15 Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan Terpopuler Tahun 2021

Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan
Daftar isi

Ingin liburan ke Bandung tapi bingung harus ke mana? Ke tempat wisata Pangalengan aja yuk!

Pangalengan adalah salah satu kecamatan di Bandung dengan destinasi liburan paling beragam lho. Sekali berkunjung, kami pasti bakal betah banget keliling Pangalengan. Apa saja tempat wisata Pangalengan terbaru yang bisa kamu kunjungi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Advonturers!

1. Situ Cileunca

Tempat wisata Pangalengan pertama yang akan kita bahas adalah Situ Cileunca. Danau ini adalah salah satu danau buatan tertua di Indonesia, karena telah dibangun sejak 1919.

Meski Situ Cileunca merupakan danau buatan, kalian tidak akan menyadarinya. Sebab danau ini berukuran sangat luas, yaitu 1400 hektar dengan kedalaman rata-rata 17 meter.

 

Tempat Wisata Pangalengan Situ Cileunca
Tempat Wisata Pangalengan Situ Cileunca (Sumber: @fathiauqim on Instagram)

Di Situ Cileunca, pengunjung bisa menikmati sunrise/sunset, wisata ke kebun stroberi, dan berfoto di berbagai spot menarik.

Artikel Terkait

Ada sangat banyak destinasi yang bisa kalian kunjungi saat datang ke wisata Pangalengan Situ Cileunca, misalnya Jembatan Cinta, De Bloem Lakeview Villa, dan masih banyak lagi.

Biaya masuk ke Situ Cileunca sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu, dengan jam buka antara jam 7 pagi sampai 6 sore.

2. Glamping Desa Parabon

Ingin merasakan sensasi glamorous camping dengan fasilitas mewah dan lengkap? Ke Glamping Parabon saja!

Glamping desa Parabon juga termasuk dalam kawasan wisata Pangalengan Situ Cileunca. Oleh karena itu, banyak traveler yang menyebut glamping Parabon ini dengan sebutan glamping Cileunca.

Tempat Wisata Pangalengan Glamping Cileunca
Tempat Wisata Pangalengan Glamping Cileunca (sumber: @agesandri on Instagram)

Seperti namanya, fasilitas glamping desa Parabon sangat lengkap, mulai dari akomodasi camping, restoran, flying fox, cottage, arung jeram, aula, dan berbagai spot foto cantik.

Buat kamu yang suka fotografi astronomi, glamping Cileunca adalah tempat yang cocok! Saat malam hari, kamu bebas menikmati indahnya taburan bintang dan Milky Way di langit tanpa polusi cahaya.

Situs glamping ini ada di tengah-tengah Situ Cileunca. Untuk ke sana, kamu harus naik perahu dari tepian ke Desa Parabon di tengah danau. Harga masuk per orangnya ke glamping Cileunca adalah Rp15 ribu sampai Rp20 ribu, tapi ini belum termasuk fasilitas-fasilitas di dalam glamping.

3. Penangkaran Rusa Kertamanah

Ingin tahu bagaimana serunya memberi makan rusa langsung di habitatnya? kamu bisa berkunjung ke penangkaran rusa Kertamanah!

Tempat Wisata Pangalengan Rusa Kertamanah
Tempat Wisata Pangalengan Rusa Kertamanah (Sumber: @slametsinau on Instagram)

Penangkaran rusa Kertamanah adalah salah satu tempat wisata Pangalengan terbaru paling hits tahun ini. Di dalam penangkaran Kertamanah, ada sekitar 20 ekor rusa yang bisa menemani kamu bermain.

Harga tiket masuk ke destinasi wisata Pangalengan Bandung satu ini cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.

4. Rafting Palayangan

Ingin merasakan serunya arung jeram bersama keluarga dan teman-teman? Tempat wisata Pangalengan satu ini bisa kamu coba saat berkunjung ke Bandung.

Tempat Wisata Pangalengan Rafting Palayangan Cileunca
Tempat Wisata Pangalengan Rafting Palayangan Cileunca (Sumber: WowKeren)

Rafting Palayangan adalah wisata arung jeram non-stop sepanjang 5 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 – 5 jam. Untuk merasakan sensasi arung jeram selama ini, kamu cukup membayar sebesar Rp175 ribu/orang, sudah termasuk fasilitas snack dan makan 1X.

5. Kampung Singkur

Ingin mengunjungi kampung di tengah hutan layaknya di negeri dongeng? Saat datang ke Pangalengan, jangan lupa masukkan Kampung Singkur ke dalam daftar kamu ya!

Tempat Wisata Pangalengan Rafting Kampung Singkur (Sumber: @miftahbrow on Instagram)

Kampung Singkur masih satu area dengan area rafting Pangalengan. Jadi setelah lelah berarung jeram, kamu bisa menikmati kegiatan menyenangkan lainnya di kampung wisata Pangalengan satu ini.

Beberapa jenis kegiatan wisata yang bisa kamu ikuti misalnya flying fox, camping, offroad, menginap di kampung budaya, dan sebagainya.

Harga masuk ke Kampung Singkur adalah Rp10 ribu sampai Rp15 ribu untuk orang dewasa dan gratis untuk anak-anak.

6. Sunrise Point Cukul

Tempat Wisata Sunrise Point Cukul
Tempat Wisata Sunrise Point Cukul (@takenbyanit on Instagram)

Jika ingin melihat indahnya matahari terbit di Paris van Java, kamu wajib banget datang ke Sunrise Point di Bukit Cukul. Bukan hanya bisa menikmati pemandangan sunrise saja, kamu juga bisa menyaksikan indahnya kelokan jalan dan gunung di perbukitan Cukul.

Biaya masuk ke Sunrise Point Cukul tergolong sangat murah, yaitu sekitar Rp10 ribu sampai Rp15 ribu saja.

7. Gunung Nini

Tempat wisata Pangalengan terbaru yang tak kalah bagusnya untuk dikunjungi adalah gunung Nini. Tak dapat dipungkiri, gunung Nini adalah salah satu spot menyaksikan sunrise terbaik di Indonesia.

Wisata Gunung Nini (Sumber: @gendisnay on Instagram)

Selain bisa menyaksikan terbitnya matahari di ketinggian 1600 mdpl, kamu juga bisa menikmati pemandangan Pangalengan dan Bandung dari atas. Jika ingin berlatih mendaki, gunung Nini juga bisa dijadikan wahana trekking bagi pendaki pemula.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata Magelang Paling Hits, Wajib Dikunjungi

8. Kebun Teh Malabar

Setelah menikmati sunrise di gunung Nini, kamu bisa berkunjung ke kebun teh Malabar. Kebun teh satu ini telah dibangun sejak tahun 1800-an oleh pemerintah kolonial Belanda.

Selain menikmati indahnya kebun teh yang hijau, kamu juga bisa merasakan sensasi serunya bertamasya ke museum Bosscha yang berisi berbagai interior khas Belanda.

Wisata Kebun Teh Malabar
Wisata Kebun Teh Malabar (Sumber: @d.ayulestari16 on Instagram)

Biaya masuk ke kebun teh Malabar sangat terjangkau lho, Advonturers! Bahkan bisa dibilang gratis! Untuk masuk, kamu hanya perlu membayar parkir Rp2 ribu dan tiket masuk Rp2 ribu sampai Rp5 ribu saja.

9. Curug Penganten

Tempat Wisata Curug Penganten (Sumber @sesilcunong on Instagram)
Tempat Wisata Curug Penganten (Sumber: @sesilcunong on Instagram)

Ingin mencari tempat wisata Pangalengan yang penuh misteri? Yuk berkunjung ke Curug Penganten!

Seperti namanya, Curug Penganten adalah sepasang air terjun yang saling berhadapan. Dua air terjun ini mengalir dari ketinggian 50 meter, sehingga terkadang percikan airnya memunculkan pelangi.

Selain keindahan panoramanya, Curug Penganten juga terkenal dengan misteri meninggalnya sepasang kekasih di tempat wisata ini beberapa ratus tahun lalu.

10. Situ Cisanti

Tempat Wisata Situ Cisanti (Sumber @gan_gan_jatnika on Instagram)
Tempat Wisata Situ Cisanti (Sumber: @gan_gan_jatnika on Instagram)

Selain Situ Cileunca, danau berikutnya yang tak kalah menakjubkan adalah Situ Cisanti. Beberapa tahun lalu, sebenarnya Situ Cisanti masih berupa danau tidak terawat. Akan tetapi sejak tahun 2018, pemerintah Bandung memutuskan melakukan revitalisasi di tempat wisata Pangalengan satu ini.

Saat berkunjung ke Situ Cisanti, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti wisata perahu, memancing, dan camping.

Biaya masuk ke kawasan wisata Pangalengan nan cantik satu ini cukup terjangkau, yaitu Rp10 ribu sampai Rp15 ribu, sudah termasuk parkir.

11. Curug Mega

Tempat Wisata Curug Mega (Sumber @keygreenwood on Instagram)
Tempat Wisata Curug Mega (Sumber: @keygreenwood on Instagram)

Salah satu tempat wisata Pangalengan yang baru rilis beberapa tahun terakhir adalah Curug Mega. Hingga saat ini, nama destinasi satu ini belum terlalu terkenal. Selain karena usianya yang masih baru, rute menuju Curug Mega juga cukup tersembunyi.

Biaya masuk Curug Mega sangat murah lho Advonturers, yaitu hanya sekitar Rp2 ribu sampai Rp 5 ribu saja.

12. Gunung Artapela

Merasa kurang tertantang dengan mendaki di gunung Nini? Anda bisa ke tempat wisata Pangalengan berjenis gunung selanjutnya, yaitu Artapela. Gunung Artapela sedikit lebih tinggi daripada gunung Nini, yaitu sekitar 2200 mdpl.

Pangalengan Gunung Artapela
Tempat Wisata Pangalengan Gunung Artapela (Sumber: @rosiyani on Instagram)

Di Artapela, kamu bisa menikmati sensasi hiking dengan banyak bukit mengelilingi. Selain itu, kawasan gunung Artapela juga sangat asri, dengan sabana rumput hijau nan luas dan lebat.

Harga masuk ke kawasan Artapela sangat murah, yaitu sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu, ditambah dengan biaya parkir antara Rp5 ribu (motor) sampai Rp15 ribu (mobil)

13. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Cibolang
Tempat Wisata Pemandian Cibolang (Sumber: @cibolangofficial on Instagram)

Cibolang hotspring atau pemandian air panas Cibolang adalah salah satu tempat wisata buatan paling diminati masyarakat Pangalengan. Sekali masuk, Anda bebas berlibur di dalam kawasan pemandian sepuasnya.

Jika ditotal, tiket masuk ke pemandian air panas Cibolang adalah Rp20 ribu. Sementara itu, tiket parkirnya adalah sekitar Rp2 ribu – Rp3 ribu untuk motor, Rp5 ribu sampai Rp15 ribu untuk mobil/mini bus, dan Rp20 ribu sampai Rp25 ribu untuk bus/truk.

14. Gunung Puntang

Gunung Puntang
Tempat Wisata Gunung Puntang (Sumber: @meymyname on Instagram)

Prabu Siliwangi adalah salah satu raja paling populer di tanah Jawa. Di masa lalu, konon raja Siliwangi pernah mendirikan kerajaan di tempat wisata Pangalengan satu ini, yang disebut Negara Puntang.

Selain wisata pendakian, di kawasan gunung Puntang kamu juga bisa menikmati keindahan Curug dan Gua Siliwangi serta berbagai destinasi wisata alami lainnya.

15. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong
Tempat Wisata Pangalengan Hutan Pinus Rahong (Sumber: @sucifziah on Instagram)

Tempat wisata Pangalengan selanjutnya yang tak kalah keren adalah Hutan Pinus Rahong. Hutan ini merupakan salah satu tempat wisata paling asri di Jawa Barat.

Saat berlibur ke Hutan Pinus Rahong, Advonturers bisa melakukan berbagai kegiatan bersama keluarga, mulai dari menyaksikan sunrise, berfoto di berbagai spot di tengah hutan pinus, wisata flying fox, jalan-jalan di tengah kebun teh, off road, bermain panas, dan masih banyak lagi.

Selain menikmati keindahan hutan pinus, kamu dan keluarga juga bisa bermain ke destinasi wisata lain di sekitarnya lho, seperti Kampung Singkur dan Situ Cileunca.

Itulah bahasan dari kami tentang 15 rekomendasi tempat wisata Pangalengan Bandung terpopuler di tahun 2021! Jadi, sudah menentukan ingin ke mana saja, Advonturers?

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali Paling Keren dan Instagramable

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *