Pulau Rote – 15 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Pulau rote
Photo by beritasatu.com
Daftar isi

Pulau Rote Ndao atau biasa disebut Kepulauan Roti merupakan kawasan paling selatan Indonesia yang kaya dengan tempat wisata pantai, musik sasando, budidaya lontar, hingga topi tradisional Ti’i Langga.

Kawasan ini merupakan pulau terbesar di antara kepulauan lainnya yang menjadi satu kesatuan di Kabupaten Rote Ndao. Berita kecantikan dan keeksotisannya telah melalang buana sampai ke luar negeri, menjadikannya salah satu kawasan wisata alam Indonesia yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tertarik untuk berkunjung? Yuk simak terlebih dahulu info penting dan panduan perjalanannya!

Sejarah Pulau Rote Ndao

Sejarah Pulau Rote Ndao tidak lepas dari pengaruh pemerintahan Belanda yang menuliskan kawasan ini dengan Nama Rotti atau Rottij yang kemudian menjadi kata “Roti”.

Namun banyak masyarakat sekitar yang kesulitan mengucapkan huruf “R” dan lebih sering malafalkannya dengan nama “Lote”. 

Sedangkan masyarakat lain lebih sering menyebut kawasan dengan nama “Lolo Deo Do Tenu Hantu” atau “Pulau yang Gelap”. Ada juga yang menamakannya “Nes Do Male”, artinya “Pulau yang Layu/Kering” dan “Lino Do Ne” yang bermakna “Pulau yang Sunyi”.

Artikel Terkait

Namun nama Pulau Rote ini terus berubah mulai dari zaman penjajahan Belanda sampai Portugis berdasarkan berbagai sumber sejarah.

Hingga akhirnya pemerintah setempat meresmikan nama Pulau Rote Ndao untuk kawasan ini karena dinilai lebih familiar bagi warga Nusa Tenggara Timur.

Tempat Wisata Pulau Rote Kupang

Teluk Mulut Seribu Pulau Rote
Keindahan Pulau Rote (Photo by medcom.id)

Dikenal dengan julukan Surga Pantai di Lautan Indonesia, Pulau Rote menyimpan berbagai tempat wisata menarik yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ini adalah daftar pilihan tempat wisata Pulau Rote Kupang yang telah Advontura ringkas khusus untuk Anda!

1. Teluk Mulut Seribu Pulau Rote

Kawasan teluk atau pantai ini merupakan pulau kecil yang biasanya menjadi tempat persinggahan ketika sedang island hopping atau kegiatan berkeliling pulau. Dengan menggunakan perahu kayu, para wisatawan bisa melihat langsung keindahan alam sekitar dan tebing batu yang sangat khas. 

Selain itu, lokasi wisata Pulau Rote satu ini ini telah dinobatkan sebagai destinasi wisata internasional oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dengan menambahkan empat cottage baru di tahun 2020 kemarin.

Melalui penambahan keempat cottage baru ini, diharapkan para wisatawan akan lebih puas berlibur dan masyarakat sekitar juga dapat meningkatkan perekonomiannya sendiri.

2. Pantai Telaga Nirwana Pulau Rote

Tempat wisata Pulau Rote satu ini merupakan salah satu kawasan unggulan yang selalu banyak dicari. Hal ini tentu tidak aneh, karena memang pemandangan alam hutan mangrove, batuan cadas berbentuk hati, disertai air laut yang jernih membuat siapa saja merasa tenang ketika berkunjung ke sini.

Air lautnya juga cenderung tenang daripada kawasan lain dan cocok untuk berenang atau bermain kayak. Letaknya ada di Kecamatan Rote Barat Daya tepatnya di Dusun Kotalai.

3. Pantai Dombo

Pantai Dombo juga sering dikenal dengan nama Salaek Dale. Berbeda dengan kawasan lainnya, perairannya berhadapan langsung dengan laut lepas Australia dan memberikan pemandangan yang begitu indah apabila di saat senja.

Pantai ini dikelilingi pasir putih, hutan bakau yang tertata, keasrian yang masih terjaga dan air yang cenderung tenang meski berhadapan dengan lautan lepas.

4. Danau Merah di Pulau Ndana

Pulau ini merupakan wilayah paling ujung selatan Indonesia yang hanya dihuni oleh Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar dari TNI. 

Di dalamnya, Anda bisa menemukan sebuah Danau Merah dengan gumpalan garam padat di pinggirannya. Warna merahnya terlihat sangat cantik karena mencerminkan bayangan awan di atas langit.

5. Pantai Tolanamon

Kawasan ini cukup tersembunyi dan berada di Rote Selatan. Para pengunjung yang ingin datang harus menempuh perjalanan sekitar dua jam perjalanan dari Kota Ba’a ke Desa Inaoe.

Nama Tolanamon diambil dari bentuknya seperti teluk yang menusuk runcing menuju bibir pantai. Meskipun perjalanan yang harus ditempuh lumayan panjang, lelah Anda akan langsung terbayarkan ketika sampai di pantai yang diapit tebing hijau ini.

6. Pantai Tiang Bendera dari Zaman Belanda

Sesuai namanya, di pantai ada terdapat sebuah tiang bendera yang berdiri kuat di atas tebing dan berkibar menghadap Laut Sawu. 

Kawasan ini menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung atau fotografer. Untuk dapat berfoto di tiangnya, Anda harus berjalan kaki untuk menyeberang perairan yang dangkal dan naik di atas. 

Untuk keselamatan Anda, disarankan untuk memakai sepatu yang tidak licin dan nyaman karena tekstur batu karangnya yang lumayan tajam. 

7. Pantai Bo’a

Bagi para pecinta olahraga surfing, kawasan ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Terletak di Desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat, pantai ini memiliki keeksotisan yang berbeda dari daerah lainnya.

Gulungan ombaknya yang ideal, merupakan gulungan ombak terbesar kedua setelah Hawai. Menjadikan kawasan ini menjadi lokasi perlombaan selancar internasional setiap tahunnya mulai bulan Oktober hingga September. 

Selain itu para pengunjung juga tetap dimanjakan dengan keindahan alam pantai yang masih terjaga yang ditunjang oleh berbagai fasilitas yang lengkap.

Baca juga: Pulau Samosir – 25 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

8. Pantai Nemberala

Selain Pantai Bo’a, tempat wisata Pulau Rote yang menjadi tujuan utama para peselancar dalam dan luar negeri adalah Nemberala. 

Pantai Nemberala memiliki ombak yang cenderung tinggi sehingga memikat para peselancar untuk datang dan menaklukkannya. Selain itu, pemandangan matahari terbenam di kawasan ini selalu indah dan epik setiap saat.

Bagi Sobat Advontua yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Karena pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai resort dan rumah makan yang akan membuat pengalaman liburan Anda semakin nyaman. 

9. Pulau Do’o

Pulau kecil ini merupakan surga para pecinta diving. Pemandangan bawah lautnya tidak kalah cantik dari Taman Nasional Bunaken atau Pantai Raja Ampat. Selain mencoba menyelam, tidak sedikit para peselancar yang datang untuk mencoba gulungan ombak dari pulau ini.

10. Pemandian Sulimatan

Pemandian Selamatan merupakan sebuah kolam air tawar yang berada di Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru. Berbeda dengan destinasi wisata lainnya, kawasan ini menyisakan tempat bermain air yang sejuk dan menyenangkan di tengah-tengah perkebunan. 

11. Pantai Oeseli

Meski sering disebut dengan pantai, kawasan ini sebenarnya lebih mirip dengan laguna karena airnya yang tidak bermuara ke laut.

Selain itu banyak orang yang menamakannya dengan julukan Danau Laut Mati, bukan karena kadar garamnya yang tinggi melainkan lantaran adanya tebing di sekelilingnya sehingga angin sulit masuk dan membuat airnya diam tak bergerak.

Bagi Anda yang penasaran, bisa berkunjung di Kecamatan Rote Timur atau lebih tepatnya di Desa Sotimori. Untuk mencapai kawasan ini, para pengunjung bisa berangkat dari Nerembala selama 20 kilometer atau satu jam menggunakan mobil.

12. Pantai Oesosole

Bagi yang Anda yang suka dengan pantai yang tenang, Sobat Advontura bila berkunjung di Pantai Oesosole satu ini. Berjarak 5 kilometer dari kota Ba’a dengan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit, kawasan ini jarang dikunjungi banyak orang dan lebih terasa seperti pantai pribadi.

Uniknya, di kawasan ini ada batu karang berbentung hati yang sangat lucu. Bahkan ketika air surut Anda bisa bermain di karang tersebut dan melihat langsung ikan kecil yang berenang di dalamnya.

Selain itu banyak pohon pinus di sekitarnya dan bisa Anda gunakan untuk berteduh, sayangnya belum ada banyak penjual makanan di sini. Jadi, disarankan bagi para pengunjung untuk membawa bekal dan tempat sampah sendiri.

13. Pantai Batu Pintu

Menjadi surganya pantai eksotis Indonesia, jangan lupa berkunjung ke Batu Pintu. Sebuah pantai yang unik dengan batu karang besar yang menyerupai pintu masuk menuju pantainya.

Meski banyak batu karangnya, pasirnya cukup halus dan tidak sakit di kaki. Pemandangan yang ditawarkan juga tidak kalah cantik karena bebatuan karangnya malah menambah kesan megah pantai ini.

14. Tangga 300 Mando’o

Bagi para pecinta fotografi dari ketinggian, kawasan ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata Pulau Rote yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

Dari atas bukit ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan panorama unggulan berupa bentangan laut biru, kokohnya bebatuan karang dan hijaunya hutan.

Untuk menuju kawasan ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp3.000,00 per orang dan Rp1.000,00 untuk parkir motor.

15. Batu Termanu

Selain Tangga 300 Mando’o, Anda bisa datang ke Batu Termanu untuk menikmati pemandangan savana dengan pepohonan hijau dan lautan biru dari ketinggian.

Pemandangan itu juga akan semakin indah ketika matahari mulai terbenam, karena Anda bisa melihat semburat oranye yang begitu megah dari atas sini.

Kawasan ini merupakan objek wisata alami dan belum memiliki fasilitas penunjang lainnya. Karena itu, ada baiknya untuk menyiapkan bekal makanan dan tempat sampah sendiri.

Letak Peta Pulau Rote NTT

Berdasarkan peta Pulau Rote NTT berbatas dengan Laut Sawu di bagian Utara dan Barat, Samudra Hindia di sisi timur dan Selat Pukuafu di samping Timur.

Untuk mencapai tempat wisata Pulau Rote NTT, Anda bisa menggunakan transportasi kapal di Pelabuhan Tenau dan Dermaga Bolok.

Di Pelabuhan Tenau, Anda bisa menggunakan kapal cepat Express Bahari yang akan berlabuh di Dermaga Ba’a Rote yang dekat dengan pusat kota Pulau Rote selama 1 jam 50 menit perjalanan. Harga tiketnya bervariasi mulai dari Rp178.000,00 untuk kelas VIP dan Rp168.000,00 di Eksekutif. 

Namun, bagi Anda yang ingin berhemat bisa menaiki kapal ferry di Pelabuhan Bolok dengan waktu tempuh selama 3,5 jam dan berhenti di Dermaga Pantai Baru yang lebih jauh dari pusat kota Pulau Rote. Harga tiketnya mulai dari kelas bisnis sebesar Rp63.000,00 hingga ekonomi sebesar Rp59.000,00.

Hotel di Pulau Rote Ndao

Hotel di Pulau Rote Ndao
Penginapan di Pulau Rote (Photo by traviamgz.com)

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih puas, menginap bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Hotel di Pulau Rote sudah cukup banyak dengan berbagai fasilitas dan harga yang bervariasi.

Berikut beberapa pilihan hotel di Pulau Rote yang Advontura rekomendasikan antara lain Mulia Bungalows Nerembala, Ovabaluk Bungalows, Narrow Joglo House, Nembrala Now!, Maduna Resort, Loedi Bungalows Rote Island dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa hotel di Pulau Rote di atas, Anda bisa menyiapkan dana mulai dari Rp600.000,00 hingga Rp2.000.000,00 untuk dua orang dalam satu malam. 

Demikian pembahasan kita tentang Pulau Rote Ndao kali ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi destinasi liburan keluarga. Sampai jumpa di pembahasan wisata menarik lainnya!

Baca juga: Pulau Harapan Kepulauan Seribu, Ini Harga Open Tripnya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *