1. Taman Bermain

Taman Bunga Cibubur: Fasilitas, Harga Tiket, dan Kegiatannya

Pada tanggal 29 Juni 1980, Presiden Soeharto pernah meresmikan sebuah taman bunga di bilangan Cimanggis, Depok. Taman ini bernama Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur atau banyak dikenal juga sebagai Taman Bunga Cibubur.

Kali ini, Advontura akan membahas lebih dalam mengenai apa saja yang ditawarkan taman bunga di Cibubur ini. Penasaran apa saja yang menarik untuk kamu kunjungi di sini? Yuk simak penjelasan selengkapnya di artikel kali ini.

Tentang Taman Bunga Cibubur

Taman Bunga Cibubur atau Taman Rekreasi Wiladatika berlokasi di Jalan.Jambore No.1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur yang cukup terkenal di telinga khalayak umum.

Pembukaan resminya dilakukan oleh Presiden Soeharto dengan tujuan awal sebagai fasilitas untuk kegiatan pramuka dan penggalangan dana dengan basis nilai Pancasila. 

Sumber: Info Karanganyar

Nama “Wiladatika” merupakan singkatan dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Meskipun awalnya berfungsi untuk kegiatan pramuka, seiring berjalannya waktu, taman ini mulai menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. 

Pengunjung menikmati suasana alam yang hijau dan cocok untuk liburan bersama anak-anak. Sejak diresmikan, Taman Rekreasi Wiladatika tidak pernah sepi dan terus ramai oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

Fasilitas Taman Bunga Cibubur

Taman Bunga Cibubur sudah memiliki fasilitas penunjang yang membuat kamu semakin nyaman jika berkunjung ke sini. Fasilitas tersebut meliputi area parkir, toilet, mushola, berbagai taman, dan bangku-bangku untuk istirahat. Selain itu, terdapat juga berbagai wahana permainan seperti kolam renang, permainan air, dan taman bermain anak. 

Untuk keperluan acara, tersedia gedung pertemuan untuk berbagai acara seperti pernikahan atau seminar, serta gazebo untuk kegiatan gathering. Bagi wisatawan yang ingin menginap, tersedia pilihan penginapan yang beragam di sekitar area tamannya.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Taman ini beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Anggota Pramuka hanya perlu membayar Rp5.000, sedangkan pengunjung umum dikenai biaya Rp10.000. Selain biaya tiket masuk, pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir. Tarif parkir bervariasi sesuai dengan jenis kendaraan, di mana parkir motor dikenakan Rp4.000, mobil sebesar Rp8.000, dan untuk bus atau truk sebesar Rp20.000.

Sumber: TripAdvisor

Cara ke Taman Bunga Cibubur

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Taman Bunga Cibubur, berikut adalah beberapa rute yang dapat kamu tempuh:

Menggunakan Kendaraan Pribadi 

Dari pusat Kota Jakarta, Taman Wiladatika Cibubur berjarak sekitar 24 kilometer. Jika berangkat dari simpang susun Semanggi, waktu tempuhnya sekitar 30 menit, namun ini dapat bervariasi tergantung pada kondisi lalu lintas. Rute perjalanan dimulai dari pintu tol dalam kota, kemudian melalui tol Jagorawi sejauh sekitar 13 kilometer sebelum keluar di pintu tol Cibubur. Setelah itu, lanjutkan perjalanan di Jalan Buperta/Jalan Transyogi menggunakan jalur kiri untuk belok ke arah Jakarta. Taman Wiladatika Cibubur dapat kamu temukan di sisi kiri jalan.

Menggunakan Transjakarta 

Beberapa layanan bus Transjakarta dapat kamu gunakan untuk menuju Taman Bunga Cibubur. Contohnya, dari simpang susun Semanggi, penumpang dapat menggunakan Transjakarta menuju halte BKN dengan rute PGC-Pluit (9A). Dari halte BKN, naiklah bus Transjakarta BKN-Cibubur (7C) dengan tarif Rp 3.500. Alternatif lain adalah menggunakan layanan Royaltrans premium dengan biaya Rp 20.000. Jika berangkat dari Semanggi, opsi lainnya adalah naik bus rute 1K (Blok M-Cibubur). Namun, perlu diingat bahwa layanan Royaltrans hanya tersedia pada hari kerja atau Senin hingga Jumat.

Menggunakan Angkutan Umum Lainnya 

Ada banyak pilihan angkutan umum untuk menuju Taman Wiladatika Cibubur. Jika berangkat dari Semanggi, kita bisa menaiki bus transjabodetabek rute Kalideres-Cileungsi, Blok M Cileungsi, dan Cileungsi-Tanah Abang. Tarifnya Rp18.000 sekali jalan. Selain itu, jika berangkat dari arah timur, yakni Kampung Rambutan, kamu bisa menaiki Microtrans Jak 28 atau angkot 121.

Kegiatan di Taman Bunga Cibubur

Belum tau mau ngapain di Taman Bunga Cibubur? Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi kegiatan yang dapat kamu lakukan di taman rekreasi satu ini.

Bermain bersama Si Kecil

Taman Wiladatika adalah destinasi liburan yang cocok untuk keluarga karena menyediakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga, dari anak-anak hingga dewasa. Di sekitar taman, terdapat berbagai wahana permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit yang dapat dinikmati anak-anak, sementara orangtua dapat bersantai di bangku-bangku yang tersedia.

Bagi yang menginginkan pengalaman bermain yang lebih bervariasi, taman ini juga menyediakan area bermain lainnya dengan wahana seperti bom bom car, gokart, mini jet, dan lainnya. Anak-anak juga dapat menikmati berinteraksi dengan kelinci di taman kelinci. Sedangkan pengunjung dewasa dapat merilekskan diri dengan mencoba kolam terapi ikan.

Tersedia pula kereta mini serta penyewaan sepeda dan becak mini untuk mengelilingi taman. Untuk penggemar permainan air, terdapat sepeda air dan permainan bola air yang dapat kamu nikmati bersama keluarga. Tak ketinggalan, ada juga kolam renang untuk dewasa atau anak-anak yang ingin berenang.

Berolahraga

Taman ini juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas olahraga seperti jogging atau berjalan-jalan santai. Banyak pengunjung yang membawa sepeda mereka ke taman ini, sehingga selama berolahraga, mereka dapat menikmati pemandangan yang indah dari berbagai jenis tanaman dan bunga yang tumbuh di sekitar taman.

Sumber: Kumparan

Melakukan Kegiatan Outbound

Penyuka tantangan juga bisa mengikuti outbound dan paintball dengan melakukan reservasi terlebih dahulu. Kegiatan ini cocok untuk melengkapi acara gathering keluarga, kantor, atau sekolah. Sementara itu penginapan dengan beragam pilihan dan harga juga tersedia. Jadi wisatawan tidak perlu repot-repot mencari hotel di luar kawasan taman.

Baca Juga: Waduk Gonggang, Pesona Waduk yang Belum Banyak Orang Ketahui 

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai fasilitas, harga tiket, dan kegiatan yang dapat kamu lakukan di Taman Bunga Cibubur. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Taman Bunga Cibubur: Fasilitas, Harga Tiket, dan Kegiatannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]