15 Tempat Wisata Tawangmangu Terbaru, Untuk Liburan Keluarga

Rekomendasi Tempat Wisata Tawangmangu Terbaik
Rekomendasi Tempat Wisata Tawangmangu Terbaik
Daftar isi

Kota Tawangmangu adalah salah satu kota wisata terbaik di Jawa Tengah. Letaknya di lereng pegunungan membuat Tawangmangu punya puluhan destinasi wisata memanjakan mata. Apa saja tempat wisata tawangmangu terbaru yang bisa kamu kunjungi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya, Advonturers!

1. Kebun Teh Kemuning

 Kebun Teh Kemuning
Tempat Wisata Kebun Teh Kemuning (sumber @okvirhm)

Tempat wisata Tawangmangu pertama yang wajib banget kamu kunjungi adalah kebun teh Kemuning, tepatnya di daerah Ngargoyoso, hanya sekitar 10 – 15 menit dari kota Solo.

Di sini, kamu bisa sepuasnya menikmati kebun teh seluas 430 hektar sambil menikmati tingginya gunung Lawu. Selain itu, di destinasi wisata satu ini kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lain seperti bersepeda, flying fox, tubing, berkuda, dan berfoto ria di berbagai spot Instagram-able.

Harga masuk kebun teh Kemuning sangat-sangat murah, yaitu sekitar Rp2 ribu sampai Rp5 ribu saja.

2. Candi Cetho

Tempat Wisata Candi Cetho
Tempat Wisata Candi Cetho (sumber @rekaherlina28)

Di masa lampau, Jawa Tengah adalah salah satu poros kekuatan Hindu, terutama di masa kerajaan Mataram. Hingga saat ini, peninggalan legendaris para raja Hindu di Jawa Tengah tetap terpelihara, salah satunya adalah Candi Cetho.

Artikel Terkait

Saat Advonturers datang obyek wisata Tawangmangu satu ini, kamu akan dibuat kagum dengan letak candi yang sangat dekat dengan langit. Bagaimana tidak, Candi Cetho terletak di atas bukit dengan ketinggian hampir 1500 mdpl!

Meski tempatnya sangat bagus, harga masuk ke situs sejarah ini sangat terjangkau lho, yaitu Rp10 ribu sampai Rp30 ribu saja per orang.

3. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro
Tempat Wisata Agrowisata Sondokoro (sumber @sek4w4n_4)

Agrowisata atau taman wisata Sondokoro adalah salah satu tempat wisata Tawangmangu yang paling populer untuk dibahas.

Selain perkebunan buah, agrowisata Sondokoro juga menyediakan berbagai monumen sejarah dan wahana permainan. Sehingga obyek wisata satu ini sangat cocok dijadikan sarana liburan anak-anak dan keluarga.

Harga masuk ke Agrowisata Sondokoro juga sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp5 ribu sampai Rp15 ribu saja per orangnya.

4. Grojogan Sewu

Curug Grojogan Sewu
Tempat Wisata Grojogan Sewu (sumber @tryanna_05)

Ingin merasakan serunya menikmati pemandangan air terjun besar di tengah hutan penuh kera? Kamu harus banget datang ke Grojogan Sewu!

Saat datang ke Grojogan Sewu, kamu perlu mempersiapkan stamina. Alasannya, rute menuju air terjun ini cukup susah. Untuk mencapai situs utama air terjun, kamu harus menaiki sekitar 1200 anak tangga.

Tapi tenang, kelelahanmu akan terbayar setelah melihat eksotisme ribuan air terjun kecil yang berkumpul menjadi satu, membentuk air terjun besar.

Grojogan Sewu juga salah satu tempat wisata Tawangmangu dengan paling banyak mitos. Salah satu mitos paling santer dari obyek wisata satu ini adalah

5. Gunung Lawu

 Gunung Lawu
Tempat Wisata Gunung Lawu (sumber @novario_ap)

Destinasi wisata Tawangmangu Karanganyar berikutnya yang wajib banget kamu datangi adalah gunung Lawu. Gunung ini merupakan salah satu gunung paling misterius sekaligus mempesona.

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung terfavorit bagi pendaki pemula. Meski tingginya hanya sekitar 3000-an mdpl, obyek wisata Tawangmangu satu ini menawarkan pemandangan yang luar biasa cantik.

Tapi yang menjadi daya tarik utama Tawangmangu bukan hanya pemandangannya, melainkan juga berbagai mitosnya.

Tiap tanggal 1 Suro, gunung ini selalu ramai dengan ritual adat masyarakat setempat. Selain itu, jika ingin mendaki di sini, konon kita tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau.

6. Air Terjun Pringgodani

Air Terjun Pringgodani
Tempat Wisata Air Terjun Pringgodani (sumber @baktiar.loverz)

Tempat wisata di Tawangmangu yang terkenal sakral berikutnya adalah air terjun Pringgodani. Destinasi ini terletak kaki gunung Lawu, dengan ketinggian mencapai 100 meter.

Air terjun Pringgodani merupakan salah satu spot petilasan yang sering digunakan raja-raja di masa lalu.

Bahkan dikatakan bahwa Presiden Soeharto juga rutin bertapa di destinasi satu ini. Sebab konon raja yang konsisten melakukan ritual di air terjun ini akan mendapat kekuatan besar dan bisa tahan lama berada di puncak kekuasaan.

7. Sentra Tanaman Hias Nglurah

Tanaman Hias Nglurah
Tempat Wisata Tanaman Hias Nglurah (sumber @zilquin_pesona_bunga)

Salah satu tempat wisata Tawangmangu terbaru yang bisa Advonturers coba kunjungi adalah Sentra Tanaman Hias Nglurah. Destinasi yang baru diresmikan 20 tahun yang lalu ini akan memanjakan kita dengan berhektar-hektar taman bunga berbagai jenis.

Selain bisa menikmati dan membeli aneka jenis bunga, Sentra Tanaman Hias Nglurah juga punya upacara sakral yang dinamakan Dukutan. Tradisi satu ini dilaksanakan tiap Senin Kliwon tujuh bulan sekali.

Harga masuk Sentra Tanaman hias Nglurah juga luar biasa murah, yaitu sekitar Rp2 ribu sampai Rp5 ribu saja.

8. Museum Purbakala Dayu

Tempat Wisata Museum Day
Tempat Wisata Museum Dayu (sumber @adlanzoldyck)

Nama resmi dari destinasi wisata satu ini adalah Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu. Akan tetapi, masyarakat lebih suka menyebutnya sebagai “Museum Purbakala Dayu”.

Sebenarnya, Museum Dayu adalah salah satu wisata Tawangmangu termuda, karena baru diresmikan pada tahun 2014. Tapi buat Anda yang menyukai sejarah, museum satu ini benar-benar akan memuaskan keingintahuanmu.

Dikarenakan usia museum ini tergolong muda, sebagian besar fosil yang dipamerkan adalah hasil temuan baru. Sehingga sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin up-to-date dengan penemuan ilmu sejarah terkini.

Baca Juga : Taman Dayu Pandaan – Info Wisata Pasuruan dan Penginapan

9. Telaga Madirda

Tempat Wisata Telaga Madirda
Tempat Wisata Telaga Madirda (sumber @rini.rin.rini)

Jika dilihat dari atas, kamu tidak akan menyadari kalau telaga Madirda ada di Indonesia. Ya, destinasi satu ini  adalah salah satu obyek wisata Tawangmangu terbaik bagi keluarga dan anak sekolah.

Saat berkunjung ke sana, kamu bisa bermain di danau, naik kano, memanah, dan berbagai kegiatan outbond lainnya. Harga masuknya adalah Rp10 ribu sampai Rp20 ribu per orang, tapi belum termasuk wahana bermain di dalamnya ya!

10. Air Terjun Parang Ijo

Tempat Wisata Air Terjun Parang Ijo
Tempat Wisata Air Terjun Parang Ijo (sumber @azzarasheve)

Seperti namanya, air terjun Parang Ijo didominasi oleh warna hijau, baik karena pohon-pohon di sekitarnya atau bebatuan di kanan – kiri air terjun.

Meski tidak seterkenal Grojogan Sewu, destinasi satu ini sangat direkomendasikan buat kamu yang suka traveling ke hidden gem di Indonesia. Tiket masuk ke air terjun Parang Ijo juga sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja.

11. Situs Purbakala Menggung

Tempat Wisata Situs Menggung
Tempat Wisata Situs Menggung (sumber @kesewukembang)

Situs Menggung adalah salah satu peninggalan sejarah dari masa kerajaan Medang. Ada yang menyebut situs ini sebagai candi, tapi ada juga pelancong yang menyebutnya sebagai punden berundak.

Selain situs arkeologi yang masih terjaga dengan sangat baik, daya tarik wisata Tawangmangu satu ini juga terletak pada aneka ragam tanaman dan bunga hias di kawasan situs Menggung.

Jika ingin datang ke sini, Advontura merekomendasikan teman-teman datang di saat Selasa Kliwon. Sebab setiap tujuh bulan sekali di Selasa Kliwon, Menggung juga mengadakan ritual Dhukutan seperti Sentra Tanaman Hias Nglurah.

12. Petik Stroberi Tawangmangu

Tempat Wisata Petik Stroberi Tawangmangu
Tempat Wisata Petik Stroberi Tawangmangu (sumber @baliberrykaranganyar)

Kamu penyuka buah stroberi? Jika ya, kamu wajib banget datang ke Sentra Petik Stroberi Tawangmangu!

Besar kebun stroberi satu ini memang tidak terlalu luas, yaitu sekitar 0,2 hektar saja. Tapi dijamin kamu akan puas melihat stroberi besar tergantung di pot dan hidroponik di sana. Lebih menyenangkan lagi, stroberi di tempat ini dibudidayakan dengan alami, tanpa bantuan bahan kimia seperti pestisida.

Biaya masuk ke Sentra Petik Stroberi Tawangmangu adalah gratis. Tapi jika ingin membeli stroberi di sini, Advonturers bisa membayar Rp35 ribu – Rp50 ribu per kilogramnya.

13. Air Terjun Jumog

Tempat Wisata Air Terjun Jumog
Tempat Wisata Air Terjun Jumog (sumber @andridanu2)

Satu lagi air terjun terbaik yang bisa kamu kunjungi saat ke Tawangmangu adalah air terjun Jumog.

Tidak seperti air terjun Tawangmangu lainnya yang kental dengan hawa mistis, obyek wisata Tawangmangu satu ini lebih friendly. Di sekitar kawasan utama Jumog, kamu bisa menyaksikan warung lesehan dan keluarga yang sedang piknik berjajar.

Harga masuk ke air terjun Jumog adalah Rp15 ribu, ditambah biaya parkir sekitar Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp5 ribu – Rp25 ribu untuk roda empat.

14. Taman Hutan Raya (TAHURA) Mangkunegoro

Tempat Wisata Tahura Mangkunegoro
Tempat Wisata Tahura Mangkunegoro (sumber @ajiemotret)

Tahura Mangkunegoro adalah salah satu situs kemah terfavorit di Jawa Tengah. Saat masuk ke taman hutan raya ini, kamu akan langsung disuguhi berhektar-hektar hutan pinus. Terlebih lagi, TAHURA satu ini termasuk dalam kawasan Gunung Lawu, sehingga kamu bisa sekaligus main ke berbagai destinasi wisata di sekitar sana.

Di TAHURA Mangkunegoro, kamu bisa menyaksikan 34 spesies hewan hidup di habitat alami, ratusan jenis tanaman, serta berbagai wahana outbond. Untuk menikmati keindahan destinasi satu ini, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp10 ribu sampai Rp20 ribu saja.

15. Sakura Hills Tawangmangu

Tempat Wisata Sakura Hills
Tempat Wisata Sakura Hills Tawangmangu (sumber @ifanlambesis)

Last but not least, tempat wisata Tawangmangu terbaik yang ke-15 adalah Sakura Hills, atau gunung Sakura! Destinasi buatan satu ini juga terletak di kawasan gunung Lawu.

Di Sakura Hills, kamu akan disuguhi pohon sakura yang tersebar di seluruh kawasan wisata. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai wisata khas Jepang seperti onsen, rock balancing, dan replika berbagai situs bersejarah negara Sakura.

Harga masuk ke Sakura Hills Tawangmangu adalah Rp20 ribu sampai Rp50 ribu, cukup terjangkau bukan?

Itulah rekomendasi tempat wisata Tawangmangu terbaik versi Advontura, kamu tertarik liburan ke mana nih?

Baca Juga : Lawu Park Tawangmangu, Penginapan di Dalam Taman

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *