Mengintip Keindahan Golden Sunrise dari Silancur Highland

Pemandangan di Silancur Highland
Pemandangan di Silancur Highland (Sumber: bob.kemenparekraf.go.id)
Daftar isi

Kabupaten Magelang menyimpan sederet tempat wisata yang patut untuk kamu kunjungi, salah satunya Silancur Highland. Destinasi yang satu ini menawarkan pemandangan dataran tinggi indah di kaki Gunung Sumbing. Penasaran bagaimana keindahannya? Simak ulasan berikut ini yuk, Advonturers!

Pesona Alam Silancur Highland Magelang

Pemandangan Silancur Highland
Pemandangan Silancur Highland (Sumber: U Report)

Sesuai namanya, destinasi wisata Magelang ini menyuguhkan cara yang asyik untuk menikmati keindahan alam. Salah satunya yakni dengan menata area perbukitan di kaki Gunung Sumbing tersebut menjadi terlihat cantik dan menawan.

Hal yang bisa kamu temukan berikutnya adalah kesegaran udara di sini mengingat wilayahnya bertempat di dataran tinggi yang jauh dari polusi kota. Kamu juga dapat melihat hamparan perkebunan, pedesaan, serta enam deretan gunung.

Kawasan Silancur Highland memang populer sebagai spot untuk menyaksikan panorama pegunungan. Yang paling dekat dan jelas terlihat adalah Gunung Sumbing di sebelah barat, sedangkan Gunung Merapi dan Telomoyo berada di bagian timur.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Silancur Highland

1. Berkemah (Camping)

Berkemah di Silancur Highland Magelang
Berkemah di Silancur Highland Magelang (Sumber: travelspromo.com)

Objek wisata ini menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin berkemah di area perbukitan. Keunggulannya sudah pasti bisa merasakan indahnya golden sunrise di pagi hari sekaligus sunset di sore hari. Selain itu, biaya sewa peralatan seperti tenda, matras, sleeping bag, dan sebagainya juga masih terjangkau.

Artikel Terkait

Adapun buat kamu yang ingin menginap, terdapat sejumlah penginapan di Silancur Highland yang berjarak sekitar 2-7 km dari lokasi. Harganya pun bervariasi sesuai dengan fasilitas yang tersedia, yakni mulai dari Rp150.000-Rp500.000 per malam. 

2. Berfoto

Berfoto menikmati sunset di silancur highland
Berfoto menikmati sunset di Silancur Highland (Sumber: Silancur Highland on Google Maps)

Kamu dapat berburu foto sepuasnya di sini. Kenampakan alam berupa pegunungan, persawahan, dan pemukiman penduduk pasti akan membuat gambarmu terlihat estetik. Kalau beruntung, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, sampai Andong saat cuaca cerah.

3. Bersantai di Sore Hari

Bersantai di sore hari di Silancur Highland
Bersantai di sore hari di Silancur Highland (Sumber: @nanang_adisusilo on Instagram)

Silancur Highland Kaliangkrik Magelang merupakan destinasi yang tepat untuk melepaskan penat di sore hari buat masyarakat lokal maupun wisatawan luar kota. Apalagi, lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Magelang.

Kalau ada matahari terbit saat pagi hari, maka pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam ketika sore di sini. Selain itu, area pegunungan, persawahan, serta bentangan alam Magelang yang terlihat dijamin mampu merilekskan mata dan pikiran yang melihatnya.

Tiket Masuk Silancur Highland

Untuk dapat masuk ke dalam, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja untuk hari Senin-Sabtu dan Rp15.000 untuk hari Minggu dan libur nasional. Dengan harga yang terjangkau, kamu pun sudah bisa menikmati keindahan alam yang sangat memukau di sini.

Jam Buka Silancur Highland Magelang

Mengingat lokasinya yang sangat populer sebagai tempat untuk menyaksikan fenomena sunset sekaligus sunrise, pengunjung bisa mengunjunginya kapan saja (Senin-Minggu) termasuk saat hari libur nasional dari pukul 04.30 – 23.00 WIB.

Lokasi Silancur Highland

Destinasi wisata perbukitan satu ini terletak di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya sendiri bertempat persis di kaki Gunung Sumbing bagian timur yang mempunyai ketinggian 1.300 mdpl.

Rute Menuju Silancur Highland

Apabila bertolak dari alun-alun Magelang, arahkan kendaraanmu ke barat tepatnya Bandongan. Sesampai di Pasar Bandongan, jalan lurus sampai bertemu pertigaan Jalan Tonoboyo. Ambil jalur menuju Kalegen, kemudian lurus lagi mengikuti jalan hingga pertigaan berbentuk huruf Y.

Dari pertigaan, pilih jalur kiri ke arah Desa Mangli sampai bertemu perempatan pertama. Selanjutnya, lurus saja mengikuti jalan dan kamu pun akan menjumpai papan bertuliskan nama lokasi yang menandakan bahwa kamu sudah tiba di tujuan.

Sesudah mengetahui berbagai informasi mengenai Silancur Highland, apakah Advonturers tertarik untuk berkunjung? Destinasi ini memang sangat layak untuk kamu tambahkan ke dalam daftar wisata yang wajib didatangi ketika berlibur ke Magelang.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *