Keindahan Puncak Gagoan, Harga Tiket, Lokasi, & Rute Wisata

Daftar isi

Provinsi Sumatera Barat menyimpan aneka tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, salah satunya Puncak Gagoan di Kabupaten Solok. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam indah yang tersembunyi di balik jajaran Pegunungan Bukit Barisan yang hijau. Penasaran kelanjutannya? Simak ulasan berikut ini, Advonturers!

Keindahan Alam Puncak Gagoan 

Eksotisme tempat wisata yang satu ini sudah bisa kamu rasakan sejak masih berada di bawah bukit. Angin kencang yang sejuk akan senantiasa menemai selama perjalanan menuju puncak.

Kehadiran dua bukit yang mengapit Gagoan juga menjadi paket tambahan yang bisa kamu nikmati di sini. Bukit yang pertama didominasi oleh padang rumput dengan sedikit pohon, sedangkan bukit lain penuh dengan pepohonan yang beragam. Terdapat pula sebuah sungai dengan airnya yang masih jernih sebagai sumber air untuk penduduk sekitar.

Wisatawan harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk bisa sampai ke puncak. Seluruh perjalanan pastinya menyajikan keseruan tersendiri yang dapat kamu abadikan melalui foto ataupun video.

Sesampai di Puncak Gagoan, semua perjuanganmu akan terbayar tuntas berkat keindahan alamnya yang luar biasa. Panorama Kota Solok, Danau Singkarak, plus Pegunungan Bukit Barisan seolah berada di bawah kaki pengunjung. Kamu juga bisa melihat cantiknya padang ilalang yang tumbuh di atas tanah pegunungan.

Artikel Terkait

Daya Tarik Puncak Gagoan

Padang ilalang di Puncak Gagoan (@geni_rilfa on Instagram)

1. Pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Sago

Berdiri di atas puncak, pengunjung akan menyaksikan megahnya Gunung Sago dan Marapi. Masyarakat setempat sendiri mengenalnya dengan sebutan Sandiang Gagoan.

2. Pesona Alam yang Memukau

Bagaikan mahakarya Sang Maha Kuasa, keindahan panorama alam di Puncak Gagoan seolah akan menyihir mata siapa saja yang menyaksikannya. Seiring perjalanan menuju puncak, kamu akan disajikan dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan yang didominasi warna hijau.

3. Terletak Diapit oleh Dua Bukit

Puncak Gagoan diapit langsung oleh dua bukit besar sekaligus sebuah sungai dengan air yang begitu jernih. Kamu akan menemukan pipa PDAM di sini yang biasanya masyarakat gunakan sebagai sumber air minum mengingat airnya terbilang sangat bersih.

4. Hamparan Padang Ilalang yang Luas

Tidak cuma melihat lanskap Danau Singkarak, wisatawan bisa menjumpai hutan yang lebat dengan pepohonan hijau yang sangat rindang sekaligus padang ilalang yang tumbuh sangat subur. Padang tersebut berlokasi tepatnya di area Bukit Sandiang Gagoan.

5. Deretan Tebing Indah

Posisinya yang berada di atas dataran tinggi membuat Puncak Gagoan mempunyai deretan tebing yang lumayan curam. Hal tersebut sesuai pula dengan nama “gagoan” yang berasal dari kata “gagau” dalam bahasa Minang yang artinya takut ketinggian.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Puncak Gagoan

Bersantai di Puncak Gagoan (@puncak.gagoan on Instagram)

1. Menikmati Keindahan Alam

Berkunjunglah ke Gagoan untuk menikmati panorama dengan suasananya yang sangat sejuk. Kamu akan dimanjakan dengan eksotisme keindahan alam yang pastinya bisa langsung menjernihkan pikiran.

Ketika sampai di atas bukit, pengunjung juga dapat melihat bebatuan karang yang berwarna putih sembari merasakan hembusan angin yang terbilang bersih dan jernih. 

2. Berkemah

Bagi para pecinta camping, kamu bisa memanfaatkan tanah datar di puncak bukit untuk membangun tenda. Berkemah di sini memungkinkan pengunjung untuk dapat merasakan langsung sejuknya atmosfer perbukitan menjelang pagi hari.

Di samping itu, kamu juga bisa menyaksikan keindahan terbit dan tenggelamnya matahari. Sebagai catatan, pastikan kamu tidak datang sewaktu musim penghujan apabila ingin berkemah.

3. Berfoto

Puncak Gagoan menawarkan segudang pesona alam yang wajib kamu abadikan lewat foto. Banyak juga spot-spot Instagramable yang bisa dijadikan sebagai tempat foto ciamik.

Pemandangan Danau Singkarak sekaligus deretan tebing batuan dari puncak akan menjadi objek yang menarik buatmu. Selain itu, kamu juga boleh menyusuri padang ilalang untuk mendapatkan spot yang tidak kalah menarik.

Tiket Masuk Gagoan 2022

Untuk bisa masuk ke area Puncak Gagoan Solok, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja. Dengan harga yang murah, kamu pun sudah dapat menikmati pesona alam yang sangat memesona di sana.

Lokasi Puncak Gagoan

Tempat wisata ini berada di gugusan Pegunungan Bukit Barisan, persisnya di Desa Paninggahan, Kec. Tanjung Junjung Sirih, Kab. Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Puncak Gagoan

Mendaki Puncak Gagoan (@ayyuu.pi on Instagram)

Berlokasi dekat Ngarai Sianok, destinasi wisata ini cuma berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Solok. Apabila bergerak dari Kota Padang, kamu akan menempuh jarak kurang lebih 80 km dengan waktu tempuh 2-3 jam.

Kamu dapat memakai kendaraan roda dua atau empat untuk menuju Puncak Gagoan Solok. Sesampai di area parkir, kamu mesti memulai pendakian dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah rimbunnya hutan.

Semakin dekat ke arah puncak, kamu akan menemui banyak batu cadas dengan aneka ukuran yang tersebar di perbukitan. Dengan perjalanan menantang selama 15 menit, kamu pun tiba di Gagoan.

Setelah mengetahui beragam informasi tentang Puncak Gagoan, apakah Advonturers tertarik untuk berkunjung? Tempat ini sangat layak untuk kamu tambahkan ke dalam daftar wisata sewaktu datang ke Sumatera Barat.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *