Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Tiket, Lokasi, dan Hotel

Pantai Pulau merah
Photo by wisatainfo.com
Daftar isi

Pulau Merah Banyuwangi adalah salah satu pantai di Jawa Timur yang terkenal akan keindahannya. Destinasi wisata ini juga disebut sebagai Kuta kedua di Pulau Jawa, karena lokasinya yang seringkali dijadikan sebagai tempat surfing. 

Penasaran apa saja keunikan dari Pantai Pulau Merah Banyuwangi sampai dijuluki sebagai Kuta kedua? Simak ulasan lengkap mulai dari lokasi, tiket masuk, sejarah hingga hotel maupun penginapan terdekat yang bisa jadi tujuanmu ketika berwisata disini dalam artikel berikut. 

Wisata Pulau Merah Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak objek wisata alam menarik yang tak kalah dengan daerah lain. Salah satunya yakni Pantai Pulau Merah Banyuwangi. 

Dimana keindahannya menjadikan pantai ini cukup terkenal tidak hanya dikalangan traveller lokal melainkan juga mancanegara.

Selain kecantikan panoramanya, pulau dengan sebutan Red Island ini juga populer karena kebersihannya yang mampu membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama.

Artikel Terkait

Hal utama yang biasanya dilakukan pengunjung saat berlibur kesini ialah berjemur. Anda bisa merasakan sensasi berjemur ala pantai Kuta dengan menggunakan alas kursi kayu serta payung peneduh yang berjejer di tepi pantai. Itu lah mengapa kawasan ini disebut sebagai pantai Kuta kedua di Pulau Jawa. 

Istilah Pantai Kuta kedua juga didasari oleh pemandangan matahari terbenam di ufuk barat yang tak kalah menakjubkan dari Pantai Kuta lainnya.Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam di pulau eksotis ini mulai pukul 16.00 sore. 

Terbayang bukan bagaimana rasanya berbaring di bawah payung peneduh sambil menikmati sunset? Yup, tentunya sangat menyenangkan.

Tidak hanya berjemur, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa sobat Advontura lakukan ketika berlibur ke sini seperti bermain voli, sepak bola, hingga berenang di pantai.

Ketika berenang Anda akan diawasi oleh petugas melalui menara pandang yang ada di pinggir pantai. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu.

Selain itu, aktivitas yang bisa Anda coba yakni surfing (berselancar). Ombak dengan tinggi sekitar 2-3 meter ini sangat cocok bagi wisatawan peselancar profesional ataupun pengunjung yang baru mencoba dan ingin belajar surfing.

Bebatuan karang di lokasi ini pun tidak terlalu banyak, sehingga aman bagi pengunjung untuk berselancar. Bahkan pulau dengan julukan Red Island berikut dinobatkan sebagai tempat olahraga selancar terbaik di Banyuwangi. Keren, bukan?

Nah, untuk Anda yang belum mempunyai pengalaman berselancar namun ingin mencobanya, tidak perlu khawatir. Sebab, pihak pengelola lokasi telah menyediakan tempat penyewaan peralatan surfing beserta lengkap dengan instrukturnya.

Hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 150.000 hingga Rp250.000 dan Anda sudah bisa belajar surfing dengan jasa instruktur profesional. 

Namun, apabila hendak menyewa papan selancarnya saja, maka Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000 saja.

Kegiatan eksklusif selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke pantai ini ialah snorkeling. Pantai yang terletak di kota Gandrung berikut juga menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Pengunjung bisa menyaksikan indahnya kehidupan bawah laut seperti terumbu karang, bintang laut, hingga aneka ikan hias yang menambah pesona dari tempat ini. Pengelola juga menyediakan tempat penyewaan peralatan snorkeling yang letaknya ada di pinggir pantai. 

Di lokasi wisata juga ada fasilitas kamar mandi umum. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan diri setelah bermain air seharian.

Keindahan Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah (Photo by pegipegi.com)

Tiket Masuk Pulau Merah Banyuwangi

Wisatawan yang ingin berlibur ke pulau eksotis ini tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 8.000 per orangnya. Sangat terjangkau, bukan?

Akan tetapi, harga tersebut belum termasuk tarif parkir. Bagi pengunjung yang membawa mobil dikenai biaya parkir sebesar Rp. 5.000 sedangkan untuk motor Rp.2.000 saja.

Lokasi

Pantai Kuta kedua di Pulau Jawa ini lokasinya berada di Dusun Pancer, Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi pantai terletak sejauh 60 km dari pusat kota Banyuwangi.

Jarak tersebut bisa ditempuh selama 2-3 jam lamanya dari pusat kota apabila melalui jalan utama menuju Belimbing.

Ketika sampai di pertigaan besar Blimbing, pilih lajur kiri menuju Sroto. Dari Sroto Anda hanya perlu lurus mengikuti jalan utama. 

Setelahnya Anda akan sampai di pertigaan Kesilir. Dari pertigaan tersebut, ikuti jalan ke arah Dusun Pancer hingga menemui lokasi wisata.

Baca juga: Pantai Banyu Tibo – Lokasi & Harga Tiket Masuk

Sejarah Pulau Merah Banyuwangi

Pantai yang terletak di Kota Gandrung ini dulunya bernama Pantai Ringin Pintu. Kemudian namanya berubah menjadi Pulau Merah karena adanya bukit setinggi 200 meter di ujung pantai.

Tanah di bukit itu berwarna merah. Namun sekarang, karena banyaknya pohon yang tumbuh, warna tanah merah tersebut tidak lagi terlihat.

Pantai pulau Merah
Pantai Pulau Merah Banyuwangi (Foto oleh idtempatwisata.com)

Penginapan dan Hotel

Pengunjung bisa menyewa penginapan atau hotel jika ingin bermalam dan menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Letak penginapan juga tidak jauh dari pintu masuk pulau.

Bahkan ada hotel dan penginapan yang sengaja dibangun oleh pemerintah daerah Banyuwangi untuk memudahkan pengunjung menginap. 

Biaya tarif hotel dan penginapan di sana mulai dari  Rp. 250.000 per malam. Tarif tersebut sudah termasuk fasilitas hotel seperti kamar tidur dengan AC, kamar mandi dalam, sarapan, dan wifi.

Bagaimana sobat Advontura? Apa Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Pulau Merah Banyuwangi?

Cukup dengan harga tiket masuk Rp.8.000 saja Anda sudah bisa melakukan banyak kegiatan menarik di sana mulai dari bermain voli pantai, sepak bola, berenang, surfing, dan lain-lain. Yuk, langsung saja masukan objek wisata berikut ke dalam itinerary Anda. 

Baca Juga: Kawah Ijen Banyuwangi – Bluefire yang Menakjubkan

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *