Pulau Pahawang, Pesona Keindahan Pulau Eksotis asal Lampung

Pulau Pahawang Lampung
Daftar isi

Pulau Pahawang Lampung adalah pilihan liburan yang tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di pulau indah yang masih jarang terjamah banyak orang.

Kawasan ini sering disebut dengan “Surganya Lampung” oleh masyarakat sekitar dan para wisatawan. Kondisinya yang masih asri dan terkelola dengan baik membuat siapa saja betah menghabiskan waktunya di sini.

Beberapa jasa penyedia open trip Pulau Pahawang untuk kelompok dan privat juga sudah bisa ditemui dengan mudah. Tertarik berkunjung? Yuk cek terlebih dahulu info wisata hingga pilihan paket liburan murahnya di bawah ini!

Pesona Pulau Pahawang Lampung

Penginapan Andreas Resort Pulau pahawang
Pulau Pahawang Lampung (Photo by waktubaca.com)

Sesuai namanya, kawasan ini menyimpan berbagai keindahan bahari serta garis pasir putih panjang yang menjadi ciri khasnya. Para pengunjung juga bisa bebas berenang, snorkeling atau sekedar bersantai di bibir pantai.

Sebelum berkunjung, Sobat Advontura perlu tahu pula kalau kawasan ini terbagi menjadi dua area yang memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing. 

Artikel Terkait

Pulau Pahawang Besar

Dengan luas 1.000 hektar, pulau ini merupakan kawasan utama yang ditinggali kurang lebih seribu kelapa keluarga. Beberapa fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas dan penginapan para wisatawan ada di area ini.

Pulau Pahawang Kecil

Seperti namanya, kawasan ini hanya memiliki luas kurang lebih 13 hektar. Namun, para pengunjung tidak bisa datang begitu saja karena pulau ini dimiliki oleh seorang warga negara Prancis yang biasanya dipanggil Mr. Joe oleh masyarakat sekitar.

Mr.Joo dikenal dermawan dan suka membantu warga sekitar dengan membangun fasilitas dermaga, sekolah, kantor desa hingga menanggung biaya sekolah anak SD dan SMP yang tinggal di sekitar pulau.

Di kawasan ini pula terdapat spot snorkeling dan cottage. Namun karena menjadi salah satu pulau privat Anda tidak bisa sembarangan mengunjunginya.

Destinasi Wisata Pulau Pahawang 

Menjadi “Surganya Lampung” kawasan ini memiliki berbagai pilihan tujuan wisata yang wajib dikunjungi selama berada di sini. Berikut ini, Advontura telah merangkum berbagai destinasinya hanya untuk Anda!

Pulau Kelagian Besar

Pulau ini merupakan kawasan yang tidak berpenghuni dengan pasir putih yang indah. Biasanya banyak wisatawan yang datang untuk melihat suasana sekitar. Selain itu, area ini juga menjadi salah satu tempat latihan bagi pasukan TNI Angkatan Laut.

Pulau Kelagian Kecil

Area ini merupakan spot snorkeling pertama yang dikunjungi sebagian wisatawan yang datang yang memakai jasa travel atau tour. Luasnya lebih kecil, yaitu hanya 1 hektar saja. 

Namun dikarenakan suasana alamnya yang lebih indah dan tenang, kawasan ini menjadi tempat favorit bagi para pengunjung untuk menghabiskan waktu.

Penangkaran Ikan Nemo

Selain ada kawasan Kelagian Kecil, spot snorkeling satu ini mempunyai pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan puluhan ikan badut lucu yang bermain di sekitar terumbu karang. 

Para pengelola dan masyarakat sekitar juga sangat menjaga daerah ini dan menanam rumah bagi ikan satu ini. Bagi yang ingin mengabadikan keindahannya, Anda bisa menyewa kamera underwater yang tersedia.

Tanjung Putus

Kawasan ini merupakan spot snorkeling yang berada cukup jauh, dibutuhkan setidaknya 1 jam perjalanan menggunakan perahu motor. Terumbu karangnya bagus tapi sangat rapat, jadi harus berhati-hati ketika berenang di sini ya.

Gosong Bekri, Pancong dan Kalangan

Kawasan ini merupakan spot snorkeling terbaru yang sengaja dibuat oleh pihak pengelola.Uniknya, didalamnya terdapat candi buatan yang berada di kedalam 1 samapi 2 meter dari atas permukaan laut. 

Bukan itu saja, candi ini juga semakin unik karena dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi rumah bagi berbagai hewan laut. Jadi, kalau berkunjung kesini jangan lupa berfoto sama Ikan Nemo ya.

Cukuh Bedil

Cukuh Bedil merupakan pantai pasir putih dengan air laut yang berwarna tosca. Pemandangan indah ini semakin menenangkan dengan suasana pulau yang tenang dan berbagai pendopo yang dikhususkan untuk tempat beristirahat. 

Pasir Timbul Pahawang Kecil

Kawasan ini merupakan tempat favorit para pengunjung. Disini Anda bisa melihat pasir yang timbul ketika air surut. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah setelah matahari terbit atau menjelang matahari terbenam.

Mencoba Watersport

Salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan selain snorkeling adalah bermain banana boat atau sofa boat. Hanya dengan biaya Rp30.000,00 per orang Anda sudah bisa menikmati sensasi bermain air selama waktu yang ditentukan.

Baca juga: Pulau Samosir – 25 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Letak Pulau Pahawang Lampung

Pulau pahawang kecil
Pulau pahawang Photo by rutemu.com

Berdasarkan letak peta Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, Lampung Selatan. Dari pusat kota kawasan ini bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan. 

Bagi para wisatawan luar pulau Sumatera bisa menggunakan jalur udara atau laut terlebih dahulu. Namun untuk akses menuju kawasan ini sudah cukup mudah dan aman. Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa membuka peta Pulau Pahawang lewat aplikasi google maps.

Pilihan Paket Murah Pulau Pahawang Lampung

Saat ini sudah banyak travel yang menawarkan berbagai paket murah Pulau Pahawang baik untuk liburan berkelompok atau privat. 

jika menggunakan travel, biaya ke Pulau Pahawang biasanya dilihat berdasarkan meeting point atau tempat bertemu. Berikut beberapa list biayanya paket wisatanya selama 3 hari 2 malam.

  1. Dari Jakarta sebesar Rp650.000,000/orang.
  2. Dari Pelabuhan Merak sebesar Rp500,000.00/orang.
  3. Dari Dermaga Ketapang sebesar Rp380.000,00/orang.
  4. Darian Bandar Lampung ditarif tarif Rp450.000,00/orang.

Sedangkan biaya ke Pulau Pahawang dari Dermaga Ketapang tanpa menginap, Anda hanya harus menyiapkan biaya sekitar Rp180.000,00/orang saja.

Banyak kemudahan dan fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan jasa travel open trip Pulau Pahawang seperti:

  1. Konsumsi selama 4 hari.
  2. Akomodasi penjemputan dari meeting point.
  3. Tour Leader.
  4. Tour Guide.
  5. Pelampung
  6. Penginapan.
  7. Dokumentasi.
  8. Asuransi.
  9. Tiket Ferry dan perahu selama kegiatan berwisata.
  10. Kegiatan Barbeque.

Selain itu dengan menggunakan jasa travel Anda bisa mendapatkan berbagai promo perjalanan tanpa harus repot merencanakan setiap kegiatan. 

Penginapan di Pulau Pahawang Lampung

Penginapan di Pulau Pahawang Lampung cukup mudah ditemui. Beberapa rekomendasi penginapan yang bisa dicoba antara lain Indahnesia Homestay, Homestay Pak Selamat, Turi Indah Homestay, Villa Terapung Pondok Bagoes, Villa Andreas, Homestay Tirta Pahawang, Bumi Pahawang Resort dan lain sebagainya.

Untuk menginap di beberapa penginapan di atas, Anda bisa menyiapkan biaya sekitar Rp400.000,00 hingga  Rp1.500.000,00. Sedangkan fasilitas umum yang bisa Anda terima antara lain tempat tidur, TV, layanan kamar, bathroom, AC dan lain sebagainya.

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal di bawah ini untuk pengalaman liburan yang lebih aman dan menyenangkan.

Gunakan Sunblock dan Lotion Anti Nyamuk

Cuaca di kawasan ini cukup panas jadi siapkanlah sunblock atau sunscreen untuk menjaga kulit Anda sehat selama berlibur. Selain itu bawa pula lotion anti nyamuk apabila berencana tinggal sampai sore bahkan menginap.

Bawa Powerbank

Menjelajahi pulau ini cukup memakan waktu dan Anda bahkan bisa sampai seharian di luar ruangan. Agar perangkat atau kamera tidak mati di tengah jalan, bawalah powerbank untuk berjaga-jaga.

Demikian penjelasan kita kali ini tentang Pulau Pahawang Lampung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan keluarga. Untuk menemukan destinasi wisata menarik Indonesia lainnya, Sobat Advontura bisa klik link dibawah ini ya. Sampai jumpa!

Baca juga: Pulau Rote – 15 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *