Pulau Komodo: Wisata Keajaiban Dunia di Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo
Photo by pemburuombak.com
Daftar isi

Siapa yang tidak mengetahui binatang komodo atau yang dikenal dengan nama latin varanus komodoensis? Komodo dikategorikan sebagai satwa purba yang kurang lebih sudah bertahan hidup sejak 4 juta tahun lalu. Advontura yakin bahwa tak sedikit dari kalian yang sudah mengetahui bahwa binatang ini hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tidak heran apabila Taman Nasional Komodo menjadi tempat wisata populer di kalangan pecinta alam dan satwa. Pesona pulau ini bukan hanya menarik para wisatawan lokal untuk berkunjung.

Terdapat wisatawan dari mancanegara yang juga ingin melihat secara langsung binatang purba langka di Pulau Komodo ini. Aktris hollywood ternama Gwyneth Paltrow dan pebalap MotoGP Valentino Rossi mengatakan bahwa liburan mereka ke kawasan taman komodo merupakan pengalaman yang luar biasa menyenangkan.

Bagi kalian yang belum sempat berkunjung atau bahkan sedang merencanakan pergi ke pulau ini, jangan khawatir! Advontura telah merangkum informasi lengkap terkait dengan Taman Nasional Pulau Komodo.

Ada apa di Taman Nasional Pulau Komodo?

Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Terdapat juga beberapa pulau kecil sekitar (Pulau Gili Motang, Pulau Nusa Kode) yang masuk dalam cakupan wilayah tanggung jawab pengurus Taman Nasional Komodo. Terdapat kurang lebih sekitar kurang lebih 4000 komodo (data tahun 2018) yang tersebar di pulau – pulau tersebut.

Artikel Terkait

Taman Nasional Pulau Komodo menjadi fokus perhatian pemerintah Republik Indonesia. Kawasan taman ini sangat diperhatikan dan didukung secara penuh untuk menjamin keberlangsungan dan kelestarian tempat. Pemerintah pusat juga secara langsung turun tangan dalam merancang program pengembangan dan perawatan.

Komodo merupakan nama dari spesies kadal raksasa yang dapat mencapai panjang rata-rata 2 – 3 meter. Selain komodo, taman nasional ini juga menjadi tempat perlindungan beberapa hewan lain seperti tikus endemik, burung gosong kaki merah serta rusa timor.

Selain itu, keindahan dan kekayaan terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri. Biota laut seperti kura-kura, lumba-lumba, paus dan duyung juga sering ditemukan di taman wisata ini. 

Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, taman ini juga menjadi tempat penelitian hewan purbakala. Banyak ilmuwan yang tertarik untuk mempelajari konsep evolusi melalui hewan komodo yang ada di tempat ini.

Jangan ragu terkait pemandangan alam yang ada di tempat ini. Tempat ini dijamin memiliki pemandangan indah yang akan membuat kalian seperti berada di surga. Daratan sabana yang berpadu secara langsung dengan lautan biru menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata.

Apa yang bisa dilakukan di Pulau Komodo?

Tentu banyak dari kalian yang bertanya mengenai aktivitas yang dapat dilakukan selama berkunjung ke kawasan Taman Nasional Komodo. Berikut beberapa aktivitas yang dapat kalian lakukan disini.

Melihat dan Mengamati Komodo

Tidak lengkap rasanya apabila kalian berkunjung ke taman nasional ini tanpa melihat bahkan mengamati secara langsung aktivitas dari komodo.

Kalian memiliki berbagai pilihan tempat untuk melakukan aktivitas ini. Advontura merekomendasikan Pulau Rinca sebagai pilihan karena selain melihat komodo kalian juga dapat melihat pemandangan indah dari tempat ini.

Namun, kalian juga bisa mengunjungi Pulau Komodo secara langsung apabila ingin melihat spesies binatang purba ini dalam jumlah yang cukup banyak.

Kalian harus ingat bahwa komodo merupakan binatang yang berbahaya. Apabila berkunjung, pastikan untuk melihat dan mengamati dari jarak jauh dengan pengawasan dari pihak taman nasional. 

Snorkeling

Terdapat beberapa spot snorkeling asik di sekitar Pulau Komodo. Kalian dapat menikmati berbagai biota laut indah. Terdapat beberapa titik seperti Pulau Kanawa, Pulau Tatawa Besar, Makassar Reef, Batu Bolong dan Manta Point. Terdapat terumbu karang yang menawarkan keindahan tiada tara.

Menjelajah dan Berfoto

Tentu tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Pulau Komodo ini tanpa berburu foto. Terdapat banyak sekali titik foto indah, otentik dan instagrammable. Panorama hijau dengan latar belakang laut biru menjadi konsep foto yang digandrungi oleh para wisatawan yang berkunjung.

Apabila kalian ingin mengabadikan momen bersama pasangan untuk keperluan foto pre-wedding, tempat ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Momen sunrise dan sunset menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan di kawasan Pulau Komodo.

Baca juga: Wisata Labuan Bajo: Jembatan Menuju Surga

Fasilitas Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo memiliki fasilitas yang beragam dan lengkap. Fasilitas yang ada di pulau ini meliputi toilet, penyewaan kapal, pemandu wisata hingga resort. Fasilitas yang tersedia dalam kondisi yang baik dan sangat terawat. Pengunjung juga diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan selama ada di kawasan wisata Pulau Komodo.

Tiket Masuk Pulau Komodo

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo ini bervariasi. Tiket dapat dibeli secara satuan atau secara sekaligus. Terdapat berbagai jenis tiket seperti tiket masuk taman (Rp. 5.000), tiket snorkeling (Rp. 15.000), tiket wisata pengamatan alam kehidupan liar (Rp. 10.000), tiket retribusi wisata (Rp. 50.000), tiket wisata alam penelusuran hutan (Rp. 5.000) dan tiket masuk kendaraan air (Rp. 150.000).

Advontura merekomendasikan kalian untuk membeli harga paket sekaligus. Bagi wisatawan nusantara, harga tersedia mulai dari kisaran harga Rp. 260.000 – RP. 280.000 / orang. Untuk wisatawan mancanegara, tiket dapat dibeli mulai dari Rp. 450.000 – Rp. 500.000 / orang. Namun tiket tersebut tidak termasuk paket diving dan snorkeling. Terdapat juga paket harga rombongan yang lebih ekonomis dan ramah di kantong.

Baca juga: 8 Wisata Lombok Timur dan Keindahan Panorama Alamnya

Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Pulau Komodo

Pantai Pink

Pantai ini termasuk sebuah tempat yang unik. Sesuai dengan namanya, pasir di pantai ini berwarna pink. Pasir berwarna pink ini merupakan serpihan koral yang terbawa gelombang air laut.

Tempat ini menjadi spot instagrammable favorit para wisatawan. Panorama latar belakang sabana yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Gili Lawa Darat

Pulau Gili Lawa Darat atau Gili Laba merupakan pulau dengan kawasan perbukitan yang indah. Tempat ini pernah dikunjungi oleh Valentino Rossi secara langsung. Berfoto dengan latar belakang lautan dan perbukitan kecil akan menjadi sebuah konsep foto yang sangat menarik.

Pulau Kelor

Pulau Kelor memiliki unsur pemandangan alam yang sangat indah. Laut biru yang sangat tenang juga menjadi objek wisata snorkeling yang menjadi favorit di kalangan para wisatawan yang berkunjung. 

Taka Makassar

Taka Makassar menjadi sebuah tempat rekomendasi yang wajib untuk dikunjungi apabila berada di Pulau Komodo. Taka Makassar merupakan pulau pasir putih yang tergolong kecil. Pulau ini berbentuk unik dan indah seperti huruf “C”. Tak heran, apabila tempat ini menjadi favorit. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk snorkeling dan diving.

Pulau Padar

Pulau Padar menjadi tempat populer yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan. Banyak sekali wisatawan dari kalangan artis dan influencer yang sering berkunjung ke tempat ini. Pulau Padar menjadi destinasi wisata sultan yang wajib dikunjungi apabila kalian berada di kawasan Pulau Komodo.

Tempat Penginapan Pulau Komodo

The Jayakarta Suites Komodo

Tempat ini berada di Jl. Pantai Pede KM. 5, Labuan Bajo, Komodo, Macang Tanggar, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tarif kamar yang tersedia di The Jayakarta Suites Komodo mulai dari Rp. 650.000 / malam.

Plataran Komodo

Plataran Komodo terletak di kawasan Pantai Waecicu, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Hotel ini memiliki konsep yang sangat unik dan sering menjadi pilihan untuk para pasangan yang sedang berbulan madu. Tarif kamar di Plataran Komodo mulai dari Rp. 3.570.000 / malam.

Laprima Hotel Flores

Laprima Hotel berada di Jl. Pantai Pede, Labuan Bajo, Goron Talo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tarif kamar di Laprima Hotel Flores mulai dari Rp. 700.000 / malam.

Bintang Flores Hotel

Bintang Flores Hotel berada di Jl. Pantai Pede, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tarif kamar hotel di tempat ini tersedia mulai dari harga Rp. 590.000 / malam.

Bayview Gardens Hotel

Bayview Gardens Hotel berada di JL. Ande Bole, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kamar yang tersedia di hotel ini tersedia mulai dari harga Rp. 750.000 / malam.

Sylvia Resort Komodo

Sylvia Resort Komodo berada di Jl. Pantai Waicicu, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kamar yang tersedia di tempat ini mulai dari Rp. 400.000 / malam.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke Pulau Komodo? Segera rencanakan rencana perjalanan anda ke tempat ini. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan jadwal dan peraturan kunjungan ke tempat wisata ini. Akan lebih baik apabila kalian dapat mencari agen wisata yang murah dan terpercaya.

Baca juga: Hari Reptil Internasional: Taman Reptil Purbalingga hingga Pulau Komodo

ADVERTISEMENT

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *