alam dan berfoto dengan background taman yang dipenuhi bunga matahari, di Taman Bunga Matahari Salam pengunjung dapat membeli bibit bunga matahari agar dapat menanam sendiri dirumah. Bibit bunga matahari yang dijual disini berupa tanaman bunga matahari yang masih berukuran kecil.

Untuk pengunjung yang tertarik untuk membeli, bibit bunga matahari dijual dengan harga Rp 25.000. Wisatawan yang berkunjung di kebun bunga ini disarankan untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak merusak bunga matahari serta fasilitas lain yang telah disediakan.

Jika wisatawan ketahuan melanggar peraturan maka akan dikenai denda. Bagi yang berminat mengunjungi Taman Bunga Salam ini, wisatawan harus menyiapkan uang untuk biaya tiket masuk sebesar Rp  5000 saja.

Taman Bunga Matahari Boyolali

Taman bunga di Indonesia selanjutnya adalah Taman Bunga Matahari yang ada di Boyolali tepatnya di Desa Cluntang, Musuk, Boyolali. Taman bunga ini berada tak jauh dari lokasi kawasan Gunung Merapi dan terletak di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut.

Seperti kebun bunga matahari lainnya, disini pengunjung disuguhi pemandangan bunga matahari berwarna kuning cerah yang cocok dijadikan objek berfoto. Untuk memasuki kawasan taman pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 2.500 tiap orangnya. Pengunjung juga dihimbau untuk menjaga dan tidak merusak bunga matahari yang ada. 

Taman Bunga Matahari Kediri

Taman Bunga Matahari Kediri adalah salah satu langkah yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan kosong. Taman Bunga Matahari Kediri ini dikelola langsung oleh pemerintahan sekitar dan dibantu oleh masyarakat setempat. Lahan yang awalnya kosong ini ditanami ribuan benih bunga matahari hingga menjadi sebuah kebun yang cantik.

Usaha pemerintah tersebut berbuah manis, kini lahan yang awalnya kosong berubah menjadi salah satu objek wisata di Kediri yang ramai dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini berada di Kelurahan Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri Jawa Timur. Untuk yang ingin mengintip keindahan Taman Bunga Matahari yang ada di Kediri ini bisa datang mulai dari pukul 9 pagi hingga 6 sore.

Taman Bunga Matahari Yogyakarta

Beralih ke Yogyakarta, terdapat Taman Bunga Matahari yang cukup terkenal berada di sisi bagian utara dari Pantai Samas, lebih tepatnya di Desa Srigading, Dusun Tegalsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, Yogyakarta. Taman Bunga Matahari ini awalnya dibuat untuk melindungi tanaman cabai dari angin yang kencang, namun karena keindahannya taman ini berubah menjadi sebuah objek wisata.

Jika ingin menikmati keindahan kebun sambil berfoto pengunjung akan ditarik biaya masuk sebesar Rp 5000. Jika pengunjung ingin memetik bunga matahari untuk dibawa pulang maka akan ditarik biaya sebesar Rp 10.000

Baca juga: Taman Bunga Begonia – Harga Tiket Masuk dan Lainnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *