Sea World Ancol – Harga Tiket hingga Jam Operasional

Tiket Masuk Sea World Ancol 2022
Daftar isi

Sobat Advontura ingin melihat keindahan biota bawah laut, tapi enggan pergi ke pantai? Yuk coba kunjungi Sea World Ancol. Di sini Anda bisa melihat kehidupan ikan-ikan hingga tumbuh-tumbuhan laut secara jelas.

Sea World Ancol merupakan salah satu wisata unggulan yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara. Objek wisata satu ini menyuguhkan pesona bawah laut dalam aquarium super besar yang berisikan segala jenis biota laut.

Tidak hanya bisa jadikan tempat berlibur, lokasi ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai wisata edukasi bersama putra-putri. Penasaran seperti apa panorama bawah laut yang disajikan di Sea World Ancol ? Yuk, baca artikel ini sampai habis.

Sea World Ancol

Wisata Sea World Ancol merupakan bagian dari Taman Impian Jaya Ancol yang sudah beroperasi sejak tanggal 3 Juni 1994. Meskipun sudah berdiri selama 26 tahun, Sea World tetap menjadi tempat favorit saat masa liburan tiba.

Seaworld merupakan area kawasan konservasi bagi biota laut maupun biota air tawar. Oleh sebab itu, Sea World Ancol bisa digunakan sebagai wisata edukasi yang tepat untuk anak-anak belajar lebih banyak mengenai biota laut. 

Artikel Terkait

Dengan luas lahan sekitar 3 hektar dan lebar bangunan utama kurang lebih 4.500 meter persegi, tempat rekreasi ini menyuguhkan kurang lebih 11.500 biota laut yang terdiri dari 138 macam spesies ikan dan avertebrata, serta 3 jenis reptil.

Tidak hanya itu ada juga 7 ribu lebih biota air tawar yang terdiri dari 48 macam jenis ikan dan 1 jenis reptil. Biota air tawar dan laut ini ditempatkan dalam 28 display yang memiliki tema dan nuansa yang berbeda. 

28 display tersebut terdiri dari 19 akuarium laut, 9 akuarium air tawar dan 4 kolam terbuka yang ditempatkan di tiga zona yakni zona air tawar, zona pesisir (laut dangkal) dan zona laut. Masing-masing dari zona tersebut memiliki satwa air yang berbeda sesuai dengan ekosistemnya.

Lokasi wisata ini sangat pas bagi para pecinta satwa ataupun bagi Anda yang ingin sekadar menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Sea World Ancol
Sea World Ancol (Phoyo by tiket.com)

Wahana Sea World Ancol

Berbagai atraksi dan wahana menarik bernilai edukasi bisa Anda jumpai di tempat lokasi wisata ini. Berikut beberapa wahana Sea World Ancol:

Terowongan Bawah Air (Terowongan Antasena)

Terowongan berikut memiliki panjang mencapai 80 meter dan terbuat dari kaca tebal di bagian atasnya. Namun jangan khawatir lelah saat menyusuri terowongan ini sebab wahana satu tersebut dilengkapi dengan eskalator yang berjalan pelan. Sehingga, Anda pun dapat mengamati keindahan panorama ikan-ikan dan biota laut secara perlahan. Di sini, pengunjung juga bisa dengan bebas berswafoto yang mengusung background pemandangan bawah laut.

Touch Pool

Di wahana ini pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan biota laut secara dekat. Terdapat 4 kolam besar berisi biota laut seperti penyu, bintang laut, ikan pari hingga ikan hiu berukuran kecil.

Pengunjung diperbolehkan untuk menyentuh langsung dan berfoto dengan satwa-satwa tersebut. Akan tetapi, pastikan Anda menyentuhnya dengan perlahan dan berhati-hati agar tidak menimbulkan luka maupun stress bagi hewan-hewan itu.

Dan saat menyentuh satwa buas seperti pari dan hiu, pengunjung hanya diperbolehkan menyentuh area punggung saja. Meskipun berukuran kecil, mereka tetap tergolong hewan buas dan tergolong membahayakan.

Main Aquarium

Di wahana ini pengunjung dapat menjumpai akuarium besar berukuran 38 x 24 meter yang dapat menampung 5 juta liter air laut. Wisatawan dapat menyaksikan sekitar 35 ribu ikan laut dari 35 spesies dan terumbu karang yang pastinya mampu membuat pengunjung terpesona.

Feeding Show

Feeding show merupakan area dimana pengunjung dapat menyaksikan langsung koleksi satwa laut yang diberi makan oleh pawang dari dalam akuarium. Atraksi ini bisa Anda saksikan mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.

Fun Dive

Pengunjung dapat merasakan sensasi menyelam dalam akuarium sambil memberi makan ikan-ikan seperti pawang di wahana feeding show. 

Namun untuk mencoba wahana ini terdapat persyaratan yang harus dipenuhi yakni sehat jasmani dan rohani, berusia minimal 15 tahun, memiliki kemampuan berenang dan tidak dalam proses pengobatan. 

Pengunjung perlu membayar sebesar 500.000 bagi mereka pemilik lisensi atau sertifikat open water, dan 700.000 untuk wisatawan umum. 

Baca juga: Taman Mini Indonesia Indah – Sejarah, Alamat, & Tiket

Glow Theater

Di wahana ini pengunjung dapat menyaksikan film teater edukasi yang berjudul Sea Turtle Story. Sesuai namanya, Glow Theater juga dibarengi dengan pertunjukan lampu warna warni yang pastinya menambah keseruan teater.

Ikan Air Tawar Amazon

Apa Anda ingat dengan ikan ganas yang ada di film kartun Marsupilami? Yup, apalagi kalau  ikan piranha. Pengunjung bisa menyaksikan keganasan ikan asli Amazon ini saat menghabiskan makanannya di dalam akuarium Sea World. Pertunjukannya biasa dimulai pukul 12.45 WIB.

Jellyfish Exhibit

Wahana berikut menyajikan keindahan dari cantiknya ubur-ubur yang bercahaya saat berenang dalam kegelapan akuarium. Spesies ubur-ubur yang ada di sini yaitu Blubber Jellyfish, Upside Down Jellyfish, dan Sea Nettle Jellyfish.

Museum Seaworld Ancol

Di area museum ini pengunjung dapat mempelajari dan melihat berbagai jenis satwa langka yang diawetkan. Bahkan Anda dapat melihat ikan purba yang bernama Coelacanth (Ikan Raja Laut) yang konon ditemukan di perairan Talise, Sulawesi Utara tahun 2008 silam. 

Pintu masuk Sea World Ancol
Pintu masuk Sea World (Foto by Ig @seaworld.ancol)

Harga Tiket Masuk Sea World Ancol

Saat memasuki gerbang utama Ancol, pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk mobil, Rp 15.000 untuk motor dan Rp 45.000 untuk bus pariwisata.

Harga tiket Sea World Ancol sendiri bisa dibilang cukup terjangkau bila dibanding dengan area wisata lainnya di Taman Impian Jaya Ancol. Namun harga tiket masuk Sea World Ancol cukup bervariasi tergantung dengan fasilitas wahana yang nantinya Anda nikmati.

Tarif tiket Sea World dimulai dari Tiket Reguler seharga Rp 85.000 saat weekday dan Rp 105.000 ketika weekend. Selanjutnya, terdapat pula Tiket Bundling Premium Sea World + Ocean Dream Samudra yang dibanderol dengan harga Rp 175.000.

Terakhir, Anda bisa memilih tiket Annual Pass Sea World seharga Rp175.000 atau Tiket Annual Pass Bundling Sea World + Ocean Dream Samudra dengan tarif biaya sebesar Rp 300.000.

Jam Buka Sea World Ancol

Pengunjung dapat menikmati area lokasi wisata ini setiap hari. Jam Operasional Sea World Ancol dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00 untuk hari Senin sampai Jumat. Sedangkan saat weekend dan hari libur nasional, jam operasional Sea World Ancol dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 18.00 WIB.

Lokasi Seaworld Ancol

Bagi pengunjung yang ingin berlibur ke tempat wisata ini alamat lengkapnya berada di Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta. Lokasi Seaworld Ancol ini masih satu wilayah/kawasan dengan Dufan atau Dunia Fantasi.

Lokasi wisata Sea World berjarak kurang lebih 11 km dari Monumen Nasional (Monas) dan membutuhkan waktu tempuh selama 26 menit hingga 32 menit untuk sampai di titik lokasi. 

Fasilitas Seaworld Ancol

Selain wahana, Seaworld Ancol juga menyediakan fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh pengunjung mulai dari Mushola, Toilet, Ruang Kesehatan P3K, Ruang Ibu dan Anak, Fish Spa, Toko Souvenir, Foodcourt, Perpustakaan hingga Photo Shop yang merupakan tempat mencetak foto dalam bentuk kaos atau gelas.

Demikian informasi mengenai wisata, wahana dan harga tiket Sea World Ancol. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda untuk dijadikan referensi liburan bersama keluarga. Sampai jumpa pada pembahasan destinasi wisata seru lainnya!

Baca Juga: Dunia Fantasi Ancol – Tiket Dufan, Wahana, & Jam Buka

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *