Sumber Maron Malang: Informasi Tiket Masuk dan Lokasinya

Pesona Wisata Alam Pedesaan di Sumber Maron Malang
Photo by kelloggsnyc.com
Daftar isi

Sudahkah kalian mengunjungi tempat wisata Sumber Maron Malang? Jika belum, yuk intip ulasan singkat nan lengkap berikut ini.

Keindahan Alam Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi adanya pegunungan, pantai serta hutan lindung yang luas menjadi daya tarik tersendiri yang membuat Indonesia dikenal akan keindahannya.

Kota Malang, salah satu kota yang berada di Jawa Timur, memiliki keindahan alam yang disajikan dalam beberapa destinasi wisata alam yang menarik. Terdapat banyak pilihan objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara.

Mulai dari wisata pegunungan,pantai dan juga coban ada di kota ini. Keindahan alam Kota Malang merupakan keistimewaan tersendiri yang membuat kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya, terlebih di musim liburan tiba Malang selalu jadi pilihan untuk berwisata. 

Wisata Sumber Maron Malang dapat merupakan salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi setiap harinya. Tidak hanya berwisata dan menikmati keindahan alamnya saja namun pengunjung juga mendapatkan informasi dan edukasi saat mengunjungi kawasan wisata ini. Berikut Advontura akan mengulas tempat wisata sumber bagi kalian semua.

Artikel Terkait

Lokasi Sumber Maron

Wisata Sumber Maron berlokasi di Desa Karangsuko,Kecamatan Pagelaran,Kabupaten Malang. Wisata ini memiliki akses yang mudah untuk dilalui pengunjung. Dari Pusat Kota Malang untuk menuju wisata sumber maron membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Rute perjalanan dan akses kendaraan untuk tiba di wisata ini juga cukup mudah. Pengunjung dapat menggunakan maps untuk tiba di kawasan wisata ini ataupun bisa juga menggunakan petunjuk arah yang ada selama perjalanan. 

Jam Buka

Wisata ini buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul !8.00 WIB. pada weekend tempat ini akan dipenuhi pengunjung yang berdatangan mulai pagi hari hingga sore hari.

Keindahan Sumber Maron

Sumber Maron merupakan wisata alam yang memadukan indahnya air terjun,hamparan persawahan hijau,sungai dengan air jernih dan juga kolam sumber alami. Sungai beriak yang menjadi tempat river tubing merupakan tempat yang digemari pengunjung.

Sumber kolam alami yang memiliki air bersih ini merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.air ini digunakan untuk pengairan sawah sekitar dan juga pertanian warga. Selain itu wisata ini juga memiliki air terjun mini yang menjadi daya tarik tersendiri.

Air terjunnya memiliki ketinggian sekitar 6 meter serta air terjun ini berasal dari sumber air yang melimpah. Karena ketinggian air terjun ini cukup rendah dan mudah dijangkau,pengunjung yang datang juga mengeksplor air terjun ini dengan naik ke atas air terjun.

Menurut pengunjung yang menaiki air terjun ini akan memberikan sensasi yang berbeda dan juga mengasyikkan. Kejernihan dan kesegaran air terjun juga membuat pengunjung senang bermain-main air ataupun berenang dibawah air terjun.

Wisata sumber maron juga cukup aman untuk anak-anak karena sungainya tidak terlalu, namun tetap orang tua harus mengawasi anaknya ketika bermain di sekitar sungai maupun air terjun.

Pengunjung juga dihimbau untuk selalu berhati-hati saat berada di sekitar air terjun karena daerah sekitar air terjun sangat licin.Kawasan wisata ini selalu menjadi incaran pengunjung yang berasal dari berbagai kota dan daerah.

Selain keindahan alam yang disuguhkan wisata ini juga memiliki sisi edukatif bagi para wisatawan yang datang ke sumber maron. Sejak tahun lalu kawasan wisata ini sudah sangat terkenal dan didatangi pengunjung setiap harinya yang penasaran dengan keindahan air terjun dan juga sumber air alaminya.

Menikmati suasana pedesaan yang masih kental dengan pemandangan hijau persawahan dan suara gemericik air terjun akan membuat kalian betah untuk berlama-lama.

Suasananya yang damai juga mampu menghilangkan stress dan merilekskan pikiran. Walaupun memiliki kisah sejarah,legenda serta mitos misteri kawasan wisata sumber maron ini tetap menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. 

Baca juga: Danau Ranu Kumbolo, Surga di Balik Gagahnya Semeru

Aktivitas Menarik di Sumber Maron

Wisata sumber maron
Wisata sumber maron (Photo by analisapublik.com)

Selain menikmati keindahan pemandangan ada banyak hal dan aktivitas seru yang dapat kalian lakukan saat berwisata ke sumber maron malang diantaranya:

Kegiatan River Tubing

Sungai yang tidak begitu dalam serta aliran air sungainya yang cukup deras tempat ini cocok untuk melakukan river tubing. River tubing merupakan sebuah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet yang telah disediakan.

Sebelum melakukan river tubing pengunjung harus menyewa ban karet terlebih dahulu dengan biaya sewa yang cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 3000 sampai Rp 15.000 tergantung dengan ukuran bannya. 

Kebersihan dan kelestarian sungai ini masih terjaga,selain itu adanya bebatuan dengan ukuran yang cukup besar membuat kegiatan river tubing semakin seru dan memancing adrenalin saat menyusuri sungai .

Pengunjung yang ingin mencoba river tubing tidak perlu khawatir karena kegiatan ini aman dan juga didampingi dan diawasi oleh ahlinya. Selain itu kelengkapan dan keamanan sebelum melakukan river tubing telah dicek dan dipersiapkan dengan baik untuk menjaga keamanan para pengunjung.

Pada bagian ujung sungai juga telah dipasang beberapa bambu untuk mencegah pengunjung tetap aman melakukan river tubing dan tidak hanyut. Menyusuri sungai dengan air yang jernih melalui kegiatan river tubing ini pastinya akan memberikan sensasi yang berbeda dan pengalaman yang seru.

Menyusuri sungai dengan panjang 500 meter dengan melihat pemandangan sekitar yang asri dan sejuk pastinya akan sangat menyenangkan terlebih dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Berenang

Berenang di kolam alami di bawah air terjun pastinya akan sangat mengasyikkan. Kolam ini juga tidak terlalu dalam jadi anak-anak hingga dewasa bisa bermain air dan juga berenang dikolam ini.

Airnya yang bersih dan menyegarkan membuat pengunjung senang berlama-lama di kolam ini. Ada juga tempat penyewaan ban yang bisa disewa oleh pengunjung untuk berenang. 

Wisata edukasi pembangkit listrik

Tak hanya berwisata pengunjung juga akan mendapatkan informasi dan ilmu mengenai PLTMH(Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) yang mana pembangkit ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar sumber maron.

Kurang lebih ada 4 desa yang menggunakan pembangkit listrik ini. Pengunjung dapat mempelajari mengenai cara kerja dari PLTMH dalam menyediakan dan menyalurkan listrik untuk desa sekitar.

Pembangunan pembangkit listrik tersebut dimulai pada tahun 2005 dan telah menjadi sumber listrik utama bagi beberapa desa. 

Wisata kuliner

Selain berwisata alam dan edukasi pengunjung juga bisa menikmati berbagai olahan makanan dengan rasa lezat dengan harga ekonomis. Terdapat beberapa kios dan warung makanan di dekat kawasan wisata. Beberapa warung makanan terletak di pinggiran sungai yang memberikan nuansa makan di pedesaan dengan suasana yang asri.

Tiket Masuk Sumber Maron

Pengunjung yang datang ke Sumber Maron dikenakan biaya sebesar Rp 5000. Harga ini sangat terjangkau jadi semua orang bisa menikmati wisata yang murah meriah ini. 

Demikian informasi mengenai wisata Sumber Maron Malang yang dapat advontura sampaikan. Semoga informasi diatas bermanfaat,sampai jumpa lagi pada pembahasan destinasi wisata seru dan menarik lainnya.

Baca juga: Coban Rondo, Tiket Masuk dan Wahana Coban Rondo

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *