1. Sungai
  2. Wisata Alam

Fakta Unik Sungai Mahakam dam Festival yang Wajib Dikunjungi

Sungai Mahakam terletak di Pulau Kalimantan dengan total panjang sekitar 920 kilometer. Mengalir mulai bagian hulu di Kabupaten Kutai Barat hingga bagian hilir di Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, membuatnya disebut sebagai sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur.

Aliran panjang sejarah Sungai Mahakam dianggap sebagai salah satu nadi utama kehidupan masyarakat. Hal ini dapat dibuktikan dengan ratusan perahu, tongkang hingga kapal ponton yang hilir mudik melintasinya setiap hari. Tertarik mengunjunginya? Berikut informasi festival dan beberapa fakta unik sejarah Sungai Mahakam.

Daftar Isi

Festival Sungai Mahakam

Festival Sungai Mahakam
Festival Sungai Mahakam (Photo by kaltim.tribunnews)

Sejak resmi ditunjuk sebagai Ibu Kota Republik Indonesia selanjutnya menggantikan Jakarta, Kalimantan Timur terus menjadi pusat perhatian di beberapa tahun terakhir ini. Banyak pihak yang menyorot keindahan alam serta potensi wisata yang dimiliki oleh provinsi ini. Salah satunya yaitu Festival Sungai Mahakam yang telah lama diselenggarakan.

Sungai Mahakam terletak di Pulau Borneo atau dikenal dengan Kalimantan memiliki festival rutin yang biasa diselenggarakan bulan November setiap tahunnya. Festival Mahakam mulai digelar sejak tahun 2000 guna menggali, melestarikan seni serta budaya daerah, dan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun lokal.

Selain berfokus pada eksploitasi keindahan Mahakam, pentas budaya Kalimantan Timur ini juga tak pernah bosan menghibur para wisatawan yang berkunjung. Ada berbagai pameran, parade hingga lomba yang diselenggarakan selama festival berlangsung. Setiap tahunnya, panitia selalu menghadirkan sesuatu yang baru dan berbeda untuk bisa lebih menarik perhatian.

Beberapa lomba yang biasa diadakan saat Festival Mahakam yaitu Parade 1000 Mandau, Power Boating, Mini Expo Mandau, Balap Perahu Naga, hingga Balap Renang Lintas Sungai Mahakam dan lain sebagainya. Tak hanya itu, ada juga pagelaran musik, pawai budaya, pentas dangsut, pameran UKM hingga wisata kuliner di sepanjang tepi Sungai Mahakam.

Tak hanya berbagai lomba dan pameran, salah satu yang tak kalah menarik perhatian pengunjung adalah Mahakam Sampe Music Festival. Acara ini menampilkan berbagai performa aliran lantunan musisi asli Kalimantan dengan menggunakan alat musik tradisional Suku dayak yang disebut Sape atau Sampe.

Ada juga Mahakam UKM Expo, Fashion Batik Kaltim,Pemera Innovasi, Mahakam Jazz Fiesta, Pemecahan Rekor MURI, Parade Budaya 1000 Hudoq dan beragam acara lain yang tidak kalah seru. Sobat Advontura yang tertarik, yuk atur jadwal cuti dari sekarang!

Baca juga: Pulau Tidung – Kegiatan Menarik & Penginapan Terdekat

Fakta Unik Mahakam

Pesut sungai mahakam
Pesut Mahakam

Tak hanya memiliki parade budaya yang begitu dinantikan setiap tahunnya, sepanjang sejarah Sungai Mahakam terletak di Pulau Kalimantan ini juga mempunyai fakta-fakta unik. Apa saja? Simak sampai akhir, ya!

1. Berasal dari Bahasa Sansekerta

Hingga kini, pemberian nama Mahakam masih diperdebatkan asal mulanya. Walau belum ada sumber atau literatur resmi yang menjelaskan asal-usul nama sejarah Sungai Mahakam, setidaknya ada beberapa praduga yang terpublikasikan. Salah satunya yaitu dugaan bahwa Mahakam berasal dari bahasa Sansekerta.

Mahakam merupakan gabungan dari maha dan makam dalam bahasa Sansekerta. Kata maha berarti tinggi dan besar, sedangkan makam bermakna kuburan. Sehingga Mahamakam dapat diartikan sebagai kuburan yang sangat besar. Teori ini juga didukung dengan adanya serangkaian musibah yang mengakibatkan korban jiwa di Sungai Mahakam dahulu kala.

2. Dilintasi Pedagang India dan Tiongkok Sejak 4 Masehi

Keberadaan Mahakam telah dimanfaatkan masyarakat sejak zaman dahulu kala. Selain sebagai jalur transportasi, warga juga biasa melangsungkan aktivitas perdagangan dengan perahu-perahu kecil di sepanjang sungai. Tak hanya penduduk lokal, aliran Mahakam juga telah dipenuhi pelaut mancanegara sejak abad ke 4 Masehi.

Berdasarkan jejak-jejak arkeologi yang ditemukan di pusat Kerajaan Kutai Martadipura tepatnya Muara Kaman, diketahui bahwa Sungai Mahakam terletak di Kalimantan Timur telah dilintasi oleh para pelaut dari mancanegara. Misalnya pelaut dari India dan Tiongkok yang melakukan kegiatan dagang.

3. Punya Lumba-Lumba Air Tawar

Bentuknya yang menyerupai lumba-lumba, membuat pesut dianggap unik dan menarik bagi banyak orang. Pesut Mahakam memiliki tubuh polos tanpa motif khas apapun. Sirip punggungnya kecil dan melingkar di belakang pertengahan punggung. Jumlahnya yang tak mencapai 100 ekor, membuat pesut Mahakam begitu susah ditemui.

Para wisatawan yang ingin melihat Pesut akan sangat disarankan untuk langsung ke habitat utamanya, yaitu antara daerah Muara Kaman hingga Melak, dan di Muara Pahu. Namun, pengunjung hanya bisa menemui lumba-lumba air tawar ini di musim tertentu. Biasanya, pesut akan muncul di pagi hari sekitar pukul 6 hingga 8 WITA serta antara jam 4 hingga 6 WITA sore.

4. Tol Utama Batu Bara

Sungai Mahakam terletak di Pulau Kalimantan telah menjadi saksi bisu perjalanan ratusan kapal ponton batu bara. Pemandangan lazim penduduk Samarinda, melihat hilir mudik kapal tongkang bermuatan batu bara lengkap dengan kapal penariknya. Terlebih jika air sungai sedang dalam keadaan pasang, puluhan jajaran tongkang tampak memenuhi perairan.

Mahakam telah mengalir ke banyak aspek penduduk Kalimantan Timur sejak dahulu kala. Nadi utama kehidupan masyarakat ini selalu berusaha dijaga semaksimal mungkin agar kelestariannya tetap terjaga. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Advontura yang tertarik mengunjunginya ya!

Baca juga: Sungai Kapuas – Asal Usul, Wisata & Festival, Hotel

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Fakta Unik Sungai Mahakam dam Festival yang Wajib Dikunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesona alam Indonesia memang tidak terbantahkan. Selain hamparan pasir pantai yang memanjang, gunung-gunung yang kokoh berdiri, serta taman wisata alam yang memukau. Tapi, tahukah kalian pesona lain yang tidak kalah hebatnya adalah wisata air terjun. Air Terjun Banyumala atau Banyumala Waterfall merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Provinsi Bali.  Air Terjun Banyumala menyimpan […]
    Hempas sejenak keramaian kota, saatnya Pemandian Kalireco merupakan pemandian alami yang berada di Desa Kalirejo, Kabupaten Malang. Konon, wisata ini cocok untuk kalian apalagi para muda-mudi yang bosan dengan wisata lainnya.  Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kalirejo.Ciri khas yang menonjol dari […]

    Trending

    Secara historis, Padang Pariaman merupakan kota yang terkenal dengan pusat pembelajaran agama Islam tertua di sisi barat pantai Sumatera. Berbicara tentang Padang Pariaman, daerah ini menyimpan panorama laut yang indah dan memukau. Salah satu pantai yang patut kalian kunjungi adalah Pantai Gandoriah. Melansir indonesiakaya.com, ia menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan keindahannya serta lingkungan […]