1. Wisata Buatan

Ragunan Zoo: Sejarah, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Ragunan Zoo atau yang lebih banyak kita kenal sebagai Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu kebun binatang yang terkenal di Indonesia. Di Jakarta, kebun binatang satu ini bahkan menjadi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi kebun binatang satu ini, yuk ikuti pembahasan Advontura mengenai Ragunan Zoo!

Sejarah Ragunan Zoo

Kebun Binatang Ragunan, juga dikenal sebagai Ragunan Zoo, merupakan suatu kebun binatang yang terletak di kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jawa Barat, Indonesia. Dibangun di atas lahan seluas 140 hektar, kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dan menjadi rumah bagi beragam koleksi hewan, meliputi 295 spesies dengan total 4040 spesimen.

Pada tanggal 19 September 2005, Ragunan mengalami penutupan selama sekitar tiga minggu karena adanya kasus flu burung yang menyerang beberapa hewan di dalamnya. Namun, kebun binatang ini kembali dibuka pada 11 Oktober 2005. Ragunan Zoo menampilkan sejumlah spesies hewan langka, seperti kakatua, orangutan, gorila, anoa, dan gajah.

Sumber: Wikipedia

Sebagai kebun binatang pertama di Indonesia, Ragunan Zoo berawal dari pendiriannya pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin, yang artinya “Tanaman dan Kebun Binatang.” Awalnya berlokasi di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, kebun binatang ini dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Pada tahun 1949, nama berubah menjadi Kebun Binatang Cikini, dan kemudian pindah ke Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1961. Pada tahun 1964, Pemerintah DKI Jakarta menyumbangkan lahan seluas 30 hektar untuk kebun binatang ini. Taman Margasatwa Ragunan resmi diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 22 Juni 1966. Hingga kini, Kebun Binatang Ragunan masih berdiri kokoh di Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Rute Menuju Ragunan Zoo

Jika kamu ingin menuju ke Ragunan Zoo atau Taman Margasatwa, berikut adalah rute rekomendasi Advontura dengan menggunakan kendaraan umum.

Dari Arah Stasiun Cikarang-Bekasi-Jatinegara

Bagi pengguna KRL dari arah Stasiun Cikarang-Bekasi, kamu dapat membeli tiket dengan tujuan Stasiun Tanjung Barat dan menaiki Kereta KRL yang menuju Stasiun Jakarta Kota (melalui Stasiun Manggarai-Cikini-Juanda-Jakarta Kota). Selanjutnya, turun di Stasiun Manggarai sebelum melanjutkan perjalanan ke Stasiun Tanjung Barat.

Jarak dari Stasiun Tanjung Barat ke Kebun Binatang Ragunan sekitar 3-4 kilometer, melalui Jalan T.B. Simatupang (sepanjang pinggir tol) dan Jalan RM. Harsono. Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau ojek selama sekitar 10-15 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas yang sedang berlangsung.

Dari Arah Stasiun Bogor-Depok

Bagi kamu yang datang dari arah Stasiun Bogor atau Depok, kamu cukup naik Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota atau Manggarai, kemudian turun di Stasiun Tanjung Barat. Jarak dari Stasiun Tanjung Barat ke Kebun Binatang Ragunan sekitar 3-4 kilometer melalui Jalan T.B.Simatupang (sepanjang pinggir tol) dan Jalan RM.Harsono. Untuk melanjutkan perjalanan ke tempat ini, kamu dapat menggunakan taksi atau ojek selama sekitar 10-15 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas yang sedang berlangsung.

Sumber: Flickr

Dari Arah Stasiun Kota

Bagi Anda yang datang dari Stasiun Kota, Anda hanya perlu menaiki Kereta KRL dengan tujuan Stasiun Depok atau Bogor, lalu turun di Stasiun Tanjung Barat. Jika kereta hanya sampai di Stasiun Manggarai, Anda dapat menunggu kereta berikutnya dengan tujuan Depok/Bogor, biasanya beroperasi di jalur 8 atau 10, tetapi kadang-kadang di jalur 5.

Jarak antara Stasiun Tanjung Barat dan Kebun Binatang Ragunan sekitar 3-4 kilometer melalui Jalan T.B.Simatupang (pinggir tol) dan Jalan RM.Harsono. Untuk melanjutkan perjalanan, kamu dapat menggunakan taksi atau ojek selama kurang lebih 10-15 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Dari Arah Stasiun Tangerang

Bagi Anda yang datang dari Stasiun Tangerang, Anda dapat menggunakan Kereta KRL dengan rute menuju Stasiun Duri (membeli tiket dengan tujuan Stasiun Tanjung Barat). Setelah itu, pindah ke kereta commuter line di Stasiun Duri dengan KRL yang tujuannya Stasiun Manggarai -Depok/Bogor. Jika kereta hanya sampai di Stasiun Manggarai, tidak perlu khawatir, kamu dapat menunggu kereta berikutnya dengan tujuan Depok/Bogor. Biasanya, kereta ini beroperasi di jalur 8, jalur 10, atau di jalur 5. 

Kemudian, kamu bisa turun di Stasiun Tanjung Barat dan melanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau ojek. Jarak dari Stasiun Tanjung Barat ke Kebun Binatang Ragunan sekitar 3-4 kilometer jika melalui Jalan T.B.Simatupang (pinggir tol) dan Jalan RM.Harsono. Kamu dapat menempuh perjalan dalam waktu sekitar 10-15 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas yang sedang berlangsung.

Syarat Masuk Ragunan Zoo

Sebelum berkunjung, sebaiknya kamu perlu mengetahui syarat masuk Kebun Binatang Raguanan atau Ragunan Zoo di bawah ini ya.

Pertama, diperlukan memiliki Jakcard untuk dapat masuk ke Taman Margasatwa Ragunan. Jakcard merupakan alat transaksi non-tunai yang berlaku di beberapa tempat wisata di Jakarta. Kartu ini biasanya banyak orang gunakan di Taman Margasatwa Ragunan, Museum Fatahillah Kota Tua, dan Monumen Nasional. Hal ini karena kebijakan bahwa semua transaksi di dalam area Kebun Binatang Ragunan hanya dapat menggunakan Jakcard.

Sumber: Wikipedia

Jangan khawatir, kamu bisa membeli Jakcard di petugas loket.Sebelum digunakan, pastikan kamu mengisi saldo-nya. Sebagai rekomendasi, top-up minimal sebesar Rp10.000 dengan kapasitas maksimum Rp1.000.000. Pengisian saldo dapat kamu lakukan di semua loket Taman Margasatwa Ragunan dan Halte Busway.

Setelah membeli tiket menggunakan Jakcard,  langkah selanjutnya adalah masuk melalui pintu elektronik sesuai dengan antrian. Saat memasuki area, pengunjung wajib menempelkan Jakcard dengan mengetuk pada mesin sensor. 

Saldo Jakcard akan otomatis berkurang sesuai dengan tarif masuk dan jumlah pengunjung. Oleh karena itu, pastikan saldo yang kamu isi sudah mencukupi.

Tiket Masuk Ragunan Zoo

Sesuai dengan informasi dari laman resmi  Ragunan Zoo Jakarta, berikut adalah daftar harga tiket Kebun Binatang Ragunan terbaru. Seperti yang sudah kami singgung di atas, kamu harus membeli kartu Jakcard seharga Rp45.000-Rp75.000, sebelum bisa membeli tiket Ragunan Zoo.

Untuk tiket masuk pada weekday dan weekend, kamu harus membayar sebesar Rp3.000 untuk tiket anak-anak dan Rp4.000 untuk tiket dewasa. Perlu kamu ingat, tiket ini belum termasuk harga tiket untuk fasilitas yang ada di dalam kebun binatang.

Sumber: Flickr

Jika kamu ingin melihat para primata lucu, kamu dapat berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer. Untuk masuk ke sini, kamu perlu membayar Rp6.000 untuk weekday dan Rp7.500 untuk weekend.

Selain itu, kamu juga bisa menaiki wahana yang tidak kalah menarik di area kebun binatang. Kamu dapat menaiki Onta Tunggang, Kuda Tunggang, Sepeda Tunggal, Sepeda Ganda, Kereta Keliling, Kuda Bendi, Perahu Angsa dengan kisaran harga sebesar Rp2.500-Rp18.000.

Untuk tambahan informasi, Ragunan Zoo buka pada hari Selasa-Minggu pada pukul 7.00-16.00 WIB. Kebun binatang ini tutup pada hari Senin karena merupakan Hari Libur Satwa.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Masuk Ragunan 2024, Harga Tiket, & Syarat Masuk

Demikian pembahasan Advontura kali ini mengenai Ragunan Zoo atau Kebun Binatang Ragunan. Semoga penjelasan kali ini dapat memberi kamu referensi dan informasi yang berguna sebelum datang ke kebun binatang satu ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ragunan Zoo: Sejarah, Rute, dan Harga Tiket Masuk

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki pemandangan hutan yang terkenal alami dengan udara yang segar. Jika berencana untuk berlibur ke sana dalam waktu dekat, kamu harus mengexplore Jembatan Gantung Sukabumi atau Jembatan Gantung Situ Gunung. Seperti apa kira-kira? Yuk simak informasi selengkapnya mengenai Jembatan Gantung Sukabumi ini, hanya di Advontura! Lokasi Jembatan Gantung Sukabumi […]
    Bandung selalu menjadi primadona untuk orang kunjungi ketika masa liburan. Berbagai jenis tempat wisata dapat kamu temukan di segala penjuru kota. Kali ini, Advontura akan memberi kamu beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang gratis. Penasaran apa saja? Yuk, baca artikel berikut untuk mengetahui lebih tentangnya. 1. Jalan Braga Pertama, ada Jalan Braga. Banyak bangunan […]

    Trending

    Kurangnya tempat terbuka hijau menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah membangun beberapa waduk yang berfungsi bukan hanya sekadar sebagai kawasan hijau tapi bisa juga sebagai tempat wisata alam di Jakarta.  Waduk Pondok Ranggon ini terletak di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Buat […]
    Waduk tidak hanya berperan sebagai penyedia air untuk kebutuhan irigasi, tetapi juga menjadi magnet para wisatawan sekaligus para pemancing. Contohnya, Waduk Gonggang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Waduk ini tidak hanya memiliki fungsi sebagai sumber perairan warga sekitar, tetapi juga tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Kira-kira apa saja yang membuat wisatawan berkunjung […]
    Umbul Bening Waterpark merupakan salah satu wisata yang wajib kamu kunjungi jika berwisata ke Banyuwangi. Tempatnya yang asri dan menenangkan membuat siapapun yang berwisata merasa tersegarkan kembali. Kali ini, Advontura akan membahas tentang Umbul Bening Waterpark. Simak informasi selengkapnya di artikel kali ini! Tentang Umbul Bening Umbul Bening merupakan destinasi wisata berkonsep waterpark yang terletak […]