1. Taman Bermain

Taman Barito: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Jam Operasional

Warga Jakarta pasti sudah tidak asing dengan nama Taman Barito. Destinasi wisata satu ini merupakan salah satu ruang hijau yang terkenal di Jakarta Selatan. Kawasan pepohonan yang hijau dan rimbun membuat taman ini tidak pernah sepi pengunjung.

Jika kamu bertanya apakah yang menarik dari taman satu ini, kamu harus menyimak artikel Advontura kali ini. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Barito

Taman Barito menduduki peringkat ke-4 sebagai taman terbaik di DKI Jakarta. Tempat ini sering menjadi destinasi bagi mereka yang ingin berolahraga atau sekadar duduk-duduk santai di bangku taman yang tersedia. Awalnya, taman ini dikenal sebagai Taman Ayodya. Namun, karena berlokasi di Jalan Barito, Taman Ayodya lebih dikenal dengan sebutan Taman Barito.

Taman ini terletak di kawasan Jakarta Selatan dan resmi berdiri pada tanggal 15 Maret 2009 oleh Gubernur Jakarta kala itu, Fauzi Bowo. Meskipun dulunya terkenal sebagai taman yang kurang terawat, kondisi taman ini menjadi lebih baik setelah peresmiannya. Sebelumnya, banyak pembangunan fasilitas taman dilakukan karena adanya kekurangan fasilitas sebelum peresmian.

Di dalam area Taman Ayodya, terdapat danau buatan yang sering digunakan oleh anak muda untuk berkumpul, serta banyak kursi yang tersedia untuk bersantai menikmati pemandangan. Selain itu, terdapat area wisata kuliner di sekitar taman. Tak jauh dari taman, terdapat pasar hewan, toko bunga segar, dan toko yang menjual parsel.

Sumber: Wikipedia

Meskipun berada di persimpangan jalan raya, udara di dalam area taman cukup sejuk karena terdapat banyak tanaman dan pohon yang rindang. Oleh karena itu, banyak karyawan yang setelah makan siang memilih untuk bersantai di taman ini karena dekat dengan perkantoran di sekitarnya.

Pada hari Minggu pagi, taman ini sering menjadi tempat berkumpul bagi para pengendara sepeda tanpa mesin sebelum menuju lokasi Car Free Day di sepanjang jalan Sudirman. Saat ini, Taman Ayodya telah dilengkapi dengan jalur khusus sepeda, yang sangat membantu dalam meningkatkan keselamatan para pengendara sepeda di jalan ibu kota. Meskipun jalur sepeda ini baru mencapai Taman Sepeda di Melawai, tetapi memberikan kontribusi positif bagi para Bikers.

Lokasi Taman Barito

Taman Ayodya, atau lebih akrab dikenal sebagai Taman Barito, terletak di Jalan Lamandau III, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Taman ini mudah kamu temukan dan jangkau karena letaknya yang tidak jauh dari akses transportasi publik. Secara spesifik, taman ini berlokasi di sekitar Blok M, berdekatan dengan Hotel Gran Mahakam, Plaza Blok M, Mall Kebayoran Baru, dan Pasar Burung Barito.

Tiket Masuk Taman Barito

Kabar baik untuk kamu yang ingin berwisata atau mengunjungi Taman Barito. Kamu tidak perlu membayar tiket masuk sepeser pun jika ingin datang ke taman ini. Jadi, kamu dapat berleha-leha atau rehat sejenak di taman ini. Terlebih lagi, area taman ini dirawat pemerintah secara rutin.

Meskipun tidak dipungut biaya tiket masuk, kamu mungkin perlu mempersiapkan uang receh untuk parkir kendaraan di sekitar taman. Kamu perlu membayar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam Operasional Taman Barito

Taman Barito terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun, sebagai saran, waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah pada pagi dan sore hari. Jika kamu ingin menikmati udara segar dari pepohonan sekitar, kamu bisa datang antara pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. 

Pada jam-jam tersebut, sinar matahari tidak begitu panas, sehingga suasananya akan sangat ideal untuk kamu berolahraga atau berjalan santai di sekitar taman.

Sumber: Tribunnews

Bagi kamu yang ingin merasakan kesejukan suasana sore setelah pulang kerja, kamu dapat datang antara pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Terlebih lagi, kamu akan menemukan beberapa penjual jajanan di sekitar taman. 

Waktu yang tepat untuk datang mencicipi jajanan ini adalah antara pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Ini dikarenakan pedagang kaki lima di sekitar taman baru membuka lapak pada jam-jam tersebut.

Fasilitas Taman Barito

Sebagai taman yang terletak di kawasan metropolitan, Taman Barito memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Beberapa di antaranya adalah:

1. Area Olahraga

Bagi kamu yang mencari tempat untuk berolahraga di tengah Jakarta Selatan, Taman Barito adalah tempat yang tepat. Taman kota ini menyediakan lintasan jogging dan berbagai alat olahraga yang dapat pengunjung secara gratis. 

Pengunjung dapat melakukan aktivitas olahraga di area kebugaran sambil menikmati pemandangan pepohonan rindang di sekitar taman. Ditemani udara segar dan hijaunya pepohonan, berolahraga di taman satu ini memberikan pengalaman yang menyenangkan, menyegarkan, sekaligus menyehatkan.

2. WiFi Gratis

Pemerintah DKI Jakarta menyediakan fasilitas WiFi sebagai bagian dari fasilitas di Taman Barito. Pengunjung berkesempatan untuk menggunakan WiFi secara gratis. Jadi kamu tidak perlu takut kehabisan kuota pribadi.

Sumber: WisataHits

Untuk dapat mengakses WiFi secara gratis, kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format: NET (spasi) 5000, kirim ke nomor 98108. Setelah mengirim pesan tersebut, kamu sudah dapat menikmati akses WiFi dengan kecepatan hingga 100 Mbps.

3. Air Mancur

Di samping berbagai fasilitas di atas, area taman ini juga dapat menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta untuk bersantai, khususnya pada sore hari. Mulai sore hari, pengunjung akan berdatangan meramaikan taman ini. Di sini, kegiatan yang umumnya dapat kamu lakukan selain berolahraga adalah bersantai, berbincang-bincang, dan melakukan wisata kuliner di sekitar lokasi.

Kamu dapat bersantai sambil menikmati pemandangan pepohonan atau air mancur di tengah taman. Untuk merasakan suasana yang santai sepenuhnya,kamu dapat memilih tempat duduk di daerah yang rindang di sekitar taman. Selain itu, gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar dapat menikmati jalan-jalan di sekitar taman secara maksimal.

Baca Juga: Ragunan Zoo: Sejarah, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Demikian pembahasan Advontura mengenai lokasi, harga tiket masuk, jam operasional, dan fasilitas apa saja yang tersedia di Taman Barito. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk kamu, ya! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Taman Barito: Lokasi, Harga Tiket Masuk, & Jam Operasional

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]