Legenda Rawa Pening Semarang & Aktivitas Serunya

Rawa pening
Photo by propertyandthecity.com
Daftar isi

Danau Rawa Pening Semarang adalah salah satu destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan jika Anda berkunjung di Semarang, Jawa Tengah.

Danau Rawa Pening Semarang mempunyai luas sebesar 2.670 hektar dan ada di empat kecamatan sekaligus yang ada di Kabupaten Semarang. Antara lain kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru.

Berada di lereng terendah di sekitar Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, membuat danau berikut mempunyai pemandangan alam yang luar biasa. Danau tersebut memiliki air dangkal dan bening.

Bagi sobat Advontura yang ingin istirahat sejenak dari hiruk pikuk kota, tempat ini bisa menjadi tujuan yang cocok untuk Anda. Mau tahu informasi lebih lanjutnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Legenda Rawa Pening Semarang

Rawa pening Semarang
Rawa Pening (Photo by limakaki.com)

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menyimpan legenda yang turun menurun diceritakan. Konon danau berikut terbentuk akibat ulah warga desa yang sombong dan mengusir seorang anak yang ingin ikut makan saat Pesta Sedekah Hasil Panen Bumi. Anak tersebut bersisik dan terlihat aneh hingga orang-orang merasa jijik lalu mengusir dan menendangnya.

Artikel Terkait

Tanpa mereka ketahui, anak itu merupakan jelmaan Baru Klinting. Baru Klinting adalah seorang anak dari Endang Sawitri dan petapa Ki Hajar Salokantara yang lahir berwujud seperti naga namun bisa berbicara layaknya manusia. Anak malang itu dibunuh oleh warga desa saat sedang bertapa di lereng gunung.

Anak jelmaan Baru Klinting akhirnya pergi dengan sakit hati dan bertemu dengan seorang Janda Tua yang bersedia memberikannya makan dan memperlakukannya dengan baik. Melihat kebaikan itu, dia berpesan kepada Janda Tua itu untuk segera menyiapkan lesung ketika terdengar suara gemuruh.

Anak tersebut kembali ke perayaan desa dan mencoba meminta makanan. Sayangnya, permintaan tersebut ditolak secara kasar. Anak jelmaan Baru Klinting kemudian menancapkan lidi ke tanah dan mencabutnya. Seketika air mencuat deras dan menenggelamkan seluruh desa. Tak ada yang selamat kecuali sang Janda Tua.

Dari situlah terbentuk sebuah danau dengan air yang bening. Sehingga danau itu disebut dengan Rawa Pening yang artinya Danau Berair Bening.

Kegiatan di Tempat Wisata Rawa Pening Semarang

Rawa pening
Danau Rawa Pening (Photo by triptrus.com)

Daerah wisata ini mempunyai banyak fasilitas dan beberapa objek wisata sejarah yang ada di sekitarnya. Berikut, Advontura merangkum berbagai pilihan kegiatan untuk menikmati keindahan danau dan objek-objek wisata pilihan lainnya.

Bukit Cinta Rawa Pening Semarang

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau dari atas, Anda bisa berkunjung ke Bukit Cinta Rawa Pening. Bukit Cinta Rawa Pening ada di sebelah selatan danau atau lebih tepatnya berada di kawasan kecamatan Banyu Biru. 

Sangat disarankan bagi Anda pemilik hobi fotografi untuk berkunjung ke sini. Terutama ketika sore hari saat matahari mulai turun di balik bukit. Selain itu, Anda bisa menggunakan beberapa spot foto yang sudah tersedia atau hanya sekadar duduk menikmati keindahan alam.

Bersantai Menikmati Danau

Bagi Anda yang tidak mau repot naik ke bukit dan lebih suka duduk-duduk santai, jangan khawatir sebab telah disediakan banyak pendopo dan taman-taman yang bisa Anda nikmati di sekeliling danau. 

Keliling Danau menggunakan Perahu

Berkeliling danau dengan perahu menjadi banyak pilihan orang yang berkunjung ke sini. Selain bisa mengeksplorasi dan melihat keindahan danau lebih jauh, para pengunjung juga bisa melihat dan bercengkrama langsung dengan para penduduk desa yang sedang beraktifitas. Mulai dari memancing, mengumpulkan eceng gondok, dan lain sebagainya.

Untuk menaiki perahu, Anda bisa membayar Rp 80.000,00 untuk maksimal enam orang selama kurang lebih empat puluh lima menit.

Baca juga: Wisata Lembah Tumpang Malang – Lokasi & Rute

Kampung Wisata Rawa Pening

Kampung Wisata Rawa Pening adalah sebuah paguyuban yang dibuat oleh masyarakat sekitar untuk mempromosikan daerah mereka dan membantu sistem perekonomian. 

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari makan di rumah makan apung, memancing, hingga belajar kerajinan di pusat kerajinan tangan eceng gondok.

Terdapat pula beberapa wahana lain yang bisa dicoba baik anak-anak maupun orang dewasa seperti perahu karet, becak mini, ATV, dan bebek air.

Jika sobat Advontura ingin menaiki bebek air, maka Anda membutuhkan uang sebesar Rp 15.000,00 untuk berkeliling selamat 15 menit. Sedangkan tarif untuk bermain ATV yakni sebesar Rp 30.000,00 selama 15 menit pula.

Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa adalah bukti sisa-sisa pertempuran merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Tempat ini pula pernah menjadi lokasi syuting film “Soekarno”.

Beberapa peninggalan yang dapat dilihat adalah meriem, kereta api, truk Belanda dan sebuah pesawat Mustang Belanda yang jatuh di danau setelah ditembak para pahlawan. Nah, untuk masuk ke dalam Monumen Palagan Ambaraw berikut, Anda perlu membayar tiket masuknya sebesar Rp 5.000,00 per orang.

Tiket Masuk Rawa Pening Semarang

Sesuai peraturan pemerintah, harga tiket masuk Rawa Pening selama hari biasa adalah sebesar Rp 10.000,00 sedangkan selama hari libur atau akhir pekan adalah RP 15.000,00.

Sedangkan biaya parkir, dibagi menjadi dua menurut jenis kendaraan. Sepeda motor sebesar Rp 2.0000,00 dan mobil pribadi sebesar Rp 5.000,00. Tetap terjangkau, bukan?

Destinasi liburan berikut dibuka pada jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Namun karena adanya pandemi, tempat wisata ini mengadakan uji coba jam buka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 4 sore.

Lokasi Rawa Pening Semarang

Lokasi Rawa Pening Semarang beralamatkan di Jalan Lingkar Selatan Kilometer 3 Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Bila Anda berjalan dari kota Semarang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 40,6 km atau sekitar 46 menit. Meski jauh, akses jalan sudah bagus dan nyaman untuk dilewati. 

Hotel Rawa Pening

Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar danau,  Advontura punya beberapa pilihan hotel yang bisa Anda kunjungi, antara lain Paradijs van Java, Banaran 9 Resort Hotel, Tlogo Resort & Goa Gong View, dan Hotel Griya WIjaya.

Untuk kisaran biayanya, Anda bisa menyiapkan biaya mulai Rp 200.000,00 hingga Rp 400.000,00 untuk dua orang dewasa selama satu malam.

Demikian pembahasan Danau Rawa Pening Semarang kali ini, semoga artikel di atas bermanfaat untuk Sobat Andvontura yang sedang ingin mencari destinasi wisata di sekitar Semarang, Jawa Tengah. Sampai jumpa di pembahasan destinasi menarik lainnya!

Baca juga: Desa Wisata Malasari: Harga Tiket Masuk dan Penginapan

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *